Sunday, November 1, 2020

Surat | Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya

Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya - Surah Al Hasyr termasuk kedalam golongan surat-surat Madaniyyah dan merupakan surat ke 59 dari Al Quran yang terdiri atas 24 ayat. Surat ini diturunkan sesudah Surah Al Bayyinah dan dianamai dengan Al Hasyr (Pengusiran) yang diambil dari ayat ke 2 surat ini. Maksud pengusiran didalam surat ini ialah kisah pengusiran suku Yahudi yang bernama Bani Nadhir yang mendiami sekitar kota Madinah.

 Surah Al Hasyr termasuk kedalam golongan surat Surat | Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya
Surah Al Hasyr

Pokok isi kandungan pada Surah Al Hasyr diantaranya adalah tentang keimanan, hukum-aturan & lain-lain misalnya beberapa sifat orang-orang munafik & para ahli buku yang tercela, serta peringatan-peringatan yang ditujukan buat kaum muslimin. Teks bacaan lafadz.Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya berikut dibawah ini :

Surah Al Hasyr

(Pengusiran)

Juz 28

Surat Ke 59 : 24 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayangdanquot;

??????? ??????? ??? ??? ????????????? ????? ??? ?????????? ?????? ?????????? ??????????

Sabbaha lillahi maa fiis-samaawaati wa maa fiil ardhi wahuwal 'aziizul hakiim(u)

1. "Telah bertasbih kepada Allah apa yg terdapat di langit dan bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

???? ???????? ???????? ????????? ????????? ???? ?????? ?????????? ??? ??????????? ????????? ?????????? ??? ????????? ??? ???????????? ??????????? ???????? ?????????????? ?????????? ????? ??????? ???????????? ??????? ???? ?????? ???? ?????????????? ???????? ??? ??????????? ?????????? ??????????? ?????????? ????????????? ????????? ?????????????? ?????????????? ??????????? ????????????

Huwal-ladzii akhrajal-ladziina kafaruu min ahlil kitaabi min diyaarihim awwalil hasyri maa zhanantum an yakhrujuu wa zhannuu annahum maani'atuhum hushuunuhum minallahi fa-ataahumullahu min haitsu lam yahtasibuu wa qadzafa fii quluubihimurru'ba yukhribuuna buyuutahum biaidiihim wa aidiil mu`miniina faa'tabiruu yaa uuliil abshaar(i)

2. "Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama [1463]. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan."

?????????? ??? ?????? ??????? ?????????? ??????????? ????????????? ??? ??????????? ???????? ??? ??????????? ??????? ????????

Wa laulaa an kataballahu 'alaihimul jalaa-a la'adz-dzabahum fiiddunyaa wa lahum fil aakhirati 'adzaabunnaar(i)

3. "Dan jika tidaklah lantaran Allah sudah menetapkan eksodus terhadap mereka, sahih-sahih Allah mengazab mereka pada dunia. Dan bagi mereka pada akhirat azab neraka."

??????? ??????????? ?????????? ??????? ????????????? ????? ????????? ??????? ??????? ??????? ??????? ??????????

Dzaalika bi annahum syaaqquullaha warasuulahu wa man yusyaaqqillaha fa innallaha syadiidul 'iqaab(i)

4. "Yang demikian itu merupakan karena Sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, Sesungguhnya Allah sangat keras sanksi-Nya."

??? ????????? ???? ???????? ???? ?????????????? ?????????? ??????? ?????????? ?????????? ??????? ???????????? ?????????????

Maa qatha'tum min liinatin au taraktumuuhaa qaa-imatan 'alaa ushuulihaa fabiidznillahi wa liyukhziyal faasiqiin(a)

5. "Apa saja yang kamu tebang dari pohon kurma (milik orang-orang kafir) atau yang kamu biarkan (tumbuh) berdiri di atas pokoknya [1464], maka (semua itu) adalah dengan izin Allah; dan karena Dia hendak memberikan kehinaan kepada orang-orang fasik."

?????? ???????? ??????? ?????? ?????????? ???????? ?????? ???????????? ???????? ???? ?????? ????? ??????? ?????????? ??????? ????????? ????????? ?????? ??? ????????? ????????? ?????? ????? ?????? ???????

Wa maa afaa-allahu 'alaa rasuulihii minhum fa maa aujaftum 'alaihi min khailin wa laa rikaabin wa lakinnallaha yusallithu rusulahuu 'alaa man yasyaa-u wallahu 'alaa kulli syai-in qadiir(un)

6. "Dan apa saja harta rampasan (fai-i) [1465] yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) mereka, maka untuk mendapatkan itu kamu tidak mengerahkan seekor kudapun dan (tidak pula) seekor untapun, tetapi Allah yang memberikan kekuasaan kepada RasulNya terhadap apa saja yang dikehendakiNya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

????? ???????? ??????? ?????? ?????????? ???? ?????? ????????? ????????? ????????????? ??????? ??????????? ?????????????? ??????????????? ??????? ?????????? ???? ??? ??????? ???????? ?????? ??????????????? ???????? ?????? ??????????? ?????????? ????????? ????? ?????????? ?????? ???????????? ??????????? ???????? ????? ??????? ??????? ??????????

Maa afaa-allahu 'alaa rasuulihii min ahlil quraa falillahi wa lirrasuuli wa lidziil qurbaa wal yataamaa wal masaakiini waabnissabiili kai laa yakuuna duulatan bainal aghniyaa-i minkum wa maa aataakumurrasuulu fakhudzuuhu wa maa nahaakum 'anhu faantahuu waattaquullaha innallaha syadiidul 'iqaab(i)

7. "Apa saja harta rampasan (fai-i) yg diberikan Allah kepada RasulNya (menurut harta benda) yg dari dari penduduk kota-kota maka adalah buat Allah, buat Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin & orang-orang yang pada bepergian, agar harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yg diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yg dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah pada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya."

?????????????? ??????????????? ????????? ??????????? ??? ??????????? ??????????????? ??????????? ??????? ????? ??????? ???????????? ???????????? ??????? ?????????????? ???????????? ???? ?????????????

Lilfuqaraa-il muhaajiriinal-ladziina ukhrijuu min diiirihim wa amwaalihim yabtaghuuna fadhlaa minallahi wa ridhwaanan wa yanshuruunallaha wa rasuulahu uulaa-ika humush-shaadiquun(a)

8. "(Juga) bagi orang fakir yang berhijrah [1466] yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena) mencari karunia dari Allah dan keridhaan-Nya dan mereka menolong Allah dan RasulNya. Mereka itulah orang-orang yang benar."

??????????? ?????????? ???????? ????????????? ??? ?????????? ?????????? ???? ??????? ?????????? ????? ????????? ??? ??????????? ??????? ???????? ???????? ????????????? ??????? ??????????? ?????? ????? ?????? ?????????? ????? ????? ????? ????????? ?????????????? ???? ??????????????

Waal-ladziina tabau-wauuddaara wal-iimaana min qablihim yuhibbuuna man haajara ilaihim wa laa yajiduuna fii shuduurihim haajatan mimmaa uutuu wayu'tsiruuna 'alaa anfusihim wa lau kaana bihim khashaashatun wa man yuuqa syuhha nafsihii fa-uulaa-ika humul muflihuun(a)

9. "Dan orang-orang yg telah menempati kota Madinah & telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'menyayangi' orang yg berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada memberikan impian pada hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan pada mereka (Muhajirin); & mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka pada kesusahan. Dan siapa yg dipelihara menurut kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yg beruntung"

??????????? ??????? ???? ?????????? ?????????? ???????? ??????? ????? ???????????????? ????????? ?????????? ????????????? ????? ???????? ??? ?????????? ?????? ??????????? ?????????? ????????? ??????? ??????? ????????

Waal-ladziina jaa-uu min ba'dihim yaquuluuna rabbanaaaghfir lanaa wali-ikhwaaninaal-ladziina sabaquunaa bil-iimaani wa laa taj'al fii quluubinaa ghillan lil-ladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiim(un)

10. Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin & Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami & saudara-saudara kami yg telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian pada hati kami terhadap orang-orang yg beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

?????? ???? ????? ????????? ?????????? ?????????? ??????????????? ????????? ????????? ???? ?????? ?????????? ?????? ???????????? ????????????? ???????? ????? ??????? ??????? ??????? ??????? ????? ??????????? ???????????????? ????????? ???????? ????????? ????????????

Alam tara ilaal-ladziina naafaquu yaquuluuna la-ikhwaanihimul-ladziina kafaruu min ahlil kitaabi la-in ukhrijtum lanakhrujanna ma'akum wa laa nuthii'u fiikum ahadan abadan wa in quutiltum lananshurannakum wallahu yasyhadu innahum lakaadzibuun(a)

11. "Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang munafik yang berkata kepada saudara-saudara mereka yang kafir [1467] di antara ahli kitab: "Sesungguhnya jika kamu diusir niscaya kamipun akan keluar bersamamu; dan kami selama-lamanya tidak akan patuh kepada siapapun untuk (menyusahkan) kamu, dan jika kamu diperangi pasti kami akan membantu kamu." Dan Allah menyaksikan bahwa Sesungguhnya mereka benar-benar pendusta."

?????? ??????????? ??? ??????????? ???????? ??????? ?????????? ??? ?????????????? ??????? ???????????? ???????????? ???????????? ????? ??? ??????????

La-in ukhrijuu laa yakhrujuuna ma'ahum wa la-in quutiluu laa yanshuruunahum wa la-in nasharuuhum layuwallunnal adbaara tsumma laa yunsharuun(a)

12. "Sesungguhnya bila mereka diusir, orang-orang munafik itu nir akan keluar beserta mereka, dan sesungguhnya jika mereka diperangi, niscaya mereka nir akan menolongnya; sesungguhnya bila mereka menolongnya, niscaya mereka akan berpaling lari ke belakang; kemudian mereka tidak akan menerima pertolongan."

????????? ??????? ???????? ??? ?????????? ????? ???????? ??????? ??????????? ?????? ???? ???????????

Antum asyaddu rahbatan fii shuduurihim minallahi dzaalika bi-annahum qaumun laa yafqahuun(a)

13. "Sesungguhnya engkau pada hati mereka lebih ditakuti daripada Allah. Yang demikian itu karena mereka adalah kaum yg tidak mengerti."

??? ???????????????? ???????? ?????? ??? ????? ???????????? ???? ??? ???????? ???????? ????????? ?????????? ???????? ???????????? ???????? ????????????? ???????? ??????? ??????????? ?????? ???? ???????????

Laa yuqaatiluunakum jamii'an illaa fii quran muhash-shanatin au min waraa-i judurin ba`suhum bainahum syadiidun tahsabuhum jamii'an wa quluubuhum syattaa dzaalika bi-annahum qaumun laa ya'qiluun(a)

14. "Mereka nir akan memerangi engkau pada keadaan manunggal padu, kecuali pada kampung-kampung yang berbenteng atau pada balik tembok. Permusuhan antara sesama mereka merupakan sangat hebat. Kamu kira mereka itu manunggal, sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu lantaran sesungguhnya mereka adalah kaum yang nir mengerti."

???????? ????????? ??? ?????????? ????????? ???????? ??????? ?????????? ???????? ??????? ???????

Kamatsalil-ladziina min qablihim qariiban dzaaquu wa baala amrihim wa lahum 'adzaabun aliim(un)

15. "(Mereka adalah) seperti orang-orang Yahudi yang belum lama sebelum mereka [1468] telah merasai akibat buruk dari perbuatan mereka [1469], dan bagi mereka azab yang pedih."

???????? ???????????? ???? ????? ???????????? ??????? ???????? ?????? ????? ?????? ???????? ?????? ??????? ??????? ??????? ????? ?????????????

Kamatsalisy-syaithaani idz qaala lil insaani ikfur fa lammaa kafara qaala innii barii-un minka innii akhaafullaha rabbal 'aalamiin(a)

16. (Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) shaitan saat dia berkata kepada insan: "Kafirlah kamu", maka tatkala insan itu telah kafir, maka ia mengatakan: "Sesungguhnya saya berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya saya takut pada Allah, Rabb semesta Alam."

??????? ??????????????? ?????????? ??? ???????? ??????????? ??????? ????????? ?????????? ?????????????

Fakaana 'aaqibatahumaa annahumaa fiinnaari khaalidaini fiihaa wa dzaalika jazaa-uzh-zhaalimiin(a)

17. "Maka adalah kesudahan keduanya, bahwa sesungguhnya keduanya (masuk) ke dalam neraka, mereka abadi di dalamnya. Demikianlah balasan orang-orang yang zalim."

???????????? ????????? ?????????? ????????? ??????? ??????????? ?????? ???? ????????? ??????? ??????????? ???????? ????? ??????? ???????? ????? ???????????

Yaa ayyuhaal-ladziina aamanuuut-taquullaha waltanzhur nafsun maa qaddamat lighad(in), waattaquullaha innallaha khabiirun bimaa ta'maluun(a)

18. "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah & hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang sudah diperbuatnya buat hari esok (akhirat); & bertakwalah pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang engkau kerjakan."

????? ?????????? ??????????? ??????? ??????? ????????????? ???????????? ???????????? ???? ?????????????

Wa laa takuunuu kaal-ladziina nasuullaha fa-ansaahum anfusahum uulaa-ika humul faasiquun(a)

19. "Dan janganlah kamu misalnya orang-orang yang lupa pada Allah, kemudian Allah membuahkan mereka lupa pada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik."

??? ?????????? ????????? ???????? ??????????? ??????????? ????????? ?????????? ???? ??????????????

Laa yastawii ashhaabunnaari wa ashhaabul jannati ashhaabul jannati humul faa-izuun(a)

20. "Tidaklah sama penghuni-penghuni neraka menggunakan penghuni-penghuni jannah; penghuni-penghuni jannah itulah orang-orang yang beruntung."

???? ?????????? ?????? ???????????? ?????? ?????? ?????????????? ???????? ????????????? ????? ???????? ???????? ???????? ???????????? ??????????? ????????? ??????????? ??????????????

Lau anzalnaa haadzaal qur-aana 'alaa jabalin lara-aitahuu khaasyi'an mutashaddi'an min khasyyatillahi wa tilkal amtsaalu nadhribuhaa li-nnaasi la'allahum yatafakkaruun(a)

21. "Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya pada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat buat insan supaya mereka berfikir."

???? ??????? ??????? ???? ??????? ?????? ????? ??????? ????????? ??????????????? ???? ???????????? ??????????

Huwallahul-ladzii laa ilaha illaa huwa 'aalimul ghaibi wasy-syahaadati huwar-rahmanur-rahiim(u)

22. "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

???? ??????? ??????? ???? ??????? ?????? ???? ????????? ??????????? ?????????? ??????????? ????????????? ?????????? ??????????? ??????????????? ????????? ??????? ?????? ???????????

Huwallahul-ladzii laa ilaha illaa huwal malikul qudduusussalaamul mu`minul muhaiminul 'aziizul jabbaarul mutakabbiru subhaanallahi 'ammaa yusyrikuun(a)

23. "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah berdasarkan apa yang mereka persekutukan."

???? ??????? ?????????? ?????????? ????????????? ???? ????????????? ???????????? ????????? ????? ??? ??? ????????????? ???????????? ?????? ?????????? ??????????

Huwallahul khaaliqul baari-ul mushau-wiru lahul asmaa-ul husnaa yusabbihu lahuu maa fiis-samaawaati wal ardhi wahuwal 'aziizul hakiim(u)

24. "Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Penjelasan :

[1463]. Yang dimaksud dengan ahli kitab ialah orang-orang Yahudi bani Nadhir, merekalah yang mula-mula dikumpulkan untuk diusir keluar dari Madinah.
[1464]. Maksudnya: pohon kurma milik musuh, menurut kepentingan dan siasat perang dapat ditebang atau dibiarkan tumbuh.
[1465]. Fai-i ialah harta rampasan yang diperoleh dari musuh tanpa terjadinya pertempuran. Pembagiannya berlainan dengan pembagian ghanimah. Ghanimah harta rampasan yang diperoleh dari musuh setelah terjadi pertempuran. Pembagian fai-i sebagai yang tersebut pada ayat 7. Sedang pembagian ghanimah tersebut pada ayat 41 Al Anfal dan lihat no. [613] dan [614].
[1466]. Maksudnya: kerabat Nabi, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil yang kesemuanya orang fakir dan berhijrah.
[1467]. maksudnya: Bani Nadhir.
[1468]. Maksudnya: Yahudi Bani Qainuqa'
[1469]. Maksud akibat buruk perbuatan mereka adalah mereka diusir dari Madinah ke Syam.

Video Surah Al Hasyr Mishary Al Afasy

Didalam Surah Al Hasyr diterangkan tentang bagaimana seharusnya orang muslim bersikap terhadap orang non Islam yang melakukan tindakan yang merugikan umat Islam seperti yang dilakukan oleh Bani Nadhir, hukum Fai-i dan pembagiannya, kewajiban untuk bertaqwa, ketinggian dan keagungan Al Quran, dan disertai penutup dengan menyebut sebagian dari nama-nama Allah (Asmaa-ul Husna).

Sumber Referensi Terjemahan :

Departemen Agama RI

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store