Pages

Friday, September 4, 2020

Sarawita

SARAWITA dikenal juga menggunakan nama Bilung. Ia merupakan saudara angkat Togog atau Tejamanttri yg adalah pengejawantahan menurut Sanghyang Tejamaya / Antaga.

Tokoh Sarawita atau Bilung hanya dikenal dalam cerita pedalangan Jawa. Asal-usulnya pun pula tidak jelas. Menurut paricarita, Sarawia dahulunya adalah aak raja Jin yang bercita-cita ingin memiliki kesaktian yg tidak tekalahkan oleh seluruh makhluk dan berkuasa di jagad raya. Untuk memenuhi keinginannya itu, ratusan tahun Sarawita bertapa pada dasar samiodra menggunakan mulut terbuka, dan hanya memakan hewan laut yang masuk ke rongga mulutnya.

Sanghyang Tejamaya yang lantaran perintah Sanghyang Tunggal turun ke arcapada buat menjadi pamong golongan super besar, membutuhkan seorang teman. Oleh Sanghyag Tunggal dia disuruh mencari Sarawita pada dasar samodra. Pada mulanya Sarawita menolak ajakan Sanghyang Tejamaya lantaran tugas itu sangat bertentangan dengan keinginannya. Namun setelah kalah dalam mengadu kesaktian, dan mendapat wejangan berdasarkan Sanghang Tejamaya, akhirnya Sarawita bersedia sebagai pengikut dan saudara angkat Sanghyang Tejamaya. Mereka kemudian merubah wujudnya dan berganti nama, Sanghyang Tejamaya menjadi Togog, dan Sarawita sebagai Bilung.

Sarawita hidup samoai akhir jaman Purwa. Bahkan dalam awal jaman Madya, tokoh Sarawita masih seringkali ditampilkan.

No comments:

Post a Comment