Pages

Sunday, November 29, 2020

Surat | Surah Al Alaq Arab, Latin dan Artinya

Surah Al Alaq Arab, Latin dan Artinya - Surat Al Alaq termasuk golongan surat-surat Makkiyah dan merupakan Surat yang 96 dari kitab suci Al Quran yang terdiri dari 19 Ayat. Dari ayat 1 sampai ayat 5, adalah ayat Al Quran yang pertama kali diturunkan ketika Nabi Muhammad s.a.w. berkhalawat di Gua Hira'. Al 'Alaq artinya segumpal darah yang menjadi nama dari surat ini. Selain dikenal dengan nama Al 'Alaq surat ini juga dinamai dengan Iqra dan Al Qalam yang diambil dari ayat 2 dan ayat 3 surat ini.

surat Makkiyah dan merupakan Surat yang Surat | Surah Al Alaq Arab, Latin dan Artinya
Surah Al Alaq

Pokok isi kandungan pada Surat Al Alaq ini antara lain :

1. Perintah membaca Al Qur-an

dua. Manusia dijadikan menurut segumpal darah,

tiga. Allah mengakibatkan Kalam sebagai indera menyebarkan pengetahuan,

4. Manusia bertindak melampaui batas lantaran merasa dirinya serba relatif,

lima. Ancaman terhadap orang-orang kafir yang menghalangi kaum muslimin untuk melaksanakan perintah Allah s.W.T.

Untuk menghafal Surat Al Alaq tidak begitu susah,  meskipun surat ini cukup panjang tetapi setiap ayat nya pendek-pendek sehingga mudah untuk dihafalkan. LafazdSurah Al Alaq Arab, Latin dan Artinya berikut dibawah ini :

Surah Al 'Alaq

( Segumpal Darah )

Surat Ke 96 : 19 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

??????? ??????? ??????? ??????? ??????

Iqra' biismi rabbikal ladzii khalaq(a)

1. "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang membangun,"

?????? ??????????? ???? ??????

Khalaqal insaana min 'alaq(in)

dua. "Dia sudah membentuk insan berdasarkan segumpal darah."

??????? ????????? ???????????

Iqra' warabbukal akram(u)

3. "Bacalah, & Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,"

??????? ??????? ???????????

Al-ladzii 'allama bil qalam(i)

4. "Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam [1589],"

??????? ??????????? ??? ???? ????????

'Allamal insaana maa lam ya'lam

lima. "Dia mengajar kepada manusia apa yg nir diketahuinya."

??????? ????? ??????????? ???????????

Kalaa innal insaana layathghaa

6. "Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas,"[A]

??? ???????? ????????????

An ra-aahuustaghnaa

7. "karena dia melihat dirinya serba cukup."[A]

????? ?????? ??????? ????????????

Inna ilaa rabbikarruj'aa

8. "Sesungguhnya hanya kepada Tuhanmulah kembali(mu)."[A]

?????????? ??????? ????????

Ara-aital ladzii yanhaa

9. "Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang,"[B]

??????? ????? ????????

'Abdan idzaa shallaa

10. "seorang hamba ketika mengerjakan shalat[1590],"[B]

?????????? ??? ????? ????? ??????????

Ara-aita in kaana 'alal hudaa

11. "bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu berada di atas kebenaran,"[B]

???? ?????? ??????????????

Au amara bittaqwaa

12. "atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah)?"[B]

?????????? ??? ??????? ????????????

Ara-aita in kadz-dzaba watawallaa

13. "Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling?"[B]

?????? ??????? ??????? ??????? ??????

Alam ya'lam bi-annallaha yaraa

14. "Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?"[B]

?????? ????? ????? ??????? ???????????? ??????????????

Kalaa la-il(n) lam yantahi lanasfa'an binnaashiyat(i)

15. "Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya [1591],"[B]

????????? ????????? ?????????

Naashiyatin kaadzibatin khaathi-atin

16. "(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka."[B]

?????????? ??????????

Falyad'u naadiyah(u)

17. "Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya),"[C]

???????? ??????????????

Sanad'uzzabaaniyata

18. "kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah [1592],"[C]

?????? ??? ???????? ?????????? ??????????

Kallaa laa tuthi'hu waasjud wa-aqtarib

19. "sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan)."[C]

Video Surah Al Alaq Muhammad Thaha AL Junayd

Keterangan :

[1589].  Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.
[1590].Yang dimaksud dengan orang yang hendak melarang itu ialah Abu Jahal, yang dilarang itu ialah Rasulullah sendiri. Akan tetapi usaha ini tidak berhasil karena Abu Jahal melihat sesuatu yang menakutkannya. Setelah Rasulullah selesai shalat disampaikan orang berita itu kepada Rasulullah. Kemudian Rasulullah mengatakan: "Kalau jadilah Abu Jahal berbuat demikian pasti dia akan dibinasakan oleh Malaikat."
[1591]. Maksudnya: memasukkannya ke dalam neraka dengan menarik kepalanya.
[1592]. Malaikat Zabaniyah ialah malaikat yang menyiksa orang-orang yang berdosa di dalam neraka.
[A]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Abu Jahal pernah berkata: "Apakah Muhammad meletakkan mukanya ke tanah (sujud) di hadapan kamu?" Ketika itu orang membenarkannya. Selanjutnya Abu Jahal berkata: "Demi Lata dan 'Uzza, sekiranya aku melihatnya demikian, akan aku injak batang lehernya dan aku benamkan mukanya ke dalam tanah." Ayat ini (S.96:6-19) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut.(Diriwayatkan oleh Ibnu Mundzir yang bersumber dari Abi Hurairah.)
[B]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Rasulullah saw. sedang shalat, datanglah Abu Jahal melarang Nabi melakukannya. Ayat ini (S.69:9-16) turun berkenaan dengan peristiwa di atas sebagai ancaman kepada orang yang menghalang-halangi beribadat.

(Diriwayatkan sang Ibnu Jarir yang bersumber menurut Ibnu Abbas.)

[C]. Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ketika Nabi saw. sedang shalat, datanglah Abu Jahal berkata: "Bukankah aku telah melarang engkau berbuat begini (shalat)?" Ia pun dibentak oleh Nabi saw. Abu Jahal berkata: "Bukankah engkau tahu bahwa di sini tidak ada yang lebih banyak pengikutnya daripadaku?" Maka Allah menurunkan ayat ini (S.96:17-19) sebagai ancaman kepada orang-orang yang menghalang-halangi melakukan ibadat dan karena merasa banyak pengikutnya.(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya yang bersumber dari Ibnu Abbas. Menurut at-Tirmidzi, hadits ini hasan shahih.)

Surat Al Alaq menerangkan diciptakannya manusia dari benda yang hina kemudian dimuliakan oleh Allah s.w.t. dengan mengajar membaca, menulis dan memberinya pengetahuan. Tetapi manusia tidak ingat lagi akan asal-usulnya, karena itu banyak manusia yang tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan manusia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya serba cukup. Silahkan baca dan hafalSurah Al Alaq Arab, Latin dan Artinya, semoga jadi amal ibadah bagi kita yang membaca dan menghafal surat ini.

Selanjutnya : Surah At Tiin

Sumber Referensi terjemahan :

Departemen Agama RI

Saturday, November 28, 2020

Contoh Soal dengan Jawaban PKN Kelas XII Semester 2 Pilihan Ganda

Contoh soal menggunakan jawaban kewarganegaraan (PKN) Kelas XII Semester 2 Pilihan Ganda tulisan ini, berisikan materi yang sama menggunakan contoh soal essay kewarganegaran kelas XII Semester dua bagian pertama, yaitu: "Peranan Pers pada Masyarakat Demokrasi".

Baca juga: Soal PKN menggunakan jawaban Kelas XII Semester 1(PG)

Berikut ini, model soal beserta jawabanya pada bentuk PG.

1. Salah satu karakteristik negara demokrasi merupakan.....

A. Adanya kebebasan buat berekspresi

b. Adanya kebebasan untuk bekerja

c. Adanya peradilan yg modern

d. Pemerintahan yg berwibawa

e. Perekonomian yg mapan

Jawaban: a

2. Berikut ini yg dapat sebagai sarana atau lembaga komunikasi rakyat merupakan....

A. Rendezvous antarpejabat wilayah

b. Pertemuan dalam kedap bisnis

c. Musyawarah anggota DPR

d. Petemuan hari besar keagamaan

e. Antrean pembelian tiket kereta api pada stasiun

Jawaban: c

tiga. Pada masa kolonilaisme, pers berperan membuatkan tentang....

A. Gagasan memajukan masyarakat

b. Membina kolaborasi sesama penulis

c. Gagasan kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia

d. Menghindari & menjauhi penindasan penjajahan

e. Sebagai media kenaikan pangkat bagi produsen

Jawaban: c

4. Pers tertua bahasa Melayu Indonesia merupakan....

A. Djuramartini

b. Bromartani

c. Darmo Kondo

d. Pewarga Deli

e. Djurumartani

Jawaban: b

5. Menurut UU No. 40 Tahun 1999 mengenai Pers menyebutkan bahwa yg dimaksud dengan pers adalah....

a. lembaga sosial  dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik

b. Alat cetak buat mencetak kitab atau surat fakta

c. Surat liputan & majalah yang berisi fakta

d. Segala kegiatan yg mengulas warta-fakta

e. Segala barang yg dikerjakan dengan mesin cetak

Jawaban: a

6. Pada negara yang menganut paham kebebasan berpendapat dan demokrasi, pers merupakan.....

A. Alat perekat pemerintah yang berkuasa

b. Pilar demokrasi keempat

c. Galat satu pendukung liberalisme

d. Pendukung oposisi bagi pemerintah

e. Pendukung kekuasaan pemerintah

Jawaban: b

7. Selaku masyarakat negara Indonesia, kita mempunyai hak bicara & membicarakan pendapat yang....

A. Dilakukan secara bebas tanpa batas

b. Disertai perizinan dari petugas keamanan

c. Disampaikan dengan cara sopan & menghormati

d. Mementingkan kepentingan seluruh pihak

e. Disertai menggunakan tanggung jawab sosial

Jawaban: e

8. Pers dapat memengaruhi dalam masyarakat, lantaran pers memiliki fungsi sebagai....

A. Kritik sosial

b. Komunikator massa

c. Lembaga bisnis

d. Ajang kreatif & seni

e. Forum pendidikan

Jawaban: b

9. Sesuai menggunakan fungsi & tradisinya, pers harus sebagai....

A. Penyambung pengecap warga

b. Kontrol kepentingan pemerintah

c. Indera seleksi kebijakan pemerintah

d. Penjaga kepentingan publik

e. Pembela & indera propaganda pemerintah

Jawaban: a

10. Setelah berperan serta dalam upaya berbagi kesadaran nasional buat memperjuangkan kemerdekaan massa sebelumnya, pers nasional menerangkan tanggung jawab sosialnya sebagai bagian berdasarkan negara baru yang berdaulat, nir mengherankan jika pers pada masa itu disebut....

A. Menjadi pers terbaru

b. Pers bagak

c. Menjadi pers pejuang

d. Pers pers pada alam kemerdekaan

e. Pers Pancasila

Jawaban: c

11. Bagi kita, seluruh bentuk kemajuan teknologi termasuk teknologi komunikasi dan informasi, kita sikapi....

A. Menggunakan bahagia sebagai wahana buat menaikkan kesejahteraan hidup

b. Biasa, karena yang meamjukan teknologi bukan bangsa Indonesia

c. Dengan bangga, karena semua kemajuan itu dicapai atas nama kemanusiaan

d. Rasa syukur dan kita manfaatkan buat kemajuan & kesejahteraan hayati

e. Menggunakan murung dan kecewa, karena tidak dikembangkan oleh bangsa kita

Jawaban: a

12. Selepas Orde Baru, kebebasan pers tampak lebih bebas dan merdeka, karena....

A. Adanya pencabutan undang-undang pers

b. Pers tidak perlu diatur dalam undang-undang

c. Bermunculan media massa baru yang lebih segar

d. Presiden membubarkan departemen penerangan

e. Kebijakan mengenai pers diperlonggar pemerintah

Jawaban: e

13. Pers Indonesia dalam arti pers yg orientasi, sikap, & tingkah lakunya menurut pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 diklaim....

A. Harpaan pers Indonesia

b. Pengertian pers Pancasila

e. Hakikat pers Pancasila

d. Tujuan pers Pancasila

e. Impian pers Pancasila

Jawaban: b

14. Sikap & perbuatan kita terhadap pers yang keras dan tajam mengkritik pemerintah negara kita adalah....

A. Secara kritis mencermati seluruh yg disampaikan pers tersebut

b. Membenci pers, lantaran adalah sumber perpecahan bangsa

c. Mendukung upaya tersebut menjadi kontrol positif dalam negara

d. Kritis mencermati kritik tadi dan mendukung secara proporsional

e. Bahagia terhadap pers yang beraliran keras meskipun kritiknya kurang tepat

Jawaban: c

15. Bagi bangsa Indonesia, menggunakan alat komunikasi yg manapun tidak masalah, karena yang krusial merupakan....

A. Permanen mempertahankan nilai luhur bangsa

b. Seoptimal mungkin meskipun menggunakan segala cara

c. Nilai-nilai kesopanan dalam diri kita

d. Kita permanen bangga walaupun bangsa lain lebih maju

e. Kita nir perlu mengembangkan ilmu pengetahuan

Jawaban: a

Lanjut kebagian 2, model soal menggunakan jawaban PKN kelas 12 Semester dua PG ke-dua

Surat | Surah Ibrahim Arab, Latin dan Terjemahan

Surah Ibrahim Arab, Latin dan Terjemahan - Surah Ibrahim termasuk kedalam golongan surat-surat Makkiyyah dan merupakan surat ke 14 dari Al Quran yang terdiri atas 52 ayat. Surat ini diturunkan di Mekah sebelum hijrah, dan dinamakan Ibrahimkarena surat ini mengandung doa Nabi Ibrahim a.s. yaitu ayat 35 - 41.

 Surah Ibrahim termasuk kedalam golongan surat Surat | Surah Ibrahim Arab, Latin dan Terjemahan
Surah Ibrahim

Pokok isi kandungan dalam Surah Ibrahim antara lain adalah tentang keimanan, aturan-aturan, kisah-kisah, & lainnya seperti karena rasul-rasul diutus menggunakan bahasa kaumnya sendiri, perumpamaan mengenai perbuatan dan perkataan yang hak dengan yg bathil, kejadian langit dan bumi mengandung hikmah-nasihat; macam-macam nikmat Allah kepada insan dan janji Allah pada hamba-hamba yg mensyukuriNya. Teks bacaan lafadzSurah Ibrahim Arab, Latin dan Terjemahan berikut dibawah ini :

Surah Ibrahim

Surat Ke 14 : 52 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

????? ??????? ???????????? ???????? ?????????? ???????? ???? ???????????? ????? ???????? ???????? ????????? ?????? ??????? ?????????? ??????????

Alif laam raa, kitaabun anzalnaahu ilaika litukhrijannaasa minazh-zhulumaati ilannuuri bii-dzni rabbihim ilaa shiraathil 'aziizil hamiid(i)

1. "Alif, laam raa. (Ini merupakan) Kitab yg Kami turunkan kepadamu agar engkau mengeluarkan insan berdasarkan gelap gulita pada cahaya terang benderang dengan biar Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji."

??????? ??????? ????? ??? ??? ????????????? ????? ??? ?????????? ???????? ??????????????? ???? ??????? ???????

Allahil-ladzii lahuu maa fiis-samaawaati wa maa fiil ardhi wa wailul(n)-lilkaafiriina min 'adzaabin syadiid(in)

2. "Allah-lah yg memiliki segala apa yg di langit dan pada bumi. Dan kecelakaanlah bagi orang-orang kafir lantaran siksaan yang sangat pedih,"

????????? ?????????????? ??????????? ?????????? ????? ??????????? ???????????? ??? ??????? ??????? ?????????????? ???????? ???????????? ??? ???????? ???????

Al-ladziina yastahibbuunal hayaataddunyaa 'alal-aakhirati wa yashudduuna 'an sabiilillahi wa yabghuunahaa 'iwajan uulaa-ika fii dhalalin ba'iid(in)

tiga. "(yaitu) orang-orang yg lebih menyukai kehidupan dunia berdasarkan pada kehidupan akhirat, dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah & menginginkan supaya jalan Allah itu bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yg jauh."

?????? ??????????? ??? ???????? ?????? ????????? ????????? ??????????? ??????? ????????? ??????? ??? ???????? ????????? ??? ????????? ?????? ?????????? ??????????

Wa maa arsalnaa min rasuulin illaa bilisaani qaumihii liyubayyina lahum fayudhillullahu man yasyaa-u wa yahdii man yasyaa-u wa huwal 'aziizul hakiim(u)

4. "Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya [779], supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan [780] siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana."

???????? ??????????? ??????? ??????????????? ???? ???????? ???????? ???? ???????????? ????? ???????? ???????????? ??????????? ???????? ????? ??? ??????? ????????? ???????? ???????? ???????

Wa laqad arsalnaa muusaa bi-aayaatinaa an akhrij qaumaka minazh-zhulumaati ilannuuri wa dzaakkirhum bi-ayyaamillahi inna fii dzaalika li-aayaatin likulli shabbaarin syakuur(in)

5. "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): "Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah [781] ." Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur."

?????? ????? ??????? ?????????? ?????????? ???????? ??????? ?????????? ???? ?????????? ????? ????? ?????????? ?????????????? ?????? ?????????? ?????????????? ?????????????? ??????????????? ????????????? ????? ???????? ???????? ???? ?????????? ???????

Wa idz qaala muusaa liqaumihiidzkuruu ni'matallahi 'alaikum idz anjaakum min aali fir'auna yasuumuunakum suu-al 'adzaabi wa yudzabbihuuna abnaa-akum wa yastahyuuna nisaa-akum wa fii dzaalikum balaa-un min rabbikum 'azhiim(un)

6. Dan (ingatlah), saat Musa berkata kepada kaumnya: "Ingatlah nikmat Allah atasmu waktu Dia menyelamatkan kamu menurut (Fir'aun dan) pengikut-pengikutnya, mereka menyiksa kamu dengan siksa yang pedih, mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu, membiarkan hayati anak-anak perempuanmu; dan dalam yg demikian itu terdapat cobaan yang besar berdasarkan Tuhanmu."

?????? ????????? ????????? ????? ?????????? ????????????????? ??????? ?????????? ????? ???????? ?????????

Wa idz ta-adz-dzana rabbukum la-in syakartum la-aziidannakum wa la-in kafartum inna 'adzaabii lasyadiid(un)

7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya apabila kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, & jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

??????? ???????? ??? ???????????? ??????? ????? ??? ????????? ???????? ??????? ??????? ????????? ???????

Wa qaala muusaa in takfuruu antum wa man fiil ardhi jamii'an fa-innallaha laghaniyyun hamiid(un)

8. Dan Musa berkata: "Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya [782] lagi Maha Terpuji."

?????? ?????????? ???????? ????????? ??? ?????????? ?????? ????? ??????? ????????? ??????????? ???? ?????????? ??? ???????????? ?????? ???????? ???????????? ????????? ??????????????? ??????????? ???????????? ???? ????????????? ??????????? ?????? ????????? ?????? ??????????? ????? ???????? ????? ????? ??????? ????????????? ???????? ???????

Alam ya`tikum naba-ul-ladziina min qablikum qaumi nuuhin wa 'aadin wa tsamuuda waal-ladziina min ba'dihim laa ya'lamuhum ilaallahu jaa-athum rusuluhum bil bayyinaati faradduu aidiyahum fii afwaahihim wa qaaluuu innaa kafarnaa bimaa ursiltum bihii wa innaa lafii syakkin mimmaa tad'uunanaa ilaihi muriib(in)

9. Belumkah hingga kepadamu liputan orang-orang sebelum engkau (yaitu) kaum Nuh, 'Ad, Tsamud & orang-orang sesudah mereka. Tidak terdapat yang mengetahui mereka selain Allah. Telah datang rasul-rasul kepada mereka (membawa) bukti-bukti yang konkret lalu mereka menutupkan tangannya ke mulutnya (lantaran kebencian), dan mengatakan: "Sesungguhnya kami mengingkari apa yang kamu disuruh menyampaikannya (kepada kami), & sesungguhnya kami benar-sahih dalam keragu-raguan yg menggelisahkan terhadap apa yg engkau ajak kami kepadanya."

??????? ?????????? ????? ??????? ????? ??????? ????????????? ???????????? ??????????? ?????????? ????? ???? ??????????? ??????????????? ??????? ?????? ?????????? ????????? ???? ??????? ?????? ?????? ?????????? ?????????? ??? ??????????? ?????? ????? ???????? ???????????? ?????????? ??????????? ????????

Qaalat rusuluhum afiillahi syakkun faathiris-samaawaati wal ardhi yad'uukum liyaghfira lakum min dzunuubikum wa yu'akh-khirakum ilaa ajalin musamman qaaluuu in antum illaa basyarun mitslunaa turiiduuna an tashudduunaa 'ammaa kaana ya'budu aabaa'unaa fa'tuunaa bisulthaanin mubiin(in)

10. Berkata rasul-rasul mereka: "Apakah ada keragu-raguan terhadap Allah, Pencipta langit & bumi? Dia menyeru kamu buat memberi ampunan kepadamu dari dosa-dosamu dan menangguhkan (siksaan)mu hingga masa yang dipengaruhi?" Mereka menyampaikan: "Kamu tidak lain hanyalah manusia seperti kami jua. Kamu menghendaki buat menghalang-halangi (membelokkan) kami menurut apa yang selalu disembah nenek moyang kami, karenanya datangkanlah pada kami, bukti yg nyata."

??????? ?????? ?????????? ??? ??????? ?????? ?????? ??????????? ?????????? ??????? ??????? ?????? ??? ???????? ???? ??????????? ????? ????? ?????? ??? ???????????? ??????????? ?????? ???????? ???????? ??????? ??????? ??????????????? ??????????????

Qaalat lahum rusuluhum in nahnu illaa basyarun mitslukum wa laakinnallaha yamunnu 'alaa man yasyaa-u min 'ibaadihi wa maa kaana lanaa an na`tiyakum bisulthaanin illaa bi-idznillahi wa 'alallahi falyatawakkalil mu`minuun(a)

11. Rasul-rasul mereka mengungkapkan kepada mereka: "Kami nir lain hanyalah manusia misalnya kamu, akan namun Allah memberi karunia pada siapa yg Dia kehendaki pada antara hamba-hamba-Nya. Dan tidak patut bagi kami mendatangkan suatu bukti kepada engkau melainkan menggunakan izin Allah. Dan hanya pada Allah sajalah hendaknya orang-orang mukmin bertawakkal."

????? ?????? ?????? ??????????? ????? ??????? ?????? ????????? ?????????? ??????????????? ?????? ???? ???????????????? ??????? ??????? ??????????????? ?????????????????

Wa maa lanaa allaa natawakkala 'alallahi wa qad hadaanaa subulanaa wa lanashbiranna 'alaa maa aadzaitumuunaa wa 'alallahi falyatawakkalil mutawakkiluun(a)

12. "Mengapa kami nir akan bertawakkal pada Allah padahal Dia telah memberitahuakn jalan kepada kami, & kami benar-benar-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang engkau lakukan pada kami. Dan hanya pada Allah saja orang-orang yang bertawakkal itu, berserah diri."

??????? ????????? ????????? ???????????? ???????????????? ????? ?????????? ???? ???????????? ??? ??????????? ??????????? ?????????? ????????? ????????????? ?????????????

Wa qaalal-ladziina kafaruu lirusulihim lanukhrijannakum min ardhinaa au lata'uudunna fii millatinaa fa-auha ilaihim rabbuhum lanuhlikannazh-zhaalimiin(a)

13. Orang-orang kafir mengatakan pada Rasul-rasul mereka: "Kami sungguh-sungguh akan mengusir kamu berdasarkan negeri kami atau engkau kembali pada agama kami." Maka Tuhan mewahyukan pada mereka: "Kami pasti akan membinasakan orang- orang yang zalim itu,

??????????????????? ????????? ???? ??????????? ??????? ?????? ????? ???????? ??????? ???????

Wa lanuskinan-nakumul ardha min ba'dihim dzaalika liman khaafa maqaamii wa khaafa wa'iid(i)

14. "dan Kami pasti akan menempatkan kamu di negeri-negeri itu sesudah mereka. Yang demikian itu (adalah untuk) orang-orang yang takut (akan menghadap) kehadirat-Ku dan yang takut kepada ancaman-Ku [783]."

???????????????? ??????? ????? ???????? ???????

Waastaftahuu wa khaaba kullu jabbaarin 'aniid(in)

15. "Dan mereka memohon kemenangan (atas musuh-musuh mereka) & binasalah seluruh orang yg berlaku sewenang-wenang lagi keras ketua,"

???? ??????????? ????????? ?????????? ??? ??????? ???????

Min waraa-ihii jahannamu wa yusqaa min maa-in shadiid(in)

16. Pada hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah,"

?????????????? ????? ??????? ?????????? ??????????? ????????? ??? ????? ??????? ????? ???? ?????????? ????? ??????????? ??????? ???????

Yatajarra'uhuu wa laa yakaadu yusiighuhu wa ya'tiihil mautu min kulli makaanin wa maa huwa bimayyitin wa min wa raa-ihii 'adzaabun ghaliizh(un)

17. "diminumnnya air nanah itu dan hampir dia nir bisa menelannya & datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, namun dia nir pula tewas, dan dihadapannya terdapat azab yg berat."

??????? ????????? ????????? ???????????? ????????????? ????????? ?????????? ???? ???????? ??? ?????? ???????? ???? ??????????? ?????? ????????? ?????? ??????? ??????? ???? ?????????? ??????????

Matsalul-ladziina kafaruu birabbihim a'maaluhum karamaadin asytaddat bihirriihu fii yaumin 'aashifin laa yaqdiruuna mimmaa kasabuu 'alaa syai-in dzaalika huwadh-dhalalul ba'iid(u)

18. "Orang-orang yang kafir pada Tuhannya, amalan-amalan mereka merupakan misalnya abu yg ditiup angin dengan keras dalam suatu hari yang berangin kencang. Mereka nir bisa mengambil manfaat sedikitpun menurut apa yang telah mereka sebaiknya (pada global). Yang demikian itu merupakan kesesatan yang jauh."

?????? ???? ????? ??????? ?????? ????????????? ??????????? ??????????? ??? ?????? ???????????? ???????? ???????? ???????

Alam tara annallaha khalaqas-samaawaati wal ardha bil haqqi in yasya` yudzhibkum wa ya`ti bikhalqin jadiid(in)

19. "Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan langit dan bumi dengan hak [784]? Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu dan mengganti(mu) dengan makhluk yang baru,"

????? ??????? ????? ??????? ?????????

Wa maa dzaalika 'alallahi bi'aziiz(in)

20. "& yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah."

??????????? ??????? ???????? ??????? ??????????????? ?????????? ??????????????? ?????? ?????? ?????? ??????? ?????? ?????? ?????????? ?????? ???? ??????? ??????? ??? ??????? ???????? ???? ????????? ??????? ???????????????? ???????? ?????????? ???????????? ???? ????????? ??? ????? ??? ????????

Wa barazuu lillahi jamii'an faqaaladh-dhu'afaa-u lil-ladziina-astakbaruu innaa kunnaa lakum taba'an fahal antum mughnuuna 'annaa min 'adzaabillahi min syai-in qaaluuu lau hadaanaallahu lahadainaakum sawaa-un 'alainaa ajazi'naa am shabarnaa maa lanaa min mahiish(in)

21. Dan mereka semuanya (pada padang Mahsyar) akan berkumpul menghadap ke hadirat Allah, lalu berkatalah orang-orang yg lemah pada orang-orang yg arogan: "Sesungguhnya kami dahulu merupakan pengikut-pengikutmu, maka dapatkah engkau menghindarkan daripada kami azab Allah (walaupun) sedikit saja? Mereka menjawab: "Seandainya Allah memberi petunjuk pada kami, pasti kami dapat memberi petunjuk kepadamu. Sama saja bagi kita, apakah kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak memiliki tempat buat melarikan diri."

??????? ???????????? ?????? ?????? ????????? ????? ??????? ?????????? ?????? ???????? ?????????????? ????????????????? ????? ????? ???? ????????? ???? ????????? ??????? ??? ???????????? ??????????????? ???? ????? ??????????? ??????????? ??????????? ????? ?????? ?????????????? ?????? ?????? ????????????? ?????? ???????? ?????? ??????????????? ??? ??????? ????? ????????????? ?????? ??????? ???????

Wa qaalasy-syaithaanu lammaa qudhiyal amru innallaha wa 'adakum wa'dal haqqi wa wa'adtukum faakhlaftukum wa maa kaana lii 'alaikum min sulthaanin illaa an da'autukum faastajabtum lii falaa taluumuunii wa luumuu anfusakum maa anaa bimushrikhikum wa maa antum bimushrikhiyya innii kafartu bimaa asyraktumuunii min qablu innazh-zhaalimiina lahum 'adzaabun aliim(un)

22. Dan berkatalah syaitan tatkala kasus (hisab) sudah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah sudah menjanjikan kepadamu janji yg benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu namun aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru engkau lalu kamu mematuhi seruanku, sang sebab itu janganlah kamu mencerca saya akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu & kamupun sekali-kali nir dapat menolongku. Sesungguhnya aku nir membenarkan perbuatanmu mempersekutukan saya (dengan Allah) sejak dahulu." Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu menerima siksaan yang pedih.

?????????? ????????? ?????????? ??????????? ????????????? ???????? ??????? ??? ????????? ???????????? ?????????? ?????? ???????? ?????????? ????????????? ?????? ???????

Wa-udkhilal-ladziina aamanuu wa 'amiluush-shaalihaati jannaatin tajrii min tahtihaal anhaaru khaalidiina fiihaa bi-idzni rabbihim tahiyyatuhum fiihaa salaam(un)

23. "Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam syurga itu ialah "salaam" [785]."

?????? ???? ?????? ?????? ??????? ??????? ???????? ????????? ?????????? ????????? ????????? ??????? ??????????? ??? ???????????

Alam tara kaifa dharaballahu matsalaa kalimatan thayyibatan kasyajaratin thayyibatin ashluhaa tsaabitun wa far'uhaa fiissamaa-(i)

24. "Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik [786]seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,"

Surah Ibrahim Ayat 25

???????? ????????? ????? ?????? ???????? ????????? ?????????? ??????? ???????????? ????????? ??????????? ??????????????

Tu`tii ukulahaa kulla hiinin bi-idzni rabbihaa wa yadhribullahul amtsaala li-nnaasi la'allahum yatadzakkaruun(a)

25. "pohon itu menaruh buahnya pada setiap isu terkini menggunakan seizin Tuhannya. Allah menciptakan perumpamaan-perumpamaan itu buat manusia agar mereka selalu ingat."

???????? ???????? ????????? ?????????? ????????? ?????????? ??? ?????? ????????? ??? ????? ??? ???????

Wa matsalu kalimatin khabiitsatin kasyajaratin khabiitsatin ajtuts-tsat min fauqil ardhi maa lahaa min qaraar(in)

26. "Dan perumpamaan kalimat yang buruk [787] seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun."

????????? ??????? ????????? ?????????? ??????????? ?????????? ??? ??????????? ?????????? ????? ???????????? ????????? ??????? ?????????????? ?????????? ??????? ??? ????????

Yutsabbitullahul-ladziina aamanuu bil qaulits-tsaabiti fiil hayaatiddunyaa wa fiil-aakhirati wa yudhillullahuzh-zhaalimiina wa yaf'alullahu maa yasyaa'u

27. "Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu [788] dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki."

?????? ???? ????? ????????? ?????????? ???????? ??????? ??????? ???????????? ?????????? ????? ??????????

Alam tara ilaal-ladziina baddaluu ni'matallahi kufran wa ahalluu qaumahum daaral bawaar(i)

28. "Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah [789] dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?,"

????????? ?????????????? ???????? ??????????

Jahannama yashlaunahaa wabi`sal qaraar(u)

29. "yaitu neraka jahannam; mereka masuk kedalamnya; & itulah seburuk-buruk loka kediaman."

??????????? ??????? ????????? ????????????? ??? ??????????? ???? ???????????? ??????? ??????????? ????? ????????

Wa ja'aluu lillahi andaadan liyudhilluu 'an sabiilihi, qul tamatta'uu fa-inna mashiirakum ilannaar

30. "Orang-orang kafir itu sudah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah agar mereka menyesatkan (insan) berdasarkan jalan-Nya. Katakanlah: "Bersenang-senanglah kamu, lantaran sesungguhnya loka kembalimu ialah neraka."

??? ???????????? ????????? ?????????? ?????????? ??????????? ???????????? ?????? ????????????? ?????? ????????????? ???? ?????? ??? ???????? ?????? ???? ?????? ????? ????? ???????

Qul li'ibaadiyal-ladziina aamanuu yuqiimuush-shalaata wa yunfiquu mimmaa razaqnaahum sirran wa 'alaaniyatan min qabli an ya`tiya yaumun laa bai'un fiihi wa laa khilal(un)

31. Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan [790]."

??????? ??????? ?????? ????????????? ??????????? ????????? ???? ??????????? ?????? ?????????? ????? ???? ???????????? ??????? ???????? ????????? ?????? ????????? ?????????? ??? ????????? ???????????? ????????? ?????? ????????????

Allahul-ladzii khalaqas-samaawaati wal ardha wa anzala minassamaa-i maa-an fa-akhraja bihii minats-tsamaraati rizqan lakum wa sakh-khara lakumul fulka litajriya fiil bahri bi-amrihi wa sakh-khara lakumul anhaar(a)

32. "Allah-lah yang sudah membentuk langit & bumi dan menurunkan air hujan dari langit, lalu Dia mengeluarkan dengan air hujan itu banyak sekali butir-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia sudah menundukkan perahu bagimu supaya bahtera itu, berlayar pada samudera dengan kehendak-Nya, & Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai."

????????? ?????? ????????? ??????????? ????????????? ????????? ?????? ???????? ????????????

Wa sakh-khara lakumusy-syamsa wal qamara daa-ibaini wa sakh-khara lakumullaila wan nahaar(a)

33. "Dan Dia sudah menundukkan (pula) bagimu mentari dan bulan yang terus menerus tersebar (dalam orbitnya); & sudah menundukkan bagimu malam dan siang."

???????????? ???? ????? ??? ?????????????? ????? ?????????? ???????? ??????? ??? ???????????? ????? ??????????? ????????? ????????

Wa aataakum min kulli maa saaltumuuhu wa in ta'udduu ni'matallahi laa tuhshuuhaa inna-insaana lazhaluumun kaffaar(un)

34. "Dan Dia sudah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan bila engkau menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)."

?????? ????? ???????????? ????? ??????? ?????? ????????? ???????? ???????????? ????????? ??? ????????? ????????????

Wa idz qaala ibraahiimu rabbiij'al hadzaal balada aaminan waajnubnii wa baniyya an na'budal ashnaam(a)

35. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yg aman, & jauhkanlah aku bersama anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala."

????? ?????????? ?????????? ???????? ????? ????????? ????? ????????? ?????????? ??????? ?????? ???????? ????????? ??????? ????????

Rabbi innahunna adhlalna katsiiran minannaasi faman tabi'anii fa-innahuu minnii wa man 'ashaanii fa-innaka ghafuurun rahiim(un)

36. "Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu sudah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yg mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, & barangsiapa yg mendurhakai aku , maka sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

?????????? ??????? ????????? ??? ??????????? ??????? ?????? ??? ?????? ????? ???????? ???????????? ???????? ???????????? ??????????? ????????? ??????????? ????? ???????? ???????? ?????????? ???????????? ????? ???????????? ??????????? ???????????

Rabbanaa innii askantu min dzurriyyatii biwaadin ghairi dzii zar'in 'inda baitikal muharrami rabbanaa liyuqiimuush-shalaata faaj'al af-idatan minannaasi tahwii ilaihim waarzuqhum minats-tsamaraati la'allahum yasykuruun(a)

37. "Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang nir mempunyai tanam-tanaman pada dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yg demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung pada mereka dan beri rezkilah mereka berdasarkan butir-buahan, gampang-mudahan mereka bersyukur."

????????? ??????? ???????? ??? ??????? ????? ????????? ????? ???????? ????? ??????? ??? ?????? ??? ????????? ????? ??? ???????????

Rabbanaa innaka ta'lamu maa nukhfii wa maa nu'linu wa maa yakhfaa 'alallahi min syai-in fiil ardhi wa laa fiissamaa-(i)

38. "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan & apa yang kami lahirkan; dan nir ada sesuatupun yg tersembunyi bagi Allah, baik yg terdapat pada bumi maupun yang ada pada langit."

????????? ??????? ??????? ?????? ??? ????? ????????? ???????????? ???????????? ????? ?????? ????????? ???????????

Al-hamdu lillahil-ladzii wa haba lii 'alal kibari ismaa'iila wa ishaaqa inna rabbii lasamii'uddu'aa-(i)

39. "Segala puji bagi Allah yang sudah menganugerahkan kepadaku pada hari tua (ku) Ismail & Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, sahih-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa."

????? ?????????? ??????? ??????????? ????? ???????????? ???????? ??????????? ????????

Rabbiij'alnii muqiimash-shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aa-(i)

40. "Ya Tuhanku, jadikanlah saya & anak cucuku orang-orang yg tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

???????? ??????? ??? ?????????????? ????????????????? ?????? ??????? ??????????

Rabbanaaaghfir lii waliwaalidayya wa lilmu'miniina yauma yaquumul hisaab(u)

41. "Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku & sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)."

????? ??????????? ??????? ???????? ?????? ???????? ?????????????? ???????? ????????????? ???????? ???????? ????? ????????????

Wa laa tahsabannallaha ghaafilaa 'ammaa ya'maluzh-zhaalimuuna innamaa yu-akh-khiruhum liyaumin tasykhashu fiihil abshaar(u)

42. "Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) menduga, bahwa Allah lalai dari apa yg diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yg dalam waktu itu mata (mereka) terbelalak,"

??????????? ????????? ??????????? ??? ????????? ?????????? ??????????? ????????????????? ????????

Muhthi'iina muqni'ii ruuusihim laa yartaddu ilaihim tharfuhum wa af-idatuhum hawaa(un)

43. "mereka tiba bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mangangkat kepalanya, sedang mata mereka tidak berkedip-kedip dan hati mereka kosong."

????????? ???????? ?????? ??????????? ?????????? ????????? ????????? ????????? ????????? ??????????? ??????? ?????? ??????? ??????? ?????????? ??????????? ?????????? ???? ???? ??????????? ??????????? ???? ?????? ??? ????? ???? ???????

Wa andzirinnaasa yauma ya`tiihimul 'adzaabu fayaquulul-ladziina zhalamuu rabbanaa akh-khirnaa ilaa ajalin qariibin nujib da'wataka wa nattabi'irrusula awalam takuunuu aqsamtum min qablu maa lakum min zawaal(in)

44. Dan berikanlah peringatan pada insan terhadap hari (yg dalam ketika itu) tiba azab pada mereka, maka berkatalah orang-orang yg zalim: "Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam ketika yang sedikit, pasti kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul." (Kepada mereka dikatakan): "Bukankah engkau sudah bersumpah dahulu (di global) bahwa sekali-kali engkau tidak akan binasa?

??????????? ??? ????????? ????????? ?????????? ??????????? ??????????? ?????? ?????? ????????? ?????? ??????????? ?????? ????????????

Wa sakantum fii masaakinil-ladziina zhalamuu anfusahum wa tabayyana lakum kaifa fa'alnaa bihim wa dharabnaa lakumul amtsaal(a)

45. "dan engkau sudah berdiam pada loka-tempat kediaman orang-orang yg menganiaya diri mereka sendiri, & telah konkret bagimu bagaimana Kami sudah berbuat terhadap mereka dan telah Kami berikan kepadamu beberapa perumpamaan."

?????? ????????? ?????????? ??????? ??????? ?????????? ????? ????? ?????????? ????????? ?????? ??????????

Wa qad makaruu makrahum wa 'indallahi makruhum wa in kaana makruhum litazuula minhul jibaal(u)

46. "Dan sesungguhnya mereka telah membuat makar yang besar [791] padahal di sisi Allah-lah (balasan) makar mereka itu. Dan sesungguhnya makar mereka itu (amat besar) sehingga gunung-gunung dapat lenyap karenanya."

????? ??????????? ??????? ???????? ????????? ??????????? ????? ??????? ??????? ??? ?????????

Falaa tahsabannallaha mukhlifa wa'dihi rusulahu, innallaha 'aziizun dzuuuntiqaam(in)

47. "Lantaran itu janganlah sekali-kali engkau menduga Allah akan menyalahi janji-Nya pada rasul-raaul-Nya; sesungguhnya Allah Maha Perkasa, lagi mempunyai pembalasan."

?????? ????????? ????????? ?????? ????????? ???????????????? ??????????? ??????? ?????????? ???????????

Yauma tubaddalul ardhu ghairal ardhi was-samaawaatu wa barazuu lillahil waahidil qahhaar(i)

48. "(Yaitu) pada hari (waktu) bumi diganti dengan bumi yg lain & (demikian pula) langit, dan meraka semuanya (pada padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yg Maha Esa lagi Maha Perkasa."

??????? ?????????????? ?????????? ????????????? ??? ????????????

Wa taral mujrimiina yauma-idzin muqarraniina fiil ashfaad(i)

49. "Dan engkau akan melihat orang-orang yg berdosa pada hari itu diikat bersama-sama menggunakan belenggu."

????????????? ???? ????????? ?????????? ??????????? ????????

Saraabiiluhum min qathiraanin wa taghsya wujuuhahumunnaar(u)

50. "Pakaian mereka merupakan berdasarkan pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh barah neraka,"

?????????? ??????? ????? ?????? ???? ????????? ????? ??????? ??????? ??????????

Liyajziyallahu kulla nafsin maa kasabat innallaha sarii'ul hisaab(i)

51. "agar Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang dia sebaiknya. Sesungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya."

?????? ??????? ?????????? ?????????????? ????? ???????????????? ???????? ???? ??????? ??????? ?????????????? ????????? ????????????

Haadzaa balaaghun li-nnaasi wa liyundzaruu bihii wa liya'lamuu annamaa huwa ilaahun waahidun wa liyadz-dzakkara uuluul albaab(i)

52. "(Al Quran) ini merupakan penerangan yang paripurna bagi manusia, dan agar mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan agar mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa & supaya orang-orang yg berakal merogoh pelajaran."

Penjelasan :

[779]. Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab itu, bukanlah berarti bahwa Al Qu'an untuk bangsa Arab saja tetapi untuk seluruh manusia.
[780]. Disesatkan Allah berarti: bahwa orang itu sesat berhubung keingkarannya dan tidak mau memahami petunjuk-petunjuk Allah. Dalam ayat ini, karena mereka itu ingkar dan tidak mau memahami apa sebabnya Allah menjadikan nyamuk sebagai perumpamaan, maka mereka itu menjadi sesat.
[781]. Yang dimaksud dengan hari-hari Allah ialah peristiwa yang telah terjadi pada kaum-kaum dahulu serta nikmat dan siksa yang dialami mereka.
[782]. Maksudnya: Allah tidak memerlukan syukur hamba-hamba-Nya.
[783]. menghadap ke hadirat Allah ialah pertemuan dengan Allah SWT pada hari kiamat untuk dihisab.
[784]. Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.
[785]. Artinya: sejahtera dari segala bencana.
[786]. Termasuk dalam kalimat yang baik ialah kalimat tauhid, segala ucapan yang menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran serta perbuatan yang baik. Kalimat tauhid seperti laa ilaa ha illallaah.
[787]. Termasuk dalam kalimat yang buruk ialah kalimat kufur, syirik, segala perkataan yang tidak benar dan perbuatan yang tidak baik.
[788]. Yang dimaksud ucapan-ucapan yang teguh di sini ialah kalimatun thayyibah yang disebut dalam ayat 24 di atas.
[789]. Yang dimaksud dengan nikmat Allah di sini ialah perintah-perintah dan ajaran-ajaran Allah.
[790]. Maksudnya: pada hari kiamat itu tidak ada penebusan dosa dan pertolongan sahabat, lihat juga surat Al Baqarah ayat 254.
[791]. Maksudnya: orang-orang kafir itu membuat rencana jahat untuk mematahkan kebenaran Islam dan mereka berusaha menegakkan kebathilan, tetapi mereka itu tidak menyadari bahwa makar (rencana jahat)mereka itu digagalkan oleh Allah SWT.

Video Surah Ibrahim

Dalam Surah Ibrahim terkandung petunjuk-petunjuk bagi manusia untuk mengenal Tuhan mereka dan janji Allah menyediakan syurga kepada orang-orang mu`min. Dalam surat ini Allah menjelaskan bahwa rasul-rasul itu diutus dengan mempergunakan bahasa kaumnya agar mudah bagi kaum itu memahami perintah dan larangan Allah. Kemudian Allah menjelaskan juga tentang apa yang terjadi antara rasul-rasul itu dengan kaumnya.

Sumber Referensi Terjemahan :

Departemen Agama RI

Sejarah Garuda Pancasila Lambang Negara Indonesia

Sejarah Lambang Garuda Pancasila

Sudahkah anda memahami siapa penghasil lambang garuda pancasila dasar negara Indonesia? Burung garuda berperisai itu adalah butir karya keliru seseorang putera bangsa yang mampu menuangkan buah-buah pancasila dalam bentuk yg lebih nyata.

Beliau yaitu Sultan Hamid II(Syarif Abdul Hamid Alkadrie). Beliau yaitu putra menurut Sultan Pontianak. Sultan Hamid II lahir pada Pontianak, 12 Juli 1913. Beliau menikah menggunakan seorang perempuan Belanda & dikaruniai 2 anak. Sultan Hamid II wafat 30 Maret 1978.

Burung Garuda banyak muncul di banyak sekali dongeng terutama di Jawa dan Bali. Garuda melambangkan  pengetahuan, kebajikan, keberanian, kekuatan, kesetiaan, dan disiplin. Garuda juga mempunyai sifat Wishnu(salah satu tuhan dalam hindu) sebagai pemelihara dan juga penjaga tatanan alam semesta. Oleh alasannya garuda melambangkan sesuatu yang baik inilah burung garuda dijadikan simbol nasional Indonesia.

Lahirnya Garuda Pancasila

Setelah masa perang kemerdekaan dan masa mempertahankan kedaulatan, Indonesia dirasa perlu mempunyai lambang negara yang mampu merepresentasikan negara. Tanggal 10 Januari 1950 dibuat Panitia Teknis dengan nama Panitia Lencana Negara pada bawah ketua Menteri Negara Zonder Porto Folio Sultan Hamid II yang ditugaskan Presiden Soekarno buat merencanakan, merancang dan merumuskan gambar lambang negara; menggunakan susunan panitia teknis : Muhammad Yamin menjadi kepala, dan beranggotakan Ki Hajar Dewantara, M A Pellaupessy, Moh Natsir & RM Ng Poerbatjaraka; yg bertugas menyeleksi proposal lambang negara yang diusulkan kepada pemerintah.

Setelah sayembara tersebut diadakan, terpilih dua proposal yaitu menurut M.Yamin & Sultan Hamid II.

Kemudian Usulan Sultan Hamid II yang diterima oleh pemerintah & DPR. Usulan dari M.Yamin ditolak karena mengandung unsur sinar mentari yg masih terpengaruh dari Jepang.

Usulan Sultan Hamid II diterima alasannya adalah sinkron menggunakan apa yang dikehendaki Presiden Soekarno bahwa lambang negara mencerminkan pandangan hidup bangsa, dasar negara Indonesia, pada mana sila-sila berdasarkan dasar negara, yaitu Pancasila divisualisasikan dalam lambang negara.

Setelah rancangan terpilih, komunikasi intensif antara Sultan Hamid II, Bung Hatta, dan Ir.Soekarno terus dilakukan buat penyempurnaan. Mereka putusan bulat buat mengganti pita yg dicengkeram, semula berwarna merah putih menjadi putih penuh menggunakan slogan berbeda-beda tunggal ika.

Tanggal 8 Februari 1950 proposal tadi diajukan kepada Presiden Soekarno. Usulan tadi menerima masukan menurut Partai Masyumi semoga dipertimbangkan balik keberatan terhadap penggunaan simbol manusia yang dipercaya sangat bersifat mitologis.

 Sudahkah anda tahu siapa pembuat lambang garuda pancasila dasar negara Indonesia Sejarah Garuda Pancasila Lambang Negara Indonesia

Setelah dilakukan perubahan, Sultan Hamid II kembali mengajukan proposal yang gres dari banyak sekali masukan. Usulan yg gres ini telah berwujud burung rajawali garuda pancasila. Usulan tadi diserahkan Presiden Soekarno pada Kabinet RIS melalui PM Moh.Hatta. Pada sidang kabinet lepas 11 Februari 1950 lambang negara ini diresmikan. Garuda versi ini belum mempunyai jambul ibarat kini .

Presiden Soekarno memperbaiki beberapa hal ibarat menambahkan jambul semoga nir terlalu mirim menggunakan bald eagel USA, merubah cengkraman dalam pita menurut menghadap ke belakang sebagai menghadap depan. Terakhir, Sultan Hamid II menciptakan skala berukuran & rapikan rona.

 Sudahkah anda tahu siapa pembuat lambang garuda pancasila dasar negara Indonesia Sejarah Garuda Pancasila Lambang Negara Indonesia

Baca juga pengertian pancasila> Pengertian Pancasila

Friday, November 27, 2020

Arti Kata Gaul Ijo Lumut

1. Ijo Lumut

Kamu pasti acapkali banget mendengar atau melihat kata Ijo Lumut, baik itu di global nyata maupun dunia maya seperi facebook, twitter, instagram atau pelaksanaan berbasis chat lainnya sepeti BBM, Line dll. Namun apakah engkau mengetahui definisi sebenarnya mengenai kata Ijo Lumut yang sebenarnya agar engkau paham pada membaca kalimat yg mengandung kata tadi.Berikut ini merupakan penjelasan & arti kata Ijo Lumut menurut survei serta penjelasan dari pengguna internet :

Ikatan jomblo lucu imut

Indy : ree... Si yutha lutchu yah... Masih sendiri gx ya...?

Ree : ya iyalah... Diakan anggota ijo lumut

2. Ijo Lumut

Ikatan jongos lugu dan imut

Januar kamu ijo lumut deh

Seperti itu penerangan definisi sebenarnya dari kata Ijo Lumut. Kami harap definisi ini bisa membantu anda dalam membaca kalimat yang mengandung istilah Ijo Lumut. Sekian terima kasih.

Kegiatan Lari Jarak Pendek

Jenderal Besar Sudirman merupakan pahlawan yang merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan pejajahan. Saat usianya masih yang masih relatif muda yaitu saat berumur 31 tahun sudah menjadi seorang jenderal. Walaupun menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Sudirman merupakan salah satu pejuang dan pemimpin teladan bangsa ini. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya. Ia selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara.

Meskipun mendapat latihan jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika mempunyai sifat menyerah. Kepandaian yang bagaimanapun tingginya, tidak ada gunanya jika orang itu mempunyai sifat menyerah. Kita harus bersyukur pada Tuhan yang telah memberikan semangat kerja sama dan cinta tanah air. Salah satu wujud syukur adalah menghargai jasa para pahlawan dengan melanjutkan perjuangan mereka dengan cara mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif. Dengan belajar dari semangat Jenderal Sudirman dalam melindungi negara ini kita bisa mengambil semangat tersebut untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

A. Pembelajaran Teknik Dasar Start

Start adalah cara seorang pelari buat mempersiapkan diri dalam mobilitas lari. Start terdiri atas 3 cara yaitu :

  1. Start panjang dilakukan dengan sikap jongkok rileks, lutut kaki kanan menempel di tanah, kaki kiri berada di depan dengan posisi jinjit, kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “V”, dan pandangan rileks ke depan dan konsentrasi pada aba-aba berikutnya.
  2. Start menengah dilakukan dengan sikap jongkok rileks, lutut kaki kanan menempel di tanah., kaki kiri berada di samping lutut kaki kanan dengan jarak kurang lebih satu kepal, kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “V”, dan pandangan rileks ke depan dan konsentrasi pada aba-aba berikutnya.
  3. Start pendek dilakukan dengan sikap jongkok rileks, lutut kaki kanan menempel di tanah,  kaki kiri berada di samping lutut kaki kanan dengan jarak kurang lebih satu kepal, kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “V”.

 Jenderal Besar Sudirman merupakan pahlawan yang merebut kemerdekaan Republik Indonesia da Kegiatan Lari Jarak Pendek

B. Pembelajaran Start Jongkok menggunakan Aba-aba Start.

Dalam melakukan start jongkok, terdapat 3 tahapan yang sesuai menggunakan aba-aba.

  1. Aba-aba “Bersedia”. Apabila mendengar aba-aba “bersedia”, sikap badan yang dilakukan adalah sebagai berikut: seorang pelari melakukan start jongkok dengan memilih salah satu jenis start yang sudah dipelajari di atas, yang dirasa cocok dan sesuai dengan yang mereka rasakan.
  2. Aba-aba “siap”. Apabila ada aba-aba “siap” maka sikap badan pelari yang dilakukan adalah sebagai berikut: Lutut yang menempel di tanah diangkat, pinggul diangkat sedikit lebih tinggi dari bahu dan berat badan dibawa ke muka, jadi garis punggung menurun ke depan.ô€‚‡ Kaki belakang membentuk sudut 120 derajat, sedangkan kaki depan membentuk sudut 90 derajat. Lengan tetap lurus/siku jangan bengkok.  Kepala tetap menunduk, leher rileks, pandangan ke bawah, jaga keseimbangan dan konsentrasi pada aba-aba berikutnya.
  3. Aba-aba “Ya”. Apabila mendengar aba-aba “ya” maka sikap badan pelari yang dilakukan adalah sebagai berikut:  Menolak ke depan dengan kekuatan penuh atau gerakan meluncur.  Badan tetap condong ke depan disertai dengan gerakan lengan yang diayunkan.  Dilanjutkan dengan gerakan langkah kaki pendek-pendek, tetapi cepat agar tidak jatuh ke depan.

C. Pembelajaran Teknik Memasuki Garis Finish.

Teknik memasuki garis finish ada 3 macam, antara lain:

  1. Lari terus tanpa perubahan apapun.
  2. Dada dicondongkan ke depan/membusungkan dada ke depan, tangan kedua-duanya diayunkan ke bawah belakang.
  3. Dada diputar dengan ayunan tangan ke depan atas sehingga bahu sebelah  maju ke depan.

D. Bentuk-bentuk Pembelajaran Lari

Bentuk-bentuk pembelajaran teknik dasar lari jeda pendek antara lain menjadi berikut:

  1. Siswa melakukan jalan dan lari sehat mengelilingi sekolah dengan semangat gerilya Jenderal Sudirman.  Guru membariskan siswa secara berkelompok.  Siswa lari mengelilingi sekolah sesuai barisan kelompok yang sudah dibuat oleh guru.
  2. Permainan Hitam – Hijau. Guru membuat siswa menjadi dua kelompok (A = Hitam dan B = Hijau) berdiri saling berhadapan dengan jarak 1 meter. Mereka masing-masing kelompok dengan posisi start berdiri dan sambil mendengarkan aba-aba Hitam atau Hijau. Jika di sebut Hitam, maka kelompok A (Hitam) cepat balik arah terus lari cepat sampai batas yang sudah ditentukan. Kelompok B (Hijau) cepat mengejar dan menangkap A (Hitam). Kemudian kembali lagi ke tempat semula, siap melakukan perlombaan. Sebaliknya, jika disebut Hijau maka kelompok Hijau balik arah terus lari sampai batas yang ditentukan, kelompok Hitam (A) mengejar dan menangkapnya. Begitulah perlombaan itu dilakukan.
  3. Lari 30 meter.  Guru membuat lintasan lari dengan jarak 30 meter. Siswa melakukan lomba lari menggunakan start jongkok. Guru mengambil catatan waktu yang diraih siswa. Begitu seterusnya sampai semua siswa melakukan perlombaan.

Selain melalui aktivitas fisik dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia para pahlawan jua bersatu dan bekerja sama melalui cara diplomasi menggunakan tujuan buat mendapatkan pengakuan kedaulatan kemerdekaan bangsa kita. Kita harus dapat belajar dari pendahulu kita yg mengutamaan persatuan dan kesatuan pada mencapai tujuan. Sebuah pembelajaran yang sangat berharga bagi kita menjadi generasi penerus bangsa.

Algoritma Percabangan (1,2, 3 Kondisi, Percabangan Bersarang Dan Pola Kasus)

Algoritma percabangan ialah keliru satu kode pada prosedur pemecahan yg dipakai buat menunjukkan pilihan pada agenda perintah mana yang harus diproses & perintah mana yg harus dilalui sinkron dengan syarat yang diberikan.

Algoritma percabangan terkadang dibutuhkan buat perkara-kasus tertentu, alasannya adalah ialah pada kenyataannya alur pemrosesan kode rencana tidak selamanya berurutan menurut baris kode satu ke baris kode lainnya, namun terkadang agenda perlu diatur semoga bisa meloncat pada baris kode tertentu sesuai dengan kondisi yang terpenuhi.

Di dunia bahasa pemrograman atau prosedur pemecahan , kode semoga alur proses rencana bisa loncat menuju baris kode tertentu sesuai dengan syarat yg diberikan, itu dianggap menggunakan kode percabangan, pemilihan atau flow control.

Di dalam prosedur pemecahan , kode percabangan dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu, percabangan 1 syarat, percabangan dua syarat, percabangan tiga kondisi, percabangan lebih dari 3 kondisi dan percabangan bersarang.

Untuk lebih memahami kebijaksanaan dari prosedur pemecahan percabangan, baik percabangan  1 kondisi, 2 kondisi, 3 kondisi maupun percabangan bersarang, maka di artikel kali aku akan coba kupas tuntas mengenai prosedur pemecahan percabangan disertai dengan rujukan masalah lengkap, baik kasus-kasus khusus, maupun rujukan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Algoritma Percabangan (1,2, 3 kondisi, percabangan bersarang dan rujukan masalah)

Algoritma percabangan umumnya memakai instruksi

IF (Kondisi1) THEN

      pernyataan 1

ELSE IF (Kondisi 2) THEN

      pernyataan dua

ELSE IF (Kondisi 3) THEN

      pernyataan tiga

ELSE

      pernyataan 4

END IF

Untuk Kondisi ke 1 cukup memakai kode IF (Kondisi 1) THEN, sedangkan buat syarat 2 & seterusnya selain kondisi terakhir, maka memakai ELSE IF (Kondisi N) THEN, ad interim buat syarat terakhir cukup memakai ELSE saja.

Memahami Apa itu IF THEN ELSE ?

IF bisa diartikan menjadi (JIKA), sedangkan THEN sanggup anda artikan dengan sebutan MAKA, sedangkan ELSE dapa anda artiken sebagai (JIKA BUKAN / SELAIN ITU).

Memahami Apa itu Kondisi ?

Kondisi, umumnya akan membandingkan 2 buah operan dengan memakai operator aritmatika  seperti:

  • > (lebih besar)
  • < (lebih kecil)
  • >= (lebih besar atau sama dengan)
  • <= (lebih kecil atau sama dengan)
  • == (sama dengan)
  • <> (tidak sama dengan)

Contoh :

IF( nilai >=80) THEN

write("LULUSdanquot;)

ELSE

weite("GAGALdanquot;)

END IF

Instruksi di atas kalau diterjemahkan adalah, IF="apabila nilai lebih besar atau sama menggunakan 80, maka cetak kata LULUS", ELSE="jika tidak (ialah nilainya lebih kecil dari 80) maka GAGALdanquot;.

Yang diberikan warna merah tebal itu ialah bab kondisi, dengan operan nilai dan angka 80, sedangkan operator yang dipakai ialah >= (lebih besar atau sama dengan), harap diingat kondisi biasanya selalu membandingkan 2 buah operan dengan operator artimatika.

Semoga dengan uraian singkat pada atas anda punya gambaran apa itu percabangan.

Algoritma percabangan 1 kondisi

Algoritma percabangan 1 kondisi merupakan prosedur pemecahan percabangan yang hanya menggunakan1 syarat atau ketentuan saja, bila syarat terpenuhi maka kode akan diproses, jika nir terpenuhi maka akan dilewat atau diloncati.

Contoh:

Algoritma buat menentukan usia balita, jikalau usia lebih kecil atau sama menggunakan lima tahun maka balita.

Pseudocode:

acara cek_usia

deklarasi

      var usia:integer

prosedur pemecahan

    read(usia)

    IF(usia <5) THEN

          write("BALITA")

    ENDIF

Pada rujukan di atas usia diinput oleh pengguna, usia kemudian dicek, kalau usia lebih kecil dari lima maka cetak goresan pena "BALITA" sedangkan kalau tidak maka kode write("BALITA") akan dilewati.

Algoritma Percabangan 2 syarat

Algoritma percabangan 2 kondisi ialah prosedur pemecahan untuk memecahkan masalah yang hanya memakai 2 ketentuan saja.

Struktu percabangan 2 syarat artinya sebagai berikut:

IF (Kondisi 1) THEN

      pernyataan 1

ELSE

      pernyataan dua

ENDIF

Contoh prosedur pemecahan 2 kondisi:

Algoritma buat memilih Lulus dan Tidak Lulus nilai anak didik, dengan ketentuan:

1. Jika nilai >=75 maka lulus,

2. Jika tidak  (nilai <75 maka tidak lulus)

Jawab:

acara kelulusan

deklarasi

    var nilai:integer

prosedur pemecahan :

    read(nilai)

    IF (nilai >=75) THEN

          write("LULUSdanquot;)

    ELSE

          write("TIDAK LULUSdanquot;)

    ENDIF

Atau Kasus pada atas sanggup jua ditulis ibarat pada bawah ini:

acara kelulusan

deklarasi

    var nilai:integer

prosedur pemecahan :

    read(nilai)

    IF (nilai <75) THEN

          write("TIDAK LULUSdanquot;)

    ELSE

          write("LULUSdanquot;)

    ENDIF

Untuk 2 kondisi, maka prosedur pemecahan akan melibatkan kode percabangan IF (kondisi) THEN..... ELSE......, artinya kalau 2 kondisi maka  instruksi  kata IF hanya 1 jumlahnya lainnya memakai kata ELSE.

Algoritma Percabangan 3 Kondisi

Algoritma tiga kondisi merupakan prosedur pemecahan yang sanggup dipakai untuk memecahkan masalah yang mempunyai 3 kondisi.

Untuk prosedur pemecahan 3 kondisi maka strukturnya adalah:

IF (syarat 1) THEN

      pernyataan 1

ELSE IF(syarat dua) THEN

      pernyataan dua

ELSE

      pernyataan tiga.

ENDIF

Untuk syarat pertama selalu menggunakan IF (Kondisi 1) THEN, sedangkan buat kondisi ke 2 dan seterusnya selain syarat terakhir, menggunakan ELSE IF (syarat n) THEN, & untuk kondisi terakhir memakai ELSE saja.

Contoh prosedur pemecahan dengan 3 kondisi:

Algoritma buat mencari nilai pada bentuk huruf A,B atau C, menggunakan ketentuan

1. Jika nilai >80 maka nilai A

2. kalau nilai >=70 dan <=80 maka B

3. selain itu (nilai <70) maka C

Jawab:

acara cari_nilai

deklarasi

      var nilai:integer

prosedur pemecahan

      read(nilai)

      IF(nilai>80)THEN

            write("A")

      ELSE IF(nilai>=70 AND nilai <=80) THEN

            write("Bdanquot;)

      ELSE

            write("Cdanquot;)

     ENDIF

Algoritma lebih menurut 3 syarat

Kondisi dalam prosedur pemecahan sanggup lebih dari 3 kondisi, strukturnya akan selalu sama, untuk kondisi pertama maka memakai IF (kondisi 1) ELSE...., sedangkan untuk kondisi ke 2 dan seterusnya selain kondisi terakhir yaitu memakai ELSE IF (kondisi n) THEN....., sedangkan untuk kondisi terakhir gres menggunaakn ELSE....saja.

Format untuk prosedur pemecahan 3 kondisi atau lebih ialah sebagai berikut:

IF(Kondisi 1) THEN

     pernyataan 1

ELSE IF(Kondisi 2) THEN

     pernyataan dua

ELSE IF (kondisi 3) THEN

     pernyataan tiga

ELSE IF(syarat 4) THEN

     pernyataan 4

...

...

...

...

...

ELSE IF(kondisi N) THEN

     pernyataan N

ELSE

     pernyataan terakhir

ENDIF

Contoh prosedur pemecahan lebih dari 3 kondisi sama halnya dengan 3 kondisi di atas, namun ketentuannya lebih dari 3. sanggup 4, 5 dan seterusya.

C. Algoritma Percabangan Bersarang

Algoritma percabangan bersarang merupakan bentuk prosedur pemecahan percabangan dimana pada setiap setiap pernyataan untuk kondisi IF di dalamnya terdapat Instruksi IF Lagi.

Algoritma percabangan bersarang artinya pada pada IF terdapat IF lagi.

Struktur prosedur pemecahan percabangan  bersarang ialah sebagai berikut:

IF(Kondisi a) THEN

      IF(kondisi x)THEN

            pernyataan 1

      ELSE  IF

            pernyataan dua

      ENDIF

ELSE

     pernyataan b

ENDIF

Intinya prosedur pemecahan percabangan disebut percabangan bersarang kalau di dalam percabangan ada percabangan lagi, banyak yang menyebut juga dengan sebutan di dalam IF ada IF lagi.