Wednesday, October 7, 2020

DAFTAR ORGANISASI GURU SELAIN PGRI

Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI merupakan asosiasi guru tertua yang ada di Indonesia.  Bahkan embrio organisasi pendidik ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selama ini, organisasi guru seolah-olah hanya PGRI. Memang, PGRI pernah menjadi satu-satunya wadah bagi para guru di seluruh Indonesia.

Dalam perkembangan bepergian bangsa, PGRI sempat mengalami dinamika lantaran terseret dalam politik simpel. Mengakibatkan ketidak-puasan dari para pengajar. Hal ini memantik muncul dan lahirnya organisasi-organisasi pengajar lain selain PGRI. Khususnya setelah berakhirnya era pemerintahan Orde Baru.

Lalu, apakah dengan berakhirnya era pemerintahan Orde Baru menyebabkan runtuhnya juga organisasi PGRI. Tentu nir. PGRI tetap sebagai organisasi profesi pendidik yang besar , eksis, & semakin profesional. Turut dan mengusahakan pendidikan yg berkualitas bagi anak bangsa, serta memperjuangkan hak bagi semua anggotanya. BACA JUGA:Sejarah Lahirnya PGRI

Akan tetapi, selain adanya PGRI menjadi organisasi profesi bagi para pengajar, ada jua organisasi profesi pengajar pada Indonesia.

Berikut ini adalah daftar organisasi guru yang ada pada Indonesia pada tingkah nasional.

Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia disingkat AGEI

Asosiasi Guru Matematika Indonesia disingkat AGMI

Asosiasi Guru Otomotif Indonesia disingkat AGTOI

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia disingkat AGPAI

Asosiasi Guru Penulis Indonesia disingkat AGUPENA

Asosiasi Guru Sains Indonesia disingkat AGSI

Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia disingkat AGTIFINDO

Asosiasi Pendidik Matematika Indonesia disingkat APMI

Asosiasi Pendidik Seni Indonesia disingkat APSI

Asosiasi Pendidikan Bethel disingkat APB

Federasi Guru Independen Indonesia disingkat FGII

Federasi Serikat Guru Indonesia disingkat FSGI

Ikatan Guru Indonesia disingkat IGI

Persatuan Guru Honor Indonesia disingkat PGHI

Persatuan Guru Madrasah Indonesia disingkat PGMI

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama disingkat PERGUNU

Persatuan Guru Swasta Indonesia disingkat PGSI

Persaudaraan Guru Sejahtera Indonesia juga disingkat PGSI

Dari sekitan banyak organisasi yang ada di tingkat nasional tersebut, dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Pertama, organisasi guru berdasarkan mata pelajaran yang di ampu. Antara lain, guru otomotif, guru PAI, guru ekonomi, guru matematika, guru seni,  guru TIK, dan guru sains (lihat lagi daftar).

Juga terdapat organisasi dan asosiasi pengajar yang didasarkan dalam keadaan. Misalnya persatuan guru partikelir, persatuan pengajar honor , persatuan pengajar penulis.

Juga terdapat organisasi yg adalah sayap organisasi lain. Ada Pergunu, buat guru-pengajar di bawah organisasi Nahdlatul Ulama. Juga ada Asosiasi Pendidikan Bethel yang disingkat APB.

Ada pula organisasi pengajar yg lebih terbuka & bisa diikuti sang seluruh guru di Indonesia. Selain PGRI juga ada FGII, FSGI, & IGI. Kepengerusan keempat organisasi ini termasuk PGRI, merata pada hampir semua Indonesia.

Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), pernah diketuai oleh Bapak Suparman (seorang guru SD). FGII acap kali tampil di media, dengan pernyataan dari ketua yang mengkritik pelaksanaan UN. Juga sering muncul ketika menunjukkan upaya advokasi terhadap guru yang termarjinalkan. Pengurus FGII  telah tersebar di beberapa daerah Indonesia. FGII sering melontarkan kritik terhadap kebijakan berkaitan dengan pendidikan. Kritikan yang dilontarkan oleh FGII terkait pengangkatan guru honorer, tunjangan,  dan dikotomi guru negeri dan swasta.

Organisasi guru di Indonesia selanjutnya adalahIkatan Guru Indonesia (IGI). IGI pernah diketuai oleh Satria Dharma juga seorang Kompasianer (penulis di dunia maya). IGI acap kali mengadakan kegiatan pelatihan untuk guru-guru, lokakarya, dan berbagai aktivitas untuk meningkatkan kualitas para guru. IGI juga sudah melebarkan sayap organisasinya. Pengurusnya sudah terbentuk di beberapa provinsi dan kabupaten.  Tidak sedikit guru yang tertarik untuk masuk ke wadah IGI ini.

Organiasi selanjutnya adalahFederasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Berdiri sekitar awal Januari 2011 dan dideklarasikan di kantor ICW Jakarta. Organisasi para guru ini diisi oleh orang-orang kritis yang juga vokal terhadap kebijakan pemerintah. Tokoh yang terkenal dari federasi ini adalah Retno. Seorang guru PKn yang sempat berseslisih dengan tokoh nasional.

Sekian penjabaran mengenai Daftar Organisasi Guru Selain PGRI. Bukan bermaksud membandingkan buat saling mempertentangkan. Artikel ini sebatas menerangkan bahwa, kita beraneka, kita majemuk. Maka tetaplah manunggal buat mewujudkan Indonesia Sejahtera & bermartabat, melalui pendidikan.

Salam Pendidik, Salam !

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store