Wednesday, July 29, 2020

Kehidupan Nelayan Pemburu Paus

Manusia, mempunyai kemampuan buat berinteraksi menggunakan lingkungan buat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup insan berupa kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Setiap kali manusia melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selalu menaruh efek pada lingkungannya, baik lingkungan alam, juga lingkungan ekonomi, sosial, dan budaya.

Kehidupan Nelayan Pemburu Paus

Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, adalah keliru satu desa nelayan tradisional yang menjadikan bahari menjadi ladang kehidupan mereka. Laut adalah ibu yg menaruh kehidupan sejak zaman nenek moyang mereka. Dari hasil laut, warga di desa ini telah berhasil mengirimkan anak-anak mereka buat bersekolah & pada akhirnya bekerja.

Masyarakat nelayan di desa Lamalera, mempunyai tradisi berburu paus yg sudah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka. Tidak sembarang paus yg mereka buru, hanya paus yang telah tua saja yang mereka buru. Apabila mereka menemukan paus belia, masyarakat nelayan pada desa ini akan mengembalikannya ke bahari lepas. Mereka pun bersepakat secara istiadat bahwa pada setahun, tidak boleh lebih dari 15 paus yang mereka buru. Dengan demikian, mereka permanen menjaga agar paus tidak punah.

Untuk berburu paus, para nelayan melakukan pemantauan berdasarkan bibir pantai & dari atas bukit. Ada beberapa orang yg senantiasa berada pada bukit itu buat memantau, sambil melakukan

kegiatan lainnya seperti memperbaiki jala, menganyam atap bahtera dari daun lontar, memasak, atau membaca kitab .

Jika mereka melihat paus, mereka akan berteriak ?Baleo? Yang berarti paus. Teriakan itu, membuat para nelayan yang berada di bibir pantai segera bersiap melaut. Mereka akan mengirimkan sebuah bahtera buat mengamati jenis dan umur paus. Apabila mereka melihat paus itu layak ditangkap, mereka akan akan memanggil bahtera-perahu lain buat mendekat.

Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke semua masyarakat desa. Pembagian diutamakan bagi janda & yatim piatu, baru kemudian kepada penangkap paus, pemilik bahtera, kemudian kepada masyarakat lainnya. Daging dan ikan paus ini bisa ditukar menggunakan jagung, umbi-umbian, buah-buahan, & sayuran dari warga pegunungan. Kegiatan barter ini dilakukan pada Pasar Wulandoni, lebih kurang tiga km dari Lamalera.

Ayo Menulis

Bacaan pada atas merupakan galat satu teks penjelasan yg dimuat pada sebuah surat informasi. Surat liputan adalah galat satu jenis media cetak yg paling banyak dipakai rakyat. Surat liputan atau koran adalah galat satu media cetak yg dapat memberikan aneka macam macam berita.

Untuk tahu sebuah teks penerangan pada bacaan pada atas, kamu perlu mengetahui pokok pikiran pada setiap paragrafnya. Temukanlah utama-utama pikiran pada setiap paragraf menggunakan melakukan aktivitas ini dia.

  1. Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
  2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
  3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kamu siapkan.
  4. Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.
  5. Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
  6. Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.
  7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
  8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya.
  9. Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
  10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas

 memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Kehidupan Nelayan Pemburu Paus

Ayo Berdiskusi

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat poly hal yg ingin kamu ketahui mengenai insiden yang terjadi pada sekitarmu. Bertanya merupakan kegiatan mencari jawaban tentang sesuatu yg belum diketahui. Kita bisa bertanya pada siapa pun, termasuk pada teman sebaya. Kegiatan bertanya jua dapat menjadi aktivitas awal sebuah diskusi. Ikutilah tahapan aktivitas berikut adalah menggunakan akurat di pada kelompok yang terdiri atas 4 ? Lima orang.

  1. Buatlah dua pertanyaan berdasarkan bacaan.
  2. Tuliskanlah pertanyaanmu di selembar kertas kecil. Tuliskan nama dan pertanyaanmu dengan jelas dan menggunakan kalimat tanya yang benar.
  3. Gulunglah kertas pertanyaanmu lalu masukkan ke dalam sebuah wadah.
  4. Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam wadah.
  5. Setelah semuanya mendapatkan sebuah gulungan kertas, bukalah lembar pertanyaan secara bersamaan.
  6. Lalu tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.
  7. Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.
  8. Lihatlah kembali pertanyaan yang telah kamu buat, dan jawaban dari teman-temanmu. Lakukanlah diskusi dengan teman yang menjawab pertanyaanmu untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store