Tuesday, September 29, 2020

Menghemat Kertas, Mencintai Pepohonan

Harga selembar kertas memang nir mahal. Bahkan sangat murah! Tetapi, bukan berarti kita tidak perlu menghemat penggunaannya. Tahukah engkau ? Untuk menghasilkan satu rim kertas (yg terdiri atas 500 lembar), sebatang pohon yang berusia minimal 5 tahun harus ditebang. Proses produksi kertas pun membutuhkan bahan kimia, air, dan tenaga yang besar . Selain itu, limbah yg dihasilkan berdasarkan proses ini jua patut menjadi pertimbangan bagi kesehatan lingkungan.

Kamu tentu jua menyadari bahwa kekayaan hutan Indonesia akan terus tergerus bila pohon-pohon terus ditebang buat memenuhi kebutuhan kertas penduduk Indonesia yang terus bertambah. Sudah pasti diperlukan jutaan rim kertas pada setahun! Terbayangkah olehmu berapa btg pohon yang wajib ditebang? Tanpa kita sadari, begitu poly barang-barang yg berbahan baku kertas, yang dalam akhirnya hanya dibuang ke loka sampah. Misalnya, kertas pembungkus hibah buat sahabat, piring kertas, kalender, dan lain-lain. Seandainya, sebuah sekolah yg terdiri atas 250 siswa dan guru berhemat 2 lembar kertas setiap hari, berapa btg pohon yg bisa diselamatkan oleh masyarakat sekolah tadi selama satu minggu? Berapa batang pohon yang diselamatkan selama satu tahun?

Kamu dapat mengajak teman dan gurumu untuk memulai gerakan menghemat kertas. Bagaimana caranya? Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti berikut ini:

Gunakan ke 2 sisi kertas buat menulis.

Jika kamu ingin menciptakan rancangan tugas menulis atau menggambar, engkau nir perlu menggunakan kertas baru. Gunakan kertas bekas yang galat satu sisinya belum terpakai.

Menghemat penggunaan buku tulis.

Ketika memulai tahun ajaran baru, engkau nir perlu langsung membarui semua kitab tulismu. Gunakan saja page yg tersisa, tentunya menggunakan memberi indikasi atau pembatas yang kentara. Atau, bila hanya sedikit page yang tersisa, engkau dapat menggunting rapi residu laman buku tadi, lalu dijilid rapi beserta sisa halaman dari buku-kitab lain. Kamu akan mempunyai sebuah buku baru buatanmu sendiri!

Memakai kembali kertas kalender bekas.

Gunting rapi kertas kalender bekas sebagai rabat-rabat mini . Setelah dijilid rapi, engkau dapat mempergunakannya buat lbr gambar, lembar catatan atau lbr coret-coretan.

Berkreasi berdasarkan kertas bekas untuk pembungkus bingkisan.

Ketika terdapat temanmu berulang tahun, engkau dapat membungkus bingkisan hadiahmu menggunakan kertas koran bekas. Tentunya, kamu perlu menambahkan hiasan-hiasan agar bingkisanmu tampil lebih anggun dan menarik. Kamu juga bisa memakai kotak bekas sepatu, atau kotak bekas barang lainnya sebagai pembungkus bingkisan hadiahmu.

Mendaur ulang kertas.

Bersama sahabat-temanmu, kamu jua bisa mencoba menciptakan kertas siklus ulang dari kertas-kertas bekas. Cari liputan cara membuatnya berdasarkan berbagai media. Kamu dapat mengisi saat luangmu untuk membuat sesuatu yg bermanfaat, dan tentunya memperlihatkan kepedulianmu pada lingkungan.

Ayo, mulailah dari sekarang. Menghemat penggunaan kertas, menampakan cintamu dalam pepohonan dan mengambarkan kepedulianmu pada lingkungan.

[Santi Hendriyeti]

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store