Pages

Sunday, February 7, 2021

RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1

Assalamu'alaikum wr.wb, halo para pencari edukasi selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 berupa link yang bisa langsung anda download. RPP merupakan perangkat pembelajaran atau pegangan wajib dibuat setiap guru yang sesuai dengan silabus,oleh karena itu RPP K13 Kelas 5 SD Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Revisi 2018 tahun pelajaran 2018/2019 ini wajib anda miliki untuk proses dalam kegiatan belajar mengajar.

Baca pula:

  • RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 5 Subtema 1
  • RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 Subtema 1
  • RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 7 Subtema 1

RPP Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 terdiri dari 1 sampai dengan 6 pembelajaran, dan harus kita ketahui bahwa RPP SD/MI revisi 2018 ini sudah terintegrasikan literasi yang meliputi 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative). Tidak hanya itu RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang saya bagikan ini dilengkapi dengan KI1, KI2, KI3, dan KI4 yang bertujuan menumbuhkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan para peserta didik.

Maka dari itu bagi anda bapak/ibu guru yang mengajar di SD/MI terutama memegang kelas 5 bila belum mempunyai RPP Kelas 5 SD K13 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 ada baiknya dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk menyusun perangkat pembelajaran atau sebelum anda melakukan pembelajaran, download terlebih dahulu RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 ini supaya kegiatan belajar mengajar anda di kelas terlaksana dengan baik,lancar dan optimaL

Tanpa poly istilah, bagi anda yang sedang mencari dan ingin mempunyai media pembelajaran berupa RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 silahkan anda mampu langsung download melalui link yang tersemat dibawah ini.

RPP K13 Revisi 2018 Kelas 5 SD/MI Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan

  • RPP Kelas 5 K13 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 1 - Unduh
  • RPP Kelas 5 K13 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 2 - Unduh
  • RPP Kelas 5 K13 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 3 - Unduh
  • RPP Kelas 5 K13 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 4 - Unduh
  • RPP Kelas 5 K13 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 5 - Unduh
  • RPP Kelas 5 K13 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran Ke 6 - Unduh

Demikian untuk pembahasan kali ini mengenai RPP Kelas lima SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Subtema 1 semoga apa yg aku berikan berguna buat anda para bapak/mak pengajar & para pencari edukasi menjadi bahan referensi pada media pembelajaran.

Saturday, February 6, 2021

Setyaki Rabi

Konon prabu Kasendra dari kerajaan Tunjungpura, sangat bersedih hati memikirkan lolosnya putri kerajaan Dewi Karsini. Kepada putra mahkotanya yg bernama raden Kasena, bersama patih Dendabahu diperintahkan buat mengundangkan pengumuman raja, barang siapa bisa menemukan & membawa kembali putri raja Dewi Karsini, raja berkehendak kepadanya akan dijodohkan menggunakan oleh dewi. Raden Kasena beserta patih Dendabahu segera memohon diri, di penghadapan luar mereka segera memerintahkan pada segenap wadyabala Tunjungpura, sebagian dipersiapkan menunggu kerajan, sebagian turut serta mengundangkan kehendak raja, segera mereka berangkat menunaikan tugas masing-masing.

Raja bertemu menggunakan permaisurinya Dewi Warsini, dijelaskan apa yang telah dibicarakan dipertemuan, & tindakan apa yg telah diambilnya, yang tidak lain mengundangkan pada seluruh negeri sayembara, barang siapa bisa menemukan & membawa balik Dewi Karsini, berhak menjadi jodohnya. Segera mereka beserta-sama bojana pada pada ruangan santap kraton.

Syahdan, raja Suwelabumi prabu Kalakambana, sangat senang hatinya akan hasil utusannya, artinya melarikan Dewi Karsini, ucapan terimakasih diberikan kepada embannya yg sudah menunaikan tugas tadi, yg bernama Karendhi. Agaknya Dewi Karsini, tak sudi melayani segala kehendak raja, buat itu raja bermaksud melepaskan maksudnya, harus berhasil merayu Dewi Karsini, kepada segenap wadyabala Suwelabumi, diperintahkan buat berjaga-jaga, jangan sampai kemasukan prajurit-prajurit berdasarkan lain kerajaan, yg tiba sengaja akan merongrong kewibawaan ratu,mereka berangkat menunaikan tugas masing-masing. Adapun raja Kalakambana, masuk ke dalam istana bermaksud akan menemui Dewi Karsini. Perjalanan wadyabala Suwelabumi, yg dipimpin oleh pandu bepergian, kyai Togog & Sarawita, dipertengahan perjalanan, bertemu dengan prajurit-prajurit Tunjungpura, terjadilah perselisihan pendapat, & akhirnya mereka berperang. Wadyabala Suwelabumi, juga wadyabala Tunjungpura, ke 2-duanya menghindar peperangan, sebagai akibatnya terlerailah buat ad interim.

Di praja Madukara, raden Janaka mengungkapkan pada istrinya, bahwa telah didengarnya, putri Tunjungapura hilang dari loka peraduannya. Sayembara sudah diundangkan, barang siapa bisa menemukan dan membawanya kembali, akan diperjodohkan dengan sang dewi. Raden Janaka berpamitan, buat pergi mencarinya, sang istri meluluskan maksud raden Janaka, mereka berangkat beserta kyai Semar, Nalagareng, & Petruk. Di tengah hutan, raden Janaka bertemu dengan wadyabala Suwelabumi, terjadilah perselisihan dan peperangan. Para raksasa dari Suwelabumi dapat ditumpas kesemuanya, raden Janaka dengan diiringi para panakawan, melanjutkan perjalanannya.

Di kahyangan Jonggringsalaka, hyang Girinata bersabda kepada hyang Narada & hyang Yamadipati, bahwasanya pada raden Setyaki yang sedang menggentur tapa di tepi sungai Silugangga, akan diberi pemberian senjata sakti nerujud gada, dam dijelaskannya pula bahwa kelak dikemudian hari, raden Setyaki akan diperjodohkan dengan putri Tunjungpura. Hyang Narada menggunakan diiringi hyang Yamadipati segera bermohon diri, buat turun ke nreyapada menunaikan tugasnya.

Tresebut raden Setyaki yg sedang bertapa ditepian sungai Silugangga, selama 40 hari mengerjakan tapabrata, manakala air sungai Silugangga pasang, terjepitlah raden Setyaki dalam batu yg sangat akbar, tak lain yg dikerjakan hanya mengaduh kesakitan.

Datanglah hyang Narada beserta hyang Yamadipati, bersabda mereka datang menemuinya, buat menunaikan sabda Girinata, menghadiahkan senjata sakti berujud sebuah gada. Diterimanya hadiah ilahi berujud gada, seketika itu pula bertambahlah kekuatannya raden Setyaki, sebagai akibatnya batu yg selama 40 hari menjepitnya, menggunakan mudah bisa ditendang, bebaslah sudah adri jepitan batu-batu. Segeralah raden Setyaki menyembah kepada hyang Narada & hyang Yamadipati, bahkan dijelaskannya oleh para tuhan, bahwa dijelaskannya sang para dewa, bahwa kelak kemudian hari raden Setyaki akan diperjodohkan menggunakan putri Tunjungpura yg bernama Dewi Karsini. Hendaknya ini diketahui, & bahwasanya keadaan Dewi Karsini ditawan sang raja Suwelabumi, yg telah berhasil melarikan oleh dewi, menurut loka peraduannya. Setelah tugas terselesaikan, hyang Narada & hyang Yamadipati pergi ke kahyangan, raden Setyaki segera berangkat mencari Dewi Karsini.

Raden Janaka pada perjalanannya menuju palacakan hilangnya Dewi Karsini, bertemu dengan putra mahkota kerajaan Tunjungpura, raden Kasena. Setelah berkenalan, & berbincang-bincang, raden Janaka berpamitan, buat mencari Dewi Karsini, adapun raden Kasena melanjutkan tugasnya, malapor balik pada ayahandanya raja Tunjungpura.

Prabu Kalakambana menerima laporan kyai lurah Togog & Sarawita, bahwasanya wadyabala Suwelabumi meninggal oleh ksatriya Madukara, bernama raden Janaka. Selagi mereka berbincang-bincang, terdengarlah bunyi menggelegar, menantangnya buat berkelahi. Prabu Kalakambana marah, & keluar, segera mereka campuh prang. Raden Janaka bisa digertaknya, sebagai akibatnya terbucang jauh dari peperangan. Prabu Kalakambana segera masuk ke dalam kraton, buat menemui Dewi Karsini, akan tetapi sangat terperanjat hatinya, melihat ada seseorang ksatriya sudah mendapinginya, yang tak lain raden Setyaki. Prabu Kalakambana tidak dapat lagi menguasai dirinya, sehingga peperangan menggunakan raden Setyaki terjadi juga. Raden Setyaki segera menghantamkan gada sakti anugerah ilahi, ke tubuh prabu Kalakambana, & matilah raja Suwelabumi dari tangan raden Setyaki. Kepada Dewi Karsini, yg sudah menyanggupkan diri, bersedia diperistri raden Setyaki, segera diantarkan pulang ke kerajaan Tunjungpura,buat diserahkan pada raja Kasendra. Adapun wadyabala Suwelabumi yg mengetahui rajanya mangkat , mengejar raden Setyaki.

Didalam perjalanannya menuju ke kerajaan Tunjungpura, raden Setyaki dan Dewi Karsini bertemu dengan saudaranya yg bernama raden Kasena, amat sukalah mereka. Tak usang datanglah raden Janaka, yang menanyakan pada raden Setyaki, siapakah gerangan perempuan yg disampingnya. Dijawabnya tidak lain merupakan saudaranya raden Kasena, putri Tunjungpura, Dewi Karsini. Kepadanya, raden Janaka menyebutkan, bahwa dialah yg diminta bantuanya buat mendapatkan, menyerahkan kembali Dewi Karsini, persesuian pendapat tak terdapat. Sehingga terjadilah peperangan, antara raden Setyaki & raden Janaka.

Selagi mereka berkelahi, saudara-saudaranya raden Janaka, tampak antaranya raden Wrekodara, jua terlihat sri Kresna, datang melerainya. Dijelaskannya oleh Kresna, Janaka hendaknya mendapat kenyataan, bahwasanya Setyaki adalah jodohnya Dewi Karsini, sri Kresna segera memerintahkan kepada raden Setyaki beserta-sama Dewi Karsini, buat segera berangkat menuju kerajaan Tnjungpura, diikuti oleh patih Dendabahu dan raden Kasena. Kedatangan mereka dikerajaan Tujungpura, disambut menggunakan kebahagiaan oleh raja Kasendra, ucapan terimakasih ditujukan kepada sri Kresna, khususnya pada raden Setyaki. Sesuai dengan sayembara yang diundangkan, raden Setyaki tetap dijodohkan menggunakan Dewi Karsini. Selagi mereka bersuka-ria, wadyabala menurut kerajaan Suwelabumi tiba menyerang raden Setyaki & raden Kasena memmukulnya, sebagai akibatnya wadyabala musuh kocar-kacir,amanlah sudah kerajaan Tujungpura dari ancaman musuh. Seluruh rakyat iastana Tunjungpura, bersuka-ria, berpesta-pora.

RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Revisi 2018

Assalamu'alaikum wr.wb, halo para pencari edukasi selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Revisi 2018 yang bisa bapak/ibu guru download filenya secara gratis. RPP merupakan perangkat pembelajaran atau pegangan wajib dibuat setiap guru yang sesuai dengan silabus, oleh karena itu RPP SD Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Kurikulum 2013  tahun pelajaran 2018/2019 ini wajib anda miliki untuk proses dalam kegiatan belajar mengajar.

Baca pula

RPP Kelas 4 Sekolah Dasar/MI Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2

RPP Kelas 4 Sekolah Dasar/MI Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 3

RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 1 Subtema 1 ini terdiri dari 1 hingga dengan 6 pembelajaran, & wajib kita ketahui bahwa RPP Kelas 4 Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 ini sudah terintegrasikan literasi yg mencakup 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative). Tidak hanya itu RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 yang saya bagikan ini dilengkapi menggunakan KI1, KI2, KI3, & KI4 yg bertujuan menumbuhkan sikap spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan para siswa.

Download pula:

Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Semester 1 Kurikulum 2013

RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Revisi 2018 yg saya bagikan ini berformat doc, & bisa di edit balik sesuai kebutuhan bapak/mak pengajar. Oleh karenanya bagi anda bapak/mak pengajar SD//MI kelas 4 yg belum mempunyai RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Revisi Terbaru ada baiknya anda unduh terlebih dahulu buat sebagai model bahan surat keterangan dalam pembuatan/menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar aktivitas belajar mengajar anda pada kelas nantinya terlaksana dengan baik,lancar & optimal.

Bagi anda bapak/ibu guru Kelas 4SD//MI yang sedang mencari dan membutuhkan RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Kurikulum 2013 silahkan anda bisa langsung download melalui tautan link yang tersemat dibawah ini, untuk yang belum tahu tata cara download file di silahkan baca dulu sejenak disini  .

RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Kurikulum 2013Revisi 2018

  • Download  RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Ke 1
  • Download  RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Ke 2
  • Download  RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Ke 3
  • Download  RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Ke 4
  • Download  RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Ke 5
  • Download  RPP Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Ke 6

Demikian buat pembahasan kali ini tentang RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Revisi 2018 semoga apa yang aku berikan bermanfaat buat anda para bapak/ibu guru dan para pencari edukasi menjadi bahan referensi pada media pembelajaran.

5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf

5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf | Belajar sambil bermain, atau bermain untuk belajar. Ya, intinya belajar dengan cara menyenangkan. Metode pembelajaran seperti ini sangat efektif untuk sia pra sekolah atau untuk anak SD kelas 1.

Kita tahu bahwa nir seluruh siswa kelas 1 telah mengenal alfabet apalagi membaca. Maka perlu treatment tersendiri supaya anak tadi bisa mengenal alfabet menggunakan gampang & menyenangkan. Seorang guru dituntut buat kratif dalam menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.

Susana yang menyenangkan akan menstimulan otak anak sehingga sanggup menggunakan gampang menyerap pelajaran yang disampaikan. Cara terbaiknya adalah belajar menggunakan media permainan. Bisa permainan tradisional atau permaian sederhana lainnya.

Permainan dalam kelas untuk mengenal huruf bisa diterapkan pada siswa pra sekolah atau bisa juga untuk anak kelas 1 SD. Nah, apa saja permainan yang bisa disajikan. Yuk, kita coba permainan-permainan di bawah ini di kelas Bapak/Ibu Guru.

Baca Juga : Apa yg dimaksud buku literasi?

 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf 5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak Mengenal Huruf
Permainan dalam kelas buat mengenal huruf

5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengenal Huruf

1. Merangkai Huruf

Permainan ini sanggup diterapkan buat siswa yang belum mengenal huruf atau mengenal huruf akan tetapi belum lengkap. Anda bisa membuat kartu huruf berdasarkan kertas kerton yg diberi lubang dalam bagian kanan kirinya. Taruh huruf-huruf tadi pada dalam ember/baskom atau wadah apa saja.

Buat anak ke dalam beberapa gerombolan . Kemudian berit masing-masing kelomk satu atau 2 kata. Minta grup tadi berafiliasi buat merangkai istilah-kata tersebut berdasarkan huruf yang ada dalam wadah. Bisa dirangkai dengan menggunakan tali rapia atau tali kenur.

Manfaat Permainan :

Melatih anak bekerjasama dan mengenal huruf. Dengan cara ini maka kecerdasan emosional (EQ) & kecerdasa intelejensi (IQ) terasah secara bersamaan.

2. Cari dan Tunjukkan

Untuk bermain permainan ini pengajar harus menyiapkan beberapa istilah yang ditaruh pada sebuah wadah. Buat istilah sebesar mungkin supaya nir terlalu mudah bagi anak didik buat menemukannya. Kemudian buat sebuah permainan seperti perlombaan berlari, merogoh dan menunjukkan apa yg diambil.

Baca Juga : 3 Ciri-Ciri Orang Sukse Yang Bisa Anda Tiru

Taruh wadah pada ujung kelas, kemudian untuk ujung lainnya sebagai start. Tujuk dua atau 3 anak buat berlomba. Perintahkan dalam anak tadi buat merogoh satu atau 2 istilah yg terdapat dalam wadah. Minta anak buat berloma (cepat-cepatan) menemukan alfabet dan kembali ke start buat menampakan kata yang telah diambil

tiga. Bermain Pohon Kata

Buat gambar sebuah pohon kata dalam sebuah baner. Gambar pohon yg pada cabang-cabangnya ada tulisan nama-nama butir sebagi pengganti gambar buah yg menggantung. Siapkan kartu istilah yg terdiri dari nama-nama butir. Tempelkan gambar (banger) dalam papan tulis & tarus kartu kata dalam meja atau sebuah wadah.

Minta anak satu persatu buat maju, dan minta anak tersbut buat mencari sebuah nama buah menurut kartu kata tersebut kemudian minta buat menempepkan pada pohon istilah. Tempelkan dalam kata yg cocok yg terdapat pada gambar pohon kata.

4. Bermain Kartu Kata dan Gambar

Siapkan gambar-gambar, misal gambar buah atau gambar benda disekitar kita. Siapkan pula kata yg mewakili gambar-gambar tersebut. Taruh kartu alfabet & kartu gambar pada 2 wadah yang berbeda.

Baca Juga : 6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri

Minta anak buat mencari gambar & istilah yang cocok kemudian menampakan dalam pengajar atau sahabat-teman.

Lima. Bermain Sambung Kata

Permainan ini sangat menarik buat dimainkan lho. Cara bermainnya siapkan kartu istilah pada sebuah wadah. Minta 2 atau tiga anak bermain. Apabila dua anak guru harus menyiapkan dua kata buat dicari, jika 3 anak maka wajib menyiapkan 3 kata yg nyambung. Misal pengajar meminta dua anak buat mencari istilah "BUAH ANGGURdanquot;. Minta dua anak buat mencari dua istilah tersebut, misal anak yg satu diminta istilah BUAH, maka yg satunya mencari istilah ANGGUR.

Demikian contoh 5 permainan dalam kelas untuk mengasah kemampuan anak mengenal huruf, dengan permainan-permainan seperti ini maka pembelajaran di daladm kelas menjadi lebih menyenangkan. Memang, guru harus kreatif dalam menyajikan pembelajaran.

Friday, February 5, 2021

Soal Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 dan Kunci Jawaban

Assalamu'alaikum wr.wb, halo selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Soal Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 dan Kunci Jawaban berupa tautan link yang bisa anda download secara gratis. Kenapa kita sebagai guru terutama guru kelas 6 SD/MI contohnya harus mengadakan evaluasi berupa Latihan Soal Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013?

Baca Juga

Soal Tematik Tema 1 Subtema tiga Kelas 6

Soal Tematik Tema 2 Subtema tiga Kelas 6

Soal Matematika Kelas 6 Bab Debit

Karena dengan adanya Latihan Soal Ulangan Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 tersebut bermanfaat untuk mengasah keterampilan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sudah bapak/ibu guru terangkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil dari Latihan Soal Tematik Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 tersebut yang diperoleh siswa dapat menjadi bahan pertimbangan bagi seorang guru menilai siswa sejauh mana tercapainya KKM/KBM dalam memahami materi pelajaran yang bapak/ibu guru berikan.

Download Juga

Soal Kelas 6 Sekolah Dasar/MI Tema 3 Subtema 1

Soal Kelas 6 Sekolah Dasar/MI Tema tiga Subtema dua

Soal Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 dan Kunci Jawaban ini dibuat menggunakan pendekatan tematik yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurtilas/Kurikulum 2013 serta pada buku paket tahun ajaran terbaru yang digunakan pada setiap satuan Sekolah Dasar (SD). Soal Tematik SD/MI Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Semester 1 Kurikulum 2013 yang saya bagikan ini menggunakan format docx dan sehingga bisa di edit kembali sesuai kebutuhan bapak ibu guru sebagai referensi bahan untuk pembuatan Latihan Soal Tematik Kelas 6 SD/MI Semester 1/Ganjil.

Tanpa banyak kata lagi, bagi anda bapak/ibu guruSD//MI yang sedang mencari dan membutuhkan Soal dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 seperti berikut silahkan anda bisa langsung download file nya melalui tautan link yang tersemat dibawah ini. Dan untuk yang belum tahu tata cara download file di silahkan baca dulu sejenak  ( Disini )

Soal Tematik dan Kunci Jawaban Kelas 6 Sekolah Dasar/MI Tema 3 Subtema tiga Kurikulum 2013

  • Download Soal Tematik Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 3
  • Download Kunci Jawaban  Tematik Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 3

Demikian untuk pembahasan kali ini tentangSoal Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 3 dan Kunci Jawaban semoga apa yang saya berikan bermanfaat untuk anda para bapak/ibu guru dan para pencari edukasi sebagai bahan referensi dalam media pembelajaran.

Suratimantra

DITYA SURATIMANTRA adalah adik Prabu Gorawangsa, raja negara Gowabarong. Ia naik tahta menjadi raja Gowabarong setelah Gorawangsa mati terbunuh oleh Arya Prabu Rukma di kerajaan Mandura, akibat dari perbuatannya beralih rupa menjadi Prabu Basudewa palsu dan menggauli Dewi Mahira/Maerah permaisuri Prabu Basudewa, raja negara Mandura.

Suratimatra sangat sakti. Ia memiliki kesaktian berwujud air/banyu semangka sebagai air kehidupan. Apabila mati, tubuhnya kemudian dimasukkan kedalam kolam air tadi ia akan hidup kembali. Dengan mengandalkan kesaktiannya, Suratimantra menghasut Prabu Kangsa, putra Dewi Maerah menggunakan Gorawangsa yg telah diakui sebagai putra oleh Prabu Basudewa dan diberi kedudukan pada kadipaten Sengkapura, merebut tahta negara Mandura menurut tangan Prabu Basudewa. Jalan yang ditempuhnya dengan cara adu jago insan dengan taruhan tahta negara Mandura & Sengkapura.

Suratimatra yang sebagai jago Sengkapura, akhirnya mati dalam pertempuran melawan Bima/Werkundara. Tubuhnya robek oleh Kuku Pancanaka, setelah terlebih dahulu daya kesaktian air kehidupan banyu semangka ditawarkan sang keris pusaka Arjuna, bahkan berubah sebagai air keras yg menghancurkan. Sedangkan Prabu Kangsa, tewas pada pertempuran melawan Kakrasana & Narayana, putra Prabu Basudewa menggunakan permaisuri Dewi Mahendra/Maekah.

6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri, Nomor 5 Mampukah Anda

6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri yang tidak semua orang bisa melakukannya. Justru sebagian banyak orang sering lepas kendali ketika emosi. Meledak-ledak, bahkan sampai melakukan perbuatan-perbuatan diluar kesadarannya.

Meluapkan emosi secara hiperbola & diluar kendali, nir menguntungkan sama sekali. Justru kerugian yang akan kita dapatkan. Karena perbuatan yang dilakukan tanpa kendali, tidak memikirkan untung dan rugi.

Berapa poly masalah-kasus penganiayaan bahkan penghilangan nyawa yg terjadi lantaran orang nir bisa mengendalikan emosi diri. Penyesalan baru tiba lalu setelah sadar menurut emosinya.

Nah, tentu kita semua yang saat ini membaca artikel ini tidak ingin mengalami hal buruk seperti itu. Untuk itu mari kita untuk melatih mengendalikan emosisi diri sendiri .

6 cara jitu mengendalikan emosi diri memang memerlukan latihan dan kesadaran penuh. Tanpa itu, kita sebagai manusia biasa tidak kana bisa benar-benar melakukannya. Terutama pada hal-hal tertentu, memang dirasa sangat berat.

Fokus pada nomor 5, menurut saya disinilah letak paling berat bagi kita sebagai manusia biasa. Bisakan kita melakukan point nomor 5 ini dengan sesungguhnya. Bukan hanya pemanis bibir, tapi benar-benar menghunjam di hati. Oke, yuk kita baca aja semua dari 6 cara mengendalikan emosi diri berikut ini.

1. Menenangkan diri

Marah merupakan sebuah siklus agresi yang terdiri dari eskalasi, eksplosi, dan pasca-eksplosi. Siklus amarah ini bisa hancur berantakan dengan ketenangan pikiran, hati dan jiwa. Dengan pikiran tenang, kita bisa berpikir logis dan mencari solusi.

Untuk menenangkan diri, kita mampu melakukan cara-cara berikut:

  • Tarik napas dalam-dalam – secara psikologis, menarik nafas dalam-dalam bisa memberikan efek tenang. Lakuan terus dan secara berartur sampai kita benar-benar merasa tenang. Ketenangan akan tercipta, ketika seluruh otot-otot merasa rilex.
  • Alihkan perhatian – Cara terbaik meredakan emosi atau menghilagkan amarah adalah dengan mengalihkan perhatian. Jangan biarkan diri kita terus fokus pada obyek yang menjadi kemarahan kita. Jika marah pada istri/anak lebih baik tinggalkan dulu anak/istri. Bisa duduk di depan rumah atau yang terbaik adalah dengan meninggalkan untuk melakukan sholat/berdoa kepada Tuhan.

2. Berempati

Empati adalah keadaan jiwa yang bisa merasakan perasaan orang lain. Dengan kata lain, empati mendekati kata bersimpati. Kemampuan diri untuk merasakan penderitaan, kesusahan, kegundahan, kegalauan orang lain, itulah empati. Maka ketika memiliki rasa empati, itu akan menjadi pengendali kita ketika marah pada seseorang. Sebelum kita marah secara membabi buta, maka rasa kita sudah merasakan terlebih dahulu apa yang dirasakan orang yang menjadi sasaran kemarahan.

tiga. Mengingat impak negatif yg akan terjadi

Perlu diingat, bahwa emosi yang tidak terkendali, kemarahan membabi buta akan mengakibatkan dampak negatif. Tubuh kita akan bergerak diluar kontrol sehingga melakukan tindakan pengrusakan dibawah kesadaran. Maka tak jarang ketika orang marah kemudian merusak barang bahkan sampai menyakiti orang-orang terkasih. Ingat dampak buruk ini, maka kita bisa mengendalikan emosi diri.

4. Menganggap hari ini adalah hari terakhir hidup

Kematian!!! Siapa yang mampu menghindari dari kematian dan siapa yang tahu akan terjadi dan dengan sebab apa. Tentu, kita ingin mengakhiri hidup dengan kebaikan. Kita tidak ingin, orang yang kita tinggalkan mengenang kita dalam keburukan. Maka, terus berupayalah berbuat kebaikan. Ketika kita marah, ingat kematian sudah didepan mata. Maka hal ini akan mengendalikan emosi diri, sehingga beralih pada perbuatan baik.

5. Memaafkan & melupakan

Inilah mungkin yang paling sulit. Tapi justru inilah yang akan menaikkan daerajat kita sebagai manusia. Kemapuan untuk memaafkan bahkan melupakan semua keburukan orang lain pada kita, ini adalah derajat orang mulia. Mampukah kita? Harus terus belajar.

6. Memohon perlindungan dalam Tuhan

Sebagai manusia beragama dan bertuhan, tentu kita sadar bahwa amarah adalah bagian dari pekerjaan setan. Ketika kita marah, maka ada setan yang sedang menhembuskan api neraka ke dalam dada kita. Maka, cara terbaik bagi seorang umat beragama adalah dengan meminta perlindungan kepada Tuhan. Bagi kita umat Islam, bisa memulainya dengan memabca ta'awud, masih marah lanjut dengan berwudlu, masih marah juga lanjut dengan melaksanakan sholat, lha kok masih marah juga evalusi diri jangan-jangan selama ini kita salah dalam cara beribadah. Hehe...

Nah, itulah 6 cara jitu mengendalikan emosi diri, meskipun ada bagian yang sulit tapi kita wajib tetap belajar. Mengendalikan diri, sama halnya kita berlatih bela diri. Semakin tak jarang berlatih maka semakin terampil kita dalam bela diri. Begitu juga dengan acapkali berlatih mengendalikan diri, maka kita akan semakin terbiasa menggunakan hal-hal yang sanggup memicu emosi diri. Jiwa yang tenah, hati yg hening akan kita dapati. Aamiin....