Friday, July 31, 2020

ANEKA MACAM ANGGREK YANG MEMPESONA

Indonesia adalah negara yg sangat kaya akan tumbuhan anggreknya, Imdonesia memiliki lebih dari 6.000 jenis anggrek dan berakibat Indonesia menjadi negara dengan spesies anggrek terbanyak dan terlengkap di dunia. Tidak hanya itu jenis anggrek pada Indonesia jua adalah jenis anggrek terindah dan terlangka didunia.

Berikut merupakan beberapa jenis anggrek yg ada di Indonesia

? Anggrek macan

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan tanaman anggreknya ANEKA MACAM ANGGREK YANG MEMPESONA

Grammatophyllum speciosum atau seringpula diklaim-sebut dengan nama G. Papuanum yang diyakini sebagai keliru satu variannya. Tanaman ini beredar luas dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, sampai Papua. Oleh karenanya, tidak heran apabila banyak ditemukan varian-varian nya menggunakan bentuk tumbuhan dan corak bunga yang sedikit berbeda. Dalam satu rumpun dewasa, flora ini dapat mencapai berat lebih dari 1 ton & panjang malai bunga hingga 3 meter menggunakan diameter malai sekitar 1,5-2 centimeter. Itulah sebabnya malai bunganya sanggup menyangga puluhan kuntum bunga berdiameter 7-10 cm.

Dari corak bungany penduduk lokal acapkali menjulukinya menggunakan sebutan anggrek macan akan namun sebutan ini acapkali rancu menggunakan kerabatnya, Grammatophyllum scriptum yg memiliki corak serupa. Oleh karena itu, anggrek ini terkenal jua menggunakan sebutan menjadi anggrek tebu, karena sosok batang tanamannya yang menyerupai batang pohon tebu. Meskipun persebarannya cukup luas?Anggrek ini justru menghadapi ancaman serius berdasarkan perburuan tak terkendali dan kerusakan daerah asal. Sosok pohonnya yg sangat akbar gampang terlihat oleh para pemburu, terlebih lagi saat memunculkan bunganya yang mencolok. Belum lagi perkembangbiakan alami pada tempat asli menggunakan biji sangatlah sulit diandalkan lantaran lambatnya laju pertumbuhan berdasarkan fase biji sampai mencapai tumbuhan dewasa yang siap berbunga. Mungkin hal inilah yg mendasari kenapa anggrek ini sebagai salah satu species anggrek yang dilindungi.

? Anggrek hitam

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan tanaman anggreknya ANEKA MACAM ANGGREK YANG MEMPESONA

(Coelogyne pandurata) merupakan spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot tanaman provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, tempat asal orisinil anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang relatif besar lantaran semakin menyusutnya luas hutan pada Kalimantan tetapi masih mampu ditemukan pada cagar alam Kersik Luway pada jumlah yg sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih poly berada pada tangan para kolektor anggrek.

Dinamakan anggrek hitam lantaran anggrek ini mempunyai pengecap (labellum) berwarna hitam menggunakan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau belia. Bunganya relatif harum semerbak & biasa mekar dalam bulan Maret sampai Juni.

Anggrek hitam termasuk pada anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya. Setiap bulb hanya mempunyai dua lbr daun saja. Daunnya sendiri sekilas mirip seperti daun pada tunas kelapa.

? Anggrek bulan

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan tanaman anggreknya ANEKA MACAM ANGGREK YANG MEMPESONA

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah keliru satu bunga nasional Indonesia, Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) ditetapkan sebagai Puspa Pesona Indonesia mendampingi bunga melati (Jasminum sambac) yg ditetapkan sebagai puspa bangsa Indonesia dan padma raksasa (Rafflesia arnoldii ) menjadi puspa langka Indonesia.

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan keliru satu anggota genus Phalaenopsis, genus yang pertama kali ditemukan oleh seseorang ahli nabati Belanda, Dr. C.L. Blume. Phalaenopsissendiri sedikitnya terdiri atas 60 jenis (spesies) dengan sekitar 140 varietas yang 60 varietas diantaranya masih ada di Indonesia.

Di Indonesia, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) pertama kali ditemukan pada Maluku. Anggrek bulan mempunyai beberapa nama wilayah misalnya anggrek wulan (Jawa & Bali), anggrek terbang (Maluku), & anggrek menur (Jawa). Pemerintah memutuskan anggrek bulan menjadi puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa), dan padma raksasa (puspa langka) dari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993.

Pesona Anggrek Bulan. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun ketika ini sudah banyak anggrek bulan output persilangan (anggrek bulan bibit unggul ) yg mempunyai corak dan rona beragam jenis.

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya mentari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk bundar memanjang dan terasa berdaging. Bunga anggrek bulan memiliki sedikit keharuman dan ketika mekar yang lama dan bisa tumbuh hingga diameter 10 centimeter lebih.

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) tumbuh liar dan beredar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Anggrek bulan hidup secara epifit menggunakan menempel pada batang atau cabang pohon pada hutan-hutan. Secara liar anggrek bulan mampu tumbuh subur hingga ketinggian 600 meter dpl.

Karena keindahannya itu wajar bila kemudian anggrek bulan ditetapkan menjadi puspa pesona, satu diantara tiga bunga nasional Indonesia. Anggrek bulan ditetapkan menjadi puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa) dan padma raksasa (puspa langka).

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store