Thursday, September 24, 2020

Temperatur 8 Planet, Tema 9, Subtema 3, Pembelajaran 2

Penjelajahan Galileo Galilei menggunakan teropongnya bisa membuka wawasan manusia buat semakin meneliti alam semesta. Siapa lagi ya tokoh astronomi yang menjelajah angkasa luar? Untuk mengetahuinya, mari pelajari uraian berikut ini.

Pada tahun 1500 ada seorang tokoh astronomi Polandia bernama Nicolaus Copernicus. Ia memperkenalkan gagasan bahwa Bumi dan planet-planet lainnya mengelilingi Matahari. Awalnya orang-orang tidak memercayai tentang hal itu. Namun, gagasan Copernicus tentang planet mengelilingi Matahari terbukti benar. Penemuan itu terus berkembang. Apakah kamu pernah membayangkan dari mana asal mula nama-nama planet? Cobalah kamu cari informasi dari berbagai sumber, untuk dibahas bersama-sama pada pertemuan berikutnya.

Ayo Temukan!

Penjelajahan para pakar astronomi ke angkasa luar menciptakan pengetahuan tentang planet-planet semakin berkembang. Salah satunya, menggunakan ditemukannya bahwa suhu planet berbeda-beda. Berikut disajikan data tentang suhu planet!

Hubungan antara planet & suhu juga dapat dituliskan dalam bentuk grafik. Jika engkau membaca grafik berikut ini, apakah kamu dapat menuliskan pasangan titik antara planet & suhu?

Contoh:

(Merkurius, 150oC), (Venus, 450oC)

Bagaimana dengan suhu planet-planet lain? Cobalah kamu temukan pasangan titik antara planet-planet dan suhunya.

(Bumi, 32oF/0oC), (Mars, -50oC)

(Jupiter, -150oC), (Saturnus, -175oC)

(Uranus, -250oC), (Neptunus, -225oC)

Tentunya kamu masih ingat pembelajaran tentang koordinat Kartesius, bukan? Coba berlatih lagi dengan soal-soal berikut.

Ayo Lakukan!

1. Tuliskan pasangan titik buat grafik Kartesius berikut.

A (0,7)

B (1,lima)

C (7,0)

D (5,1)

dua. Gambarkan data berikut ke dalam bidang Kartesius.

Data masuk

(x)Data keluar

(y)Pasangan titik

(x,y) 1 41,4 dua 82,8 3 123,12 4 164,16 lima 205,20

Bagaimana hubungan data masuk dan data keluar pada tabel di atas?

Data masuk dikali 4

Tuliskan persamaannya!

1 x 4 = 4

2 x 4 = 8

tiga x 4 = 12

4 x 4 = 16

5 x 4 = 20

Bila ditulis, persamaannya merupakan 4n. 4n pada sini yang dimaksud merupakan 4 x n. N merupakan data masuk.

Tiga. Perhatikan grafik berikut!

Dari grafik di atas tulislah hubungan titik yang menyatakan x dan y.

A. Pola apa yang kamu lihat dalam grafik pada atas? (1,4); (dua,6); (tiga,8); (4,10); & (lima, 12).

B. Tuliskan persamaan menurut pola tadi.? Persamaannya dapat ditulis menjadi 2n 2

c. Jika x= 7, dimanakah letak titik koordinatnya? X=7 dapat diklaim data masuk, jadi 2x7=14, kemudian 14 dua=16. Jadi titik koordinatnya adalah (7,16).

D. Apabila y=20, dimanakah letak titik koordinatnya?

Y=20 diartikan menjadi data keluar, merupakan bahwa

(nx2) 2 = 20

nx2 = 18 n=18/2

Jadi, n = 9

Ayo Cari Tahu!

Ternyata, suhu di setiap planet berbeda. Menurutmu, apa yang memengaruhi suhu di setiap planet? Suhu rata-rata di Bumi adalah 15oC. Suhu ini adalah suhu yang paling ideal bagi makhluk hidup. Saat ini, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa Bumi adalah planet yang paling istimewa.

1. Mengapa bumi disebut planet istimewa, sebagai akibatnya makhluk hidup bisa tinggal di planet ini? Coba jelaskan!

Bumi disebut sebagai planet istimewa karena Suhu rata-rata di Bumi adalah 15oC. Suhu ini adalah suhu yang paling ideal bagi makhluk hidup. Selain itu, sebagain besar juga tersusun dari air, sedangkan air merupakan sumber kehidupan. Di bumi juga terdapat oksigen untuk makhluk hisup bernapas.

Dua. Apakah mungkin kita bisa tinggal di planet lain? Mengapa? Jelaskan.

Kemungkinan besar kita tidak bisa tinggal di planet lain karena syarat planet lain sangatlah ekstrim, sanggup sangat dingin dan mampu sangat panas, selain itu ada planet yg atmosfernya sangat tipis, hanya nitrogen tanpa oksigen, tanpa karbon dioksida. Kondisi yang demikian sangat tidak memungkinkan buat kita insan bisa tinggal disana.

3. Para pakar astronomi menyatakan bahwa hingga ketika ini masih belum terdapat planet yg bisa dihuni oleh insan selain Bumi. Melihat hal itu, apakah hak dan kewajiban kita sebagai insan?

Kita harus menjaga syarat bumi kita ini tetap layak untuk dihuni dengan tidak melakukan pengrusakan. Hal mini yang sanggup kita lakukan buat hal itu adalah menghemat air dan melakukan penghijauan.

Ayo Bacalah!

Menjaga Air Bersih & Berhemat Air Bersih buat Keselamatan Bumi

Jakarta ? Tanggal 22 April 2013 adalah Hari Bumi, dan pada lepas itu masyarakat pada seluruh global pulang memeringati hari krusial & bersejarah. Setidaknya, lebih menurut 175 negara secara serentak merayakan Hari Bumi secara bersama. Hari Bumi yg diperingati pertama kali dalam 22 April 1970 ini awalnya dicetuskan sang seseorang senator dari Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson, yang juga seorang aktivis berprofesi menjadi guru lingkungan.

Saat pertama kali diperingati, Hari Bumi dihadiri sang lebih kurang 20 juta rakyat AS. Peringatan Hari Bumi mulai menyebar ke semua penjuru global dalam tahun 1990. Tetapi, sejak 2009 AS tetapkan tanggal tadi sebagai Hari Bumi Internasional.

Hari Bumi diperingati buat mempertinggi pencerahan & penghargaan terhadap lingkungan hidup. Oleh karena itu, poly aksi penyelamatan Bumi yang diusung sang banyak sekali pihak, baik pemerintah, pihak swasta, juga LSM buat memperingati hari tersebut.

Di tengah syarat Bumi yang sekarang sangat memprihatinkan, seperti mulai terjadinya pemanasan dunia & adanya pencemaran lingkungan secara akbar-besaran, upaya penyelamatan memang sangat diperlukan. Untuk memperingati Hari Bumi, terdapat banyak upaya gampang yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Misalnya, menggunakan menjaga air & menangani sanitasi. Dalam menjaga air, ada banyak langkah, contohnya nir mencemari air menggunakan membuang sampah sembarangan ke sungai, kali, maupun waduk. Juga menggunakan berhemat air bersih!

Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan adalah tidak menjalankan kegiatan misalnya mencuci atau mandi di asal-sumber air tadi, lantaran akan mencemari air.

Dalam menangani sanitasi, langkah yg bisa dilakukan merupakan dengan tidak buang hajat/air seni pada sembarang loka. Melalui peringatan Hari Bumi, mari kita serentak dan setuju beserta selamatkan Bumi dengan menjaga air, menghemat air higienis, dan menangani sanitasi buat kehidupan yang lebih baik pada masa depan. Selamat Hari Bumi 2013.

(Ditpam/yys)

Sumber: ditpam-pu.Org

Ayo Diskusikan!

Diskusikan dengan kelompokmu hal-hal berikut.

1. Mengapa Hari Bumi diperingati?

Hari Bumi diperingati buat meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap lingkungan hayati.

2. Mengapa kita perlu menjaga & berhemat air higienis?

Karena demi kehidupan yg lebih baik di masa depan.

Tiga. Apa yg akan terjadi bila air yg ada pada Bumi ternoda?

Jika air di bumi tercemar, akan terjadi kerusakan ekosistem yang berarti interaksi antar makhluk hidup di suatu tempat akan berubah. Tercemarnya air di bumi juga akan mengakibatkan terjadinya kematian biota air. Ikan, kepiting, burung camar dan banyak hewan lain terbunuh karena adanya polutan berbahaya yang meracuni habitat mereka. Contoh sederhana dari dampak ini adalah hilangnya populasi ikan di badan sungai daerah perkotaan. Dan, sudah pasti akan muncul berbagai wabah penyakit jika air yang ada di bumi ini tercemar.

4. Apa kewajibanmu terhadap air yang ada di Bumi?

Kewajiban kita terhadap air yang terdapat di bumi merupakan menjaga air, menghemat air bersih, dan menangani sanitasi buat kehidupan yg lebih baik di masa depan.

Lima. Apa hakmu terhadap air yg ada pada Bumi?

Hak kita terhadap air yg terdapat pada bumi merupakan memanfaatkan atau menggunakan air tersebut untuk berbagai kebutuhan.

6. Apa yg bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari buat menjaga air pada Bumi?

Yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari buat menjaga air di Bumi adalah dengan menjaga air menurut pencemaran dan berhemat penggunaannya & menangani sanitasi menggunakan baik.

Ayo Lakukan!

Tulislah model-contoh kegiatan menjaga Bumi yg dapat dilakukan pada kehidupan sehari-hari buat menjaga air bersih dan berhemat air.

Ada banyak cara mudah & sederhana yang bisa lakukan dalam kehidupan sehari-hari buat berhemat pemakaian air higienis, diantaranya;

1. Hemat air ketika mandi.

2. Jangan biarkan air keran mengalir percuma

tiga. Perbaiki Kebocoran sesegera mungkin

4. Hemat air ketika mencuci Piring dan sandang

5. Menghemat air ketika menyiram tumbuhan, & lain sebagainya...

Cara menjaga kebersihan air;

1. Mendaur ulang barang bekas

Barang-barang yang tidak didaur ulang tak jarang dibuang ke air misalnya sungai atau laut yg akan memberi pengaruh tidak baik dalam air & tanah.

2. Minimalkan penggunaan bahan kimia

Menghilangkan atau meminimalkan penggunaan bahan kimia merupakan cara sempurna buat melindungi perairan global. Ketika bahan kimia larut ke dalam air, mereka dapat menghancurkan ekosistem. Zat kimia yg ada di air bisa menghancurkan alga yang merupakan kuliner plankton.

Tiga. Buang bahan kimia dengan benar

Bahan berbahaya seperti cat, oli motor dan kimia menggunakan sahih. Jangan buang di sungai yang dapat mencemarkan air serta kehidupan masyarakat. Masih banyak makhluk hidup yg menggantungkan hidupnya menurut sungai.

4. Mengurangi penggunaan air

Kurangi penggunaan air untuk menjaga pasokan air bersih. Penggunaan air yg tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan kekeringan. Jangan mandi terlalu usang dan matikan keran selesainya terselesaikan mandi. Ketika membersihkan kendaraan beroda empat, usahakan gunakan ember buat mengisi air. Penggunaan air akan makin boros waktu memakai selang, karena kita nir mampu membatasi penggunaan air.

Lima. Menjaga lingkungan

Bersihkan sampah pada sepanjang sungai, pantai, atau pada sepanjang jalan-jalan kota atau jalan raya.

6. Menanam pohon

Hutan di sepanjang genre air juga bertindak sebagai penyaring, sebagai akibatnya melestarikan atau penanaman pohon pada sepanjang sungai & sungai jua dapat membantu buat menjaga saluran air higienis. Tanaman hijau berperan dalam mencegah polusi udara, tanah & air.

7. Mengadakan penyuluhan

Sampai sekarang, masih poly warga yang belum sadar pentingnya menjaga air. Apabila kita mempunyai pengetahuan cara menjaga kebersihan air, alangkah baiknya kita menyebarkan ilmu tadi pada yang lain agar mereka mempunyai kesadaran pentingnya air dalam kehidupan. Kita jua bisa mengajak rakyat untuk kerja bakti membersihkan lingkungan bersama.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store