Monday, December 14, 2020

MANFAAT DARIS SAMBUNG SAMPING PADA TANAMAN KAKAO

Tanaman kakao yang sudah cukup tua terkadang susah untuk berproduksi MANFAAT DARIS SAMBUNG SAMPING PADA TANAMAN KAKAO PENDAHULUAN

Tanaman kakao yg telah relatif tua terkadang susah buat berproduksi,oleh sebab itulah perlu direhabilitasi. Salah satu cara yaitu melalui teknik sambung samping. Sambung samping merupakan teknik perbaikan tanaman tua tanpa harus membongkar tanaman . Pada prinsipnya sambung samping menggabungkan atau menyambung btg bawah menggunakan klon yang dikehendaki.

Secara hemat teknik sambung samping cukup menguntungkan. Pelaksanaan sambung nir perlu menunggu terlalu lama untuk melakukan pemanenan pada tanaman baru.

PELAKSANAAN SAMBUNG SAMPING

Penyambungan dilakukan usahakan pada pagi hari & awal isu terkini hujan,agar flora yang akan disambung masih pada keadaan segar, & mudah terkelupas. Uraian pelaksanaan sambung samping adalah batang kakao dikerat pada ketinggian 40-60 cm menurut permukaan tanah.

Setelah itu batang disayat dengan pisau bersih selebar 1 centimeter menggunakan panjang 2- 4 centimeter. Sayatan dibuka dengan hati-hati agar tidak Mengganggu cambium. Kemudian entres dimasukkan menggunakan hati-hati kedalam lubang sayatan, hingga kedasar sayatan.

Kulit batang tanaman utama ditutup balik sembari ditekan menggunakan ibu jari dan diikat. Setelah itu plastik penutup dipasang. Selanjutan dilakukkan pengamatan tanpa membuka plastik epilog entres 2-3 minggu sesudah penyambungan, hal ini dimaksudkan buat mengetahui apakah sambungan itu jadi atau nir. Bila kondisi entres masih segar berarti sambungan berhasil. Dilakukkan pembukaan plastik epilog bila panjang tunas telah mencapai dua cm atau sekitar umur satu bulan sejak pelaksanan sambungan.

PEMELIHARAAN

Dalam pemeliharaan ini nir hanya pada btg yang disambung samping tetapi mencakup segala aspek yaitu pendangiran, pengendalian hama & Penyakit, pemupukan, pemangkasan, dan pengairan. Pemupukan dilakukan 2 kali, yaitu sebulan sebelum penyambungan dan sebulan setelah penyambungan. Setelah 3 bulan aplikasi sambung samping usahakan tajuk btg bawah dipangkas. Batang bawah dapat dipotong total bila btg atas sudah tumbuh bertenaga dan berbuah.

PANEN

Tanaman hasil sambung samping lebih cepat bisa dipanen yaitu dalam umur 14-18 bulan, dan produksi dapat mencapai 1500 kg ? 2500 kg/ha/thn.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store