Pages

Sunday, October 4, 2020

Teks Pecahan Novel : (Pengertian, Struktur, Kaidah Teks,Unsur Intrinsik Dan Ektrinsik Dan Pola Teks Novel)

Teks penggalan novel dipelajari pada kelas XII SMK dan SMA/SMU untuk pelajaran bahasa indonesia yang menggunakan kurikulum 2013, teks penggalan novel merupakan sebagaian teks yg terdapat di dalam novel, teks penggalan novel umumnya mengandung unsur-unsur yang masih ada pada dalam sebuah novel.

Teks penggalan novel perlu dipelajari semoga anak didik bisa menganalisa isi novel terutama yang berkaitan menggunakan unsur-unsur yg masih ada di pada novel menyerupai unsur intrinsik, unsur ektrinsik, struktur bahasa, ciri atau kaidah kebahasaan & gaya bahasa yang dipakai pada dalam novel, menggunakan mengetahui teks novel secara lebih jelasnya diperlukan siswa bisa membentuk atau menulis teks novel sendiri.

Teks penggalan novel dipelajari di kelas XII Sekolah Menengah kejuruan dan SMA Teks Pecahan Novel : (Pengertian, Struktur, Kaidah Teks,Unsur Intrinsik Dan Ektrinsik Dan Pola Teks Novel)

Pengertian novel

Novel berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diartikan sebagai ‘karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian kisah kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan tabiat dan sifat setiap pelaku’

Novel juga bisa didefinisikan sebagai sebuah karya fiksi prosa yang yang tertulis dan naratif. Umumnya sebuah novel bercerita ihwal tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut. Kata novel berasal dari bahasa Italia, novella yang berarti “sebuah kisah, sepotong berita” dan novel mempunyai kisah yang lebih kompleks dari cerpen.

Sedangkan karya fiksi adalah cerita rekaan buatan yang dibentuk pengarang, dimana kisah di dalamnya menjadi bermakna dikarenakan daya khayal, angan-angan atau fantasi olah fikir inspirasi kreativitas si penulis.

Unsur Instrinsik Novel

Sebuah karya sastra biasanya selain tersusun dari unsur ektrinsik juga mempunyai unsur intrinsik, unsur intrinsik ialah  unsur yang membangun karya sastra dari dalam karya sastra itu sendiri. unsur intrinsik untuk teks novel terdiri dari tema, alur atau plot, tokoh, latar, sudut pandang, diksi dan amanah, menyerupai yang di uraikan di bawah ini:

1.Tema,

Tema adalah suatu gagasan pokok atau wangsit pikiran wacana suatu hal, salah satunya pada membentuk suatu goresan pena. Di setiap goresan pena pastilah memiliki sebuah tema, sebab pada sebuah penulisan dianjurkan wajib memikirkan tema apa yang akan dibentuk

2.Alur (plot), merupakan rangkaian bencana yang terjadi berdasarkan urutan waktu kejadian. Tahap alur mencakup pengenalan, penampilan masalah, pemunculan konflik, puncak ketegangan (klimaks), peleraian (antiklimaks), dan penyelesaian (konklusi).

Tiga. Tokoh (perwatakan)

Tokoh artinya pelaku yg dikisahkan pemain dalam cerita. Tokoh dalam sebuah novel mampu berupa tokoh jahat atau tokoh baik. Sedangkan penokohan merupakan sifat, watak atau kaakter yg dimiliki sang para tokoh di pada cerita. Penggambaran penokohan bisa berupa uraian eksklusif dan tidak pribadi. Contoh : baik, sombong, jujur, dll

4. Latar

Latar merupakan unsur yang merujuk pada tempat, ketika & suasana yg melatarbelakangi bencana pada kisah terjadi. Latar dibedakan menjadi tiga, yaitu 1) latar loka, dua) latar saat, dan 3) latar suasana. Contoh : Di Sekolah, pagi hari, menyenangkan

5. Sudut pandang, ialah cara pengarang dalam menyajikan bencana dan tokoh-tokoh yang ada dalam sebuah cerita. Sudut pandang berkaitan dengan gaya pengisahan seorang pengarang terhadap ceritanya. Sudut pandang ada dua, yaitu sudut pandang orang pertama “aku” dan sudut pandang orang ketiga “dia”

6.Amanat, ialah pesan yang terkadung dalam sebuah cerita. Amanat dalam novel pada umumnya disampaikan pengarang kepada pembaca melalui dua cara, yaitu secara tersurat (dapat dilihat langsung) dan tersirat (dipahami dari balik cerita)

Struktur teks kisah fiksi novel

Struktur teks adalah bagian-bagian terpisah yang menusun sebuah teks sampai menjadi sebuah teks yg utuh. Adapun struktur teks dalam teks novel mencakup abstract, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.

Untuk tahu lebih dalam tentang kisah fiksi atau teks novel maka yg harus diketahui ialah struktur teks menurut novel tadi, sebagai berikut:

1. Abstract (Gambaran atau ringkasan awal cerita)

2. Orientasi (Bagian awal teks kisah atau teks pembuka yang biasanya berisi pengenalan tokoh)

3. Komplikasi (masalah mulai muncul)

4. Evaluasi (masalah mulai memuncak)

5. Resolusi (penyelesaian masalah)

6. Koda atau pesan penulis

Ciri atau Kaidah Kebahasaan Teks Novel

Sedangkan kaidah kebahasaan atau ciri atau hukum bahasa yg dipakai pada teks novel artinya sebagai berikut:

  • Berusaha menghidupkan perasaan atau menggugah emosi pembacanya.
  • Biasanya berbentuk goresan pena ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan sebagainya.
  • Dipengaruhi oleh subjektivitas pengarangnya.
  • Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf obyektivitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.
  • Bahasa bermakna denotatif (yaitu makna sebenarnya) juga konotatif, asosiatif (yaitu makna tidak sebenarnya), ekspresif (yaitu memberi bayangan suasana pribadi pengarang), sugestif (yaitu bersifat mensugesti pembaca), dan plastis (yaitu bersifat indah untuk menggugah perasaan pembaca).
  • Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
  • Melibatkan gaya bahasa ironi atau sindirian, yang dikatakan kebalikan dari apa yang sebenarnya,contoh: Lekas betul kakak pulang gres saja sudah jam 1 malam
  • Melibatkan gaya bahasa sinisme, sindiran yang lebih kasar dari ironi untuk mencemooh, contoh:  Bersih benar badanmu nak, kata ibu kepada anaknya yang gres main seharian
  • Melibatkan gaya bahasa sarkasme, Sindiran yang sangat tajam dan kasar hingga adakala menyakitkan hati, contoh: Hai hewan enyah kamu dari sini.

Contoh teks penggalan novel

Berikut ialah pola teks penggalan novel yang sanggup anda analisa baik berdasarkan sisi struktur teks, unsur intrinsik & gaya bahasa yang digunakan.

Aji adalah seorang yg berpawakan ganteng , cerdas & pula keturunan konglomerat. Maka dari itu nir heran jika Aji menjadi rebutan begi kaum hawa. Waktu terasa begitu cepat sampai-sampai suatu hari Aji membangun pesta ulang tahun, akan namun Angel galau.

Bingung bukan karena hibah yg akan diberikan buat pacar incaranya. Tetapi banyak sekali usaha telah dilakukan hingga harus menemani kakaknya untuk bermain monopoli seharian. Sambil bermain monopoli Angel pun terdiam karena sedang butuh uang.

Setelah berbincang-bincang dan membujuk kakanya dalam kesannya Hendra sang saudara tertua menggunakan lapang dada buat menampakan uang celengannya ketika itu pada adik tercinta.

Malam pun datang. Angel dan pula Agnes bersaing buat sebagai ratu pada pada acara pesta itu. Namun sayangnya pesta tersebut berakhir ricuh dikarenakan kehadiran abang Angel yang berjulukan hendra.

Yang membangun Angel begitu terlihat membuat malu kedatangan kakaknya yg keterbelakang mental penuh bisnis & bergotong-royong bermaksud baik alasannya adalah ingin mengantarkan kado yg tertinggal.

Pesta tersebut kesannya ricuh dan Angel pun lari & mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut mengakibatkan tidak ada satu orang pun yg mampu menyelamatkan dirinya selain Hendra.

Kecelakaan tersebut berakibat Angel koma dan membutuhkan donor hati dengan segera. Pada kesannya Hendra sebagai oleh abang rela buat mendonorkan hatinya untuk saudara termuda tercintanya.

Pada Bab-bab selanjutnya para pembaca akan melihat rabat kisah yg sangat mengharukan pulang. Agnes Devonar membentuk novel ini hanya dalam 1 kitab .

Walaupun demikian pada setiap kepingan mulai menurut awal kisah sampai tamat kisah ,kitab ini mempunyai relasi yg sangat erat, menyerupai arti sebuah kehidupan.

Novel ini disajikan menggunakan bahasa yg apik. Sehingga novel ini mampu menyihir para pembacanya. Sehingga pembaca mampu ikut mencicipi semangat, keputusasaan, kebahagiaan dan pula kesedihan.Selain itu, novel ini juga memiliki masalah percintaan dan masalah famili.

No comments:

Post a Comment