Tuesday, December 8, 2020

Menghubungkan Mikrotik Dengan Jaringan Internet Memakai Virtualbox Dan Winbox

Untuk anda yg seringkali beranjak pada dunia jaringan niscaya tidak absurd dengan mikrotik, sebuah sistem operasi server yang mampu digunakan buat mengelola jaringan komputer secara profesional.

Mikrotik sanggup dikatakan sebagai router yang mampu menjembatani antara 2 jaringan yang tidak sama, ibarat misalnya jaringan local (LAN) dengan jaringan internet (WAN).

Mikrotik digunakan ketika si pengguna menginginkan saluran personal komputer client (local computer) terhadap internet atau jaringan publik ingin dicontrol menggunakan baik, ibarat contohnya ingin membatasi bandwith buat setiap client izin asal daya nir terpakai sepenuhnya oleh hanya 1 komputer, buat memblokir situs-situs tertentu dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali fungsi mikrotik, tetapi pada artikel kali ini saya hanya ingin menguraikan bagaimana cara menghubungkan mikrotik menggunakan jaringan internet memakai virtualbox.

Saya disini menggunakan virtualbox menjadi alternatif buat anda yg tidak memiliki wahana yg memadai buat berlatih konfigurasi mikrotik, relatif menggunakan impian box yg terinstal di personal komputer anda, maka anda sudah bisa berlatih konfigurasi mikrotik tanpa wajib mempunyai routerboard mikrotik atau personal komputer server.

Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara menghubungkan mikrotik menggunakan jaringan internet menggunakan virtualbox izin mikrotik bisa mengakses internet.

Tentu saja konfigurasi mikrotik izin terhubung ke internet bekerjsama sangat mudah, apalagi anda memakai routerboard mikrotik, namun ketika mikrotik di instal di virtualbox aneka macam pengguna yang kesulitan melakukannya, umumnya dikarenakan pengaturan impian box buat mesin mikrotik galat.

Menghubungkan mikrotik menggunakan jaringan internet memakai virtualbox

Untuk menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet, namun mikrotik yg terinstal kita jalankan melalui virtualbox bekerjsama sangatlah mudah, jika konfigurasi virtual box sudah anda settings dengan benar.

Kali ini saya akan coba mengkonfigurasi mikrotik yg terinstal di mesin virtualbox memakai pelaksanaan winbox.

Langkah-langkah menghubungkan mikrotik dengan jaringan internet di virtualbox adalah menjadi berikut:

1. Pastikan mesin virutal buat menginstal mikrotik di virtualbox telah diseting dengan sahih.

Mesin impian harus memiliki dua network adapter, 1 terhubung ke jaringan lock (dalam hal ini merupakan komputer yg kita pakai), & network adapter ke2 terhubung ke jaringan internet.

Seting harus dilakukan menggunakan benar izin konfigurasi mikrotik untuk dihubungkan ke internet mampu berjalan dengan baik.

Cara settings virtualbox untuk mikrotik tidak akan aku bahas disini, anda bisa membacanya pada artikel berikut:

Seting / pengaturan virtualbox buat konfigurasi mikrotik pada mesin virutal

dua. Jalankan mesin virtual mikrotik

Jika konfigurasi sudah anda lakukan, silahkan jalankan mesin virtual mikrotik di virtualbox

Carany:

Double- Klik pada nama mesin impian yang telah terinstal mikrotik, tunggu sampai mikrotik menampilkan halaman yg meminta anda buat login:

3. Aktifkan Winbox

Pastikan anda memakai winbox versi terbaru, jikalau anda belum punya silahkan download winbox versi terbaru terlebih dahulu.

Ketika dijalankan winbox akan sanggup mendeteksi mikrotik, pilih tab neighboard kemudian silahkan refresh, maka akan muncul daftar ip ibarat tampilan di bawah ini:

Untuk login ke mikrotik yang gres diinstal dan belum dikonfigurasi, kita wajib mengunakan MAC Address buat login, silahkan klik pada baris kolom macaddress yang IP addressnya memakai code ibarat tampilan diatas.

Lalu tekan tombol Connect untuk login, jikalau berhasil anda akan masuk ke halaman utama winbox untuk konfigurasi mikrotik.

Tiga. Reset Mikrotik melalui winbox

Sebelum konfigurasi untuk pertama kali, silahkan reset dulu mikrotiknya melalui winbox caranya, pilih sajian System > Reset Configurations,

lalu centang opsi No Default Configuration, lalu tekan tombol Reset Configuration

Tunggu beberapa saat, maka Mesin Mikrotik akan direset, dan anda akan keluar dari winbox, Selanjutnya sesudah keluar, silahkan lakukan login ulang dengan menekan tombol Reconect.

4. Konfigurasi Mikrotik izin terhubung ke internet

Untuk mengkonfigurasi mikrotik biar terhubung ke internet melalui virtualbox ada 2 cara, bisa secara manual atau cara otomatis.

Yang paling mudah ialah cara otomatis, langkahnya adalah menjadi berikut:

a. Ubah nama interface

Interface mewakili network adapter, secara default umumnya namanya ether (ether1, ethet3..... Dst)

Di winbox, silahkan Pilih sajian Interfaces

Ganti Ether 1 menggunakan LAN, caranya double klik saja dalam baris ether1, kemudian kasih nama LAN, biarkan yg lainnya, lalu klik OK

Ganti ether 2 menggunakan nama WAN, ether2 mewakili adapter2 pada virtual box yg kita pakai buat terhubung ke internet, caranya sama dengan pada atas.

Apabila final maka akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:

Merubah nama interfaces bekerjsama opsional, tetapi buat memudahkan konfigurasi pada taraf lanjut, usahakan diubah namanya.

B. Aktifkan DHCP Client buat Interface WAN

DHCP Client dipakai biar mikrotik menerima IP public atau ip address yang satu segmen dengan ip internet dari ISP.

Teknik ini dipilih apabila anda nir memiliki data IP address menurut ISP atau ip public berdasarkan isp selalu berubah,ubah.

Dalam hal ini interface yg dipakai adalah interface WAN yg terhubung ke internet.

Caranya, pilih sajian IP > DHCP Client, kemudian Tekan tombol+biru, kemudian pada windowsNew DHCP Client, pada opsiInterface: pilih WAN, biarkan yang lainnya, kemudian tekan OK.

Sampai tahap ini, anda sudah menunjukkan ip address otomatis ke interface WAN & sekaligus menghubungkan mikrotik ke Internet, akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:

Itu ialah mikrotik sudah mendapakan ip public dan sudah terhubung ke internet.

C. Cek koneksi internet

Selanjutnya cek koneksi internet buat memastikan mikrotik sudah terhubung ke internet.

Caranya, pada winbox pilih sajian New Terminal, kemudian sesudah muncul, tekan enter 1 kali, kemudian ketikan ping yahoo.com  atau ping google.com kemudian enter.

Apabila ada ibarat gambar di atas, itu merupakan mikrotik yang terinstal di virtualbox telah terhubung dengan internet.

Itulah cara Menghubungkan mikrotik menggunakan jaringan internet memakai virtualbox dan winbox. selamat mencoba dan semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store