Pages

Tuesday, July 7, 2020

Membuat Periskop Sederhana

Periskop adalah indera optik buat mengamati suatu objek berdasarkan posisi tersembunyi. Periskop umumnya dipakai pada kapal selam. Awak kapal selam yang berada pada kedalaman laut dapat mengamati bagian atas laut memakai periskop. Periskop menerapkan sifat cahaya yg berupa pemantulan. Cahaya berdasarkan atas bagian atas bahari ditangkap sang suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat pada dalam kapal selam. Periskop hanya sanggup melihat obyek-obyek yg segaris lurus dengan pengamat.

Periskop sederhana bisa dibentuk menggunakan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45? Dalam setiap sisinya. Periskop sederhana acapkali digunakan sebagai alat buat melihat waktu dihalangi kerumunan orang. Periskop bekerja dengan memakai rangkaian cermin.Rangkaian cermin diperlukan lantaran cahaya yg datang dari objek yg akan dipandang nir dapat mencapai mata pemantau dalam lintasan berupa garis lurus. Cermin-cermin tersebut berfungsi buat memantulkan cahaya dari suatu objek sebagai akibatnya mampu datang pada mata pengamat.

Alat & bahan

1. Kardus bekas

dua. Cermin datar 2 butir

3. Lem/selotip

4. Busur derajat

5. Gunting

6. Kertas biasa atau kertas koran juga kertas pembungkus kado.

Prosedur Pembuatan

Periskop merupakan alat optik untuk mengamati suatu objek dari posisi tersembunyi Membuat Periskop Sederhana

  • Bagi kardus bekas menjadi lima bagian. Dua bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 30 cm x 6 cm. Dua bagian sama besar dengan ukuran 30 cm x 4 cm, dan satu bagian lagi berukuran 30 cm x 2 cm (untuk menyatukan persegipanjang sebagai badan periskop).
  • Buat 2 lubang berbentuk lingkaran pada bagian depan dan belakang periskop (gambar 2). Lubang bagian atas depan nantinya sebagai lubang yang melihat langsung ke objek yang akan dilihat sedangkan lobang bagian belakang bawah adalah sebagai tempat untuk kita mengamati.
  • Buat 4 lubang berbentuk persegi panjang pada samping kanan dan kiri, atas dan bawah. Lubang ini nantinya berguna untuk menempatkan 2 buah cermin datar. Kemiringan lobang ini adalah 45°.Agar pas kemiringannya, gunakan busur untuk mengukur derajat kemiringannya(gambar 3)
  • Satukan bagian-bagian periskop menggunakan selotip atau lem sehingga membentuk bangun persegi panjang dengan ukuran 30 cm x 6 cm x 4 cm (lihat gambar).
  • Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip. Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap ke bawah.Perhatikan saat memasang kedua cermin, yakni harus saling berhadapan agar nantinya dapat memantulkan bayangan objek sesuai dengan konsep cara kerja periskop(gambar 4).

Cara kerja periskop sangat sederhana, yaitu: diawali dengan masuknya cahaya pada kotak di bagian depan dan diterima sang cermin permukaan. Cermin tadi kemudian mengirimkan cahaya yang diterima ke cermin yang disimpan di bagian bawah. Selanjutnya, cermin dibawah ini mengirimkan cahaya menuju mata kita, sebagai akibatnya kita bisa melihat disekeliling kita pada dalam karton atau periskop sederhana.

Setelah melakukan percobaan tadi, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang engkau temukan dalam percobaan ini?

Periskop menerapkan sifat cahaya yg berupa pemantulan. Cahaya dari atas objek yg ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat.

2. Bagaimana bayangan yang dihasilkan?

Sifat-sifat bayangan yg pada bentuk sang cermin datar adalah :

  • Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
  • Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
  • Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu.
  • Bayangan tegak seperti bendanya.
  • Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.

Tiga. Apa kesimpulan yang kamu peroleh tentang percobaan ini?

Prinsip kerja periskop adalah membentuk bayangan dengan melakukan pemantulan pada ke 2 cermin datar yg dipasang sejajar dan diposisikan miring supaya mengarah ke mata pengamat kemudian pemantulan tadi diteruskan ke pengamat.

4. Di manakah prinsip kerja periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?

Periskop bisa ditemui pada kapal selam dan tank tentara.

No comments:

Post a Comment