Thursday, September 17, 2020

Algoritma Flowchart Menghitung Luas (Lingkaran, Segitiga, Persegi Panjang Dan Menampilkan Hasilnya)

Di pada memecahkan problem memakai algoritma, kita bisa menuliskannya dalam tiga bentuk yaitu, menggunakan prosedur pemecahan bahasa natural, menggunakan prosedur pemecahan flowchart & menggunakan prosedur pemecahan pseudocode.

Algoritma bahasa natural yaitu urutan langkah-langkah penulisan pemecahan persoalan prosedur pemecahan menggunakan bahasa yang kita gunakan pada kehidupan sehari-hari, algoritma bahasa natural dibentuk izin kita lebih memahami alur proses nalar pemecahan masah.

Sedangkan prosedur pemecahan flowchart yaitu prosedur pemecahan yang disajikan memakai simbol-simbol flowchart, algoritma ini merupakan citra logika pemecahan masalah sehingga kita lebih gampang buat tahu logika proses yang dilakukan.

Sementara algoritma pseudocode adalah prosedur pemecahan bahasa tiruan yg menggunakan bahasa pemrograman yg ingin digunakan, algoritma ini nir memiliki penulisan baku, namun pada umumnya penulisan isyarat akan menyesuaikan menggunakan bahasa pemrograman yang ingin digunakan.

Di artikel sebelumnya saya sudah menyajikan algoritma pseudocode untuk menghitung luas lingkaran, segitiga dan juga persegi panjang, masih mengenai algoritma, di artikel kali ini saya akan menyajikan algoritma flowchart untuk perhitungan yaitu menghitung luas lingkaram, luas segitiga dan luas persegi panjang beserta menampilkan hasilnya.

Untuk membangun algoritma flowchart anda dituntut buat mengusut dan tahu simbol-simbol flowchart buat memecahkan persoalan prosedur pemecahan , sehabis anda paham maka anda akan lebih gampang memahami algoritma flowchart & anda akan mampu buat membentuk sendiri prosedur pemecahan flowchart buat masalah yang ingin anda pecahkan.

Algoritma flowchart menghitung luas (lingkaran, segitiga, persegi panjang & menampilkan hasilnya)

Berikut aku akan uraikan beberapa surat keterangan penyajian algoritma flowchart dalam dunia matematika, antara lain yaitu algoritma flowchart buat menghitung luas lingkaran, segitiga persegi panjang & menampilkan hasilnya.

1. Algoritma flowchart menghitung luas bulat.

Rumus luas bulat yaitu :

Luas bulat =phi * r * r

Dimana phi yaitu tiga.14 & r yaitu jari-jari lingkaran.

Contoh :

Algoritma menghitung luas bulat dimana jari-jari bundar diinput sang pengguna dan menampilkan hasilnya:

Algoritma pseudocode menghitung luas lingkaran

Algoritma menghitung luas bundar di atas memakai pseudocode dengan pendekatan pascal yaitu sebagai berikut:

algoritma hitung_luas_lingkaran

deklarasi

var phi,luas:float;

var jari_jari:integer;

pelukisan

phi <-- 3.14;

read(jari_jari);

luas <-- phi * jari_jari * jari_jari;

write(luas)

dua. Algoritma Flowchart menghitung luas segitiga.

Rumus luas segitiga yaitu :

luas segitiga = 1/2 ganjal * tinggi

Contoh :

algoritma flowchart untuk menghitung luas segitiga, dimana ganjal & tingginya diinput sang pengguna & ditampilkan hasilnya.

Algoritma pseudocode menghitung luas segitiga

Algoritma pseudocode dengan pendekatan pascal, menghitung luas segitiga yang disajikan pada flowchart di atas yaitu sebagai berikut:

prosedur pemecahan hitung_luas_segitiga

deklarasi

var luas:float;

var alas,tinggi:integer;

pelukisan

read(alas);

read(tinggi);

luas <-- 1/2 ganjal * tinggi;

write(luas);

3. Algoritma Flowchart menghitung luas Persegi Panjang

Rumus luas persegi panjang adalah:

Luas =  panjang * lebar

Contoh:

Algoritma flowchart buat menghitung luas persegi panjang dimana panjang & lebarnya diinput sang pengguna & tampilkan hasilnya:

Algoritma pseudocode menghitung luas persegi panjang.

Algoritma pseudocode memakai pendekatan pemrograman pascal untuk menghitung luas persegi panjang dimana panjang dan lebarnya diinput oleh pengguna serta menampilkan alhasil yaitu sebagai berikut:

Algoritma hitung_luas_persegi_panjang

deklarasi

var luas,panjang,lebar : integer;

pelukisan

read(panjang);

read(lebar);

luas <-- panjang * lebar;

write(luas);

Itulah beberapa surat keterangan penyajian algoritma menggunakan flowchart & pula pseudocode buat menghitung luas bulat, segitiga dan persegi panjang beserta menampilkan hasilnya, semoga berguna.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store