Friday, November 6, 2020

Surat | Surah Al Ikhlas Arab, Latin dan Artinya

Surah Al Ikhlas Arab, Latin dan Artinya - Surat Al Ikhlas termasuk golongan surat-surat Makkiyyah yang meiliki 4 ayat dan merupakan surat ke 112 dari kitab suci Al Quran. Surat ini diturunkan setelah Surat An Nas dan diberi nama dengan Al Ikhlash karena seluruh atau sepenuhnya ayat ini menegaskan kemurnian keesaan Allah s.w.t.

 Surat Al Ikhlas termasuk golongan surat Surat | Surah Al Ikhlas Arab, Latin dan Artinya
Surah Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas sering dikenal oleh anak-anak  pengajian dengan sebutan nama surat Qulhu, dan surat ini merupakan surat yang paling populer dan yang paling sering kita dengar dan kita baca ketika sholat. LafadzSurah Al Ikhlas Arab, Latin dan Artinya berikut dibawah ini :

Surah Al Ikhlash

( Memurnikan Keesaan Allah )

Surat Ke 112 : 4 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayangdanquot;

???? ???? ??????? ??????

Qul Huwallahu Ahad(un)

1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa."

??????? ?????????

Allahu sh-shamad(u)

dua. "Allah adalah Tuhan yg bergantung kepada-Nya segala sesuatu."

???? ?????? ?????? ???????

Lam yalid walam yuulad

tiga. "Dia tiada beranak dan tidak juga diperanakkan,"

?????? ????? ?????? ??????? ???????

Wa lam Yakun Lahu kufuwan ahad(u)

4. "dan nir terdapat seorangpun yg setara dengan Dia."

Asbabun Nujul :

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kaum musyrikin meminta penjelasan mengenai sifat-sifat Allah kepada Rasulullah saw. Dengan menyampaikan: "Jelaskan pada kami sifat-sifat Tuhanmu." Ayat ini (Q.S. 112:1-4) turun berkenaan dengan insiden itu sebagai tuntunan buat menjawab permintaan kaum musyrikin.

(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah menurut Abi Aliyah yg bersumber menurut Ubay bin Ka'ab. Diriwayatkan pula sang at-Thabarani & Ibnu jarir yg bersumber menurut Jabir bin Abdillah dan dijadikan dalil bahwa surat ini Makkiyah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Yahudi menghadap pada Nabi saw. & diantaranya Ka'bubnul 'asyraf dan Hay bin Akhtab. Mereka mengungkapkan: "Hai Muhammad, lukiskan sifat-sifat Tuhan yg mengutusmu." Ayat ini (Q.S.112:1-4) turun berkenaan menggunakan peristiwa itu.

(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yg bersumber menurut Ibnu Abbas. Diriwayatkan jua sang Ibnu Jarir yang bersumber dari Qatadah dan Ibnu Mundzir yg bersumber dari Sa'id bin Jubair. Dengan riwayat ini Sa'id bin Jubair menegaskan bahwa surat ini Madaniyyah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Ahzab(Persekutuan antara kamu Quraisy, Yahudi Madinah, kaum Goththafan menurut Thaif dan munafiqin Madinah & beberapa suku sekeliling Makkah) menyampaikan: "Lukiskan sifat Tuhanmu pada kami." Maka datanglah Jibril membicarakan surat ini (Q.S.112:1-4) yang melukiskan sifat-sifat Allah.

(Diriwayatkan sang Ibnu Jarir berdasarkan Abil 'Aliyah yg bersumber menurut Qatadah.)

Keterangan:

Menurut as-Suyuthi istilah "al-Musyrikin" pada hadits yang bersumber dari Ubay bin Ka'ab merupakan musyrikin menurut kaum Ahzab, sehingga surat ini dapat dipastikan Madaniyyah sinkron menggunakan hadits Ibnu Abbas. Dengan demikian, tidak ada pertentangan antara 2 hadits tadi di atas dan diperkuat jua sang riwayat Abus Syaikh pada pada kitabul Adhamah menurut Aban yg bersumber dari Anas yang meriwayatkan bahwa Yahudi Khaibar menghadap pada Nabi saw. Dan mengatakan: "Hai Abal Qasim! Allah berakibat malaikat berdasarkan cahaya hijab, Adam menurut tanah hitam, Iblis dari barah yang menjulang, langit menurut asap, & bumi menurut buih air. Cobalah terangkan kepada kami tentang Tuhanmu." Rasulullah saw nir menjawab, sebagai akibatnya turunlah Jibril membawa wahyu surat ini (S.112:1-4) yg melukiskan sifat Allah.

Video Murattal Surah Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas ini adalah surat dari Al Quran yang paling populer dan pendek jadi untuk menghafalnya akan sangat mudah sekali. Silahkan baca dan hafalSurah Al Ikhlas Arab, Latin dan Artinya semoga jadi amal ibadah bagi kita yang membaca dan menghafalnya.

Selanjutnya : Surah Al Lahab

Sumber Referensi Terjemahan :

Departemen Agama RI

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store