Pages

Wednesday, December 30, 2020

Cara Membuat Boneka dari Botol Bekas

Botol bekas air mineral biasnya tidak dimanfaatkan & dibuang begitu saja sebagai sampah. Ada baikny apabila botol tadi dimanfaatkan buat bahan kerajinan, selain ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan juga dapat menambah kreativitas anak. Salah satu pemanfaatan botol bekas air mineral merupakan menggunakanya sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Banyak sekali model kerajinan tangan yg bisa dicoba buat diajarkan pada anak sekolah, terutama mendaur ulang barang bekas misalnya botol plastik air minum, kardus bekas, kertas sisa, kayu atau ranting, dan banyak lagi bahan bekas yang sanggup dibentuk menjadi ciptaan unik.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan kreativitas anak dengan cara-cara yang menyenangkan, menguntungkan, murah, dan mendukung program-program peningkatan kualitas lingkungan. Salah satunya adalah mendorong dan memfasilitasi mereka untuk berkreasi dengan membuat apa saja dari barang yang sudah tidak terpakai. Barang-barang ini biasanya sudah ada secara rutin di depan mata,  salah satunya adalah boto air mineral bekas. Jangan cepat-cepat membuang kemasan yang sudah tidak terpakai, karena bisa menjadi media kreativitas anak.

Untuk mengajak anak berkreasi dengan barang bekas Anda nir perlu berpikir buat membuat benda-benda yang terlalu rumit. Mulailah membuat sesuatu yg mudah, murah, & tentunya disukai oleh anak-anak. Salah satu bentuk kerajinan yg bisa dengan mudah kita buat menurut botol bekas air mineral merupakan hiasan berbentuk boneka. Sebelum menciptakan boneka persiapkan terlebih dahulu indera dan bahan yg akan dipakai, antara lain adalah :

  • Botol air mineral bekas
  • Pasir/batu kerikil untuk pemberat
  • Karton bekas
  • Tisu/koran bekas
  • Lem cair
  • Kuas
  • Spidol
  • Cat

Setelah semua indera dan bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah pembuatan boneka. Untuk membuat boneka dari botol air mineral bekas dapat mengikuti langkah-langkah misalnya pada bawah ini.

  • Siapkan sebuah botol air mineral bekas. Catlah bagian luar botol, kemudian biarkan supaya kering.
  • Masukan pasir atau kerikil ke dalam botol tersebut. Gunakan kertas tisu untuk membuat corong yang digunakan untuk memasukan pasir ke dalam botol. Fungsi pasir atau kerikil ini hanya sebagai pemberta saja agar boneka dapat berdiri dan tidak roboh, jadi bisa diganti dengan bahan yang lain yang ada di sekitar anda.
  • Ambil karton bekas, bentuklah menyerupai kepala manusia. Tempelkan kertas karton bebentuk kepala manusia pada botol menggunakan lem. Pastikan terpasang dengan kuat dan tidak mudah terlepas.
  • Olesi seluruh bagian botol dengan lem cair menggunakan kuas, tempelkaan potongan tisu/koran bekas  pada seluruh permukaan botol, biarkan supaya mengering,
  • Menggunakan spidol gambarlah bagian tangan, boneka.
  • Gambarlah bagian muka : hidung, mata, mulut, dan rambut menggunakan spidol.
  • Warnai pula bagian baju dan celana boneka dengan warna yang berbeda agar tampilan boneka menarik.
  • Rapikan bagian-bagian boneka yang masih kurang rajin, boneka sudah jadi.

Botol bekas air mineral biasnya tidak dimanfaatkan dan dibuang begitu saja sebagai sampah Cara Membuat Boneka dari Botol Bekas

Contoh di atas membuktikan bahwa siapapun bisa kreatif asalkan mau menemukan jawaban dari pertanyaan sederhana ini: “Kreasi apakah yang bisa saya ciptakan secara kreatif dari barang yang ada, menggunakan alat yang ada, dan hari ini juga bisa dimulai?” Tentu, untuk menghasilkan kreasi kreatif yang berkualitas bagus dibutuhkan motivasi, praktek yang terus menerus dan otak-atik otak. Yang sangat penting lagi di sini adalah mengajak si kecil untuk melihat bukti dari kreasi orang lain lalu mendorongnya untuk menciptakan dengan otak kreatifnya. Selamat mencoba.

Tuesday, December 29, 2020

Surat | Surah Thaha Arab Latin dan Terjemahan

Surah Thaha Arab Latin dan Terjemahan - Surah Thaha termasuk kedalam golongan surat-surat Makkiyyah dan merupakan surat ke 20 dari Al Quran yang terdiri atas 135 Ayat. Surat ini diturunkan sesudah Surah Maryam dan dinamai dengan Thaahaa yang diambil dari perkataan pada ayat pertama surat ini.

 Surah Thaha termasuk kedalam golongan surat Surat | Surah Thaha Arab Latin dan Terjemahan
Surah Thaha

Pokok isi kandungan dalam Surah Thaha diantaranya artinya mengenai keimanan, hukum-hukum, kisah-kisah, dan lainnya misalnya perintah Allah pada Nabi Muhammad s.A.W. Supaya dia meminta tambahan ilmu pada Allah sekalipun telah sebagai rasul, Allah tidak akan mengazab sesuatu kaum sebelum diutus rasul pada mereka, jangan terpengaruh oleh kesenangan kehidupan dunia. Teks bacaan LafadzSurah Thaha Arab Latin & Terjemahan berikut dibawah ini :

Surah Thaha

Thaahaa

Juz 16

Surat ke 20 : 135 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

??

Thaahaa

1. "Thaahaa [912]."

???? ?????????? ???????? ???????????? ???????????

Maa anzalnaa 'alaikal quraana litasyq(a)

dua. "Kami nir menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu sebagai susah;"

?????? ?????????? ?????? ????????

Illaa tadzkiratan liman yakhsy(a)

tiga. "namun menjadi peringatan bagi orang yg takut (pada Allah),"

????????? ???????? ?????? ????????? ??????????????? ????????

Tanziilan mimman khalaqal ardha was-samaawaatil 'ulaa

4. "yaitu diturunkan dari Allah yg menciptakan bumi dan langit yang tinggi."

???????????? ????? ????????? ?????????

Ar-rahmanu 'alal 'arsyiistawaa

5. "(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arsy [913] ."

????? ??? ??? ????????????? ????? ??? ????????? ????? ??????????? ????? ?????? ?????????

Lahuu maa fiis-samaawaati wa maa fiil ardhi wa maa bainahumaa wa maa tahtats-tsaraa

6. "Kepunyaan-Nya-lah semua yang ada di langit, seluruh yg di bumi, seluruh yang pada antara keduanya & semua yang di bawah tanah."

????? ???????? ??????????? ?????????? ???????? ???????? ?????????

Wa in tajhar bil qauli fa-innahuu ya'lamussirra wa akhfaa

7. "Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi [914]."

??????? ???? ??????? ?????? ????? ???? ????????????? ???????????

Allahu laa ilaaha illaa huwa lahul asmaa-ul husnaa

8. Dialah Allah, nir ada Tuhan (yg berhak disembah) melainkan Dia. Dia memiliki al asmaaul husna (nama-nama yang baik),"

?????? ???????? ??????? ????????

Wa hal ataaka hadiitsu muusaa

9. "Apakah telah hingga kepadamu kisah Musa?"

???? ????? ?????? ??????? ?????????? ??????????? ??????? ????????? ?????? ?????????? ????????? ???????? ???????? ???? ?????? ????? ???????? ?????

Idz ra-aa naaran faqaala ahlihiimkutsuu innii aanastu naaran la'allii aatiikum minhaa biqabasin au ajidu 'alannaari hudaa(n)

10. Ketika dia melihat barah, kemudian berkatalah ia kepada keluarganya: "Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya saya melihat barah, gampang-mudahan saya dapat membawa sedikit daripadanya kepadamu atau saya akan mendapat petunjuk pada tempat barah itu."

????????? ????????? ??????? ???????????

Falammaa ataahaa nuudiya yaa muusaa

11. Maka saat ia datang ke tempat barah itu ia dipanggil: "Hai Musa."

??????? ?????? ??????? ????????? ?????????? ??????? ?????????? ???????????? ?????

Innii anaa rabbuka faakhla' na'laika innaka bil waadil muqaddasi thuwaa(n)

12. "Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya engkau berada dilembah yang kudus, Thuwa."

??????? ??????????? ??????????? ????? ????????

Wa anaaakhtartuka faastami' limaa yuuhaa

13. "Dan Aku sudah menentukan engkau , maka dengarkanlah apa yg akan diwahyukan (kepadamu)."

????????? ????? ??????? ???? ??????? ??????? ?????? ???????????? ???????? ??????????? ??????????

Innanii anaallahu laa ilaaha illaa anaa faa'budnii wa aqimish-shalaata lidzikrii

14. "Sesungguhnya Aku ini merupakan Allah, tidak terdapat Tuhan (yg hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat buat mengingat Aku."

????? ?????????? ????????? ??????? ?????????? ?????????? ????? ??????? ????? ????????

Innassaa'ata aatiyatun akaadu ukhfiihaa litujza kullu nafsin bimaa tas-'aa

15. "Segungguhnya hari kiamat itu akan tiba Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yg ia usahakan."

????? ???????????? ??????? ??? ???? ???????? ????? ?????????? ???????? ??????????

Falaa yashuddannaka 'anhaa man laa yu`minu bihaa waattaba'a hawaahu fatardaa

16. "Maka sekali-kali janganlah kamu dipalingkan daripadanya oleh orang yg tidak beriman kepadanya & sang orang yg mengikuti hawa nafsunya, yg menyebabkan kamu jadi binasa."

????? ?????? ??????????? ??????????

Wa maa tilka biyamiinika yaa muusaa

17. "Apakah itu yg pada tangan kananmu, hai Musa?"

????? ???? ??????? ????????????? ????????? ????????? ????? ?????? ??????? ?????? ?????? ?????????? ????????

Qaala hiya 'ashaaya atawakka-u 'alaihaa wa ahusyyu bihaa 'alaa ghanamii wa liya fiihaa maaaribu ukhraa

18. Berkata Musa: "Ini merupakan tongkatku, saya bertelekan padanya, dan aku pukul (daun) dengannya buat kambingku, dan bagiku terdapat lagi keperluan yang lain padanya."

????? ????????? ??????????

Qaala alqihaa yaa muusaa

19. Allah berfirman: "Lemparkanlah beliau, hai Musa!"

????????????? ??????? ???? ??????? ????????

Fa-alqaahaa fa-idzaa hiya hayyatun tas'aa

20. "Lalu dilemparkannyalah tongkat itu, maka datang-datang dia sebagai seekor ular yang merayap menggunakan cepat."

????? ??????? ????? ??????? ???????????? ?????????? ??????????

Qaala khudz-haa wa laa takhaf sanu'iiduhaa siiratahaal uulaa

21. Allah berfirman: "Peganglah dia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula,"

????????? ?????? ?????? ????????? ???????? ?????????? ???? ?????? ?????? ??????? ????????

Waadhmum yadaka ilaa janaahika takhruj baidhaa-a min ghairi suu-in aayatan ukhraa

22. "dan kepitkanlah tanganmu ke ketiakmu, pasti beliau ke luar menjadi putih cemerlang tanpa cacad, menjadi karamah yg lain (jua),"

?????????? ???? ??????????? ??????????

Linuriyaka min aayaatinaal kubraa

23. "buat Kami perlihatkan kepadamu sebahagian berdasarkan indikasi-indikasi kekuasaan Kami yg sangat besar ,"

??????? ?????? ?????????? ???????? ??????

Idzhab ilaa fir'auna innahuu thaghaa

24. "Pergilah kepada Fir'aun; sesungguhnya ia sudah melampaui batas."

????? ????? ??????? ??? ???????

Qaala rabbiisyrah lii shadrii

25. Berkata Musa: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku [915],"

????????? ???? ???????

Wa yassir lii amrii

26. "dan mudahkanlah untukku urusanku,"

????????? ???????? ???? ?????????

Waahlul 'uqdatan min lisaanii

27. "dan lepaskanlah kekakuan menurut lidahku,"

??????????? ???????

Yafqahuu qaulii

28. "supaya mereka mengerti perkataanku,"

???????? ???? ???????? ????? ???????

Waaj'al lii waziiran min ahlii

29. "& jadikanlah untukku seorang pembantu menurut keluargaku,"

???????? ?????

Haaruuna akhii

30. "(yaitu) Harun, saudaraku,"

??????? ?????? ???????

Asydud bihii azrii

31. "teguhkanlah menggunakan beliau kekuatanku,"

???????????? ???? ???????

Wa asyrikhu fii amrii

32. "dan jadikankanlah dia sekutu pada urusanku,"

???? ??????????? ????????

Kai nusabbihaka katsiiraa(n)

33. "supaya kami banyak bertasbih pada Engkau,"

???????????? ????????

Wa nadzkuraka katsiiraa(n)

34. "& poly mengingat Engkau."

??????? ????? ????? ????????

Innaka kunta binaa bashiiraa(n)

35. "Sesungguhnya Engkau adalah Maha Melihat (keadaan) kami."

????? ???? ???????? ???????? ??????????

Qaala qad uutiita su`laka yaa muusaa

36. Allah berfirman: "Sesungguhnya telah diperkenankan permintaanmu, hai Musa."

???????? ???????? ???????? ??????? ?????????

Wa laqad manannaa 'alaika marratan ukhraa

37. "Dan sesungguhnya Kami sudah memberi nikmat kepadamu pada kali yg lain,"

???? ???????????? ??????? ??????? ??? ????????

Idz auhainaa ilaa ummika maa yuuhaa

38. "yaitu ketika Kami mengilhamkan kepada ibumu suatu yang diilhamkan,"

???? ?????????? ??? ??????????? ???????????? ??? ???????? ???????????? ???????? ???????????? ?????????? ??????? ???? ????????? ??????? ???????????? ???????? ????????? ??????? ???????????? ?????? ????????

Aniiqdzifiihi fiittaabuuti faaqdzifiihi fiil yammi falyulqihil yammu bissaahili ya`khudzhu 'aduwwun lii wa 'aduwwun lahuu wa alqaitu 'alaika mahabbatan minnii wa litushna'a 'alaa 'ainii

39. Yaitu: "Letakkanlah ia (Musa) didalam peti, kemudian lemparkanlah ia ke sungai (Nil), maka pasti sungai itu membawanya ke tepi, supaya diambil oleh (Fir'aun) musuh-Ku dan musuhnya. Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku [916]; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku,"

???? ???????? ???????? ????????? ???? ??????????? ?????? ??? ???????????? ????????????? ??????? ??????? ???? ??????? ????????? ????? ????????? ?????????? ??????? ?????????????? ???? ???????? ???????????? ????????? ?????????? ??????? ???? ?????? ???????? ????? ?????? ?????? ?????? ??????????

Idz tamsyii ukhtuka fataquulu hal adullukum 'alaa man yakfuluhu faraja'naaka ilaa ummika kai taqarra 'ainuhaa wa laa tahzana wa qatalta nafsan fanajjainaaka minal ghammi wafatannaaka futuunan falabitsta siniina fii pakar madyana tsumma ji-ata 'alaa qadarin yaa muusaa

40. (yaitu) ketika saudaramu yang perempuan berjalan, lalu ia berkata kepada (keluarga Fir'aun): "Bolehkah saya menunjukkan kepadamu orang yang akan memeliharanya?" Maka Kami mengembalikanmu kepada ibumu, agar senang hatinya dan tidak berduka cita. Dan kamu pernah membunuh seorang manusia [917], lalu Kami selamatkan kamu dari kesusahan dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan; maka kamu tinggal beberapa tahun diantara penduduk Madyan [918], kemudian kamu datang menurut waktu yang ditetapkan [919] hai Musa,

??????????????? ?????????

Waashthana'tuka linafsii

41. "dan Aku telah memilihmu untuk diri-Ku [920]."

??????? ????? ????????? ???????????? ????? ??????? ??? ???????

Idzhab anta wa akhuuka bi-aayaatii wa laa taniyaa fii dzikrii

42. "Pergilah kamu bersama saudaramu menggunakan membawa ayat-ayat-Ku, & janganlah engkau berdua lalai pada mengingat-Ku;"

????????? ?????? ?????????? ???????? ??????

Idzhabaa ilaa fir'auna innahuu thaghaa

43. "Pergilah engkau berdua pada Fir'aun, sesungguhnya dia sudah melampaui batas;"

???????? ????? ??????? ????????? ??????????? ??????????? ???? ????????

Faquulaa lahuu qaulaa layyinan la'allahuu yatadzakkaru au yakhsyaa

44. "maka berbicaralah engkau berdua kepadanya menggunakan kata-istilah yang lemah lembut, gampang-mudahan beliau jangan lupa atau takut."

?????? ????????? ???????? ??????? ??? ???????? ?????????? ???? ??? ????????

Qaalaa rabbanaa innanaa nakhaafu an yafrutha 'alainaa au an yathghaa

45. Berkatalah mereka berdua: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami khawatir bahwa ia segera menyiksa kami atau akan bertambah melampaui batas."

????? ??? ?????????? ???????? ?????????? ???????? ????????

Qaala laa takhaafaa innanii ma'akumaa asma'u wa-araa

46. Allah berfirman: "Janganlah engkau berdua risi, sesungguhnya Aku bersama engkau berdua, Aku mendengar & melihat."

??????????? ????????? ?????? ???????? ??????? ?????????? ??????? ?????? ????????????? ????? ?????????????? ???? ????????? ?????????? ???? ????????? ???????????? ?????? ???? ???????? ??????????

Fa`tiyaahu faquulaa innaa rasuulaa rabbika fa-arsil ma'anaa banii israa-iila wa laa tu'adz-dzibhum qad ji`naaka bi-aayatin min rabbika wassalaamu 'alaa maniittaba'al hudaa

47. Maka datanglah kamu berdua kepadanya (Fir'aun) dan katakanlah: "Sesungguhnya kami berdua adalah utusan Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil bersama kami dan janganlah kamu menyiksa mereka [921]. Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk."

?????? ???? ??????? ?????????? ????? ?????????? ?????? ??? ??????? ???????????

Innaa qad uuhiya ilainaa annal 'adzaaba 'alaa man kadz-dzaba wa tawallaa

48. "Sesungguhnya telah diwahyukan kepada kami bahwa siksa itu (ditimpakan) atas orang-orang yang mendustakan [922] dan berpaling [923]."

????? ????? ??????????? ??????????

Qaala faman rabbukumaa yaa muusaa

49. Berkata Fir'aun: "Maka siapakah Tuhanmu berdua, hai Musa? [924]."

????? ???????? ???????? ???????? ????? ?????? ????????? ????? ??????

Qaala rabbunaal-ladzii a'thaa kulla syai-in khalqahuu tsumma hadaa

50. Musa berkata: "Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk [925]."

????? ????? ????? ?????????? ??????????

Qaala famaa baalul quruunil uulaa

51. Berkata Fir'aun: "Maka bagaimanakah keadaan umat-umat yg dahulu?"

????? ????????? ????? ?????? ??? ???????? ???? ??????? ?????? ????? ??????

Qaala 'ilmuhaa 'inda rabbii fii kitaabin laa yadhillu rabbii wa laa yansaa

52. Musa menjawab: "Pengetahuan tentang itu ada di sisi Tuhanku, di dalam sebuah kitab [926], Tuhan kami tidak akan salah dan tidak (pula) lupa;"

??????? ?????? ?????? ????????? ??????? ???????? ?????? ?????? ??????? ????????? ???? ??????????? ?????? ????????????? ?????? ?????????? ???? ???????? ???????

Al-ladzii ja'ala lakumul ardha mahdan wa salaka lakum fiihaa subulaa wa anzala minassamaa-i maa-an fa-akhrajnaa bihii azwaajan min nabaatin syattaa

53. "Yang sudah berakibat bagimu bumi menjadi hamparan dan Yang telah mengakibatkan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, & menurunkan menurut langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang beragam."

??????? ??????????? ?????????????? ????? ??? ??????? ????????? ?????????? ?????????

Kuluu waar'au an'aamakum inna fii dzaalika li-aayaatin li-uliinnuhaa

54. "Makanlah & gembalakanlah binatang-binatangmu. Sesungguhnya pada yg demikian itu, terdapat tanda-indikasi kekuasaan Allah bagi orang-orang yg berakal."

??????? ????????????? ???????? ??????????? ????????? ???????????? ??????? ????????

Minhaa khalaqnaakum wa fiihaa nu'iidukum wa minhaa nukhrijukum taaratan ukhraa

55. "Dari bumi (tanah) itulah Kami mengakibatkan engkau dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan engkau dalam kali yang lain,"

???????? ??????????? ??????????? ???????? ????????? ????????

Wa laqad arainaahu aayaatinaa kullahaa fakadz-dzaba wa abaa

56. "Dan sesungguhnya Kami telah perlihatkan kepadanya (Fir'aun) tanda-tanda kekuasaan Kami semuanya [927] maka ia mendustakan dan enggan (menerima kebenaran)."

????? ??????????? ????????????? ???? ????????? ?????????? ??????????

Qaala aji`tanaa litukhrijanaa min ardhinaa bisihrika yaa muusaa

57. Berkata Fir'aun: "Adakah kamu tiba kepada kami buat mengusir kami menurut negeri kami (ini) dengan sihirmu, hai Musa?"

????????????????? ???????? ?????????? ????????? ????????? ?????????? ????????? ???? ??????????? ?????? ?????? ????? ???????? ?????

Falana'tiyannaka bisihrin mitslihii faaj'al bainanaa wa bainaka mau'idan laa nukhlifuhu nahnu wa laa anta makaanan suwaa(n)

58. "Dan kamipun pasti akan mendatangkan (jua) kepadamu sihir semacam itu, maka buatlah suatu waktu buat rendezvous antara kami dan engkau , yang kami tidak akan menyalahinya & tidak (pula) kamu di suatu tempat yg pertengahan (letaknya)."

????? ???????????? ?????? ?????????? ????? ???????? ???????? ?????

Qaala mau'idukum yaumuzziinati wa an yuhsyarannaasu dhuhaa(n)

59. Berkata Musa: "Waktu buat pertemuan (kami menggunakan) kamu itu ialah pada hari raya dan hendaklah dikumpulkan insan pada saat matahari sepenggalahan naik."

??????????? ?????????? ???????? ????????? ????? ??????

Fatawallaa fir'aunu fajama'a kaidahu tsumma ataa

60. "Maka Fir'aun meninggalkan (tempat itu), lalu mengatur tipu dayanya, kemudian dia datang [928]."

????? ????? ???????? ?????????? ??? ??????????? ????? ??????? ??????? ????????????? ?????????? ?????? ????? ???? ?????????

Qaala lahum muusaa wa ilakum laa taftaruu 'alallahi kadziban fayushitakum bi'adzaabin wa qad khaaba maniiftaraa

61. Berkata Musa kepada mereka: "Celakalah engkau , janganlah kamu mengada-adakan kedustaan terhadap Allah, maka Dia membinasakan kamu dengan siksa." Dan sesungguhnya sudah merugi orang yg mengada-adakan kedustaan.

??????????????? ????????? ?????????? ???????????? ???????????

Fatanaaza'uu amrahum bainahum wa asarruunnajwaa

62. "Maka mereka berbantah-bantahan tentang urusan mereka di antara mereka & mereka merahasiakan percakapan (mereka)."

????????? ???? ???????? ???????????? ?????????? ??? ???????????? ????? ????????? ????????????? ??????????? ??????????????? ???????????

Qaaluuu in hadzaani lasaahiraani yuriidaani an yukhrijaakum min ardhikum bisihrihimaa wa yadzhabaa bithariiqatikumul mutslaa

63. Mereka berkata: "Sesungguhnya dua orang ini adalah benar-benar ahli sihir yang hendak mengusir kamu dari negeri kamu dengan sihirnya dan hendak melenyapkan kedudukan kamu yang utama [929]."

????????????? ?????????? ????? ???????? ??????? ?????? ???????? ????????? ???? ???????????

Fa-ajmi'uu kaidakum tsumma`atuu shaffan wa qad aflahal yauma maniista'laa

64. "Maka himpunkanlah segala daya (sihir) kamu sekalian, kemudian datanglah dengan berbaris. dan sesungguhnya beruntunglah oran yang menang pada hari ini [930]."

???????? ??????????? ??????? ??? ???????? ????????? ??? ???????? ??????? ???? ????????

Qaaluuu yaa muusaa immaa an tulqiya wa immaa an nakuuna awwala man alqaa

65. (Setelah mereka berkumpul) mereka mengungkapkan: "Hai Musa (pilihlah), apakah kamu yang melemparkan (dahulu) atau kamikah orang yg mula-mula melemparkan?"

????? ???? ?????????? ??????? ??????????? ????????????? ????????? ???????? ??? ?????????? ???????? ????????

Qaala bal alquu fa-idzaa hibaaluhum wa 'ishii-yuhum yukhayyalu ilaihi min sihrihim annahaa tas'aa

66. Berkata Musa: "Silahkan kamu sekalian melemparkan." Maka datang-datang tali-tali & tongkat-tongkat mereka, terbayang pada Musa seakan-akan ia merayap cepat, karena sihir mereka.

?????????? ??? ????????? ??????? ????????

Fa-aujasa fii nafsihii khiifatan muusaa

67. "Maka Musa merasa takut pada hatinya."

??????? ??? ?????? ??????? ????? ???????????

Qulnaa laa takhaf innaka antal a'laa

68. Kami mengatakan: "janganlah kamu takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (menang)."

???????? ??? ??? ????????? ???????? ??? ??????????? ???????? ????????? ?????? ???????? ????? ???????? ?????????? ?????? ??????

Wa alqi maa fii yamiinika talqaf maa shana'uu innamaa shana'uu kaidu saahirin wa laa yuflihussaahiru haitsu ataa

69. Dan lemparkanlah apa yang ada ditangan kananmu, niscaya dia akan menelan apa yg mereka perbuat. "Sesungguhnya apa yang mereka perbuat itu merupakan tipu daya tukang sihir (belaka). Dan tidak akan menang tukang sihir itu, berdasarkan mana saja ia datang."

?????????? ??????????? ???????? ????????? ????????? ??????? ???????? ?????????

Fa-ulqiyassaharatu sujjadan qaaluuu aamannaa birabbi haaruuna wa muus(a)

70. Lalu tukang-tukang sihir itu tersungkur dengan bersujud, seraya mengatakan: "Kami telah percaya kepada Tuhan Harun & Musa."

????? ?????????? ????? ?????? ???? ??????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ??????????? ?????????? ???????????????? ???????????? ????????????? ????? ??????? ???????????????????? ??? ??????? ????????? ??????????????? ????????? ??????? ???????? ??????????

Qaala aamantum lahuu qabla an aadzana lakum innahuu lakabiirukumul-ladzii 'allamakumussihra fal-aqath-thi'anna aidiyakum wa arjulakum min khilaafin wal-ashallibannakum fii judzuu'innakhli wa lata'lamunna ayyunaa asyaddu 'adzaaban wa abqaa

71. Berkata Fir'aun: "Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu sekalian. Sesungguhnya ia adalah pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu sekalian. Maka sesungguhnya aku akan memotong tangan dan kaki kamu sekalian dengan bersilang secara bertimbal balik [931], dan sesungguhnya aku akan menyalib kamu sekalian pada pangkal pohon kurma dan sesungguhnya kamu akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksanya."

???????? ??? ??????????? ?????? ??? ????????? ???? ????????????? ????????? ?????????? ??????? ???? ????? ?????? ???????? ??????? ??????? ??????????? ???????????

Qaaluuu lan nu`tsiraka 'alaa maa jaa-anaa minal bayyinaati waal-ladzii fatharanaa faaqdhi maa anta qaadhin innamaa taqdhii haadzihil hayaataddunyaa

72. Mereka menyampaikan: "Kami sekali-kali tidak akan mengutamakan engkau daripada bukti-bukti yg konkret (karamah ), yang sudah tiba kepada kami & daripada Tuhan yg sudah membentuk kami; maka putuskanlah apa yang hendak engkau putuskan. Sesungguhnya engkau hanya akan bisa memutuskan pada kehidupan pada global ini saja."

??????? ????????? ?????????? ?????????? ????? ??????????? ?????? ????????????? ???????? ???? ?????????? ????????? ?????? ???????????

Innaa aamannaa birabbinaa liyaghfira lanaa khathaayaanaa wa maa akrahtanaa 'alaihi minassihri wallahu khairun wa abqaa

73. "Sesungguhnya kami sudah beriman pada Tuhan kami, supaya Dia mengampuni kesalahan-kesalahan kami dan sihir yang sudah kamu paksakan pada kami melakukannya. Dan Allah lebih baik (pahala-Nya) dan lebih kekal (azab-Nya)."

???????? ??? ?????? ???????? ????????? ??????? ????? ????????? ??? ??????? ?????? ????? ????????

Innahuu man ya`ti rabbahuu mujriman fa-inna lahuu jahannama laa yamuutu fiihaa wa laa yahyaa

74. "Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa, maka sesungguhnya baginya neraka Jahannam. Ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup [932]."

????? ????????? ????????? ???? ?????? ????????????? ?????????????? ?????? ???????????? ?????????

Wa man ya`tihii mu`minan qad 'amilash-shaalihaati fa-uulaa-ika lahumuddarajaatul 'ulaa

75. "Dan barangsiapa tiba pada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-benar-benar telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-loka yg tinggi (mulia),"

???????? ?????? ??????? ??? ????????? ???????????? ?????????? ??????? ????????? ???????? ??? ?????????

Jannaatu 'adnin tajrii min tahtihaal anhaaru khaalidiina fiihaa wa dzaalika jazaa-u man tazakkaa

76. "(yaitu) syurga 'Adn yang mengalir sungai-sungai pada bawahnya, mereka abadi pada dalamnya. Dan itu merupakan balasan bagi orang yang higienis (menurut kekafiran dan kemaksiatan)."

???????? ???????????? ?????? ???????? ???? ?????? ?????????? ????????? ?????? ???????? ??? ????????? ??????? ???? ??????? ??????? ????? ????????

Wa laqad auhainaa ilaa muusaa an asri bi'ibaadii faadhrib lahum thariiqan fiil bahri yabasan laa takhaafu darakan wa laa takhsyaa

77. Dan sesungguhnya telah Kami wahyukan kepada Musa: "Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari, maka buatlah untuk mereka jalan yang kering dilaut itu [933], kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam)."

?????????????? ?????????? ???????????? ??????????? ????? ???????? ??? ??????????

Fa-atba'ahum fir'aunu bijunuudihi faghasyiyahum minal yammi maa ghasyiyahum

78. "Maka Fir'aun dengan bencana tentaranya mengejar mereka, lalu mereka ditutup oleh bahari yg menenggelamkan mereka."

????????? ?????????? ????????? ????? ??????

Wa adhalla fir'aunu qaumahuu wa maa hadaa

79. "Dan Fir'aun sudah menyesatkan kaumnya dan tidak memberi petunjuk."

????????? ????????????? ???? ????????????? ????? ??????????? ???????????????? ??????? ???????? ??????????? ???????????? ?????????? ???????? ?????????????

Yaa banii israa-iila qad anjainaakum min 'aduwwikum wa waa'adnaakum jaanibath-thuuril aimana wa nazzalnaa 'alaikumul manna wassalwaa

80. "Hai Bani Israil, sesungguhnya Kami telah menyelamatkan kamu sekalian dari musuhmu, dan Kami telah mengadakan perjanjian dengan kamu sekalian (untuk munajat) di sebelah kanan [934] gunung itu [935] dan Kami telah menurunkan kepada kamu sekalian manna dan salwa [936]."

??????? ??? ?????????? ??? ????????????? ????? ?????????? ????? ????????? ?????????? ???????? ????? ???????? ???????? ??????? ?????? ??????

Kuluu min thayyibaati maa razaqnaakum wa laa tathghau fiihi fayahilla 'alaikum ghadhabii wa man yahlil 'alaihi ghadhabii faqad hawaa

81. "Makanlah di antara rezki yg baik yang telah Kami berikan kepadamu, & janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia."

???????? ?????????? ?????? ????? ????????? ???????? ???????? ????? ?????????

Wa innii laghaffaarun liman taaba wa aamana wa 'amila shaalihan tsumma ihtadaa

82. "Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian permanen pada jalan yg sahih."

?????? ?????????? ??? ???????? ??????????

Wa maa a'jalaka 'an qaumika yaa muusaa

83. "Mengapa engkau datang lebih cepat daripada kaummu, hai Musa?"

????? ???? ?????????? ??????? ??????? ?????????? ???????? ????? ??????????

Qaala hum uulaa-i 'alaa atsarii wa 'ajiltu ilaika rabbi litardhaa

84. Berkata, Musa: "Itulah mereka sedang menyusuli saya & saya bersegera kepada-Mu. Ya Tuhanku, supaya agar Engkau ridha (kepadaku)."

????? ???????? ???? ???????? ???????? ???? ???????? ????????????? ?????????????

Qaala fa-innaa qad fatannaa qaumaka min ba'dika wa adhallahumus-saamiriyy(u)

85. Allah berfirman: "Maka sesungguhnya Kami telah menguji kaummu sesudah kamu tinggalkan, dan mereka telah disesatkan oleh Samiri [937]."

???????? ???????? ?????? ????????? ????????? ???????? ????? ????????? ?????? ?????????? ????????? ??????? ???????? ????????? ?????????? ????????? ???? ?????????? ??? ??????? ?????????? ?????? ???? ?????????? ????????????? ??????????

Faraja'a muusaa ilaa qaumihii ghadhbaana asifan qaala yaa qaumi alam ya'idkum rabbukum wa'& hasanan afathaala 'alaikumul 'ahdu am aradtum an yahilla 'alaikum ghadhabun min rabbikum fa-akhlaftum mau'idii

86. Kemudian Musa pulang pada kaumnya menggunakan murka & bersedih hati. Berkata Musa: "Hai kaumku, bukankah Tuhanmu sudah menjanjikan kepadamu suatu janji yg baik? Maka apakah terasa lama masa yang berlalu itu bagimu atau engkau menghendaki agar kemurkaan menurut Tuhanmu menimpamu, dan kamu melanggar perjanjianmu menggunakan aku ?."

???????? ???? ??????????? ?????????? ??????????? ??????????? ??????????? ?????????? ???? ??????? ????????? ?????????????? ??????????? ??????? ?????????????

Qaaluuu maa akhlafnaa mau'idaka bimalkinaa wa laakinnaa hummilnaa auzaaran min ziinatil qaumi faqadzafnaahaa fakadzaalika alqassaamiriyy(u)

87. Mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak melanggar perjanjianmu dengan kemauan kami sendiri, tetapi kami disuruh membawa beban-beban dari perhiasan kaum itu, maka kami telah melemparkannya, dan demikian pula Samiri melemparkannya [938] ",

?????????? ?????? ??????? ??????? ?????? ??????? ?????????? ??????? ??????????? ????????? ??????? ????????

Fa-akhraja lahum 'ijlan jasadan lahuu khuwaarun faqaaluuu haadzaa ilaahukum wa ilaahu muusaa fanasiy(a)

88. kemudian Samiri mengeluarkan untuk mereka (dari lobang itu) anak lembu yang bertubuh dan bersuara [939], maka mereka berkata: "Inilah Tuhanmu dan Tuhan Musa, tetapi Musa telah lupa."

??????? ???????? ?????? ???????? ?????????? ??????? ????? ???????? ?????? ?????? ????? ???????

Afalaa yarauna alaa yarji'u ilaihim qaulan wa laa yamliku lahum dharran wa laa naf'aa(n)

89. "Maka apakah mereka tidak memperhatikan bahwa patung anak lembu itu nir bisa memberi jawaban kepada mereka, dan nir dapat memberi kemudharatan kepada mereka dan tidak (juga) kemanfaatan?"

???????? ????? ?????? ???????? ??? ?????? ????????? ???????? ???????? ?????? ??????? ????????? ???????????? ?????????????? ????????????? ???????

Wa laqad qaala lahum haaruunu min qablu yaa qaumi innamaa futintum bihii wa inna rabbakumur-rahmanu faattabi'uunii wa athii'uu amrii

90. Dan sesungguhnya Harun sudah menyampaikan pada mereka sebelumnya: "Hai kaumku, sesungguhnya engkau hanya diberi cobaan dengan anak lembu. Itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Tuhan) Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan taatilah perintahku."

???????? ??? ????????? ???????? ?????????? ??????? ???????? ????????? ???????

Qaaluuu lan nabraha 'alaihi 'aakifiina hattaa yarji'a ilainaa muusaa

91. Mereka menjawab: "Kami akan tetap menyembah patung anak lembu ini, hingga Musa kembali pada kami."

????? ??????????? ??? ???????? ???? ???????????? ?????????

Qaala yaa haaruunu maa mana'aka idz ra-aitahum dhalluu

92. Berkata Musa: "Hai Harun, apa yang menghalangi engkau waktu engkau melihat mereka sudah sesat,"

?????? ???????????? ???????????? ???????

Alaa tattabi'ani afa'ashaita amrii

93. "(sehingga) kamu tidak mengikuti aku ? Maka apakah kamu telah (sengaja) mendurhakai perintahku?"

????? ??????????? ??? ???????? ??????????? ????? ??????????? ?????? ??????? ??? ??????? ????????? ?????? ?????? ????????????? ?????? ???????? ???????

Qaala yabna-umma laa ta'khudz bilihyatii wa laa bira`sii innii khasyiitu an taquula farraqta baina banii israa-iila wa lam tarqub qaulii

94. Harun menjawab' "Hai putera ibuku, janganlah kamu pegang janggutku dan jangan (pula) kepalaku; sesungguhnya aku khawatir bahwa engkau akan menyampaikan (kepadaku): "Kamu sudah memecah antara Bani Israil dan engkau nir memelihara amanatku."

????? ????? ???????? ?????????????

Qaala famaa khathbuka yaa saamiriyy(u)

95. Berkata Musa: "Apakah yang mendorongmu (berbuat demikian) hai Samiri?"

????? ???????? ????? ???? ??????????? ????? ?????????? ???????? ????? ?????? ?????????? ????????????? ??????????? ????????? ??? ???????

Qaala bashurtu bimaa lam yabshuruu bihii faqabadhtu qabdhatan min atsarirrasuuli fanabadztuhaa wa kadzaalika sawwalat lii nafsii

96. Samiri menjawab: "Aku mengetahui sesuatu yang mereka tidak mengetahuinya, maka aku ambil segenggam dari jejak rasul [940] lalu aku melemparkannya, dan demikianlah nafsuku membujukku."

????? ????????? ??????? ???? ??? ??????????? ??? ??????? ??? ???????? ??????? ???? ????????? ???? ???????????? ???????? ??????? ????????? ??????? ?????? ???????? ????????? ?????????????????? ????? ??????????????? ??? ???????? ???????

Qaala faadzhab fa-inna laka fiil hayaati an taquula laa misaasa wa inna laka mau'idan lan tukhlafahu waanzhur ilaa ilahikal-ladzii zhalta 'alaihi 'aakifan lanuharriqannahu tsumma lanansifannahu fiil yammi nasfaa(n)

97. Berkata Musa: "Pergilah kamu, maka sesungguhnya bagimu di dalam kehidupan di dunia ini (hanya dapat) mengatakan: "Janganlah menyentuh (aku)" [941] . Dan sesungguhnya bagimu hukuman (di akhirat) yang kamu sekali-kali tidak dapat menghindarinya, dan lihatlah tuhanmu itu yang kamu tetap menyembahnya. Sesungguhnya kami akan membakarnya, kemudian kami sungguh-sungguh akan menghamburkannya ke dalam laut (berupa abu yang berserakan).

????????? ??????????? ??????? ??????? ???? ??????? ?????? ????? ?????? ????? ?????? ???????

Innamaa ilaahukumullahul-ladzii laa ilaaha illaa huwa wasi'a kulla syai-in 'ilmaa(n)

98. Sesungguhnya Tuhanmu hanyalah Allah, yg nir ada Tuhan selain Dia. Pengetahuan-Nya mencakup segala sesuatu."

????????? ??????? ???????? ???? ?????????? ??? ???? ??????? ?????? ???????????? ??? ????????? ???????

Kadzaalika naqush-shu 'alaika min anbaa-i maa qad sabaqa wa qad aatainaaka min ladunnaa dzikraa(n)

99. "Demikianlah kami kisahkan kepadamu (Muhammad) sebagian kisah umat yang telah lalu, dan sesungguhnya sudah Kami berikan kepadamu menurut sisi Kami suatu peringatan (Al Quran)."

????? ???????? ?????? ?????????? ???????? ?????? ???????????? ???????

Man a'radha 'anhu fa-innahuu yahmilu yaumal qiyaamati wizraa(n)

100. "Barangsiapa berpaling menurut dalam Al qur'an maka sesungguhnya beliau akan memikul dosa yg besar pada hari kiamat,"

?????????? ?????? ???????? ?????? ?????? ???????????? ???????

Khaalidiina fiihi wasaa-a lahum yaumal qiyaamati himlaa(n)

101. "mereka tak pernah mati di pada keadaan itu. Dan amat buruklah dosa itu sebagai beban bagi mereka pada hari kiamat,"

?????? ??????? ??? ????????? ?????????? ?????????????? ?????????? ???????

Yauma yunfakhu fiish-shuuri wa nahsyurul mujrimiina yauma-idzin zurqaa(n)

102. "(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala [942] dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram;"

?????????????? ?????????? ??? ??????????? ?????? ???????

Yatakhaafatuuna bainahum in labitstum illaa 'asyraa(n)

103. Mereka berbisik-bisik di antara mereka: "Kamu nir berdiam (di global) melainkan hanyalah sepuluh (hari)"

??????? ???????? ????? ?????????? ???? ??????? ???????????? ????????? ??? ??????????? ?????? ???????

Nahnu a'lamu bimaa yaquuluuna idz yaquulu amtsaluhum thariiqatan in labitstum illaa yaumaa(n)

104. Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan, ketika berkata orang yang paling lurus jalannya [943]di antara mereka: "Kamu tidak berdiam (di dunia), melainkan hanyalah sehari saja."

???????????????? ???? ?????????? ?????? ?????????? ?????? ???????

Wa yas-aluunaka 'anil jibaali faqul yansifuhaa rabbii nasfaa(n)

105. Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: "Tuhanku akan menghancurkannya (pada hari kiamat) sehancur-hancurnya,"

??????????? ?????? ?????????

Fayadzaruhaa qaa'an shafshafaa(n)

106. "maka Dia akan menjadikan (bekas) gunung-gunung itu datar sama sekali,"

???? ?????? ?????? ??????? ?????? ???????

Laa taraa fiihaa 'iwajan wa laa amtaa(n)

107. "nir terdapat sedikitpun engkau lihat padanya tempat yang rendah & yang tinggi-tinggi."

?????????? ???????????? ?????????? ??? ?????? ?????? ?????????? ???????????? ????????????? ????? ???????? ?????? ???????

Yauma-idzin yattabi'uunaddaa'iya laa 'iwaja lahu wa khasya'atil ashwaatu lir-rahmani falaa tasma'u illaa hamsaa(n)

108. "Pada hari itu manusia mengikuti (menuju kepada suara) penyeru [944] dengan tidak berbelok-belok; dan merendahlah semua suara kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, maka kamu tidak mendengar kecuali bisikan saja."

?????????? ???? ??????? ???????????? ?????? ???? ?????? ???? ???????????? ???????? ????? ???????

Yauma-idzin laa tanfa'usy-syafaa'atu illaa man adzina lahur-rahmanu wa radhiya lahuu qaulaa(n)

109. "Pada hari itu tidak berguna syafa'at [945], kecuali (syafa'at) orang yang Allah Maha Pemurah telah memberi izin kepadanya, dan Dia telah meridhai perkataannya."

???????? ??? ?????? ??????????? ????? ?????????? ????? ?????????? ????? ???????

Ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum wa laa yuhiithuuna bihii 'ilmaa(n)

110. "Dia mengetahui apa yang ada pada hadapan mereka & apa yg terdapat di belakang mereka, sedang ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya."

???????? ?????????? ????????? ???????????? ?????? ????? ???? ?????? ???????

Wa 'anatil wujuuhu lilhayyil qayyuumi wa qad khaaba man hamala zhulmaa(n)

111. "Dan tunduklah seluruh muka (menggunakan berendah diri) kepada Tuhan Yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan sesungguhnya sudah merugilah orang yang melakukan kezaliman."

????? ???????? ???? ????????????? ?????? ???????? ????? ??????? ??????? ????? ???????

Wa man ya'harta benda minash-shaalihaati wa huwa mu`minun falaa yakhaafu zhulman wa laa hadhmaa(n)

112. "Dan barangsiapa mengerjakan amal-amal yang saleh dan dia pada keadaan beriman, maka beliau tidak risi akan perlakuan yang nir adil (terhadapnya) & nir (pula) akan pengurangan haknya."

??????????? ???????????? ?????????? ?????????? ???????????? ????? ???? ?????????? ??????????? ?????????? ???? ???????? ?????? ???????

Wa kadzaalika anzalnaahu quraanan 'arabiyyan wa sharrafnaa fiihi minal wa'iidi la'allahum yattaquuna au yuhditsu lahum dzikraa(n)

113. "Dan demikianlah Kami menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab, dan Kami sudah memperlihatkan dengan berulang kali, pada dalamnya sebahagian menurut ancaman, agar mereka bertakwa atau (supaya) Al Quran itu menimbulkan pedagogi bagi mereka."

?????????? ??????? ????????? ????????? ????? ???????? ?????????????? ??? ?????? ??? ????????? ???????? ?????????? ????? ?????? ??????? ???????

Fata'aalallahul malikul haqqu wa laa ta'jal bil quraani min qabli an yuqdha ilaika wahyuhuu wa qul rabbi zidnii 'ilmaa(n)

114. Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu [946], dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan."

???????? ?????????? ??????? ??????? ??? ?????? ???????? ?????? ?????? ????? ???????

Wa laqad 'ahidnaa ilaa aadama min qablu fanasiya wa lam najid lahuu 'azmaa(n)

115. Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan [947] kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat."

?????? ??????? ???????????????? ?????????? ???????? ???????????? ??????? ????????? ??????

Wa idz qulnaa lilmalaa-ikatiisjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa abaa

116. Dan (ingatlah) saat Kami mengatakan kepada malaikat: "Sujudlah engkau pada Adamdanquot;, maka mereka sujud kecuali iblis. Ia membangkang.

????????? ???????????? ????? ?????? ??????? ????? ???????????? ????? ???????????????? ???? ?????????? ???????????

Faqulnaa yaa aadamu inna haadzaa 'aduwwun laka wa lizaujika falaa yukhrijannakumaa minal jannati fatasyqaa

117. Maka Kami mengatakan: "Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) merupakan musuh bagimu dan bagi isterimu, maka sekali-kali janganlah sampai dia mengeluarkan engkau berdua berdasarkan surga , yg menyebabkan kamu menjadi celaka."

????? ???? ?????? ??????? ?????? ????? ????????

Inna laka allaa tajuu'a fiihaa wa laa ta'raa

118. "Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang,"

????????? ??? ?????????? ?????? ????? ????????

Wa annaka laa tazhmau fiihaa wa laa tadh-haa

119. "dan sesungguhnya engkau tidak akan merasa dahaga & nir (pula) akan ditimpa panas surya di dalamnya."

?????????? ???????? ???????????? ????? ???????????? ???? ????????? ?????? ???????? ????????? ???????? ???? ????????

Fawaswasa ilaihisy-syaithaanu qaala yaa aadamu hal adulluka 'alaa syajaratil khuldi wa mulkin laa yablaa

120. Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi [948] dan kerajaan yang tidak akan binasa?"

????????? ??????? ???????? ??????? ?????????????? ????????? ??????????? ??????????? ??? ?????? ??????????? ????????? ??????? ???????? ????????

Fa-akalaa minhaa fabadat lahumaa sawaatuhumaa wa thafiqaa yakhshifaani 'alaihimaa min waraqil jannati wa 'ashaa aadamu rabbahuu faghawaa

121. "Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia [949]."

????? ?????????? ???????? ??????? ???????? ????????

Tsummaajtabaahu rabbuhuu fataaba 'alaihi wa hadaa

122. "Kemudian Tuhannya memilihnya [950] maka Dia menerima taubatnya dan memberinya petunjuk."

????? ???????? ??????? ?????????? ?????????? ???????? ???????? ???????? ?????????????? ??????? ????? ?????? ???????? ??????? ????? ??????? ????? ????????

Qaala ihbithaa minhaa jamii'an ba'dhukum liba'dhin 'aduwwun fa-immaa ya`tiyannakum minnii hudan famaniittaba'a hudaaya falaa yadhillu wa laa yasyqaa

123. Allah berfirman: "Turunlah kamu berdua berdasarkan nirwana bersama-sama, sebagian kamu sebagai musuh bagi sebagian yg lain. Maka bila tiba kepadamu petunjuk daripada-Ku, kemudian barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, dia nir akan sesat dan nir akan celaka."

?????? ???????? ??? ??????? ??????? ????? ????????? ?????? ????????????? ?????? ???????????? ????????

Wa man a'radha 'an dzikrii fa-inna lahuu ma'iisyatan dhankan wa nahsyuruhu yaumal qiyaamati a'maa

124. "Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yg sempit, dan Kami akan menghimpunkannya dalam hari kiamat pada keadaan buta."

????? ????? ???? ???????????? ???????? ?????? ????? ????????

Qaala rabbi lima hasyartanii a'maa wa qad kuntu bashiiraa(n)

125. Berkatalah ia: "Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan saya dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya merupakan seseorang yg melihat?"

????? ????????? ???????? ??????????? ????????????? ??????????? ????????? ???????

Qaala kadzaalika atatka aayaatunaa fanasiitahaa wa kadzalikal yauma tunsaa

126. Allah berfirman: "Demikianlah, sudah tiba kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (juga) dalam hari ini kamupun dilupakan."

??????????? ??????? ???? ???????? ?????? ???????? ??????????? ????????? ??????????? ??????????? ??????? ???????????

Wa kadzalika najzii man asrafa wal am yu`min bi-aayaati rabbihii wa la'adzaabu-aakhirati asyaddu wa abqaa

127. "Dan demikianlah Kami membalas orang yg melampaui batas dan nir percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal."

???????? ?????? ?????? ???? ??????????? ????????? ????? ?????????? ????????? ??? ?????????????? ????? ??? ??????? ????????? ?????????? ?????????

Afalam yahdi lahum kam ahlaknaa qablahum minal quruuni yamsyuuna fii masaakinihim inna fii dzaalika li-aayaatin li-uliinnuhaa

128. "Maka tidakkah sebagai petunjuk bagi mereka (kaum musyrikin) berapa banyaknya Kami membinasakan umat-umat sebelum mereka, padahal mereka berjalan (pada bekas-bekas) tempat tinggal umat-umat itu? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pertanda-indikasi bagi orang yang berakal."

????????? ???????? ???????? ??? ???????? ??????? ???????? ???????? ?????????

Wa laulaa kalimatun sabaqat min rabbika lakaana lizaaman wa ajalun musammaa(n)

129. "Dan sekiranya nir ada suatu ketetapan berdasarkan Allah yang telah terdahulu atau nir terdapat ajal yang telah ditentukan, niscaya (azab itu) menimpa mereka."

????????? ?????? ??? ?????????? ????????? ???????? ??????? ?????? ??????? ????????? ???????? ??????????? ?????? ?????????? ???????? ????????? ??????????? ?????????? ????????? ????????

Faashbir 'alaa maa yaquuluuna wa sabbih bihamdi rabbika qabla thuluu'isy-syamsi wa qabla ghuruubihaa wa min aanaa-illaili fasabbih wa athraafannahaari la'allaka tardhaa

130. "Maka sabarlah engkau atas apa yg mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit mentari & sebelum terbenamnya & bertasbih pulalah dalam ketika-waktu pada malam hari & dalam ketika-saat pada siang hari, supaya engkau merasa senang ,"

????? ?????????? ?????????? ?????? ??? ?????????? ?????? ?????????? ????????? ???????? ??????????? ?????????? ?????????????? ?????? ???????? ??????? ?????? ??????????

Wa laa tamuddanna 'ainaika ilaa maa matta'naa bihii azwaajan minhum zahratal hayaatiddunyaa linaftinahum fiihi wa rizqu rabbika khairun wa abqaa

131. "Dan janganlah engkau tujukan kedua matamu kepada apa yg sudah Kami berikan kepada golongan-golongan berdasarkan mereka, sebagai bunga kehidupan global buat Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan engkau merupakan lebih baik & lebih abadi."

???????? ???????? ????????????? ??????????? ?????????? ??? ??????????? ???????? ??????? ??????????? ?????????????? ????????????

Wa`mur ahlaka bish-shalaati waashthabir 'alaihaa laa nasaluka rizqan nahnu narzuquka wal 'aaqibatu li-ttaqwaa

132. "Dan perintahkanlah pada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah engkau pada mengerjakannya. Kami nir meminta rezki kepadamu, Kamilah yang memberi rezki kepadamu. Dan dampak (yg baik) itu merupakan bagi orang yang bertakwa."

?????????? ??????? ?????????? ?????????? ???? ??????????? ???? ???? ????????? ????????? ??? ??? ????????? ??????????

Wa qaaluuu laulaa ya'tiinaa bi-aayatin min rabbihii awalam ta`tihim bayyinatu maa fiish-shuhufil uulaa

133. Dan mereka mengungkapkan: "Mengapa beliau tidak membawa bukti pada kami dari Tuhannya?" Dan apakah belum datang kepada mereka bukti yg nyata dari apa yg tersebut di pada buku-kitab yang dahulu?

?????? ??????? ?????????????? ????????? ???? ????????? ?????????? ???????? ???????? ?????????? ????????? ???????? ??????????? ?????????? ??? ?????? ??? ???????? ??????????

Wa lau annaa ahlaknaahum bi-'adzaabin min qablihii laqaaluuu rabbanaa laulaa arsalta ilainaa rasuulna fanattabi'a aayaatika min qabli an nadzilla wa nakhzaa

134. Dan sekiranya Kami binasakan mereka dengan suatu azab sebelum Al Quran itu (diturunkan), tentulah mereka menyampaikan: "Ya Tuhan kami, mengapa tidak Engkau utus seseorang rasul kepada kami, lalu kami mengikuti ayat-ayat Engkau sebelum kami menjadi hina dan rendah?"

???? ????? ???????????? ??????????????? ??????????????? ???? ????????? ?????????? ?????????? ?????? ?????????

Qul kullun mutarabbishun fatarabbashuu fasata'lamuuna man ashhaabush-shiraathissawiyyi wa mani ihtadaa

135. Katakanlah: "Masing-masing (kita) menanti, maka nantikanlah oleh engkau sekalian! Maka kamu kelak akan mengetahui, siapa yang menempuh jalan yang lurus & siapa yang sudah mendapat petunjuk."

Penjelasan :

[912]. Thaahaa termasuk huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian daripada surat-surat Al Quran, selanjutnya lihat no. [10].
[913]. Bersemayam di atas 'Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dsan kesucian-Nya.
[914]. Maksud ayat ini ialah: tidak perlu mengeraskan suara dalam mendoa, karena Allah mendengar semua doa itu walaupun diucapkan dengan suara rendah.
[915]. Nabi Musa a.s. memohon kepada Allah agar dadanya dilapangkan untuk menghadapi Fir'aun yang terkenal sebagai seorang raja yang kejam.
[916]. Maksudnya: setiap orang yang memandang Nabi Musa a.s. akan merasa kasih sayang kepadanya.
[917]. Yang dibunuh Musa a.s. ini ialah seorang bangsa Qibthi yang sedang berkelahi dengan seorang Bani Israil, sebagaimana yang dikisahkan dalam surat Al Qashash ayat 15.
[918]. Nabi Musa a.s. datang ke negeri Mad-yan untuk melarikan diri, di sana dia dikawinkan oleh Nabi Syu'aib a.s. dengan salah seorang puterinya dan menetap beberapa tahun lamanya.
[919]. Maksudnya: Nabi Musa a.s. datang ke lembah Thuwa untuk menerima wahyu dan kerasulan.
[920]. Maksudnya: memilih untuk menjadi rasul-Ku.
[921]. Bani Israil di waktu mereka berada di Mesir adalah dibawah perbudakan Fir'aun. Mereka dipekerjakan untuk mendirikan bangunan-bangunan yang besar dan kota-kota dengan kerja paksa. Maka Nabi Musa a.s. meminta kepada Fir'aun agar mereka dibebaskan.
[922]. Maksudnya: mendustakan ajaran-ajaran dan petunjuk-petunjuk yang dibawa oleh rasul.
[923]. Maksudnya: tidak memperdulikan ajaran dan petunjuk-petunjuk rasul.
[924]. Setelah nabi Musa a.s. dan nabi Harus a.s mendapat perintah dari Allah s.w.t. pergilah mereka kepada Fir'aun dan terjadilah soal-jawab sebagai yang disebutkan pada ayat 49 dan ayat berikutnya.
[925]. Maksudnya: memberikan akal, instink (naluri) dan kodrat alamiyah untuk kelanjutan hidupnya masing-masing.
[926]. Maksudnya: Lauh Mahfuzh.
[927]. Yang dimaksud dengan tanda-tanda di sini ialah tanda-tanda kenabian Musa di surat Al Isra'. Pada pertemuan antara nabi Musa a.s. dengan Fir'aun ini, yang diperlihatkan baru dua, yaitu tongkat nabi Musa a.s. menjadi ular dan tangannya menjadi putih cemerlang.
[928]. Maksudnya: setelah Fir'aun mengatur tipu dayanya dan waktu untuk pertemuan telah datang yaitu hari raya, maka Fir'aun bersama pengikut-pengikut nya datanglah ketempat yang ditentukan itu.
[929]. Maksudnya: kedatangan Musa a.s dan Harun a.s. ke Mesir itu ialah hendak menggantikan kamu sebagai penguasa di Mesir. Sebagian ahli tafsir mengartikan thariqah di sini dengan keyakinan (agama).
[930]. Maksud hari ini ialah hari berlangsungnya pertandingan.
[931]. Maksudnya: tangan kanan dan kaki kiri dan sebaliknya.
[932]. Maksud tidak mati ialah dia selalu merasakan azab dan maksud tidak hidup ialah hidup yang dapat dipergunakannya untuk bertaubat.
[933]. Membuat jalan yang kering di dalam laut itu ialah dengan memukul laut itu dengan tongkat. Lihat ayat 63 surat Asy Syu'araa.
[934]. Sebahagian Ahli Tarsir menafsirkan al aiman dengan Yang diberkati.
[935]. Yang dimaksud dengan gunung itu disini ialah Gunung Sinai.
[936]. Yang bermunajat dengan Allah ialah Nabi Musa a.s. Tetapi disini disebut kamu sekalian karena manfaat munajat itu kembali kepada Nabi Musa a.s. dan Bani Israil kesemuanya. Perjanjian yang dijanjikan itu ialah untuk bermunajat dan menerima Taurat. Arti manna dan salwa lihat not. 53.
[937]. Samiri ialah seorang dan Bani Israil dari suku Assamirah.
[938]. Maksudnya: mereka disuruh membawa perhiasan dari emas kepunyaan orang-orang Mesir. lalu oleh Samiri dianjurkan agar perhiasan itu dilemparkan ke dalam api yang telah dinyalakannya dalam suatu lobang untuk dijadikan patung berbentuk anak lembu. Kemudian mereka melemparkannya dan diikuti pula oleh Samiri. Lihat selanjutnya not. 570
[939]. Mereka membuat patung anak lembu dari emas. Para Mufassirin berpendapat bahwa patung itu tetap patung tidak bernyawa dan suara yang seperti lembu itu hanyalah disebabkan oleh angin yang masuk ke dalam rongga patung itu dengan tekhnik yang dikenal oleh Samiri waktu itu dan sebagian mufassirin ada yang menafsirkan bahwa patung yang dibuat dari emas itu kemudian menjadi tubuh yang bernyawa dan mempunyai suara lembu.
[940]. Yang dimaksud dengan jejak rasul di sini ialah ajaran-ajarannya. Menurut faham ini Samiri mengambil sebahagian dari ajaran-ajaran Musa kemudian dilemparkannya ajaran-ajaran itu sehingga dia menjadi sesat. Menurut sebahagian ahli tafsir yang dimaksud dengan jejak rasul ialah jejak telapak kuda Jibril a.s. Artinya Samiri mengambil segumpal tanah dari jejak itu lalu dilemparkannya ke dalam logam yang sedang dihancurkan sehingga logam itu berbentuk anak sapi yang mengeluarkan suara.
[941]. Maksudnya: supaya Samiri hidup terpencil sendiri sebagai hukuman di dunia. Dan sebagai hukuman di akhirat, ia akan ditempatkan di didalam neraka.
[942]. Maksudnya: Tiupan sangkakala yang kedua, yaitu tiupan untuk membangkitkan manusia dari kuburnya atau menghidupkannya kembali.
[943]. Yang dimaksud dengan lurus jalannya, ialah orang yang agak lurus pikirannya atau amalannya diantara orang-orang yang berdosa itu.
[944]. Yang dimaksud dengan penyeru di sini ialah malaikat yang memanggil manusia untuk menghadap ke hadirat Allah.
[945]. Lihat yang dimaksud dengan syafaat no. [46].
[946]. Maksudnya: Nabi Muhammad s.a.w. dilarang oleh Allah menirukan bacaan Jibril a.s. kalimat demi kalimat, sebelum Jibril a.s. selesai membacakannya, agar dapat Nabi Muhammad s.a.w. menghafal dan memahami betul-betul ayat yang diturunkan itu.
[947]. Perintah Allah ini tersebut dalam ayat 35 surat Al Baqarah.
[948]. Pohon itu dinamakan Syajaratulkhuldi (Pohon kekekalan), karena menurut syaitan, orang yang memakan buahnya akan kekal, tidak akan mati, selanjutnya no. [37].
[949]. Yang dimaksud dengan durhaka di sini ialah melanggar larangan Allah karena lupa, dengan tidak sengaja, sebagaimana disebutkan dalam ayat 115 surat ini. Dan yang dimaksud dengan sesat ialah mengikuti apa yang dibisikkan syaitan. Kesalahan Adam a.s. meskipun tidak begitu besar menurut ukuran manusia biasa sudah dinamai durhaka dan sesat, karena tingginya martabat Adam a.s. dan untuk menjadi teladan bagi orang besar dan pemimpin-pemimpin agar menjauhi perbuatan-perbuatan yang terlarang bagaimanapun kecilnya.
[950]. Maksudnya: Allah memilih Nabi Adam a.s. untuk menjadi orang yang dekat kepada-Nya.

Video Surah Thaha Syeikh Mishary Al Afasy

Pada Surah Thaha ini diterangkan bahwa Al Quran sebagai kitab yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad s.a.w., adalah peringatan dan kabar gembira bagi manusia, wajib diikuti dan dipercayai. Amatlah besar akibat yang dialami oleh orang dahulu yang tidak mempercayai dan mengingkari rasul-rasul yang diutus kepada mereka, seperti Fir'aun dan pengikut-pengikutnya. Kisah Bani Israilpun dipaparkan Allah dalam surat ini sebagai suatu umat yang banyak mengingkari perintah nabinya.

Sumber Referensi Terjemahan :

Departemen Agama RI

Lembaga Pemerintahan Kementerian Dan Non Kementerian

Pengertian Lembaga Kementerian & Tugasnya

Presiden di terdapat dua macam, yaitu lembaga Kementerian yg dipimpin sang Menteri & Non Kementerian yg dipimpin seseorang ketua atau ketua.

Landasan aturan Kementerian yakni Bab V Pasal 17 UUD 1945 yang mengungkapkan bahwa: (1) Presiden dibantu sang menteri-menteri negara. (2) Menteri-menteri itu diangkat dan diperhentikan sang Presiden. (tiga) Setiap menteri membidangi urusan eksklusif dalam pemerintahan. (4) Pembentukan, pengubahan, dan pembubaran kementerian negara diatur pada undang-undang.

Pengertian Lembaga Kementerian & Tugasnya Lembaga Pemerintahan Kementerian Dan Non Kementerian

Lebih lanjut, kementerian diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang  Kementerian Negara dan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2015 perihal Organisasi Kementerian Negara.

Berikut Nama-Nama Kementerian pada Indonesia bersama tugasnya:

Kementerian ketua yang mempunyai peran sinkronisasi dan koordinasi urusan kementerian-kementerian yg berada dalam kewenangannya.

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, & Keamanan (Kemenko Polhukam)

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian)

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra)

Kementerian yang mempunyai peran menangani urusan pemerintahan dengan nomenklatur kementeriannya disebutkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (UUD 1945)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian yg mempunyai tanggung jawab urusan pemerintahan yg ruang lingkupnya disebutkan pada UUD Tahun 1945 (UUD 1945)

Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kementerian Kehutanan (Kemenhut)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdiknas)

Kementerian Perdagangan (Kemendag)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementerian Sosial (Kemensos)

Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi (Kemenakertrans)

Kementerian yg bertugas mengurusi urusan pemerintahan sebagai bentuk penajaman, koordinasi, & sinkronisasi jadwal pemerintah

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kemen BUMN)

Kementerian Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)

Kementerian Lingkungan Hidup (Menlh)

Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemenegpdt)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemeneg PP & PA)

Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN)

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera)

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg)

Pengertian Lembaga Non Kementerian (LPNK) dan Tugasnya

Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yakni forum negara di Indonesia yang dibuat untuk melakukan kiprah pemerintahan di bidang tertentu yang tidak dilaksanakan oleh kementerian/instansi, bersifat nasional, strategis, lintas kementerian/instansi, lintas sektor dan lintas wilayah. Selain itu, LPNK juga menunjang kiprah yang dilakukan oleh Menteri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kepala LPNK berada di bawah dan bertanggung jawab eksklusif kepada presiden melalui menteri yang mengoordinasikan

Susunan Organisasi dan Tata Lembaga Pemerintahan Non Kementerian terdiri dari :

Kepala

Sekretariat Utama

Deputi

Inspektorat Utama.

Berikut Nama-Nama Lembaga Non Kementerian di Indonesia:

1.         Arsip Nasional Republik Indonesia

2.         Badan Intelijen Negara

3.         Badan Kepagawaian Negara

4.         Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

5.         Badan Koordinasi Pananaman Modal

6.         Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional

7.         Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

8.         Badan Narkotika Nasional

9.         Badan Nasional Penanggulangan Bencana

10.       Badan Nasional Penanggulangan Terorisme

11.       Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia

12.       Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan

13.       Badan Pengawas Tenaga Nuklir

14.       Badan Pengawasan Obat dan Makanan

15.       Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

16.       Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

17.       Badan Pertanahan Nasional

18.       Badan Pusat Statistik

19.       Badan SAR Nasional

20.       Badan Standardisasi Nasional

21.       Badan Tenaga Nuklir Nasional

22.       Lembaga Administrasi Negara

23.       Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

24.       Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

25.       Lembaga Ketahanan Nasional

26.       Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

27.       Lembaga Sandi Negara

28.       Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Demikian klarifikasi perihal forum Kementerian dan Non Kementerian. Semoga bermanfaat. Silakan kunjungi artikel lainnya.

Tips Cara mengajari burung berbicara

Tips Cara mengajari burung berbicara

Terus jelas saya belum pernah punya pengalaman mengajari burung berbicara. Dari berbagai referensi yang pernah aku dengar & lihat, hal yang primer dibutuhkan dalam membuat burung pandai bicara merupakan kasih sayang & konsistensi. Berikut ini aku turunkan artikel mengajari burung berbicara yg aku ambilkan dari indorating.Com.

Untuk melatih burung beo yg bisa & buat mengerti bahasa kita sebenarnya tak susah Ada beberapa langkah buat kita pelajarkan:

Kasih sayang

Hampir semua hewan peliharaan memerlukan perhatian dan kasih sayang dari majikannya. Perhatian dan afeksi ini akan dibalas olehnya contohnya ditunjukkan dalam waktu si majikan akan pulang dari atau pergi ke rumah. Sebaliknya apabila si majikan tidak memperhatikan atau memberitahuakn kasih sayangnya maka merekapun nir akan peduli terhadap apa yang diinginkan sang majikannya. Dengan demikian diperlukan kesungguhan tanpa kondisi buat mendapat mereka apapun hasilnya apakah nantinya mereka akan bicara atau tidak. Burung kakatua disamping pintar jua populer sangat sensitif. Konon mereka bisa menghipnotis Anda bila mereka sudah mengenal Anda.

Kesabaran

Seperti halnya melatih anak kecil buat belajar berbicara, maka diharapkan kesabaran. Latihan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan janganlah menciptakan target ketika yg dalam akhirnya hanya akan menjadi beban berupa kekecewaan bila harapan ternyata nir terwujud. Perasaan kecewa juga dapat menimpa si burung kecil yang punya perasaan sensitif. Siapa tahu ketidaktaatan dalam perintah merupakan sebagai reaksi lantaran kecewa dalam perilaku Anda. Hendaknya selalu diingat bahwa bagaimanapun seekor burung nir mungkin bisa disamakan dengan anak kecil yg pada suatu periode waktu tertentu telah dapat berbicara.

Konsisten

Methode pelatihan wajib dilakukan secara konsisten & disertai menggunakan ketulusan. Setiap perkataan atau phrase yang diajarkan wajib ditunjang sang arti atau pertanda yg membedakannya dari perkataan yang lain. Sebagai contoh, dalam saat matahari terbit secara rutin & berulang-ulang ucapkanlah ?Selamat pagi? & pada saat matahari terbenam ucapkanlah ?Selamat malam?. Dari perbedaan saat pagi dan malam si burung akan menyadari disparitas arti menurut ke 2 perkataan tersebut.

Janganlah dicampur adukkan yg akan menciptakan dia sebagai galau.

Contoh-contoh yang lain adalah:

? Katakan ?Mandi dulu!? Pada ketika beliau akan dimandikan & jangan mengatakan kata itu apabila tidak akan dimandikan.

? Katakan ?Ada tamu? Pada saat menerima tamu, atau katakan ?Sepi sekali? Apabila tidak ada orang.

? Katakan ?Mau brokoli?? Ketika dia dikasi makan brokoli. Jika beliau tidak mau makan & makanan tadi dikeluarkan lagi katakan ?Tidak mau??, atau apabila terus disimpan didekatnya katakan ?Buat nanti ya!?

? Katakan ?Selamat tinggal? Pada waktu mau pergi lama contohnya pulang bekerja & jika akan segera kembali katakan ?Sebentar nanti kembali?.

Sebelum mahir sahih janganlah diajak dulu bercanda, misalnya memberikan makanan akan tetapi nir jadi diberikan. Sebaiknya dihindarkan hal-hal yg menjurus atau akan mengakibatkan dia mengeluarkan kata-istilah jorok misalnya menempatkannya di dekat kamar mandi.

Sumber: http://www.Indorating.Com

Monday, December 28, 2020

Perbandingan Luas Lahan Paman

Menurut KBBI perbandingan adalah perbedaan (selisih) kesamaan. Dalam matematika perbandingan adalah membandingkan dua angka atau lebih. Perbandingan dalam matematika dapat dinyatakan sebagai bentuk pecahan karena perbandingan merupakan bentuk paling sederhana dari pecahan. Perbandingan dua dua bilangan dapat ditulis dengan a : b atau a/b dengan b ≠ 0. Notasi a adalah rasio bilangan pertama dan notasi b adalah bilangan kedua. “Dua buah perbandingan yang ekuivalen (mempunyai nilai yang sama) membentuk sebuah proporsi (perimbangan)”.

Perbandingan dalam matematika untuk sekolah dasar ada dua macam yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilaai. Dalam tulisan ini hanya akan membahas mengenai perbandingan senilai saja. Perbandingan senilai adalah perbandingan dari dua atau lebih bilangan dimana bilangan pertama bertambah, maka bilangan  yang kedua juga ikut bertambah. Sebagai ilustrasi adalah seperti berikut ini : dalam sebuah kelas terdapat 5 orang siswa dan 7 orang siswi maka perbandingan antara siswa dan siswi adalah 5 : 7. Perhatikan contoh di bawah ini.

 Menurut KBBI perbandingan adalah perbedaan Perbandingan Luas Lahan Paman

Paman menciptakan 40% menurut lahannya menjadi sangkar untuk 20 ekor sapi peliharaannya. Di halaman belakang rumahnya, dibangun sangkar ayam seluas 50% berdasarkan luas kandang sapinya. Sementara sisa huma pada samping rumahnya, dibuat tambak ikan lele yg luasnya 20% dari luas kandang sapi. Selain tambak ikan lele, paman pula menciptakan tambak ikan mujaer yg luasnya adalah 30% berdasarkan luas kandang sapi. Di samping sangkar sapi, tambak ikan mujaer & tambak ikan lele dibentuk kandang bebek & tambak ikan gurame masing-masing luasnya 25% berdasarkan luas sangkar sapi.

Misalnya luas lahan paman adalah 1.000 m², maka dapat ditentukan luas masing-masing kandang.

Kandang sapi  =40 x 1.000 m² =40.000 = 400 m²
100100
Kandang ayam  =50 x 400 m² =20.000 = 200 m² = 20%  luas ladang
100100
Tambak lele  =20 x 400 m² =8.000 = 80 m² = 8% luas ladang
100100
Tambak mujair  =30 x 400 m² =12.000 = 120 m² = 12% luas ladang
100100
Tambak gurame  =25 x 400 m² =10.000 = 100 m² = 10% luas ladang
100100
Kandang bebek  =25 x 400 m² =10.000 = 100 m² = 10% luas ladang
100100
  1. Hewan yang memiliki kandang paling luas, yaitu Sapi (40% dari luas ladang paman).
  2. Hewan yang memiliki kandang paling kecil, yaitu Ikan Lele (8% dari luas ladang paman).
  3. Perbandingan luas kandang untuk kedua hewan tersebut, yaitu Kandang Sapi : Tambak Ikan  Lele = 5 : 1.

Perbandingan luas sangkar hewan yg masih ada pada maket peternakan Hewan Sahabatku merupakan menjadi berikut.

Kandang/

TambakKandang/Tambak SapiAyamLeleMujairGurameBebek Sapi-dua : 15 : 110 : 34 : 14 : 1 Ayam1 : 2-lima : 25 : 32 : 12 : 1 Lele1 : 52 : 5-dua : 32 : 52 : 5 Mujair3 : 103 : 53 : dua-6 : 56 : 5 Gurame1 : 41 : 25 : 25 : 6-1 : 1 Bebek1 : 41 : 25 : 25 : 61 : 1-

Paman ingin membuatkan huma peternakan buat ayam lebih luas lagi. Daya tampung huma yg terdapat kini hanya buat 400 ekor ayam. Apabila paman ingin menambah jumlah ayam menjadi lebih poly, maka luas huma yg diperlukan, yaitu menjadi berikut.

No.Banyak AyamLahan Yang Diperlukan
1.400 ekor200 m²
2.500 ekor250 m²
3.600 ekor300 m²
4.700 ekor350 m²
5.800 ekor400 m²

Dari data pada tabel di atas bisa dicermati bahwa semakin banyak ayam yg dipelihara maka membutuhkan luas lahan yang lebih akbar. Inilah yg dianggap menggunakan perbandingan senilai.

Ada dua cara untuk menghitung perbandingan senilai, yaitu dari nilai satuan dan menurut perbandingan.

1. Berdasarkan Nilai Satuan

Di peternakan ?Hewan Sahabatku?, harga 4 kg ikan lele sebesar Rp80.000,00. Berapa harga 6 kg ikan lele?

Untuk dapat mengetahui berapa harga 6 kg ikan lele wajib mengetahui terlebih dahulu harga satu kg ikan lele. Perhatikan kalimat pertama pada soal, ?Harga 4 kg ikan lele Rp80.000,00?. Informasi ini dapat digunakan buat menjawab pertarungan yang dihadapi. Kalau harga 4 kg ikan lele Rp80.000,00, berapa harga satu kg ikan lele?

Harga 1 kg Lele  =80.000  = 20.000
4
Setelah mengetahui harga 1 kg ikan lele sebesar Rp20.000,00. maka dapat mencari harga 6 kg ikan lele, yaitu sebagai berikut.

Harga 6 kg ikan lele = 6 x harga 1 kg ikan lele = 6 x ??20.000 = 120.000

Jadi, harga 6 kg ikan lele adalah Rp 120.000,00.

2. Berdasarkan Perbandingan

Cara ke 2 buat menghitung perbandingan senilai adalah dengan membandingkan banyak barang dan harganya.

No.Banyak ikan lele (kg)Harga (Rp)
1.480.00
2.6X
Dalam bentuk yang lain dapat ditulis menjadi

X  =6  x 80.000 = 4 x X = 6 x 80.000
4
X  =6 x 80.000=480.000 = 120.000
44

Jadi, jawabannya sama menggunakan cara menghitung perbandingan menurut nilai satuan, yaitu Rp120.000,00. Kesimpulan Perbandingan senilai didasarkan pada 2 cara, yaitu: berdasarkan nilai satuan & berdasarkan perbandingan.

Contoh Soal :

Untuk mengantar pesanan susu menggunakan kendaraan, petugas di peternakan “Hewan Sahabatku” memerlukan 5 liter bensin untuk jarak 30 km. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 7 liter?

5 =7 = 5x = 7 x 30
30x
x  =7 x 30 =210 = 42, jadi dengan 7 liter dapat menempuh 42 km
55

Saat ini, persediaan bensin 12 liter. Apakah bensin tersebut mencukupi untuk menempuh jarak 80 km? Jelaskan.

7 =12 = 7x = 12 x 42
42x
x  =12 x 42=504 = 72, jadi bensin 12 tidak cukup untuk jarak 80 km
77

SEPUTAR TENTANG TANAMAN BONSAI

Bonsai (盆栽?) adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman (sai, æ ½ dilakukan di pot dangkal yang disebut bon (盆. Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai (盆栽

JENISTANAMAN BONSAI

Pohon yg paling umum dibonsai adalah banyak sekali spesies pinus. Jenis tumbuhan dan pohon dipakai buat mengelompokkan jenis-jenis bonsai:

* Bonsai pohon pinus dan ek: tusam, cemara cina, cemara duri, sugi, & lain-lain.

* Bonsai pohon buah buat dinikmati keindahan buahnya (Ilex serrata, kesemek, Chaenomeles sinensis, apel kecil, dan lain-lain).

* Bonsai flora berbunga buat dinikmati estetika bunganya (Prunus mume,Chaenomeles speciosa, sakura, azalea satsuki).

* Bonsai pohon buat dinikmati bentuk daunnya (maple, Zelkova serrata, Rhus succedanea, bambu).

Ada poly sekali tumbuhan tropis yang sudah dicoba dan ternyata cocok buat dibonsai, di antaranya asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji.

BENTUK DASAR TANAMAN BONSAI

Tegak Lurus (??, Chokkan?)

Batang pohon tegak lurus vertikal ke atas. Pohon dikatakan mempunyai batang yg ideal apabila pohon memiliki diameter btg yg makin ke atas makin mengecil, dimulai menurut bagian batang yang dekat dengan akar. Pohon dikatakan mempunyai dahan yang ideal apabila dahan ada di sisi depan-belakang atau kiri-kanan saling bersilangan satu sama lainnya. Jarak antardahan makin ke atas makin sempit. Bentuk akar ideal adalah akar yg bila dilihat menurut atas, menjalar ke segala penjuru.

Tegak Berkelok-kelok (???, Moyogi?)

Batang pohon tegak berkelok-kelok ke kiri & ke kanan. Diameter btg makin ke atas makin mengecil dengan ekuilibrium kiri dan kanan yang baik. Dahan yg baik adalah dahan yg terdapat di bagian puncak lengkungan batang pohon. Dahan yg berada di bagian pada lengkungan dipotong. Dari pangkal btg hingga bagian puncak pohon dapat ditarik garis lurus, dan orang yg melihat nir merasa risi menggunakan ekuilibrium pohon tadi.

Miring (??, Shakan?)

Batang pohon miring ke satu sisi bagaikan terus menerus ditiup angin ke arah tadi. Bagaikan terdapat benda yg menghalangi pada salah satu sisi, batang pohon tumbuh mencondong ke sisi lain. Ciri khas bentuk ini berupa dahan yang ada hanya pada bagian zenit lengkungan btg, & berselang-seling pada sisi kiri-kanan dan depan-belakang.

Sarung Angin (???, Fukiganashi?)/Tertiup Angin

Dibandingkan bonsai bentuk Miring, pohon tumbuh sambil mengalami paksaan yang lebih kejam. Batang & dahan pohon hanya condong ke satu arah. Batang & dahan pohon yg condong ke satu sisi jauh lebih panjang daripada tinggi pohon yang diukur dari pangkal btg ke zenit pohon. Posisi btg & dahan mirip menggunakan bonsai gaya Setengah Menggantung, namun btg dan dahan terlihat membangun garis paralel.

Menggantung (??, Kengai?)

Pohon diibaratkan tumbuh di bagian atas dinding terjal yg berada di tebing tepi bahari atau dinding lembah terjal. Batang pohon tumbuh bagaikan menggantung ke bawah tebing. Puncak pohon tadi menggantung jauh hingga melebihi dasar pot. Jika puncak pohon nir melebihi dasar pot maka bonsai diklaim Setengah Menggantung (Han Kengai).

Batang Bergelung (??, Bankan?)

Batang pohon terlihat sangat dipilin, atau pohon tumbuh dengan kesamaan memilin diri. Batang pohon begitu terlihat dipilin bagaikan ular yang sedang bergelung.

Sapu Tegak (???, H?Kidachi?)

Batang tegak lurus hingga pada tengah sebelum dahan dan ranting tumbuh menyebar ke segala arah. Puncak pohon sulit dipengaruhi menurut sejumlah puncak dahan yang terdapat sehingga bentuk bonsai ini mirip sapu berdasarkan bambu. Keindahan bonsai gaya ini dievaluasi menurut percabangan dahan yg rapi, & titik dimulainya persebaran dahan dan ranting ke segala arah, tinggi pohon, & ekuilibrium unsur-unsur tersebut.

Menonjolkan Akar (???, Neagari?)

Akibat pohon dipelihara di lingkungan pemeliharaan yg kejam, bagian pangkal akar yg bercabang-cabang pada dalam tanah sebagai terekspos ke luar di atas tanah bagaikan dampak diterpa angin dan hujan.

Berbatang Banyak (??, Takan?)

Dari satu pangkal akar tumbuh tegak lebih berdasarkan satu btg pohon. Jika tumbuh dua batang pohon, maka bonsai dianggap Berbatang Dua (S?Kan). Bila terdapat tiga btg pohon, maka diklaim Berbatang Tiga (Sankan). Bonsai berbatang 5 atau lebih dianggap Tunggul Tegak (Kabudachi). Batang berjumlah ganjil lebih disukai. Selain bonsai berbatang 2, bonsai dengan btg berjumlah genap nir disenangi & nir dibuat.

Akar Terjalin (????, Netsuranari?)

Akar berdasarkan sejumlah btg pohon dari satu spesies (tiga btg pohon atau lebih) saling melekat dan bekerjasama satu satu sama lainnya. Bentuk ini juga dapat asal dari batang pohon yang tadinya tegak, namun roboh dan terkubur pada dalam tanah. Bagian yg dulunya merupakan dahan pohon, berubah kiprah dan tumbuh sebagai btg pohon. Dari batang pohon tersebut keluar akar, dan akar tersebut terjalin dengan akar pohon dari. Bentuk yang seperti dengan Akar Terjalin dianggap Rakit atau Tumbuh berdasarkan Batang (Ikadabuki). Bonsai berbentuk Tumbuh menurut Batang jua dari menurut pohon yg tadinya tegak, namun roboh & dahan berubah kiprah sebagai btg. Perbedaannya menggunakan Akar Terjalin terletak dalam akar yang hanya ada di satu loka. Seperti halnya bonsai Berbatang Banyak, pohon berbatang genap nir disukai.

Kelompok (????, Yoseue?)

Lebih berdasarkan satu pohon ditanam beserta dalam satu pot dangkal atau ditanam di atas batu. Pohon yg ditanam dapat saja beberapa pohon berdasarkan satu spesies, atau campuran berdasarkan beberapa spesies tidak sama. Nilai kreativitas karya dapat ditinggikan dengan perpaduan benda-benda hiasan yang diletakkan sebagai tambahan.

Pohon Sastrawan (???, Bunjinki?)/Bebas

Bentuk bonsai ini asal usulnya dari meniru bentuk pohon dalam nanga. Dinamakan bonsai bentuk Pohon Sastrawan lantaran sastrawan zaman Meiji sangat menggemari bonsai bentuk ini. Pada zaman kini , btg kurus, jumlah dahan sedikit, & dahan pendek juga disebut Pohon Sastrawan.

Pohon Tak Lazim (????, Kawariki?)

Bentuk ini dipakai untuk menyebut bonsai yg nir dapat digolongkan ke dalam bentuk-bentuk bonsai yang lazim.

SEJARAH TANAMAN BONSAI

Bonsai berasal dari seni miniaturisasi tanaman yang disebut penjing (盆景 dari periode Dinasti Tang. Di makam putra dari Maharani Wu Zetian terdapat lukisan dinding yang menggambarkan pelayan wanita yang membawa pohon berbunga dalam pot dangkal. Pot dangkal berukuran kecil ini merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam.[3]

Kalangan bangsawan di Jepang mulai mengenal penjing lebih kurang akhir zaman Heian. Aksara kanji buat penjing (??Dilafalkan orang Jepang menjadi bonkei. Sama halnya dengan di Cina, bonkei di Jepang pula merupakan miniaturisasi menurut pemandangan alam. Seni yg hanya dinikmati kalangan atas, terutama kalangan pejabat istana & samurai, dan baru diklaim bonsai dalam zaman Edo[4]

Menanam bonsai merupakan pekerjaan sambilan samurai zaman Edo, ketika bonsai mencapai zenit kepopuleran. Sejak zaman Meiji, bonsai dianggap sebagai hobi yang bergaya. Tetapi pemeliharaan bonsai & penyiraman memakan poly saat. Sejalan menggunakan lingkungan loka tinggal pada Jepang yg makin terbaru dan nir memiliki page, penggemar bonsai akhirnya terbatas dalam kalangan berusia lanjut.

UKURAN TANAMAN BONSAI

Bonsai dikelompokkan menjadi enam grup menurut tinggi tanaman dari pangkal btg sampai bagian puncak flora:

* raksasa: tinggi pohon lebih dari 101 centimeter.

* sangat akbar: tinggi pohon antara 76-100 cm.

* akbar: tinggi pohon antara 46-75 cm

* sedang: tinggi pohon antara 31-45 centimeter

* kecil: tinggi pohon antara 16-30 cm

* sangat kecil: tinggi pohon kurang berdasarkan 15 cm.

Http://id.Wikipedia.Org/wiki/Bonsai

Crystal Door Handles For Interior Doors

Defender security e 2537 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on interior doors features dua outside diameter knobs classic bronze. Choose a round or oval knob with matching backplate and transform the look of your home.

See interior door hardware photos from van millwork a leading supplier of interior millwork and door hardware in new england.

 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on i Crystal Door Handles For Interior Doors

 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on i Crystal Door Handles For Interior Doors Door Handles Door Furniture Hafele Uk Shop

 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on i Crystal Door Handles For Interior Doors Us 1 32 31 Off Fashion Vintage Door Handles For Kitchen Door Zinc Alloy Chinese Style Bedroom Door Handles Pulls Knobs For Interior Doors In Door

Dummy knobs are best used on door where only a pull is needed and there is no need for the door to remain latched closed. Get free dua day shipping on qualified interior door knobs products or buy hardware department products today with buy online pick up in store. Next level door locks want to take your homes technology up a notch.

Interior door knobs and hardware updating the interior door knobs around the home gives your entryways a polished look and demonstrates true attention to detail in your home decor. Glass door knobs are also available in a plain opaque and clear design for a real contemporary look and are fixed to a solid metal rose beautifully finished in polished chrome or polished brass for real style. Elegant and timeless our glass door knob sets will showcase your homes doors with beautiful crystal glass door handles.

Complete your door with a new beautiful glass door knob available in hundreds of styles to meet your needs. The home depot also carries a selection of next generation door locks including smart locks and security door locks like fingerprint door locks biometric door locks combination door locks and keyless entry door locks to safeguard your most cherished items. Top ten reasons for choosing french doors crystal door knob from emtek see more.

Interior door knobs door hardware the home depot store finder. There is no problem using them as replacement door knobs for most interior doors but we wouldnt suggest using them for exterior doors. Dummy knobs do not contain a latching mechanism at all and mount directly onto the door face.

Make sure to check this measurement to ensure your door wont require a special knob. Door knob inspiration. Choose from door knobs with plain non locking door plates for closet doors or plates with locking capabilities for bedrooms and bathrooms.

Crystal door handles for interior doors. Interior french doors are one popular place to mount dummy knobs. Most interior doors are 35 cm thick whereas most exterior doors are 5 cm thick. Door thickness is how deep your door is.

 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on i Crystal Door Handles For Interior Doors Replacing Vintage Glass Door Knobs How To

 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on i Crystal Door Handles For Interior Doors Door Knobs

 mortise style fluted glass door knobs perfect for replacing broken antique lock sets on i Crystal Door Handles For Interior Doors Buy 2 Pack Clear Crystal Door Knobs Heavy Duty Glass