Friday, September 25, 2020

Remote Desktop Dan Remote Saluran (Pengertian, Fungsi Dan Pola Aplikasi Remote Desktop)

Istilah remote susukan dan remote desktop tentu bukanlah hal gres di dunia jaringan, hampir semua instansi perkantoran yang sudah mengimplementasikan atau  teknologi jaringan niscaya setidaknya sudah memanfaatkan teknologi remote desktop dan remote susukan untuk mengadministrasi dan mengelola jaringan dengan lebih mudah dan lebih baik dari jarak jauh.

Seperti misalnya pada tempat kerja yg mempunyai komputer server yang letaknya pada gedung spesifik secara terpisah, server dalam umumnya nir dilengkapi menggunakan monitor maupun keyboard, buat mengendalikan server tadi umumnya admin jaringan memakai teknologi remote desktop dan remote akses, caranya relatif mengaktifkan pelaksanaan remote desktop pada komputer server atau personal komputer sasaran, maka komputer target tersebut sanggup dikendalikan menurut jeda jauh memakai komputer client atau komputer lainnya yg terhubung ke jaringan, baik jaringan local juga jaringan internet.

Istilah remote susukan dan remote desktop tentu bukanlah hal gres di dunia jaringan Remote Desktop Dan Remote Saluran (Pengertian, Fungsi Dan Pola Aplikasi Remote Desktop)

Untuk lebih memahami tentang remote desktop dan jua remote susukan disini saya akan jelaskan apa itu remote desktop dan pula remote susukan dan apa kegunaannya.

Pengertian Remote Akses?

Remote Access yaitu kemampuan buat terhubung menggunakan resource dalam suatu jaringan (network) sentral berdasarkan suatu lokasi. Ini berarti memakai sebuah PC dan modem pada suatu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.

Adapun sang Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan menjadi Remote access merupakan sistem yg mampu dipakai dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana eksekutif mampu dengan gampang mengontrol & mengawasi setiap personal komputer client juga server, berinteraksi menggunakan user, backup data, atau aktifitas lainnya.

Sedangkan dari Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Access yaitu kemampuan buat terhubung dengan resource pada suatu network sentral menurut suatu lokasi. Ini berarti memakai sebuah PC dan modem pada satu loka, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server dalam network utama suatu perusahaan.

Fungsi Remote Akses

Secara umum pelaksanaan remote access memiliki beberapa fungsi dalam manajemen jaringan,menurut sarana dan andi (2010), dalam bukunya Cara Jitu Pengelolaan Jaringan Windows denganRemote Desktop dan Administration, terdapat beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:

  • Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, contohnya untuk mengakses softwaredi komputer yang ada di divisi atau bab lain di perusahaan oleh pengguna technicalsupport perusahaan diruang kerjanya.
  • Mematikan komputer dari jarak jauh.
  • Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
  • Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
  • Membantu pengguna lain memecahkan persoalan di PC-nya dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan aktivitas berjalan / internet dari jarak jauh.
  • Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
  • Sharing resource dari jarak jauh.

Pengertian Remote Desktop?

Remote Desktop yaitu galat satu aplikasi remote susukan yang bisa memonitor kegiatan orang lain atau memonitor sebuah kinerja server berdasarkan jeda jauh. Menurutwikipediaremote desktop yaitu galat satu fitur yang masih ada di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, & Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya buat terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh misalnya mereka duduk pada depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan pada TCP port 3389.

Untuk ketika ini ternyata teknologi remote desktop bukan hanya disediakan pada sistem operasi window namun jua sudah berbagai pengembang pihak ke 3 yg menyediakan aplikasi spesifik yang sanggup digunakan buat mengimplementasikan remote desktop guna mengendalikan komputer berdasarkan jarak jauh, bahkan terdapat aneka macam aplikasi remote desktop yg sanggup berjalan di hampir semua sistem operasi.

Contoh Aplikasi Remote Desktop

Ada berbagai aplikasi remote desktop baik disediakan sang sistem operasi, menyerupai msalnya windows ataupun disediakan sang aplikasi pihak ke 3.

Berikut yaitu beberapa pola aplikasi remote desktop yg poly dipakai saat ini:

  • Windows Remote desktop, merupakan aplikasi yang sudah disediakan oleh sistem operasi windows
  • Team Viewer, sebuah aplikasi remote desktop yang disediakan oleh pihak ke 3 (bukan bawaan sistem operasi) yang sanggup dipakai untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh, aplikasi ini lengkap dengan fitur chatng dan video call, dan banyak dipakai oleh pengembang software untuk berkolaborasi dalam berbagi sebuah software di kawasan yang berbeda. Team viewer sekarang tersedia untuk versi desktop dan juga versi mobile, sehingga komputer bisa dikendalikan melalui perangkat HP.
  • Unified Remote Desktop, ini yaitu aplikasi remote desktop yang sanggup diintegrasikan dengan perangkat mobile, artinya sebuah komputer bisa dikendalikan melalui perangkat mobile menyerupai smartphone,tablet maupun hp, Untuk mengendalikan komputer memakai perangkat hp, maka aplikasi ini harus diinstal di komputer target, dan hp untuk mengendalikannya harus juga diinstal yang versi mobile, aplikasi ini banyak dipakai untuk media persentasi.

Demikian tentang Manajemen Remote Desktop dan Remote Akses (Pengertian, fungsi dan pola aplikasi remote desktop), agar bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store