Tuesday, September 22, 2020

Teks Iklan (Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan,Ciri-Ciri, Fungsi Dan Teladan Teks Iklan)

Mendengar kata iklan di jaman kini tentu bukanlah hal yang asing, alasannya ialah di kurun informasi dikala ini ada banyak sekali jenis iklan yang sering kita jumpai di beberapa media, biasanya terdapat di di media-media elektronik dan media cetak menyerupai di televisi, majalah koran dan media lainnya.

Iklan biasanya dibentuk dengan tujuan untuk mempengaruhi, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu sasaran audience, salah satu yang paling berperan di dalam sebuah iklan ialah teks iklan, teks iklan biasanya dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa mensugesti sasaran audience.

Untuk menciptakan teks iklan yang baik dan sahih tentu tidaklah asal-asalan, ada hukum tertentu yang harus dilibatkan, pada umumnya teks iklan memiliki struktur, kaidan kebahasaan dan karakteristik-ciri spesifik sesuai menggunakan kegunaannya. Bahkan di lembaga pendidikan teks iklan ini dipelajari secara spesifik, salah satunya poly dipelajari pada taraf sma /smk di mata pelajaran bahasa indonesia kelas XII kurikulum 2013.

Bagi anda yang kebetulan sedang mencari bahan wacana teks iklan, maka di artikel kali ini saya akan sajikan artikel yang membahas wacana teks iklan secara terperinci. sehingga anda bisa memahami struktur dan kaidah teks iklan dengan baik dan benar, yang pada hasilnya anda akan bisa menginterpretasi makna teks iklan baik secara verbal maupun tulisan, dan juga anda diharapkan bisa memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara verbal mupun  tulisan.

Sub pokok bahasan yang akan diuraikan pada artikel kali ini meliputi, pengertian teks iklan, kaidah kebahasaan yang digunakan pada teks iklan, struktur isi teks iklan, karakteristik-karakteristik, fungsi & jua dilengkapi dengan beberapa pola jenis teks iklan.

Pengertian teks iklan

Secara umum pengertian dari teks iklan adalah  suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk memberikan informasi kepada sasaran audience  dengan tujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu sasaran audience.

Teks iklan juga mempunyai pengertian secara khusus tergantung dari jenis iklan yang ingin dibuat, untuk iklan sebuah produk misalnya, Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan banyak sekali produk kepada konsumen alasannya ialah daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya ialah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau memakai produk yang diiklankan.

Fungsi teks iklan

Secara sederhana, pengertian teks iklan ialah sebagai pesan yang menunjukkan suatu  produk yang ditunjukkan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. namun untuk mmebedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.

iklan mempunyai beberapa fungsi yaitu menjadi berikut:

1. Sebagai persuasi / upaya pendekatan ( mengarahkan konsumen buat membeli)

2. Sebagai warta (menyampaikan produk baru) 2.

3. Sebagai reminder atau pengingat (iklan mengingatkan konsumen wacana produk eksklusif semoga selalu menggunakanproduk tadi)

Struktur teks iklan & rumus teks iklan

Struktur teks ialah hukum penulisan untuk menyusun sebuah teks. Pada Sebuah Iklan, baik yang dipublikasikan melalui media penyiaran menyerupai televisi atau media cetak, intinya mempunyai Struktur khusus, struktur iklan pada kedua media tersebut intinya sama, hanya bentuknya berbeda alasannya ialah perbedaan karateristik medianya-mediumnya.

Struktur menurut teks iklan secara generik artinya sebagai berikut:

1.Judul (ketua goresan pena atau headline)

Judul iklan biasanya  terletak di bab paling atas dari teks iklan, namun tidak selalu di atas, dan tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bab paling atas sebagai judul, judul biasanya biasanya dibentuk semoga sanggup dilihat pertama kali oleh orang, biasanya dibentuk besar dan tebal.

Dua. Sub judul(sub headline)

Subheadline biasanya dipakai untuk memberikan informasi yang sangat penting kepada calon konsumen,  biasanya berisi mengenai keunggulan produk yang diharapkan bisa memikat calon konsumen.

3. Amplifikasi (perluasan / klarifikasi wacana produk)

Berisi pelukisan produk yg diiklankan, menyerupai spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan angka telepon yang sanggup dihubungi.

Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering pula dianggap bodycopy/ body text. Pada bab ini konsepnya merupakan klarifikasi lebih rinci ihwal produk atau barang/jasa yg ditawarkan. Catt: produk2 yg mahal sperti mobil, tempat tinggal ,dll umumnya diperlukan body text atau amplifikasi iklan.

Rumus Membuat teks iklan

Untuk menghasilkan iklan yang baik selain memperhatikan struktur iklan diharapkan juga rumus iklan AIDCA1 yaitu sebagai berikut:

Rumus AIDCA

  • Attention (Perhatian)
  • Interest (Minat)
  • Desire (Kebutuhan/keinginan)
  • Conviction (rasa percaya)
  • Action (Tindakan) .

1.Attention

Attention berarti bahwa iklan wajib mampu menarik perhatian khalayak target. Untuk itu, iklan membutuhkan derma berukuran, penggunaan rona, tata letak, atau bunyi-bunyi khusus

  • Size untuk media cetak
  • Air time untuk penyiaran
  • Warna (spot atau full color), tata letak (lay out)
  • Jenis Huruf
  • Menggunakan headline, slogan yang gampang di ingat.
Dua. Interest

Iklan berurusan menggunakan bagaimana konsumen berminat & memiliki cita-cita lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang semoga mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Perhatian wajib segera ditingkatkan menjadi minat semoga pembeli ingin mengetahui lebih rinci

3. Desire

Bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan impian orang untuk mempunyai atau menikmati produk tersebut. Contoh: Lady Card, Special Card For Special Lady. Gudang Garam Selera Pemberani

4. Conviction

Mengandung arti bahwa iklan wajib mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh buat membeli produk tadi. Untuk menjadikan Ras Percaya pada diri pembeli. Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. Menaruh pandangan positif dalam konsumen perihal produk.

5. Action (Tindakan)

Mengandung arti bahwa iklan wajib memiliki "dayadanquot; membujuk calon pembeli semoga sesegera mungkin melaksanakan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini mampu digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, pakai, & lain-lain. Sumber: Kasali, Renald. 1995., "Manajemen Periklanan: Konsep & Aplikasinya pada Indonesiadanquot;, Jakarta: Gr

Ciri Kebahasaan Teks Iklan (Kaidah kebahasaan)

Ciri atau Kaidah kebahasaan teks iklan ialah hukum bahasa yang dipakai dalam sebuah teks iklan, kaidah kebahasaan di dalam teks iklan ialah sebagai berikut:

1. Menggunakan Slogan

Slogan merupakan perkataan atau kalimat yg menarik, mencolok, & mudah diingat buat menaruh sesuatu, jargon merupakan pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk atau jasa layanan sehingga gampang diingat publik. Slogan sangat penting buat global periklanan. Dengan jargon, iklan tadi akan mudah diingat publik & akan lebih terkenal.

Contoh:

Merdeka atau mati, say no to drugs dll.

2. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yg bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca semoga melaksanakan atau mendapatkan gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yg terdapat pada iklan produk tersebut.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama

Teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, menyerupai saya, aku , & kami buat mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai pada teks iklan tadi adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Ciri iklan yang baik

Ciri ciri iklan yang baik ialah sebagai berikut:

1. Mempunyai sasaran yang kentara,menggunakan menentukan sasaran konsumen terdapat sasaran utama dan target kedua,ini juga buat menentukan media pasang iklan dan penetapan sasaran konsumen tergantung dalam kualitas,harga,distribusi(jangkauan pemasaran)

2. Mempunyai fokus atas hal yg ingin di komunikasikan dariproduk dan jasa yang di iklankan

tiga. Mempunyai daya tarik tertentu hingga konsumen yang di sasarnya mampu berhenti buat memperhatikan isi iklan,selain kata kata menarik,daya tarik iklan timbul menurut desain layout yg menarik.

4. Sajikan iklan menggunakan menarik sebab ialah suatu iklan dengan isi pesan manis bila nir di sajikan manis tak akan menarik.

5. Komunikasi iklan mempunyai empat unsur primer yaitu :

  • Pengirim iklan ialah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili agen iklan
  • Isi iklan dalam iklan ada headline kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen pribadi sanggup banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy ialah informasi aksesori bila konsumen tertarik.
  • Media komunikasi daerah iklan di sajikan baik di media cetak,media elektronik atau media lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang,billboard dll.
  • Penerima iklan konsumen yang di sasar produk barang atau jasa kita

6. Pilihlah jargon menggunakan kata kata padat dan berisi yg adalah citra terhadap headline di mana konsumen bisa membaca lebih detail.

Syarat teks iklan

Sedangkan Syarat-syarat Iklan yang baik ialah sebagai berikut:

Ditinjau dari isinya, iklan harus :

a. Harus objektif & amanah

b. Singkat, terang dan gampang dipahami

c. Tidak menyinggung pihak lain

d. Menarik perhatian orang poly

Ditinjau berdasarkan bahasanya, iklan harus :

a. Menggunakan pilihan kata yg sempurna, menarik, logis & sopan

b. Ungkapan/majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak

c. Bahasa disusun buat menonjolkan fakta yang dipentingkan

d. Teks iklan harus menuju sasaran

Langkah-langkah menyusun teks iklan

Untuk memudahkan dalam membuat teks iklan, ada langkah-langkah yang bisa anda gunakan sebagai berikut:

1. Mempelajari apa yg di iklankan & mengetahui produk pesaingnya.

Dua. Mempelajari tujuan produk yg akan diiklankan.

3. Melakukan aktivitas pengumpulan inspirasi-ide.

4. Memilih inspirasi yang paling terbaik.

Jenis-Jenis Iklan

Iklan terdiri dari poly sekali jenis diantaranya artinya sebagai berikut:

1. Iklan Pemberitahuan/Pengumuman, yaitu iklan yg bertujuan buat memberitahukan sesuatu kepada khalayak. Salah satu pola iklan pemberitahuan merupakan iklan famili. Pola : kelahiran, ulang tahun, perkawinan, kematian, dsb.

2. Iklan Undangan, yaitu iklan yg berisi ajakan/himbauan buat mendatangi suatu program.

3. Iklan Layanan Masyarakat (ILM), yaitu iklan yang bertujuan memberikan penerangan/penjelasan kepad amasyarakat. Contohnya ialah iklan KB dan iklan ancaman narkoba.

4. Iklan Permintaan, yaitu iklan yang berisi permintaan sesuatu, menyerupai lowongan kerja.

5. Iklan Penawaran, yaitu iklan yang bertujuan menunjukkan suatu produk. Iklan ini dipasang oleh perusahaan- perusahaan.

6. Iklan Artikel, yaitu iklan yang berisi informasi/penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan, isi, keunggulan dan penutup.

Contoh teks iklan

salah satu pola teks iklan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

di jaman kini tentu bukanlah hal yang asing Teks Iklan (Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan,Ciri-Ciri, Fungsi Dan Teladan Teks Iklan)

Teks iklan pada pola di atas adalah sebagai berikut:

Listrik pintar

solusi isi ulang menurut PLN

Saatnya anda beralih ke listrik pintar

hubungi kontak center PLN 123 & pasang listrik pandai sekarang jua.

Www.Pln.Co.Id

Struktur menurut teks iklan di atas artinya menjadi berikut:

Judul:

Listrik Pintar

sub judul:

Solusi isi ulang berdasarkan PLN

Tubuh Iklan:

Saatnya anda beralih ke listrik pinatar

Perluasan:

hubungi kontak center PLN 123 & pasang listrik pandai sekarang jua.

Www.Pln.Co.Id

Itulah uraian lengkap perihal teks iklan, semoga berguna

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store