Friday, November 20, 2020

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-4

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester dua Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-4 tulisan yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan soal essay sosiologi peminatan semester genap kelas 11 bagian ke-1 hingga bagian ke-3 (soal nomor 21-30) dengan materi yang sama.

Berikut dibawah ini, soal essay sosiologi kelas xi semester dua K13 edisi revisi dan kunci jawaban buat siswa Sekolah Menengah Atas/MA/Sederajat dimulai berdasarkan pertanyaan nomor 31.

31. Jelaskan pengertian permasalahan menurut M.Z Lawang!

Jawaban: konflik diartikan menjadi perjuangan buat memperoleh hal-hal yang langka, misalnya nilai, status, kekuasaan, dan sebagainya, yang tujuan mereka berkonflik itu tidak hanya memperoleh laba, tetapi pula buat menundukkan pesaingnya.

32. Sebutkan model konflik antarindividu!

Jawaban: permasalahan antara dua orang pada hal meraih prestasi

33. Apa yg terjadi jika permasalahan tidak segera diselesaikan?

Jawabna: dapat menunjuk pada bentuk disintegrasi bangsa

34. Apa yang dimaksud dengan konsiliasi?

Jawaban: konsiliasi merupakan bentuk pengendalian pertarungan sosial yang dilakukan sang forum-forum eksklusif yg bisa menaruh keputusan menggunakan adil.

35. Bedakan antara kekerasan langsung dan kekerasan tidak pribadi!

Jawaban:

a. Kekerasan eksklusif (direct violent) adalah suatu bentuk kekerasan yg dilakukan secara langsung terhadap pihak-pihak yang ingin dicederai atau dilakui. Bentuk kekerasan ini cenderung terdapat pada tindakan-tindakan. Misalnya melukai orang lain menggunakan sengaja. Membunuh orang lain, menganiaya, dan memperkosa.

B. Kekerasan nir pribadi (indirect violent) merupakan suatu bentuk kekerasan yang dilakukan sang seseorang terhadap orang lain mellaui wahana. Bentuk kekerasan ini cenderung terdapat pada tindakan-tindakan, misalnya mengekang, meniadakan atau mengurangi hak-hak seorang, mengintimidasi, memfitnah, & perbuatan-perbuatan lainnya.

36. Jelaskan yg dimaksud kekerasan!

Jawaban: kekerasan dapat didefinisikan menjadi perbuatyan seseorang atau kelompok orang yg mengakibatkan, cedera, atau hilangnya nyawa seorang atau dapat menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.

37. Perseteruan dapat juga berdampak positif. Jelaskan!

Jawaban: dampak positif adanya perseteruan

a. Pertarungan dapat menaikkan solidaritas di antara anggota grup. Misalnya bila terjadi bertikaian antarkelompok, anggota-anggota dari setiap grup tersebut akan manunggal untuk menghadapi versus kelompoknya.

B. Konflik berfungsi sebagai indera perubahan sosial, contohnya anggota-anggota gerombolan atau masyarakat yg berseteru akan menilai dirinya sendiri & mungkin akan terjadi perubahan pada dirinya.

C. Munculnya langsung-pribadi atau mental-mental masyarakat yg termin uji pada menghadapi segala tantangan & permasalahan yang dihadapi sebagai akibatnya dapat lebih mendewasakan rakyat.

38. Sebutkan macam-macam konflik menurut sifatnya!

Jawaban: menurut sifatnya konflik dibedakan menjadi menjadi berikut:

a. Perseteruan naratif, merupakan perseteruan yg ada karena adanya perasaan nir bahagia. Rasa benci dan dendam berdasarkan seorang ataupun grup orang. Pada titik tertentu pertarungan ini bisa merusak atau menghancurkan sebuah hubungan.

B. Konflik konstruktif, adalah konflik yang bersifat fungsional, konflik ini timbul lantaran adanya disparitas pendapat dari grup-gerombolan pada menghadapi suatu konflik. Perseteruan ini menghasilkan kon-sesus berdasarkan perbedaan pendapat menuju sebuah perbaiakn.

39. Bagaimana interaksi antara perubahan sosial menggunakan terjadinya pertarungan?

Jawaban: perubahan sosial yg terlalu cepat dan menyeluruh dapat mengakibatkan terjadinya permasalahan.

40. Jelaskan mengenai pengendalian konflik menggunakan metode menang-kalah!

Jawaban: dalam konflik menang-kalah, salah satu pihak mencapai apa yg diinginkannya dengan mengorbankan cita-cita pihak lain. Hal tersebut mungkin disebabkan lantaran adanya persaingan dimana orang mencapai kemenangan melalui kekuatan, keterampilan yg superior, atau karena unsur penguasaan. Ia juga dapat merupakan output dari komando otoratif, saat seseorang otoriter mendikte sebuah pemecahan & kemudian dispesifi keasikan apa yang akan dicapai & apa yang akan dikorbankan & sang siapa.

Lanjut ke soal penilaian tengah semester genap =>Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store