Pages

Friday, February 12, 2021

Pandawa Kembar (Bahasa Jawa)

Cerita Wayang Mahabarata menggunakan lakon Pandawa Kembar pada Bahasa Jawa

Hmmm? Kakang Kurupati menyang Ngamarta nggawa prajurit sagelar sapa-pan ana parigawe apa?? Pita?Kone Wrekudara marang keng raka.

?Lhoh..! Kok sajak mejanani temen. Apa netra panduluku sing pancen wis blawur. Wrekudara iki!?? Pitakone Prabu Duryudana sajak kurang precaya.

?Isih pana kowe Kakang, aku Wreku?Dara kang ana ngarepmu. Baliya me?Nyang Ngastina, undurna kabeh wadya?Balamu.?

?Waa wis kebacut tumeka kene je! Ora susah ngenteni Baratayuda. Ora idhep kowe kuwi Wrekudara apa iblis, bakune dina iki kudu sirna saka tanganku.?

?Majuwa, bakal dak ajangi apa kang dadi karepmu.?

Tetandhingan antarane Prabu Duryu?Dana lan Dyan Wrekudara datan kena den selaki. Bledug ngampak-ampak sumun?Dhul ngawiyat. Alun-alun Ngamarta kang dadi ajanging paprangan bosah-baseh ora karuwan. Suwarane wadyabala Kuru Kancana lan Ngamarta kang padha andon yuda sangsaya gawe horeging suwasana. Mulat sang Wisanggeni marang lumam?Pahing paprangan. Gya mateg mantram sakti. Eling-eling Wisanggeni mono titah kang kinacek ing sesamane, mula gam?Pang katrima kang dadi panyuwune. Eloking kahanan, prajurit saka Kuru Kan?Cana cacah ewon kang ndherekake Prabu Duryudana nggecak perang Ngamarta sakala malih dadi roning waringin.

Kagyat Sang Duryudana, Dursasana, Tirtanata, Kartamarma apadene Patih Sangkuni. Legeg nyipati kahanan. Gya si?Nawat ing angin sindhung riwut dening Raden Bratasena temah kabur kontal kongsi tumekan dhatu?Laya praja Kuru Kan?Cana. Ngreti Prabu Kurupati ken?Dhang, Wisanggeni banjur mrayogakake para kadang nglurug me?Nyang Kuru Kancana nglu?Wari para pepun?Dhen.

Prabu Duryudana sa?Pendherek kang datang gu?Mebrug aneng dhatulaya tuhu gawe kagyate Prabu Darma Lelana sakadang. Prabu Duryudana ngen?Dika sarwi nandukaken deduka merga rumangsa kena ing apus hukuman alam.

“Paduka sampun mir­sani piyambak, bilih wek­dal samenika Pandhawa taksih wonten ing pakun­jaran. Mokal menawi wek­dal samenika sam­pun wonten Ngamarta,” ngedikane Prabu Darma Lelana  sareh.

?Nanging nyatanipun sareng dumugi Ngamarta kula dipun papagaken dening Werkudara. Pra?Mila kula suwun Prabu Darma Lelana sakadang kemawon ing?Kang ngrampungi prekawis menika. Mangke sasampunipun sembada mbe?Dhah Ngamarta merjaya pranakanipun, bumi Ngamarta didum sasigar semangka kemawon. Kula sepalih, dene Paduka ugi sepalih.?

“Yayi Guna Lelana, jeneng sira Yayi dak dhawuhi niliki kang sabanjure  nyo­wanake Pandhawa sing wektu dinane iki isih ana pakunjaran. Yen wus kasowanake ayo padha ditigas janggane ana alun-alun Kuru Kancana, murih enggal ilang kliliping ingkang sinuwun Duryudana.”

Kang kadhawuhan datan suwaleng kayun, gya nyuwun pamit mring pakun?Jaran nganthi Pandhawa banjur kairit mring dhatulaya. Kedhep tesmak pandulune Pra?Bu Duryudana nalika uninga para Pan?Dhawa kang kasowanake isih kanthi ka?Hanan dibanda astane.

?Waaa kahanan kok kaya mangkene, angel anggonku mikir. Sinuwun Darma Lelana, prekawis menika kula pasrahaken sawetahe dhateng Paduka. Kula pun mboten badhe tumut-tumut malih. Ing??Kang baken tumrap kula sakadang, Pan?Dhawa dalah anak-anake kudu modar!?

?Menika dhawah gampil Sinuwun. Paduka mboten sisah rumagang ing kar?Ya. Pejahipun Pandhawa sakukuban ka?Pasrahaken kewala dhateng kula saka?Dang,? Dhawuhe Prabu Darma Lelana aga?We lejar penggalih Prabu Kurupati.

Nanging kedadak Raden Puja Lelana munggah ing sitinggil asung palapuran menawa Pandhawa Lima ngamuk pung?Gung ing Kuru Kancana sarwi nyumbari Prabu Darma Lelana sakadang.

?Lhadalah, pripun yen ngaten niki? Estu ta ingkang dados ngendikanipun anak prabu Kurupati?? Sumelane Patih Sengkuni. ?Pandhawa ngamuk punggung ing alun-alun, lha lajeng sing dibanda niki sinten??

?Paman Patih mboten sisah tumut-tumut, pun kersane dirampungi piyambak kaliyan Prabu Darma Lelana sakadang. Ingkang baken icaling klilip kula nenggih Pandhawa sakpranakane,? Sumelane Pra?Bu Duryudana.

?Para kadang kabeh, yuk bebarengan padha dipapagake kang lagi sesumbar ana alun-alun. Aja lali pandhawa kang wus dadi bandan iki digawa menyang pa?Lagan pisan!? Dhawuhe Prabu Dharma Lelana kanthi trewaca. Kang ana dhatu?Laya Kuru Kancana sigra metu njaba ma?Pagake tekane mungsuh. Sedaya datan ana kang katinggalan.

Tekan ngalun-alun kawistara Pandha?Wa lima lagya mbegagah nyranti tekane Prabu Dharma Lelana sakadang.

?Para kadang kabeh,? Raden Wisang?Geni bisik-bisik. ?Eling-elingen kang dadi piwelingku, mangko kalamunta Pandha?Wa sing dikongkon maju mapagake awake dhewe, aja padha diladeni??

?Lho, Wisanggeni ki piye? Yen ora oleh diladeni rak padha karo nyorohake patine para kadang,? Panyelane Antareja.

?Mengko dhisik ta. Durung rampung anggonku kandha. Bakune aja diladeni, mengko yen nganti para kadang tume?Keng lalis, Wisanggeni kang bakal nang?Gung sakabehe. Cukup sembahen kaping telu sinambi ngeningake netra batin nyenyuwun mring Hyang Manon kanggo miyak warana sapa sejatine kang kok adhepi. Wis, ngono kakang kang dadi pi?Welingku. Aku tidak ngawat-awati saka kadohan wae kakang,? Raden Wisanggeni banjur nggeblas lunga saka papan kono.

Tan pantara lama Prabu Darma Lelana sakadang wus prapta ing papan kono nganthi Pandhawa miwah Prabu Duryu?Dana, Dursasana, Tirtanata uga Patih Sengkuni. Pirsa ing ngalun-alun uga ana Pandhawa cacah 5 rumangsa gumun oleh Duryudana.

?Sarehne sing mbarang amuk iku te?Tirone Pandhawa, mula kareben Pan?Dha?Wa iki wae sing ngadhepi. Yayi Guna Le?Lana, enggal luwarana bandane Pandha?Wa, banjur dhawuhana maju pabaratan ngadhepi tetirone kae,? Dhawuhe Prabu Darma Lelana marang keng rayi. ?Pun Kakang bakal bali ha?Nge?-dhaton, mangko samangsa-mangsa ana bebaya kang banget mutawatiri pun kakang aturana pirsa ya Yayi.?

Kang dhinawuhan sigra ngluwari ban?Da?Ne Pandhawa. Sabanjure Pandhawa kadhawuhan maju ing pupuh ngadhepi tetirone. Para putra Pandhawa kang lagi namur laris maksih eling marang pitung?Kase Wisanggeni, mula majune Pandha?Wa babar pisan ora digape. Sawise caket sigra kasembah kaping telu, sinartan donga panyuwun mring Hyang Manon mu?Rih lebdeng karya. Kaelokaning jagad, Pandhawa kang nembe diluwari saka bebandane iku ilang wewujudane malih dadi gegaman kadewatan. Prabu Punta babar dadi Jamus Kalima Sada, Raden Wrekudara dadi Gada Rujak Pala, Dyan Janaka babar dadi Saratama, semono uga satriya kembar kemanikan dadiya san?Jatanira sowang-sowang.

Prabu Duryudana nggragap mulat kaelokaning lelakon, sigra nggemprang mring kedhaton ngupadi Prabu Darma Lelana sakadang. Caos palapuran keda?Deyan ing alun-alun.

Ing alun-alun, Raden Wisanggeni ban?Jur mrepegi kadang-kadange maneh.

? Para kadang, sanjata iku padha pun?Dhinen. Kanggonen sangu ngadhepi Pra?Bu Darma Lelana sakadang. Wis enggal majua maneh!?

Pandhawa tiron kang wus mandhe gegaman banjur nyumbari Prabu Darma Lelana sakadang. Panas talingane midha?Nget swara panantang, wusanane Prabu Dharma Lelana sakadang kabiyantu Prabu Duryudana maju ing palagan. Saka pa?Pane sesingid, Wisanggeni bali mateg mantram sakti.

Dumadakan ana mega mangampak-ampak nglurupi praja Kuru Kancana. Ilanging mega bebarengan kalawan musnane praja Kuru Kancana kang pan?-cen dumadi mung karana cipta. Kraton saisine bali kadya sakawit dadi ara-ara Kurusetra kang jembar hangilak-ilak.

Tetandhingan antarane Pandhawa tiron mungsuh Darma Lelana sakadang lumaku imbang. Yen ditimbang padha abote. Durung ana tandha-tandha sapa sing bakal unggul lan sapa sing kasoran. Nanging suwe-suwe Prabu Darma Lelana sakadang keseser yudane. Mulat mung?Suhe karoban versus, ponang sanjata kang cinekel Pandhawa tiron arsa kata?Ibu?Ake mring anggane Prabu Darma Le?Lana sakadang. Ing kahanan kang mu?Tawatiri mau Wisanggeni malumpat saka papane singidan niyat misah marang para kang lagi bandayuda. Mlumpate Wi?Sanggeni bebarengan kalawan praptane jawata Suduk Pangudal-Udal, Resi Kaneka Putra kang nunggal niyat kalawan Wi?Sanggeni nedya misah kang lagi rog bandawalapati.

?Bregenjong-bregenjong pak-pak pong waru dhoyong ditegor uwong. Waaaa?. Padha kurang gaweyan iki. Bapak kok gelut mungsuh anak, ora lucu. Hayo bubar-bubaaar. Kuwi sing padha memba-memba gage lukar pakaian,? Dha?Wuhe Resi Narada karo gumujeng.

“Weh kedhisikan Bathara Narada, mangka sakjane sutradharane aku he he he. Ya  wis ora dadi ngapa. Para ka­dang, cukupna semene anggonmu namur laku. Sajake wis kewiyak mungguh warananing lakon.”

Para Pandawa kang nyekel senjata mau banjur badhar sejatining wujud dadi para putra Pandhawa.

?Darma Lelana sakadang barang kuwi gage padha rucata! Apa dikira jeneng ulun ora pirsa sapa sejatine Darma Lelana sakadang kuwi?? Ngendikane Bathara Na?Rada.

?Iya Mbah, tuturana para pepundhen Pandhawa kuwi. Padha murca reka-reka dadi Prabu Darma Lelana sakadang mung gawe bingunging para garwa putra,? Sumelane Raden Wisanggeni.

Sanalika badhar sejatining wujud Pra?Bu Darma Lelana sakadang dadi Pan?Dhawa 5. Prabu Duryudana sapendhe?Rek kang rumangsa kewirangan banjur nggeblas ninggalke Tegal Kuru tanpa pamit.

?Sarawuh Paduka Pukulun Bathara Narada, sembah pangabekti kula konjuk,? Ature Prabu Punta makili para kadang lan putra.

?Hiya Kaki Prabu Punta wus ulun tam?Pa. Balik pudyastawaning Ulun muga ru?Menthah mring Kaki Prabu sakadang lan para putra. Iki mau lagi ngapa, lha kok sanggup pak karo anak padha gelut??

?Nuwun sewu Pukulun, lekas kula sa?Kadang namung badhe murungaken Ba?Ratayuda. Menawi Ngamarta kula pa?Srahaken dhateng kaka prabu Duryudana lan kula sakadang cekap wonten Kuru Kan?Cana, tartemtu perang ageng jang?Kaning jagad badhe wurung.?

“Sapa sing kandha? Bharatayuda tetep bakal dumadi, awit iku uga winastan perang suci. Perange watak sura mung­suh asura. Sanajan disrananana kaya nga­pa tetep bakal kelakon. Mung pitungkas Ulun, Pandhawa lima iku endhog sa­pe­tarangan ngibarate, mukti siji mukti ka­beh, mati siji liyane hangemasi. Mula ra­keting kekadangan kudu den jaga. Aja padha kemba nindakake saliring kadar­man kang anjog marang katentremane kawula dasih sawegung. Iki kang dadi pitungkas Ulun, raharja kang samya pi­nanggya, Ulun kondur kahyangan ngger,”  Bathara Naradha gya cumalorot ing akasa kondur mring Suduk Pangudal-Udal.

Para Pandhawa uga banjur kondur mring Ngamarta kadherekake para putra. Prapteng Ngamarta Raden Wrekudara gya njoget tayungan minangka tandha syukur konjuk mring Gusti Kang Maha?Linangkung.

(Tancep Kayon)

sumber : tanahmemerah.Wordpress.Com

Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum wr.wb, halo selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 berupa link yang bisa anda download secara gratis. Kenapa kita sebagai guru terutama guru kelas 4 SD/MI contohnya harus mengadakan evaluasi berupa Latihan Soal Tematik Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 3 ?

Download pula :

Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Semester 4 Kurikulum 2013

Karena dengan adanya Latihan Soal Ulanagn Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 3 Semester 1 Kurikulum 2013 tersebut bermanfaat untuk mengasah keterampilan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sudah bapak/ibu guru terangkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil dari Soal Tematik Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Semester 1 tersebut yang diperoleh siswa dapat menjadi bahan pertimbangan bagi seorang guru menilai siswa sejauh mana tercapainya KKM/KBM dalam memahami materi pelajaran yang bapak/ibu guru berikan.

Download Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 yang saya bagikan ini menggunakan format word dan sehingga bisa di edit kembali sesuai kebutuhan bapak ibu guru sebagai referensi bahan untuk pembuatan Latihan Soal Tematik Kelas 4. Bagi anda bapak/ibu guru kelas 4 SD//MI yang belum mempunyai Soal Ulangan Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 ada baiknya anda download terlebih dahulu supaya kegiatan belajar mengajar anda di kelas terlaksana dengan baik,lancar dan optimal.

Tanpa banyak kata lagi, bagi anda bapak/ibu guru bila ingin file dari Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 silahkan anda bisa langsung download melalui tautan link yang tersemat dibawah ini.  Untuk yang belum tahu tata cara download file  di silahkan baca dulu sejenak  ( Disini )

Latihan Soal Ulangan Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Semester 1 Kurikulum 2013

  • Download Soal Tematik Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 3

Demikian untuk pembahasan kali ini tentang Soal Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 semoga apa yang saya berikan bermanfaat untuk anda para bapak/ibu guru dan para pencari edukasi sebagai bahan referensi dalam media pembelajaran.

Soal UN SD 2019 dan Kunci Jawaban, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA

Soal UN SD 2019 dan Kunci Jawaban, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA | Ujian Nasional atau ujian sekolah SD akan diselenggaarakan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Kalau ditahun-tahun sebelumnya ujian sekolah SD biasa dilaksanakan pada bulan Mei, pada tahun ini sepertinya akan dimajukan. Bersasarkan informasi yang ada dalam POS UN SD , ujian nasional akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2019.

Siap tidak siap, maka baik siswa maupun guru harus siap menghadapi ujian nasional. Nah dalam rangka membantu kesiapan para siswa menghadai ujian nasional SD tahun 2019 , berikut saya share soal-soal latihan ujian nasional.

Harapan saya tentunya, soal-soal ini bisa mengasah kemampuan anak-anak untuk mengerjakan soal ujian yang sebenarnya nanti. Untuk itu saya sangat merekomendasikan agar guru, siswa ataupun orang tua siswa yang mengetahui soal UN SD 2019 ini untuk segera mengunduhnya.

Soal-soal UN SD 2019 ini sangat lengkap, bahkan setiap mata pelajaran terdiri dari 4 paket soal. Jadi, ada banyak referensi untuk latihan ujian SD. Meskipun soal ini tidak akan sama persis dengan soal UN SD yang akan keluar pada bulan April nanti, tapi mungkin banyak soal yang serupa dengan kasus berbeda.

Soal Latihan UN Sekolah Dasar 2019 Bahasa Indonesia

Masih sama menggunakan tahun sebelumnya, mata pelajaran yg masuk ujian nasional terdapat tiga mapel primer yaitu Bahasa Indoensia, Matematika & IPA. Untuk soal UN Sekolah Dasar Bahasa Indoensia tersedia 4 paket, silakan anda unduh eksklusif sebelum arsip ini menghilang dari aliran. Hehe...

  • SOAL TRY OUT 1 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 2 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 3 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 4 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018
Soal Latihan UN Sekolah Dasar 2019 Matematika

Saya sampaikan secara jelas-terangan nih, jikalau soal-soal yg terdapat pada laman blog ini bukan simapanan saya. Tapi aku dapatkan linknya menurut blog orang lain. Jadi ada kemungkinan jikalau orang yg upload nih arsip menghapusnya, maka fila tidak bisa pada unduh lagi. Jadi, silakan anda unduh sekarang juga.

  • SOAL TRY OUT 1 MATEMATIKA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 2 MATEMATIKA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 3 MATEMATIKA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 4 MATEMATIKA USBN SD 2018

Soal Latihan UN SD 2019 IPA

Untuk menghindari hilanganya soal-soal UN SD ini berdasarkan sirkulasi, insya Alloh aku siapkan nanti di penyimpanan lainnya. Tapi, saya sih berharap supaya file ini nir dihaspus dari hostingannya, karena aku yakin banyak orang yg merogoh keuntungannya.

  • SOAL TRY OUT 1 IPA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 2 IPA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 3 IPA USBN SD 2018
  • SOAL TRY OUT 4 IPA USBN SD 2018
Nah itulah, soal UN Sekolah Dasar 2019 & kunci jawaban yang sangat lengkap dan recomended banget deh untuk latihan anak-anak SD. Lengkap 3 mapel, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dan dilengkapi dengan kunci jawaban. Tapi tidak dilengkapi dengan pembahasan lho ya. Hehe....

Thursday, February 11, 2021

Sekolah Ikatan Dinas, Pilihan Terbaik Kuliah Gratis, Lulus Dijamin Kerja

Sekolah Ikatan Dinas, Pilihan Terbaik Kuliah Gratis, Lulus Dijamin Kerja | Infomasi penting bagi adik-adik yang sekarang ada di SMA/MA/SMK atau sederajat dan ingin kuliah gratis dan dijamin kerja . Negara menyelenggarakan sekolah tinggi ikatan dinas yang bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang siap diposisikan dalam departemen-departemen milik pemerintah.

Sekolah ikatan dinas memiliki fasilitas istimewa yang tidak ada pada sekolah tinggi lainnya. Fasilitasi ini yaitu berupa beasiswa penuh untuk para mahasiswanya. Tidak hanya itu, jika calon mahasiswa lulus test, selain mendapatkan beasiswa penuh juga mendapatkan uang saku untuk biaya hidup.

Sekolah tinggi ikatan dinas adala pilihan terbaik bagi siswa-siswa SMA/MA/SMK atau sederjat yang ingin kuliah secara gratis dan lulus dijamin kerja. Namun barang tentu, untuk bisa masuk dalam sekolah ikatan dinas bukan hal yang mudah. Tingkat persaingan yang sangat ketat membuat tidak semua orang bisa lulus test dan menikmat segala fasilitasi istimewa sekolah tinggi ikatan dinas.

Yang ingin masuk pada sekolah tinggi ikatan dinas, tidak hanya anak didik-murid menurut kalangan nir mamapu yang hanya mengharapkan kuliah gratis, tapi berdasarkan kalangan "ekonomi kuat" jua bersaing buat sanggup kuliah di sekolah tinggi ikatan dinas. Hal ini tidak lain dikarenakan selesainya lulus dijamin sanggup mendapatkan pekerjaan mapan di departemen milik pemerintah.

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Inilah sekolah tinggi ikatan dinas yang sebagai pavorit para murid-murid Sekolah Menengah Atas kelas XII yg ingin masuk kuliah dan ingin pribadi kerja. Sekolah tinggi ini terdapat di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yg menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

Jika anda lolos & diterima menjadi mahasiswa sekolah tiggi akuntansi negara, maka anda akan menikmati kuliah gratis plus tambahan uang saku. Pendidikan PKN STAN menggunakan sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan pada Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Anda bisa mempunyai program studi yang tersedia, diantaranya :

Program Studi Diploma III / IV Akuntansi

Program Studi Diploma I / III Pajak

Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan

Program Studi Diploma I / III Kepabeanan & Cukai

Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara

Program Studi Diploma III Manajemen Aset

dua. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah perguruan yg dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958 yang memberi kesempatan kepada lulusan SMA IPA buat dididik menjadi pakar statistik. Dari sinilah para kader yg berkompeten di bidang statistik dan komputasi statistik dilahirkan. Mereka para lulusan, tidak hanya bekerja dalam bidangnya akan tetapi juga memiliki tanggung jawab buat menyebarluaskan keilmuannya dalam khalayak.

STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) & Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga pakar statistik ekonomi dan tenaga pakar statistik sosial-kependudukan, & Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan energi pakar komputasi dan sistem informasi. Tenaga Pengajar adalah lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan jenjang S2 & S3. Lulusan STIS menerima gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

STSN adalah Sebuah perguruan tinggi kedinasan pada Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber & Sandi Negara Republik Indonesia. STSN merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. STSN didirikan buat memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang siber & sandi yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi warta & ancaman terhadap pengamanan informasi misteri negara.

STSN menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian menggunakan jenjang Diploma IV. Calon Mahasiswa asal berdasarkan lulusan SLTA/MA jurusan IPA dan atau Peserta Tugas Belajar. Sistem seleksinya berupa tes sedikit demi sedikit yg menggunakan sistem gugur tiap tahapnya. STSN mewajibkan mahasiswanya tinggal pada asrama selama mengikuti pendidikan menggunakan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa & peraturan urusan dinas dalam.

4. STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara)

Hmmm.... Jadi teringat menggunakan tokoh Aming pada sinetron Dunia Terbalik. Mungkin tokoh aming ini sangat berkinginan buat sebagai seseorang intelejen tapi tidak kesampaian. Nah bagi anda yg ingin sebagai intelejen lebih baik masuk sekolah tinggi intelejen negara agar hasrat anda kesampaian. Kalau tidak kesampaian saya khawatirkan nantinya jadi kaya Mang Aming. Hehe...

Tapi kalian jangan khawatir sekolah tinggi kedinasan yg satu ini pula adalah sekolah tinggi kedinasan pribadi kerja apabila telah lulus pendidikan. Sekolah yg masuk dalam jenis perguruan tinggi kedinasan ini berada di wilayah Sentul Bogor, Jawa Barat.

5. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

STMKG merupakan sekolah tinggi kedinasan yg berada dibawah naungan Badan Meteorogi Klimatologi & Geofisika (BMKG). Kalian yg senang akan global geografi dan ekamatra dan mengenai planet, bumi & alam semesta. Kemudian ingin bekerja dan beranjak di dalamnya tidak keliru lagi, inilah sekolah tinggi kedinasan beasiswa penuh yang harus engkau tuju.

6. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Untuk anda yg ingin bekerja pada dinas perhubungan, sekolah tinggi transportasi darat telah menanti anda buat mendatanginya. Persiapkan diri anda semenjak dini buat mengikuti test masuk sekolah tinggi transportasi darat.

Selain anda sanggup kuliah tanpa porto alias perdeo, anda pula mampu menerima uang saku buat biaya hidup selama kuliah.

Sekolah Tinggi ini menyelenggarakan 1 Program Diploma II, tiga Program Diploma III dan 1 Program Diploma 4:

Program Diploma IV Transportasi Darat

Program Diploma III Lalu Lintas & Angkutan Jalan

Program Diploma III Perkeretaapian

Program Diploma III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau & Penyeberangan)

Program Diploma II PKB (Penguji Kendaraan Bermotor)

7. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Inilah sekolah ikatan dinas yg akan melahirkan para penerbang yg siap buat diberdayakan dalam departemen perhubungan. Sekolah yang terletak pada Kecamatan Curug, Tangerang, Provinsi Banten dikelola pribadi oleh departemen perhubungan.

Untuk anda para lulusan Sekolah Menengah Atas/SMK atau sederajat yg memiliki harapan menjadi pilo, tentu sekolah tinggi ikatan dinas ini sangat cocok buat anda.

Demikian info mengenai sekolah ikatan dinas, pilihan terbaik kuliah gratis yang saya berikan khusus untuk anda yang saat ini sedang ingin kuliah tapi kurang memiliki biaya, atau ingin kuliah dan ingin langsung kerja.

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Tahun 2019/2020

Assalamu'alaikum wr.wb, halo para pencari edukasi selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Soal Latihan UAS / PAS Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 Tahun 2019/2020 yang berupa link dan bisa langsung anda download secara gratis.

 halo para pencari edukasi selamat berkunjung kembali di blog yang sangat Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Tahun 2019/2020

Sumber materi Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013 ini disusun menggunakan pendekatn tematik yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurtilas/Kurikulum 2013 serta pada buku paket tahun ajaran terbaru yang digunakan pada setiap satuan Sekolah Dasar (SD). Tidak hanya itu Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 ini sudah terintegrasikan literasi yang meliputi 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative).

Contoh Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Dan Kunci Jawaban yang saya bagilan ini berformat doc sehingga dengan mudah bisa di edit kembali sesuai kebutuhan bapak ibu guru sebagai bahan referensi maupun contoh dalam pembuatan soal-soal latihan untuk menambah pengetahuan peserta didik sekaligus untuk mengukur pencapaian peserta didik sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS)/Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1.Ganjil.

Jika bapak/ibu guru membutuhkan file Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 seperti berikut beserta Kunci Jawabannya  silahkan anda bisa langsung download saja melalui tautan link yang tersemat dibawah ini.

Soal UAS Matematika Kelas 1 Semester 1 Dan Kunci Jawaban

Soal UAS PKN Kelas 1 Semester 1 Dan Kunci Jawaban

Download Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Tahun 2019/2020

  • DownloadSoal UAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1
  • DownloadKunci Jawabannya

Sekian untuk pembahasan kali ini tentang Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Dan Kunci Jawaban semoga apa yang saya berikan bermanfaat untuk anda para bapak/ibu guru dan para pencari edukasi sebagai bahan referensi dalam media pembelajaran.

Calakuta, Batara

CALAKUTA, BATARA merupakan tuhan yang berkuasa atas segala serangga berbisa, menetap di kahyangan Wisabawana yg terletak di lereng Gunung Jamurdipa.

Suatu ketika ketenangan di kahyangan Wisabawana terganggu karena para dewa di bawah pimpinan Batara Guru sedang bergotong royong berusaha mencabut Gunung Jamurdipa untuk digunakan mengaduk samudra dalam upaya mendapatkan tirta amerta. Perbuatan para dewa itu membuat marah Batara Calakuta.

Hingga akhirnya timbul perselisihan diantara mereka. Batara Calakuta dan anak buahnya kewalahan dan kemudian melarikan diri. Dalam pelariannya Batara Calacuta menciptakan telaga beracun yang berisi bisa kalakuta. Hingga suatu saat ketika kehausan, sebagian dari para dewa meminum air tersebut dan kemudian menemui ajal. Begitupun Batara Guru nyaris mengalami hal serupa jika pada saat meminumnya tidak dimuntahkan segera. Namun karena kuatnya pengaruh bisa tersebut, maka leher batara Guru menjadi biru karenanya. Itulah sebabnya Batara Guru mendapatkan nama alias sebagai Sang Hyang Nilakanta yang berarti lehernya biru.

Setelah tirta amerta diperoleh, maka para tuhan yg mangkat lantaran racun kalakuta dapat dihidupkan lagi.

Wednesday, February 10, 2021

Gandamana Sayembara (Drupadi Sayembara)

Hari menjelang sore, bunyi kenthongan yg berasal menurut pusat Kraton Pancalaradya atau Cempalaradya, menarik perhatian penduduk kotaraja. Seperti yang selalu ada di setiap banjar, dalam sudut halaman terdapat bale duwur buat menempatkan sebuah kentongan. Dengan kentongan tersebut setiap masyarakat mendapatkan liputan tentang kejadian krusial buat segera ditanggapi. Ada beberapa irama kentongan yg masing-masing irama menerangkan kejadian yang sedang berlangsung. Seperti irama khusus yg terdengar disore hari itu mengindikasikan bahwa terdapat seseorang gadis yg telah mengalami menstruasi atau datang bulang pertama. Artinya bahwa oleh gadis tersebut sudah menginjak usia dewasa, & siap buat dipinang seseorang laki-laki . Yang menarik perhatian bahwa suara kentongan tersebut berasal menurut kotaraja. Tentunya terdapat gadis bangsawan yg menginjak dewasa & siap dilamar. Lalu siapa gadis bangsawan tadi? Akhirnya teka-teki pun terjawab bahwa Putri raja Cempalaradya tersebut merupakan Dewi Durpadi, anak sulung Prabu Durpada.

Menyusul suara kenthongan yang mengindikasikan bahwa masa kedewasaan Dewi Durpadi telah datang, Prabu Durpada berencana menggelar sayembara buat memilih dan memilah menantu yang pantas bagi pendamping Dewi Durpadi. Bagi siapa saja yg memenangkan sayembara, berhak menyunting Dewi Durpadi. Sayembara yang diadakan merupakan mengangkat, menarik busur atau gendewa pusaka & melepaskannya anak panah pada titik target yang di sediakan. Sayembara terbuka bagi siapa saja & pada mana saja.

Beberapa bulan kemudian, informasi diadakannya sayembara di negara Pancalaradya sudah beredar jauh di negara-negara tetangga, bahkan hingga pada seberang pulau.

Sepekan menjelang sayembara, kota raja Pancalarayadya sudah ramai oleh pendatang-pendatang dari manca nagara yg ingin mengikuti sayembara. Kesibukan kota semakin tinggi lebih berdasarkan sepuluh kali lipat dinbanding dengan hari-hari sebelumnya.

Pada hari yg ditetapkan, para raja belia, ksatria, brahmana, para bangsawan dan masyarakat kebanyakan tamplek blek penuh berjejal di alun-alun kotaraja Pancalaradya. Diantara mereka yang hadir tampaklah para Kurawa, Bima & Arjuna, para raja seberang pulau termasuk beberapa raja berdasarkan Atasangin,

Gendewa pusaka atau busur pusaka Pancalaradya telah disiapkan pada anjung kehormatan. Ukuran gandewa pusaka itu lebih akbar dan lebih berat dibandingkan dengan gandewa dalam umumnya. Dari ujung ke ujung gandewa tadi tinretes emas murni, sebagai akibatnya saat ditimpa sinar mentari cahayanya gumebyar menyilaukan mata. Peserta sayembara yang dinyatakan lolos dan menang dalam sayembara merupakan peserta yang bisa melepaskan anak panahnya tepat di tengah titik yg telah ditentukan.

Suasana menjadi riuh gemuruh waktu Prabu Durpada & permaisuri mengapit dewi Durpadi naik ke atas anjung kehormatan, diikuti oleh Gandamana. Para raja dari seribu negara, benar-benar terpana melihat kecantikan Dewi Durpadi secara eksklusif. Lantaran selama ini banyak diantara mereka yg melihat dan bertemu Dewi Durpadi hanya melalui mimpi.

Ditengarai menggunakan pemukulan gong beri sayembara pun pada mulai. Satu persatu para peserta sayembara naik ke anjung & mencoba mengangkat gandewa pusaka Pancalaradya. Beberapa peserta telah naik ke panggung kehormatan dan mencoba mengangkat gandewa pusaka. Namun hingga sampai peserta ke delapan belas baru terdapat empat orang yg kuat mengangkat gandewa pusaka. Tetapi tidak bertenaga menarik gendewa pusaka, apalagi untuk melepaskan anak panahnya,

Menjelang tengah hari belum ada orang yang dapat memenangkan sayembara. Satu persatu para raja dari seribu negara gagal memenangkan sayembara. Prabu Durpada & prameswari yg didampingi Gandamana berharap cemas dalam menanti orang yang bisa memenangkan sayembara. Sedangkan Dewi Durpadi yang duduk di antara Ibunda Ratu & Prabu Durpada menunjukkan raut muka yang hening, bahkan sekali waktu Durpadi menebar senyum saat terdapat peserta sayembara yg jatuh karena tidak kuat mengangkat gendewa pusaka.

Pada waktu keraguan untuk mendapatkan pemenang sayembara menghampiri Prabu Durpada, tiba-tiba diantara orang poly yang berjubel, melompatlah dengan ringannya seseorang muda bagus naik di atas anjung. Menilik dari pakaiannya bahwa pemuda tersebut menurut golongan sudra atau masyarakat biasa. Tetapi menggunakan menyakinkan seperti laiknya ksatria, beliau melangkah mendekati gendewa pusaka. Diamati sejenak gendewa yang berada didepannya buat lalu diangkatnya. Semua mata memandang ke arah pemuda indah yang dengan ringannya mengangkat tinggi-tinggi gendewa pusaka. Sejenak lalu tangan kakannya menarik tali gendewa perlahan-lahan. Maka yg terjadi gendewa ditangan kiri semakin melengkung dan melengkung menggunakan tajam. Anak panah telah diarahkan kesasaran. Ketegangan tampak dalam setiap raut muka yg menyaksikan. Diiringi menggunakan detak ribuan jantug yang berdegup semakin cepat.

Namun sebelum anak panah tersebut meluncur berdasarkan gendewa pusaka, Dewi Durpadi yang berada beberapa langkah pada depannya bereriak lantang ucapnya, ?Cukup! Saya tidak mau sayembara ini dimenangkan oleh seseorang sudra?

Pemuda mengagumkan itu terkejut, & menampakkan raut muka yg nir senang . Ia merasa diperlakukan tidak adil. Maka buat melampiaskan kejengkelannya anak panah yg telah siap meluncur tetap dilepaskan ke titik sasaran. Dan pemuda mengagumkan tadi menerangkan bahwa dia pantas memenangkan sayembara. Anak panah menancap sempurna di sempurna pada tengah target. Sorak membahana gemuruh menyambutnya. Namun apakah keberhasilannya membidikkan panah sempurna sasaran ini dinyatakan menjadi pepmenang atau tidak, ia tidak peduli. Yang terutama bagi dirinya bahwa beliau yg merupakan seseorang sudra telah menandakan kelebihannya dibandingkan menggunakan raja-raja seribu negara.

Sorak membahana ribuan manusia bergemuruh. Pohon-pohon beringin & pohon-pohon Angsana pada seputar alun-alun Cempalaradya tergetar karena itu. Beberapa daunnya berguguran, mengenai orang-orang yang berada di bawahnya. Bagaikan taburan bunga buat menghormat pemuda cantik yang telah berhasil melepaskan anak panahnya tepat ke titik sasaran.

?Tidak! Tidak! Aku nir mau orang ini memenangkan sayemabara!? Teriak Dewi Durpadi. Namun teriakan Dewi Durpadi karam oleh gelombang suara gegap gempita. Tidak ada yg mendengar dan yg memperhatikan tingkah laku Durpadi. Yang sebagai sentra perhatian adalah pemuda cantik yang menggunakan meyakinkan berhasil menarik busur pusaka dan melepaskan anak panahnya sempurna ke target.

Pemuda cantik tadi semakin jumawa menjadi sentra perhatian lautan manusia yg memenuhi alun-alun. Dengan damai pemuda itu meninggalkan anjung kehormatan. Ia tidak memperdulikan penolakan Dewi Durpadi. Baginya dapat memenangkan sayembara adalah pujian tersendiri.

Dewi Durpadi yang sebelumnya sebagai satu-satunya pusat perhatian, kini tidak lagi. Satu-satunya sentra perhatian beralih kepada pemuda cantik. Sejak melihat pertamakali, Dewi Durpadi tidak bahagia kepada orang sudra tadi. Oleh karena ketika beliau naik anjung kehormatan mengangkat & menarik busur pusaka, Dewi Durpadi sudah berteriak menolaknya. Namun pemuda mengagumkan tersebut sengaja tidak mendengarkan teriakan Dewi Durpadi. Anak panah permanen diluncurkan berdasarkan jemarinya yang halus. Dan hasilnya anak panah menancap tepat ke target.

Suasana menjadi kacau. Orang-orang yang berada jauh menurut panggung kehormatan menduga bahwa sayembara sudah terselesaikan dan pada menangkan sang si pemuda mengagumkan. Namun bagi peserta sayembara yang berada di dekat anjung kehormatan mengetahui menggunakan jelas urut-urutan insiden. Bahwasannya Dewi Durpadi yang dijadikan hibah sayembara semenjak awal telah menolak pemuda cantik buat mengikuti sayembara. Tetapi pemuda rupawan itu nekat tetap menarik busurnya dan melepaskan anak panahnya ke target yang telah disediakan. Oleh karenanya bidikan panah yg tepat tentang sasaran tadi dipercaya tidak absah. Dalam situasi yg kacau tadi Arjuna menghadang pemuda mengagumkan yang merasa nir bersalah, pulang meninggalkan alun-alun Pancalaradya.

?Hei Ki Sanak berhentilah!? Cegat Arjuna. Pemuda mengagumkan tadi berhenti, menggunakan masih permanen memberitahuakn ketenangannya. Orang poly mengerumuninya. Arjuna mendekatinya dan berkata

?Engkau ini siapa? Telah berani menciptakan rancu sayembara yg digelar sang raja akbar Cempalaradya.?

?Aku tidak membuat rancu. Aku mengikuti sayembara & berhasil,? Sanggah pemuda bagus.

?Tetapi keberhasilanmu nir sah, karena kamu tidak diperbolehkan ikut sayembara tetapi nekat.?

?Kenapa nir boleh, itu nir adil?

?Karena Sang Dewi Durpadi menolak orang sudra?

? Aku tidak peduli apakah Dewi Durpadi mau menerimaku atau menolakku. Yang penting bagiku bahwa akulah satu-satunya orang pada alun-alun ini yg dapat memenangkan sayembara.

Arjuna tidak dapat menerima istilah-istilah pemuda indah yg mengatakan bahwa dirinya merupakan satu-satunya orang yg dapat memenangkan sayembara. Lantaran sebelumnya Arjuna sangat optimis bahwa dirinyalah yg bisa memenangkan sayembara memanah. Lantaran sejak wafatnya Ekalaya raja Paranggelung, satu-satunya orang yg bisa mengimbangi kemampuan Arjuna, nir ada lagi orang yg dapat mengimbangi kesaktiannya pada memanah. Apalagi Arjuna tahu bahwa busur pusaka negara Cempalaradya yg dibentuk dari adonan besi dan tembaga tidak sembarang busur. Selain bobotnya terdapat kelebihan lain jika dibandingkan dengan busur-busur pusaka lainnya. Getaran enerjinya membuat orang yg mendekat tergetar hatinya. Oleh karena itu Arjuna berharap bahwa sebelum dirinya naik ke panggung sayembara belum terdapat orang yang mampu menarik busur pusaka. Namun perhitungan Arjuna meleset. Ada seseorang pemuda bagus yang bisa memakai busur pusaka dengan paripurna.

?Ki Sanak jangan dikira hanya engkaulah yang secara kebetulan mampu menarik busur pusaka dan memanahnya dengan tepat? Istilah Arjuna menggunakan nada ejekan?

Pemuda bagus tersebut terbakar hatinya. Ia ingin memberitahuakn bahwa kemampuan memanahnya tidak secara kebetulan. Maka menggunakan amat cepat ditarikanya busur yang ada di genggamannya menunjuk ke langit.

Sebentar kemudian orang poly yang mengerumuni tercengang dibuatnya. Ada ratusan burung sriti jatuh tertembus panah.

Arjuna yang masih muda panas hatinya, busur yg ada pada genggamannya ditarik kuat-kuat buat lalu dilepaskan. Orang-orang dialun-alun semakain takjub menyaksikan kehebatan panah Arjuna. Ribuan anak panah keluar menurut busur Arjuna. Suaranya seperti kombang mengarah ke pohon angsana pada pinggir alun-alun. Sebentar lalu pohon itu gundul tinggal rantingnya. Sementara daunnya berguguran ke tanah.

Hari semakin siang, sinar mentari bertambah panas. Lautan manusia di alun-alun Cempalaradya berusaha buat bertahan dalam teriknya surya. Karena bagi mereka sayembara perang tanding ini lebih menarik dan lebih menegangkan dibangdingkan menggunakan sayembara memanah. Panggung sayembara pulang menjadi pusat perhatian. Gandamana berdiri kokoh di atas ke 2 kakinya yang kokoh juga. Satu persatu peserta sayembara perang tanding sudah dikalahkan. Sorak-sorai dan tepuk tangan tidak henti-hentinya menyambut kemenangan Gandamana.

Menyaksikan kesaktian Gandamana, peserta sayembara semakin tergetar hatinya. Banyak diantara mereka telah mengurungkan niatnya buat mengikuti sayembara. Mereka memutuskan buat menjadi penonton saja. Oleh karena itu beberapa waktu dinantikan tidak jua ada peserta baru yg mencoba naik ke atas anjung menggunakan muka tengadah & dada membusung.

Udara yang panas menjadi semakin panas. Orang-orang mulai berteriak tidak sabar menanti calon versus Gandamana yang baru. Dalam situasi yg demikian, terlintas pada pikiran Gandamana, adakah seseorang yg sanggup memenangkan sayembara dengan mengalahkan diriku? Apabila tidak ada merupakan bahwa diantara samudera manusia itu tidak terdapat orang yg pantas sebagai pendamping Durpadi. Tetapi jika pun ada sesorang yg sanggup mengalahkan aku , tentunya aku berharap supaya Durpadi mau mengakui kemenangannya dan bersedia menjadi isterinya. Lantaran bila Durpadi menolaknya, seperti yg sudah dilakukan pada pemuda bagus dari kalangan sudra, saya nir dapat berbuat apa-apa lagi, lantaran saya sudah dikalahkan bahkan sanggup pula saya telah gugur.

Namun bila pun saya benar-benar gugur pada sayembara ini, aku sudah siap. Aku nir akan menyesal. Lantaran itu adalah bahwa aku sudah mengorbankan diri buat Durpadi agar menerima calon pendamping yang pantas dan berkualitas. Dan jua demi kebesaran negara Pancalaradya atau Cempalaradya.

Apabila pun aku telah nir diberi ketika lagi untuk mengabdi, aku sadar bahwa diriku menjadi semakin renta & ringkih. Aku harus memahami diri buat generasi selanjutnya yang lebih muda dan yg lebih perkasa. Oleh karena itu saya bangga bila dikalahkan sang orang belia amanah & sakti.

Pada saat Gandamana menyusuri jalan pikirannya, tiba-datang melompatlah di atas anjung sosok tinggi perkasa yg memakai sandang Brahmana. Ia bernama Bima. Banyak orang mengetahui bahwa ia datang ke loka sayembara beserta brahmana ganteng yang telah memberitahuakn kesaktiannya dalam hal memanah. Maka saat saudara brahmana ganteng & sakti tadi naik ke atas panggung sayembara, serentak samudera manusia menyambutnya menggunakan teriakan dan tepuk tangan, bak suara selaksa mesin tenun yang dijalankan para perempuan pada padang terbuka.

Sejenak kemudian sasana sebagai hening dan tegang, mengiring langkah Bima yang semakin dekat dengan Gandamana. Bima sudah sangat mengenal Gandamana bahkan kesaktian Gandamana. Karena Bima pernah berperang melawan Gandamana sewaktu pada utus Pandita Durna buat meringkus Gandamana & Durpada. Namun rupanya Gandamana nir ingat lagi akan sosok yg berada di depannya. Lantaran Bima sengaja menyamar menjadi seseorang Brahmana.

Karena hari menjelang sore, & mentari telah bergeser semakin jauh dari titik tertinggi, Gandamana & Bima memiliki impian yang sama yaitu buat menuntaskan sayembara ini secepatnya. Oleh karena itu segeralah keduanya berkiprah cepat dan kuat. Melihat gelagat lawannya yg percaya diri, Gandamana pribadi mengetrapkan aji Bandung Bandawasa dan Aji Wungkal Bener. Sedangkan Bima menggunakan aji Angkusprana. Decak kagum & ketegangan tersembul menurut wajah-paras mereka yang menyaksikan. Oleh lantaran keduanya mengetrapkan ilmu-ilmu tingkat tinggi, hampir semua orang yg menjejali alun-alun Pancalaradya nir mengetahui apa yg sedang terjadi. Keduanya berkelebat sangat cepat, sebagai akibatnya mata telanjang mereka nir sanggup membedakan dengan jelas antara Gandamana & Bima.

Pertempuran paling sengit selama sayembara terjadi. Beberapa saat berlangsung keadaan mulai berubah pelan. Aji Bandung Bandawasa yang mempunyai kekuatan sebanding dengan seribu gajah ternyata nir lagi sebagai utuh. Hal tadi diakibatkan sang energi Gandamana yg susut menggunakan amat cepat. Otot-ototnya mulai kendor. Ia nir bisa lagi mengetrapkan aji Bandung Bandawasa menggunakan paripurna. Demikian juga aji Wungkal Bener yang sebagai tidak efektif saat harus berhadapan menggunakan Bima. Karena jika dicermati dari sifatnya, aji wungkal bener merupakan aji yg berpihak pada bebener. Seseorang yg bisa mengetrapkan aji Wungkal Bener menggunakan sempurna merupakan orang sahih, dan meyakini kebenaran tersebut. Aji Wungkal Bener menjadi sangat efektif ketika versus Gandamana merupakan orang yg menentang kebenaran. Maka waktu berperang melawan Bima, seorang yang berpihak dalam kebenaran, aji Wungkal Bener ibarat ketemu batunya. Tidak dapat berbuat banyak.

Sebaliknya Bima, menggunakan ajian Angkusprana yg sanggup menghimpun kekuatan angin, justru bisa berkecimpung semakin ringan & kuat semakin perkasa. Gandamana mulai curiga atas lawannya. Siapakah sesungguhnya orang gagah perkasa yang menggunakan pakaian brahmana ini. Benarkah dia seorang Brahmana? Gandamana yang telah berumur, sedikit teringat akan sepak terjang lawan yg dihadapi. Dahulu Gandamana pernah dikalahkan Bima, tetapi waktu itu Gandamana nir dengan sungguh-benar-benar berperang melawan Bima. Dan juga waktu itu tenaganya masih relatif perkasa. Tetapi sekarang saya nir seperkasa dahulu lagi & versus yang saya hadapi lebih perkasa dibandingkan dengan BIma ketika itu. Tetapi terdapat kemiripan pada hal sepak terjangnya. Apakah Brahmana ini Bima yg semakin matang? Benarkah kamu cucuku Bima? Apabila sahih aku lega & bahagia. Lega karena gugur di tangan anak Prabu Pandu. Bahagia karena Durpadi menerima pendamping yg pantas & luhur.

Gandamana menerima firasat bahwa inilah saatnya buat meninggalkan segala-galanya dan meletakkan tugas-tugasnya. Generasi baru telah siap menggantikan darmanya. Dan dia yg menggantikan bukan orang lain. Ia adalah cucunya sendiri, anak Prabu Pandudewanata junjungannya. Oleh krena dia rela gugur pada tangan Bima. Dan bahkan Gandamana akan mewariskan ilmu Wungkal Bener & Bandung Bandawasa pada Bima.

Sayembara perang tanding di Negara Cempalaradya masih berlangsung. Seorang brahmana yg mendapat kesempatan naik pada panggung sayembara dan berhadapan menggunakan Gandamana bukanlah orang asal-asalan. Ia mampu mengimbangi kesaktian Gandamana. Bahkan ilmu Wungkal Bener dan Aji Bandung Bandawasa yang sebagai andalan Gandamana tidak bisa membendung serangan lawannya. Oleh karena itu Gandamana mulai terdesak. Apalagi secara fisik umur Gandamana jauh berada di atas lawannya, sebagai akibatnya daya tahannya susut dengan lebih cepat.

Lautan manusia yang masih bertahan pada alun-alun menyaksikan bahwa Gandamana yang gagah perkasa dan sakti mandraguna semakin terdesak oleh lawannya. Perasaan para penonton dibawa ke pada suasana tegang yang semakin memuncak. Tinggal menunggu saatnya, Gandamana terkapar pada atas anjung sayembara yang dibuatnya sendiri.

Gandamana semakin yakin bahwa lawannya yang perkasa ini adalah Bima, anak Pandudewanata. Namun walau pun tahu bahwa yang menyamar menjadi barahmana itu adalah Bima, Gandamana tidak akan menghentikan perang tanding ini. Ia bertekad buat menyelesaikannya. Walau pada akhirnya beliau sendiri yg akan diselesaikan oleh Bima, Gandamana sudah siap.

Firasat yg dirasakan Gandamana semakin bertenaga bahwa inilah saatnya, sampai pada waktunya buat melepaskan tugas pengabdianya buat selamanya. Gandamana diingatkan waktu ketika kegetiran masalalu. Ia tidak pernah menemukan kebahagiaan dalam kedudukkan menjadi patih. Saat Gandamana sebagai patih Hastinapura, dia diperintahkan buat maju perang melawan negara Pringgandani. Di tengah medan perang Gandamana dijebak pada pada luweng sang Trigantalpati dan ditimbun tanah. Trigantalpati kemudian melaporkan pada Prabu Pandudewanata bahwa Gandamana ditawan musuh dan dibunuh. Prabu Pandudewanata kemudian mengangkat Trigantalpati menjadi Patih Hastinapura menggantikan Gandamana.

Gandamana teringat akan masa-masa pengabdianya di negara Hastinapura pada bawah pemerintahan Prabu Pandudewanata, aku sengaja dicelakai, dijerumuskan. Aku dikubur hidup-hayati. Semuanya menjadi gelap aku nir ingat apa-apa.

Syukurlah bahwasannya maut belum mau memelukku. Aku berhasil diselamatkan oleh Yamawidura. Kesehatanku berangsur-angsur menjadi baik. Tetapi aku belum mampu mengingat awal mula insiden yang menimpaku sebelum semuanya sebagai gelap.

Setelah saya pulih aku berniat balik ke Hastinapura buat mengemban tanggung jawabku sebagai patih yg beberapa saat aku tinggalkan. Yamawidura berpesan agar aku nir membalas kejahatan dengan kejahatan. Karena hal itu nir bakal menuntaskan perkara, tetapi justru sebaliknya akan mengakibatkan masalah baru yg tidak berkesudahan misalnya lingkaran setan. Aku pun setuju dengan apa yg diutarakan Yamawidura. Namun buat apa hal itu harus dipesankan kepadaku ketika saya akan pulang ke Hastinapura? Ada apa dibalik pesan itu? Aku memahami bahwa Yamawidura adalah adik prabu Pandu yg bijaksana. Ia mempunyai ketajaman batin yg bisa melihat masa depan dengan sempurna. Oleh karena itu aku ingin segera balik ke Hastinapura buat mengetahui kejadian apa yg bakal terjadi berkaitan menggunakan pesan Yamawidura.

Setibanya pada Hastinapura Gandamana lupa akan pesan Yamawidura. Pikirannya hanya tertuju pada jabatan patih yang ia tinggalkan. Ada kekawatiran dalam dirinya bahwa Prabu Pandudewanata kerepotan mengatur jalannya pemerintahan tanpa kehadiran dirinya. Tetapi ternyata kekawatiran Gandamana tinggalah kekawatiran yang nir buat siapa-siapa kecuali untuk dirinya sendiri. Hastinapura nir rancu, dan Prabu Pandudewanata tidak repot. Semuanya baik-baik saja. Jabatan patih yang ditinggal Gandamana telah diisi sang Trigantalpati. Gandamana naik pitam. Darahnya mengalir sangat cepat disekujur badannya. Pada ketika pasowann agung, Trigantalpati diseret keluar sang Gandamana lalu dihajarnya sampai wajah & badannya mengalami cacat seumur hidup. Tindakan Gandamana dicela oleh Prabu Pandudewanata, dianggap merendahkan prestise raja. Gandamana diusir dari bumi Hastinapura & kembali ke Pancalaradya. Di Pancalaradya Gandamana diangkat menjadi Patih oleh Prabu Durpada kakaknya. Peristiwa lama terulang kembali. Gandamana menghajar Kumbayana sampai menderita cacat seumur hidup.

Gandamana termenung dalam. Kedudukan Patih tidaklah menaruh kebahagiaan, tetapi justru kegetiran. Pengabdian yang nrimo tidaklah cukup, tetapi jperlu disertai menggunakan kewaspadaan terhadap lawan lawan politiknya. Gandamana nir memikirkan itu. Baginya jabatan patih adalah pertanda dan wahana untuk mengabdi negara & melayani masyarakat. Dan Gandamana sudah melakukannya menggunakan baik. Walau hasilnya adalah kegetiran.

Namun kali ini perang tanding melawan cucunya bukanlah sebuah kegetiran. Demikian pula jika wajib mangkat ditangan cucunya. Blesss. Bersamaan dengan selesainya permenungan Gandamana, Kuku Pancanaka ditangan Bima telah menembus dadanya.

Gandamana meninggalkan semuanya termasuk jabatan Patih.

Tidak adal lagi kegetiran, ia beristirahat pada tenang tak pernah mati

(gmbr: Herjaka HS)

Gandamana mengeluh lirih. Pusaka pancanaka yg berujud kuku dengan lembut sudah melesak di dadanya. Benarlah apa yang diduga sebelumnya bahwa seorang berpakaian brahmana yg menjadi lawannya adalah Bima, keliru seseorang trah Bayu yg mempunyai pusaka andalan pancanaka. Gandamana telah terluka, tetapi nir terdapat rasa sakit pada tubuhnya. Ia masih mencoba untuk berdiri gagah dan tegar, namun usahanya nir berhasil bahkan badannya yang tegap mulai menjadi lunglai. Pandangannya sebagai redup dan kabur. Ia merangkul Bima agar tidak jatuh terjerembab. Bima menyambutnya menggunakan keharuan. Ada poly kecenderungan diantara keduanya. Bima dan Gandamana adalah orang yg berwatak jujur, prasaja sederhana apa adanya & mempunyai ketulusan pada menjalankan tugas.

Oleh karena pengabdiannya yang lapang dada, Gandamana tidak merasa sakit pada hatinya jua di sakit pada tubuhnya ketika Kuku Bima melesak pada dadanya pada perang tanding sayembara. Ketulusan hati Gandamana itulah yg membuat cara memandang sebuah kematian pada ketika menjalankan tugas negara berbeda dengan cara padang pada biasanya. Bagi Gandamana tewas pada tugas pada medan laga adalah indah dan mulia. Indah karena dia sudah menyelesaiakan tugasnya menggunakan baik dan sempurna. Mulia lantaran ia gugur dalam saat menjalankan tugas. Kematian misalnya yg dialami Gandamana pula dirasa merupakan pembebasan menurut kegetiran yg selama ini menerpa hayati Gandamana, berkaitan dengan jabatan Patih.

Demikian pulalah Bima. Dengan ikhlas dia menjalani tugas yg diberikan sang eyang Begawan Abiyasa buat mengikuti sayembara pada Pancalaradya demi kakaknya Puntadewa. Jika sayembara dalam hal memanah yg ditugaskan buat maju adalah Arjuna. Sedangkan bila sayembara berupa perang tanding maka Bima lah yang ditugaskan buat mengikuti sayembara. Maka saat sayembara yg semula diadakan merupakan sayembara memanah dan kemudian diteruskan dengan sayembara perang tanding maka Bima lah yang bertugas naik ke panggung sayembara berhadapan melawan Gandamana eyangnya.

Sebagai seorang ksatria pada arena perang tanding menang merupakan adalah pilihan. Dan Bima berhasil memenangkannya, dengan melesakkan pancanaka pada dada Gandamana. Tidak ada sakit hati dan kebencian di sana. Yang terjadi merupakan ketulusan dalam menjalanan tugas. Walaupun pada akhirnya keduanya mendapatkan output yg tidak selaras, Gandamana dan Bima sudah merampungkan tugasnya menggunakan tuntas. Keduanya adalah pahlawan. Bima menjadi pahlawan dikarenakan telah memenangkan peperangan. Sedangkan Gandamana menjadi pahlawan lantaran ia gugur pada tugasnya pada medan perang.

Bima mendekap erat tubuh Gandamana yg mulai dingin & lemas. Dengan tenaga yang masih tersisa Gandamana mencoba menyambut hangat dekapan Bima. Bima meneteskan air mata. Dengan terbata-bata Bima berkata ?Maafkan aku Eyang, maafkan.? Gandamana mengangguk-angguk. Tangannya bergetar lemah membelai ketua Bima buat yang terakhir kali. Bibirnya mengulum senyum tipis pertanda kebanggaan atas sebuah eksklusif yg jujur, berani, teguh, tangguh dan tulus yang dimiliki oleh Bima cucunya.

Berada dalam pelukan Bima, Gandamana merasa hening dan tentram untuk mengakhiri pengabdiannya, bahkan buat mengakhiri hidupnya. Bima memperkokoh posisi kakinya agar kuat menyangga tubuh Gandamana yg semakin berat. Kesadaran Gandamana berangsur-angsur surut seiring menggunakan melemahnya detak jantung & melambatnya aliran darah. Namun dalam residu pencerahan yang paling akhir Gandamana berniat melepaskan 2 aji andalannya yaitu wungkal bener & bandung bandawasa dan mewariskannya pada Bima. Gandamana percaya bahwa Bima bisa menggunakan kedua ilmu sakti tersebut buat memayu-hayuning bawana.

Panggung sayembara damai. Demikian pula samudera insan yang berada pada alun-alun Pancalaradya. Semuanya diam. Bahkan angin pun berhenti bertiup buat sesaat. Semua memberi penghormatan terakhir kepada Gandamana oleh pahlawan Pancalaradya.

Bersamaan berhentinya nafas Gandamana, matanya menutup buat selamanya. Tidak terdapat tugas lagi yg diembannya. Ia beritirahat pada damai

Ana tangis

rayung-rayung

tangise wong wedi mangkat

gedhongana

kuncenana

wong meninggal mangsa wurunga.

Ada tangis

mengharukan

tangisnya orang yg takut mati

walaupun di masukan di gedung

dan dikunci

orang mati nir mungkin dibatalkan

Gandamana telah mati. Gugur pada medan laga. Namun semangat pengabdiannya, keberanian dan kejujuran dan ketulusan hatinya pula kesaktiannya telah diwarisi oleh Bima orang angka 2 dari Pandawa Lima, anak Prabu Panndudewanata.

Herjaka HS

Bimapun memenangkan sayembara, akan tetapi Drupadi tidak menikah menggunakan Bima, melainkan menggunakan Yudistira.