Friday, September 25, 2020

Materi Kelas 6, Tema 6, Subtema 3, Pembelajaran 1, Membangun Masyarakat Sehat

Pernahkah engkau membayangkan hidup di tempat yg memiliki lingkungan & sarana generik yang higienis, sehat, dan nyaman? Cara sederhana untuk mengetahui lingkungan yang sehat dan nyaman merupakan dengan menghirup udara di loka tersebut. Udara yg segar merupakan udara yg nir tercemar sang polusi. Untuk memperoleh lingkungan Sehat dan nyaman tentunya menggunakan cara menjaga kebersihan pada lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Tentunya ini menjadi harapan setiap orang, namun tidak mudah buat membangun lingkungan kita mampu terlihat bersih & rapi sehingga nyaman buat dilihat. Tidak jarang lantaran kesibukan & berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di kurang lebih kita, terutama lingkungan tempat tinggal .

Sebenarnya seluruh mampu diawali dengan pencerahan diri sendiri pada menjaga & menciptakan lingkungan yg sehat. Hal ini bisa di awali menurut hal-hal mini yang mungkin acapkali dilupakan sang poly orang, seperti nir membuang sampah sekecil apapun pada sembarang loka. . Lingkungan yg sehat bersih & nyaman adalah lingkungan yang terbebas dari kontaminasi kotoran berdasarkan lingkungan yang ada pada sekelilingnya. Sudah waktunya kita menjaga dan merawat lingkungan kita sendiri biar menjadi lingkungan yang sehat, bersih & nyaman.

Amati gambar & baca teks dalam hati.

Impianku

Seusai sekolah, misalnya biasa Siti, Dayu, & Edo menunggu angkutan umum buat pulang sambil bercakap ringan.

?Wah, mendung betul ya. Aku lupa membawa payung,? Dayu cemas menatap langit yg gelap.

?Kalau cuma sekedar basah kehujanan sih tidak apalah, aku justru suka ,? Edo menanggapi. ?Masalahnya, jikalau hujan agak deras sedikiiit saja, pasti jalan masuk ke arah rumahku, banjir!?

Siti menatap keheranan, ?Iya, kenapa kini RT-mu seringkali banjir do? Padahal dulu kan tidak begitu.?

Edo bersungut, ?Banyak sampah menyumbat saluran air. Padahal Pak RT rajin mengadakan kegiatan membersihkan selokan, tetapi sayangnya rakyat yg buang sampah asal-asalan masih lebih poly dibandingkan yg kerja bakti?

?Nah itulah cita-citaku, teman-sahabat. Jika saya besar nanti, saya mau menciptakan Indonesia bersih! Banyak taman hijau, sungai-sungai berwarna biru bening, & tidak terdapat sampah berserakan. Aku akan membuat rakyat cinta kebersihan & merasa memalukan kalau membuang sampah asal-asalan.? Dayu menyampaikan pendapatnya menggunakan penuh semangat.

Siti menambahkan, ?Kalau aku , paling nir senang saat wajib memakai wahana generik yg kotor. Jadi, jika saya telah besar , aku mau membuat angkutan generik, toilet, taman, sekolah, terminal yg higienis! Dengan begitu, orang nir akan ragu memakai sarana generik karena nyaman, ya kan??

?Mimpiku, adalah membuat wilayah pemukiman bebas polusi! Sekolah mewajibkan murid-muridnya bersepeda atau jalan kaki ke sekolah. Bayangkan saja, betapa banyak asap tunggangan yang sanggup dikurangi? Edo menyambung dengan tak kalah bersemangat.

Siti tergelak, ?Indah betul mimpi kita! Tapi bayangkan juga, bagaimana caranya membuat Indonesia higienis & latif, ini halte loka kita berdiri saja kotor, penuh coretan, puntung rokok, dan sampah bungkus permen.? ?Siti benar jua. Pak RT yg telah dewasa saja kesulitan mengajak rakyat untuk menjaga kebersihan lingkungan, padahal akibat banjir sudah terasa langsung. Apalagi kita yang masih anak-anak, bagaimana mulainya menciptakan Indonesia bersih?? Edo mengangguk lesu.

Dayu menepuk bahu kedua sahabatnya dengan penuh semangat,?Kita wajib optimis, teman! Kita mulai dulu dari kita bertiga, saling mengingatkan buat peduli lingkungan. Kita jaga kebersihan. Kita buang sampah dalam tempatnya,? Dayu memungut kemasan permen yang berserakan pada halte lalu membuangnya ke tempat sampah. ?Kata Ayahku, kebaikan itu jika dikerjakan menggunakan konsisten, pasti menular pada lingkungan terdekat. Mungkin awalnya hanya kita bertiga, kemudian menular pada famili inti kita, kemudian masing-masing berdasarkan mereka jua menularkan kepada lingkungan terdekatnya. Lama-usang pasti jadi poly & tidak mustahil, suatu hari terwujud Indonesia yang higienis!?

Siti tertawa lagi menyambut semangat sahabatnya,?Setuju! Kita harus mulai menurut diri kita dan lingkungan terdekat dulu. Jadi Edo, besok kita mulai naik sepeda ya?!?

?Ayo, mulai besok kita bersepeda ke sekolah. Praktis-mudahan lama -kelamaan teman-teman poly yang ikut. Badan sehat, polusi udara berkurang.? Edo menjawab sembari menghentikan kendaraan beroda empat angkutan yang akan membawanya pergi.

Ayo Bertanya

apabila engkau terlibat diskusi dengan Siti, Edo, dan Dayu, tulislah pertanyaan yang akan engkau ajukan mengenai impian mereka.

  • Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan cita-citamu
  • Apa yang akan kamu lakukan untuk membuat masyarakat cinta kebersihan dan merasa malu kalau membuang sampah sembarangan.
  • Bagaimana caranya membuat Indonesia bersih dan indah.

Tukarkan pertanyaanmu menggunakan teman di sebelahmu & berikan gagasan dan komentarmu buat menjawab setiap pertanyaan.

Tuliskan 4 hal penting yang kamu temukan pada dialog tadi sehubungan dengan membentuk rakyat sehat. Tulis alasan mengapa engkau menganggap hal tadi krusial.

Seperti apa lingkungan dan masyarakat sehat impianmu? Ceritakan secara tertulis!

  • Lingkungan dengan poly tumbuhan hijau, sungai yg bersih dengan air yang jernih, fasilitas generik yg bersih dan pemukiman bebas polusi.

Apa yg bisa engkau lakukan buat mewujudkan virtual tersebut?

  • Membuang sampah dalam tempatnya, rajin mengadakan kegiatan membersihkan lingkungan, menjaga kebersihan pada fasilitas generik dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor menggunakan bersepeda atau jalan kaki ketika pulang ke sekolah.

Ayo Diskusikan

Dalam dialog tadi terdapat ungkapan ‘Lingkungan kita adalah apa yang kita lakukan’. Apa yang dimaksud dengan ungkapan tersebut? Berikan contoh. Diskusikan secara berpasangan dan tulis kesimpulannya!

  • Seperti hubungan karena-dampak, ?Lingkungan kita adalah apa yg kita lakukan? Maksudnya apa yg kita lakukan akan membawa dapak terhadap lingkungan. Contohnya; Jika kita membuang sampah asal-asalan, maka lingkungan sebagai kotor, sampah berserakan, & muncul berbagai penyakit. Sebaliknya, bila kita membuang sampah dalam tempatnya maka lingkungan akan sebagai higienis dan terhindar berdasarkan banjir serta aneka macam macam penyakit.

Bagaimana engkau mengaitkan antara perilaku insan sehari-hari menggunakan upaya membentuk lingkungan & rakyat higienis & sehat. Kamu bisa menyebutkan menggunakan gambar.

Tahukah Kamu?

Tahukah engkau bahwa udara memegang peranan yang sangat penting buat kesehatan rakyat. Apa yang terjadi menggunakan udara kita? Ayo, kita cari tahu. Baca potongan keterangan berikut dalam hati dan jawab pertanyaan.

. . . . Dari 10 stasiun pemantau kualitas udara yang dimiliki Kementerian Lingkungan Hidup diketahui bahwa kualitas udara terus menurun pada banyak kota dan transportasi diperkirakan menyumbang 76 % dari total emisi pencemar oksida nitrogen . . . .

Sumber: oto.Dtk.Com

.... Polusi yg tinggi berefek negatif terhadap kesehatan, seperti anemia. Efek negatif bagi anak-anak adalah mengalami gangguan kemampuan berpikir, daya tangkap lambat, & tingkat IQ rendah. Pada masa pertumbuhan fisik akan berdampak dalam gangguan pertumbuhan dan indera pendengaran. Sedangkan bagi orang dewasa, efek polusi dapat mensugesti sistem reproduksi atau kesuburan, mengganggu fungsi jantung, ginjal, & menyebabkan penyakit stroke, dan kanker. Setiap tahun, polusi udara menyebabkan 2 juta orang meninggal di semua global ....

Sumber: green.Kompasiana.Com

. . . Badan World Health Organization (WHO) memberikan model kota Kopenhagen serta Bogota menjadi 2 kota yg sudah berhasil menaikkan kualitas udara mereka menggunakan cara memprioritaskan jaringan transportasi umum, berjalan, dan bersepeda . . . .

Sumber: tempokini.Com

Jawab pertanyaan berikut.

1. Bagaimana taraf pencemaran udara dewasa ini?

  • Tingkat pencemaran udara dewasa ini semakin semakin tinggi dan kualitas udara semakin menurun.

Dua. Apa penyumbang terbesar terhadap pencemaran udara?

  • Penyumbang terbesar terhadap pencemaran udara adalah tunggangan bermotor/alat transportasi yang menyumbang hampir 76% pencemaran udara khususnya pada kota besar .

Tiga. Apa upaya yg telah dilakukan beberapa negara untuk mengurangi pencemaran udara?

  • Di kota Kopenhagen dan Bogota telah berhasil meningkatkan kualitas udara menggunakan cara memprioritaskan jaringan transportasi generik, berjalan, & bersepeda.

4. Apa yg bisa engkau lakukan buat mengurangi pencemaran udara?

  • Menggunakan transportasi umum, berjalan dan bersepeda.

Lima. ?Udara merupakan merupakan campuran?. Apakah engkau putusan bulat dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!

  • Ya, udara merupakan campuran. Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Kandungan udara kering adalah 78% Nitrogen, 20% Oksigen, 0,93% Argon, 0,03% Karbon Dioksida, 0,003% gas-gas lain (Neon, Helium, Metana, Kripton, Hidrogen, Xenon, Ozon, Radon). Uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi (penguapan) pada laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya. Aerosol adalah benda berukuran kecil, seperti garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi. (wikipedia)

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store