Pages

Monday, February 1, 2021

Kupas Tuntas Pendidikan Karakter, Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Pendidikan karakter, inilah yang kini sedang terus ditekankan dalam dunia pendidikan di Indonesia, baik pendidikan formal maupun non formal. Ada 18 pendidikan karakter yang menjadi target sistem pendidikan di Indonesia yang harus benar-benar ditanamkan kepada para peserta didik. Dengan adanya pendidikan karakter, diharapkan bahwa sumber daya manusia Indonesia, tidak hanya cakap secara akademik dan teknologi, tapi juga memiliki pribadi yang kuat sebagai ciri sebuah bangsa.

Keberhasilan pendidikan karakter, akan menjadi ujung tombak pada pemugaran sumber daya manusian Indonesia yg tidak hanya mempunyai IPTEK yg mumpuni, tapi pula memiliki akhlak yang menjujung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangas.

Baca Juga : 5 Permainan Dalam Kelas Untuk Mengasah Kemampuan Anak

Dalam kesempatan kali ini, saya secara khusus membahas pendidikan karakter secara mendalam dan luas. Namun tentu saja, pembahasan dalam materi pendidikan karakter ini bukan semata-mata atas pengetahuan saya sendiri, melainkan diambil dari berbagai sumber.

Tujuan dari penulisan artikel tentang pendidikan karakter, tidak lain dan tidak bukan hanya seabgai media pembelajaran untuk diri saya pribadi dan tentunya diharapkan untuk semua netizen yang menemukan artikel ini dalam pencarian google .

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Menurut Sjarkawi (2006:1) bahwasanya:

Karakter merupakan ciri atau ciri atau gaya atau sifat spesial menurut diri seseorang yg bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima berdasarkan lingkungan, contohnya keluarga pada masa mini , dan pula bawaan seseorang sejak lahir.

Rahardjo (2010:16) beropini bahwa:

Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang holistic yang menghubungkan dimensi moral menggunakan ranah sosial dalam kehidupan siswa sebagai fondasi bagi terbentuknya generasi yang berkualitas yg sanggup hidup berdikari silabus.Org dan mempunyai prinsip suatu kebenaran yg dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Buku Literasi?

Definisi pada atas tampaknya masih bersifat generik. Secara rinci Prasetyo dan Rivasintha (2013:30) mendefinisikan bahwa:

Pengertian Pendidikan karakter menjadi suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa yg meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, & tindakan buat melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga sebagai manusia insan kamil.

Berdasarkan penjelasan pada atas, maka dapat diambil konklusi bahwa pada mewujudkan pendidikan yg berkarakter merupakan menggunakan sanggup menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa sebagai fondasi supaya terbentuknya silabus.Org generasi yg berkualitas yang sanggup hayati mandiri pada kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya sanggup menjadi insan manusia kamil yg memiliki prinsip suatu kebenaran yg dapat diperta nggungjawabkan

Menurut Narwanti (2011:1) pembentukan merupakan bisnis yg sudah terwujud menjadi hasil suatu tindakan. Karakter asal dari bahasa Yunani yaitu ?Kharrasein? Yg berarti memahat atau mengukir (to inscribe/to engrave), sedangkan pada bahasa Latin, karakter bermakna membedakan indikasi, sifat kejiwaan, tabiat, & watak.

Pembentukan karakter anak adalah salah satu wujud kepedulian terhadap kesejahteraan anak di masa depan. Semua komponen bangsa, mulai menurut orang tua, famili, masyarakat, dunia bisnis, pemerintah, dan negara, mempunyai kewajiban & tanggung jawab terhadap proteksi dan kesejahteraan anak (Undang-Undang Perlindungan Anak, No. 23 Th. 2002).

Pendidikan Karakter pada Indonesia

Pendidikan karakter bukan hal baru dalam tradisi pendidikan di Indonesia. Beberapa pendidik Indonesia modern yang kita kenal seperti Soekarno telah mencoba menerapkan semangat pendidikan karakter sebagai pembentuk kepribadian dan identitas bangsa yang bertujuan menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berkarakter.

Baca Juga : tiga Ciri-Ciri Orang Sukses

Penerapan pendidikan karakter bahkan telah beberapa abad yg kemudian diterapkan pada dunia pendidikan non formal, yaitu pendidikan pesantren yg gembleng oleh para tangan penuh nasihat, yaitu pada alim & ulama. Pesantren menjadi basis pendidikan karakter yang paling kuta pada Indonesia.

Para kyai pada pesantren, nir hanya mendorong para santrinya buat faham ilmu-ilmu fikkih, alqurandan hadits semata, tapi justru mereka mendorong para santri buat mempunyai ahklak mulia yang menurut tuntunan alquran dan sunnah dan tidak meninggalkan nilai-nilai luhur moral budaya setempat.

Kelemahan Pendidikan Karakter pada Indonesia

Persoalan pendidikan karakter di Indonesia sejauh ini menyangkut pendidikan moral dan dalam aplikasinya terlalu membentuk satu arah pembelajaran khusus sehingga melupakan mata pelajaran lainnya, dalam pembelajaran terlalu membentuk satu sudut kurikulum yang diringkas kedalam formula menu siap saji tanpa melihat hasil dari proses yang dijalani. Guru/dosen pun cenderung mengarahkan prinsip moral umum secara satu arah, tanpa melibatkan partisipasi siswa untuk bertanya dan mengajukan pengalaman empiriknya. Sejauh ini dalam proses pendidikan di Indonesia yang berorientasi pada Pembentukan karakter individu belum dapat dikatakan tercapai karena dalam prosesnya pendidikan di Indonesia terlalu mengedepankan penilian pencapaian individu dengan tolak ukur tertentu terutama logik-matematik sebagai ukuran utama yang menempatkan seseorang sebagai warga kelas satu. Dalam prosesnya pendidikan karakter yang berorientasi pada moral dikesampingkan dan akibatnya banyak kegagalan nyata pada dimensi pembentukan karakter individu contohnya Indonesia terkenal di pentas dunia karena kisah yang buruk seperti korupsi dengan moralitas yang lembek.

18 Pendidikan Karakter

1. Religius

Sikap dan perilaku yg patuh pada melaksanakan ajaran kepercayaan yang dianutnya, toleran terhadap aplikasi ibadah agama lain, dan hayati rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur

Perilaku yg didasarkan dalam upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, & pekerjaan.

Tiga. Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai disparitas kepercayaan , suku, etnis, pendapat, sikap, & tindakan orang lain yg tidak selaras menurut dirinya.

4. Disiplin

Tindakan yg menerangkan konduite tertib & patuh dalam aneka macam ketentuan & peraturan.

5. Kerja Keras

Tindakan yg menerangkan konduite tertib & patuh dalam aneka macam ketentuan & peraturan.

6. Kreatif

Berpikir dan melakukan sesuatu buat membentuk cara atau hasil baru berdasarkan sesuatu yg telah dimiliki.

7. Mandiri

Sikap & konduite yang tidak mudah tergantung dalam orang lain pada menuntaskan tugas-tugas.

8. Demokratis

Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yg menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu

Sikap & tindakan yang selalu berupaya buat mengetahui lebih mendalam & meluas menurut sesuatu yang dipelajarinya, ditinjau, & didengar.

10. Semangat Kebangsaan

Cara berpikir, bertindak, & berwawasan yg menempatkan kepentingan bangsa & negara pada atas kepentingan diri & kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air

Cara berpikir, bertindak, & berwawasan yg menempatkan kepentingan bangsa & negara pada atas kepentingan diri & kelompoknya.

12. Menghargai Prestasi

Sikap dan tindakan yg mendorong dirinya buat membentuk sesuatu yg berguna bagi masyarakat, & mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif

Sikap dan tindakan yg mendorong dirinya buat membentuk sesuatu yg berguna bagi masyarakat, & mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

14. Cinta Damai

Sikap dan tindakan yg mendorong dirinya buat membentuk sesuatu yg berguna bagi masyarakat, & mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

15. Gemar Membaca

Kebiasaan menyediakan waktu buat membaca berbagai bacaan yg menaruh kebajikan bagi dirinya.

16. Peduli Lingkungan

Sikap & tindakan yg selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, & mengembangkan upaya-upaya buat memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi.

17. Peduli Sosial

Sikap dan tindakan yg selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan warga yg membutuhkan.

18. Tanggung Jawab

Sikap dan perilaku seorang buat melaksanakan tugas & kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, warga , lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara & Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan Pendidikan Karakter pada Indonesia

Tujuan pembentukan karakter menurut Kesuma, Triatna dan Permana (2011:11) adalah: memfasilitasi penguatan dan pengembangan nilai-nilai tertentu sehingga terwujud dalam perilaku anak, baik ketika proses sekolah maupun setelah lulus sekolah, silabus.org mengoreksi perilaku peserta didik yang tidak bersesuaian dengan nilai-nilai yang dikembangkan sekolah, dan membangun koreksi yang harmoni dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama.

Baca Juga : 6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri

Pembentukan karakter yang baik, niscaya akan menghasilkan konduite individu yg baik juga. Pribadi yang selaras dan seimbang, serta dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan yg dilakukan. Kemudian, tindakan itu dibutuhkan sanggup membawa individu ke arah yg lebih baik dan kemajuan dalam pembentukan karakter anak pada masa sekarang.

Lahirnya pendidikan karakter bisa dikatakan sebagai sebuah usaha untuk menghidupkan spiritual yang ideal. Foerster seorang ilmuan pernah mengatakan bahwa tujuan utama dari pendidikan adalah untuk membentuk karakter karena karakter merupakan suatu evaluasi seorang pribadi atau individu serta karakter pun dapat memberi kesatuan atas kekuatan dalam mengambil sikap di setiap situasi.Pendidikan karakter pun dapat dijadikan sebagai strategi untuk mengatasi pengalaman yang selalu berubah sehingga mampu membentuk identitas yang kokoh dari setiap individu dalam hal ini dapat dilihat bahwa tujuan pendidikan karakter ialah untuk membentuk sikap yang dapat membawa kita kearah kemajuan tanpa harus bertentangan dengan norma yang berlaku.Pendidikan karakter pun dijadikan sebagai wahana sosialisasi karakter yang patut dimiliki setiap individu agar menjadikan mereka sebagai individu yang bermanfaat seluas-luasnya bagi lingkungan sekitar. Pendidikan karakter bagi individu bertujuan agar :

  • Mengetahui berbagai karakter baik manusia.
  • Dapat mengartikan dan menjelaskan berbagai karakter.
  • Menunjukkan contoh perilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami sisi baik menjalankan perilaku berkarakter.

Fungsi Pendidikan Karakter pada Indonesia

Sehingga setelah melihat maksud serta tujuan dengan memperhatitakan fungsi pendidikan nasional dalam UU No 20 Tahun 2003, dapat dikatakan pendidikan karakter sendiri memiliki fungsi untuk mengembangkan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut diurai dari fungsi Pendidikan karakter, meliputi :

  1. mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik;
  2. memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur;
  3. meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.
Akan tetapi fungsi dari pendidikan karakter sendiri tidak ssamapi disitu saja, DIKTI (2010) menyatakan bahwa secara khusus pendidikan karakter memiliki tiga fungsi utama yaitu Pembentukan dan Pengembangan Potensi, Perbaikan dan Penguatan, Penyaring.

Daftar Pustaka :

https://id.Wikipedia.Org/wiki/Pendidikan_karakter

https://rumahinspirasi.Com/18-nilai-pada-pendidikan-karakter-bangsa/

https://silabus.Org/pendidikan-karakter/

http://tesispendidikan.Com/fungsi-pendidikan-karakter/

Sunday, January 31, 2021

RPP K13 Kelas 5 Tema 5 TP 2019/2020

Assalamu'alaikum wr.Wb, halo para pencari edukasi selamat berkunjung balik pada blog yg sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini aku akan menaruh perangkat pembelajaran berupa RPP K13 buat tingkat Kelas lima SD/MI yakni Tematik Tema lima Ekosistem Edisi Revisi 2018 TP 2019/2020 yg mampu anda download secara gratis pada .

 halo para pencari edukasi selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini RPP K13 Kelas 5 Tema 5 TP 2019/2020

RPP adalah perangkat pembelajaran atau pegangan harus dibentuk setiap pengajar yg sinkron dengan silabus. Oleh karena itu RPP Tematik Kelas 5 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dalam tahun pelajaran 2018/2019 ini wajib anda miliki buat proses dalam kegiatan belajar mengajar.

RPP Kelas 5 Tema lima (Ekosistem) yg saya bagikan ini dia terdiri berdasarkan 1 sampai dengan 4 subtema, & masing-masing subtema terdiri menurut 6 pembelajaran.

  • Subtema 1 Komponen Ekosistem
  • Subtema 2 Hubungan Antar Mahluk Hidup dalam Ekosistem
  • Subtema 3 Keseimbanagn Ekosistem
  • Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek
Harap dibaca jugaRPP Kelas 5 Tema 6 Revisi 2018

Yang wajib kita ketahui bahwa RPP K13 Kelas 5 SD/MI Tema lima Revisi 2018 Tahun 2019/2020 ini sudah terintegrasikan literasi yg mencakup 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative). Dan dilengkapi KI1, KI2, KI3, & KI4 yang bertujuan menumbuhkan sikap spiritual, perilaku sosial, pengetahuan & keterampilan para siswa.

Tanpa poly kata, jika bapak/bunda pengajar sedang mencari maupun membutuhkan RPP Sekolah Dasar Kelas 5 Semester 1 Tema 5 Revisi 2018 misalnya berikut. Silahkan buat selengkapnya anda bisa eksklusif saja download filenya lewat tautan link yang sudah disematkan dibawah ini

RPP Tematik K13 Kelas 5 Tema lima TP 2019/2020

  • Download  RPP K13 Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Revisi 2018

  • Download  RPP K13 Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Revisi 2018
  • Download  RPP K13 Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Revisi 2018
  • Download  RPP K13 Kelas 5 Tema 5 Subtema 4 Revisi 2018
Silahkan download jugaRPP Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018

Demikian untuk pembahasan kali ini mengenai RPP K13 Kelas 5 Tema 5 TP 2019/2020. Semoga apa yg aku berikan berguna bagi bapak/mak pengajar dan para pencari edukasi sebagai bahan referensi pada pembuatan & menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2019/2020 sekarang ini.

Pandawa Lima (Dalam Bahasa Jawa)

Cerita Wayang Bahasa Jawa Crita : Pandawa Lima - Wayang sing paling digandrungi masyarakat iku lumrahe cerita kang megepokan karo serial Mahabarata. Sanadyan cerita Ramayana anane luwih dhisik nanging prayata kanggone wong jawa crita wayang Mahabarata katone luwih digandrungi. Bab iki kabuktekake kanthi anane paraga wayang utawa gambar wayang kang dipasang ing saben omah.

Akeh-akehe sing dipasang ingkana paraga cerita Mahabarata. Kaya mangkono iku nuduhake Manawa kang duwe omah pancen wis tepung lan nduweni tokoh kaya kang di idolakake iku.

Pandhawa iku cacahe ana lima, mula terus kaprah diarani Pandhawa Lima. Puntadewa ya Yudhistira minangka putra pambayun, tabiat ambeg darma lan nrima ing pandum sarta adoh ing hawa kamurkan.

Raden Werkudara ya Bima sena gedhe dhuwur lan gagah prakosa kang nomer loro, Raden Janaka ya Kumbang Ali-ali kang kondhang ngganthenge, prigel lan trampil manah minangka panengahe Pandhawa, dene Nakula Sadewa mujudake satriya kembar kang uga duwe tabiat utama, ambeg pengabdian, lan luhur bebudene. Wiwit cilik mula wis katon luhuring budi,seneng tetulung, welas asih marang sapadha wong kang nandhang kasangsaran.

Raden Puntadewa iku peparab liyane Yudhistira, Dwijakangka, Gunatalikrama, Darmakusuma, kratone manggon ing Ngamarta utawa Indraprasta. Panjenengane kagungan garwa Dewi Drupadi putra putrine Raden Drupada, ratu ing Negara Cempala utawa Pancala.

Werkudara satriya ing Jodipati garwane aran Dewi Arimbi. Arjuna satriya ing Madukara garwane Dewi Sembadra lan Srikandi. Nakula Sadewa satriya ing Sawojajar. Cethane Pandhawa 5 iku tabiat lan tindak tanduke kena kanggo tepa patuladhane para kawula mudha. Apamaneh kadigdayan lelimane mujudake satriya kang pilih tandhing.

Nalika dadi muride Pandhita Durna, Pandhawa wis bisa ngatonake kepinteran lan keprigelane. Raden Arjuna prigel menthang gandhewa lan trampil migunakake keris. Raden Werkudara dhasar gagah prakosa kondhang kagungan sanjaya kuku Pancanaka lan gada rujak pala. Pandhawa katon luwih prigel keimbang murid liyane. Ewasemana, ora tau lan pancen ora  seneng pamer kadigdayan.Malah watake andhap asor lembah manah lan ngajeni marang sapepadhane.

Akeh lelakon kang dilakoni  Pandhawa kasengsaran iku mau dituwuhake saka Kurawa kang kepingin nyirnakake Pandhawa. Wusanane kabeh kasangsaran iku bisa kasil kabengkas lan kuwat dilakoni. Beda banget karo Kurawa sing ora kuwat nglakoni.

Pranyata menawa dideleng ing antarane Pandhawa lan Kurawa iku isih kadang, karena Pandhawa iku putrane Prabu Pandhudewanata. Sedenge Kurawa iku putrane Prabu Destrarastra. Prabu Pandhu Dewanata iku kaprenah adhine Prabu Destrarastra.

Apa sebabe dene ing antarane kadang  Pandhawa lan Kurawa ora bisa rukun? Iki  amerga Dewi Gendari kepingin digarwa dening Prabu Pandhu Dewanata nanging kena apa kok malah diwenehake marang kangmase sing wuta iku ?. Mula banjur nibakake pangipat-ipat manawa besuk saturun-turunne bakal dadi mungsuh bebuyutan

RPP Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 Tahun 2019/2020

Assalamu'alaikum wr.Wb, halo para pencari edukasi selamat berkunjung pulang di blog yg sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menaruh perangkat pembelajaran berupa RPP Tematik untuk tingkat Kelas 6 SD/MI yakni Tema 4 Globalisasi Semester 1 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2019/2020 sanggup anda download secara gratis pada .

 halo para pencari edukasi selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini RPP Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 Tahun 2019/2020

RPP adalah perangkat pembelajaran atau pegangan harus dibuat setiap guru yang sinkron menggunakan silabus. Oleh karenanya RPP Kelas VI Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 pada tahun pelajaran 2019/2020 ini wajib anda miliki untuk proses dalam aktivitas belajar mengajar.

RPP Kelas 6 Tema 4 (Globalisasi) yang saya bagikan berikut adalah terdiri berdasarkan 1 hingga dengan 4 subtema, & masing-masing subtema terdiri dari 6 pembelajaran.

  • Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku
  • Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya
  • Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air
  • Subtema 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi
Harap dibaca juga RPP Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018

Yang harus kita ketahui bahwa RPP K13 Kelas 6 Tema 4 Semester 1 Revisi 2018 ini telah terintegrasikan literasi yg mencakup 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative). Dan dilengkapi KI1, KI2, KI3, & KI4 yg bertujuan menumbuhkan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan para peserta didik.

Tanpa poly kata, apabila bapak/ibu guru sedang mencari maupun membutuhkan RPP Tematik Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 misalnya berikut. Silahkan buat selengkapnya anda bisa pribadi saja download filenya lewat tautan link yg telah disematkan dibawah ini

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 4 Revisi 2018 Tahun 2019/2020

  • Download  RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Revisi 2018
  • Download  RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Revisi 2018
  • Download  RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Revisi 2018
  • Download  RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 4 Revisi 2018

Download Juga Latihan Soalnya:

Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1

Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema dua

Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3

Demikian buat pembahasan kali ini mengenai RPP Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 Tahun 2019/2020. Semoga apa yang aku berikan bermanfaat bagi bapak/mak guru & para pencari edukasi sebagai bahan surat keterangan dalam pembuatan & menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Tahun Ajaran 2019/2020 kini ini.

Saturday, January 30, 2021

Soal Matematika Bab Uang Kelas 3 Dan Kunci Jawaban

Assalamu'alaikum wr.wb, halo selamat berkunjung kembali di blog yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Soal Matematika Bab Uang Kelas 3 Dan Kunci Jawaban  yang bisa anda download secara gratis. Kenapa kita sebagai guru terutama guru kelas 3 SD/MI contohnya harus mengadakan evaluasi berupa Latihan Soal Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 ?

Baca Juga

Soal Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar/MI Tema 1 Subtema 4

Soal Ulangan Harian K13 Kelas 3 Tema 4

Karena dengan di adakanya Latihan Soal Ulangan Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 tersebut bermanfaat untuk mengasah keterampilan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sudah bapak/ibu guru terangkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil dari Latihan Soal Matematika Kelas 3 Bab Uang tersebut yang diperoleh siswa dapat menjadi bahan pertimbangan bagi seorang guru menilai siswa sejauh mana tercapainya KKM/KBM dalam memahami materi pelajaran yang bapak/ibu guru berikan.

Download Juga

Latihan Soal Matematika Kelas 3 Bab 5

Latihan Soal Matematika Kelas tiga Bab 6

Latihan Soal Matematika Kelas tiga Bab 7

Tidak hanya itu dengan adanya berupa Latihan Soal Matematika Kelas tiga Bab 4 Uang tersebut berharaap bisa menumbuhkan dan menyebarkan keterampilan berhitung (memakai blangan) dan mempersiapkan peserta didik agar bisa menggunakan Matematika berdasarkan pola pikir Matematika kedalam kehidupan sehari-hari & pada menyelidiki aneka macam ilmu pengetahuan.

Soal Matematika Bab Uang Kelas 3 Dan Kunci Jawaban ini dibuat menggunakan pendekatan tematik yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurtilas/Kurikulum 2013 serta pada buku paket tahun ajaran terbaru yang digunakan pada setiap satuan Sekolah Dasar (SD). Latihan Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 3 Bab Uang yang saya bagikan ini menggunakan format docx dan sehingga bisa di edit kembali sesuai kebutuhan bapak ibu guru sebagai referensi bahan untuk pembuatan Latihan Soal Matematika Kelas 3 SD/MI.

Jika anda membutuhkan file dari Soal Matematika Kelas 3 SD/MI Bab 4 Uang seperti berikut silahkan anda bisa langsung download beserta Kunci jawabannya melalui link yang telah saya sematkan di bawah ini.

  • Download Soal Matematika Kelas 3 SD/MI Bab Uang
  • Download Kunci Jawaban Matematika Kelas 3 SD/MI Bab Uang

Perlu di perhatikan, bagi yang belum tahutata cara download file di  silahkan baca dulu sejenak  ➤ Disini

Demikian untuk pembahasan kali ini tentang Soal Matematika Bab Uang Kelas 3 Dan Kunci Jawaban  semoga apa yang saya berikan bermanfaat untuk anda para bapak/ibu guru dan para pencari edukasi sebagai bahan referensi dalam media pembelajaran.

Parikesit

Peristiwa sebelum kelahiran

Saat Maharaja Parikesit masih berada pada kandungan, ayahnya yang bernama Abimanyu, turut serta beserta Arjuna dalam sebuah pertempuran akbar di daratan Kurukshetra. Dalam pertempuran tersebut, Abimanyu gugur dalam agresi musuh yang dilakukan secara curang. Abimanyu meninggalkan ibu Parikesit yg bernama Utara lantaran gugur dalam perang.

Pada pertempuran pada akhir hari kedelapan belas, Aswatama bertarung menggunakan Arjuna. Aswatama dan Arjuna sama-sama sakti dan sama-sama mengeluarkan senjata Brahm?Stra. Karena dicegah sang Resi Byasa, Aswatama dianjurkan buat mengarahkan senjata tadi pada objek lain. Maka Aswatama memilih agar senjata tadi diarahkan ke kandungan Utara. Senjata tersebut pun membunuh Parikesit yang maish berada dalam kandungan. Atas pertolongan dari Kresna, Parikesit dihidupkan kembali. Aswatama kemudian dikutuk supaya mengembara pada global selamanya.

Ramalan kehidupan

Raja parikesit mengalungkan bangkai ular di leher Bagawan Samit

Resi Dhomya memprediksikan pada Yudistira sesudah Parikesit lahir bahwa ia akan menjadi pemuja setia Dewa Wisnu, dan semenjak ia diselamatkan sang Bhatara Kresna, dia akan dikenal sebagai Vishnurata (Orang yg selalu dilindungi sang Sang Dewa).

Resi Dhomya memprediksikan bahwa Parikesit akan selamanya mencurahkan kebajikan, ajaran kepercayaan & kebenaran, dan akan sebagai pemimpin yang bijaksana, tepatnya misalnya Ikswaku dan Rama berdasarkan Ayodhya. Ia akan menjadi ksatria panutan seperti Arjuna, yaitu kakeknya sendiri, dan akan membawa kemahsyuran bagi keluarganya.

Raja Hastinapura

Saat dimulainya zaman Kali Yuga, yaitu zaman kegelapan, dan mangkatnya Kresna Awatara berdasarkan dunia fana, lima Pandawa bersaudara purna tugas berdasarkan pemerintahan. Parikesit telah layak diangkat sebagai raja, menggunakan Krepa menjadi penasihatnya. Ia menyelenggarakan Aswameddha Yaj?A 3 kali pada bawah bimibingan Krepa.

Kutukan Sang Srenggi

Pada suatu hari, Raja Parikesit pulang berburu ke tengah hutan. Ia kepayahan menangkap seekor buruan, lalu berhenti buat beristirahat. Akhirnya ia sampai di sebuah tempat pertapaan. Di pertapaan tadi, tinggalah Bagawan Samiti. Ia sedang duduk bertapa & diam. Ketika Sang Raja bertanya kemana buruannya pulang, Bagawan Samiti hanya membisu membisu lantaran pantang berkata-istilah ketika sedang bertapa. Lantaran pertanyaannya nir dijawab, Raja Parikesit marah & merogoh bangkai ular dengan anak panahnya, lalu mengalungkannya ke leher Bagawan Samiti. Kemudian Sang Kresa menceritakan insiden tersebut pada putera Bagawan Samiti yg bernama Sang Srenggi yg bersifat mudah marah.

Saat Sang Srenggi pulang, ia melihat bangkai ular melilit leher ayahnya. Kemudian Sang Srenggi mengucapkan kutukan bahwa Raja Parikesit akan tewas digigit ular selesainya tujuh hari semenjak kutukan tersebut diucapkan. Bagawan Samiti kecewa terhadap perbuatan puteranya tersebut, yang mengutuk raja yang sudah menaruh mereka tempat berlindung. Akhirnya Bagawan Samiti berjanji akan mengakhiri kutukan tersebut. Dia mengutus muridnya buat memberitahu Sang Raja, namun Sang Raja merasa malu buat mengakhiri kutukan tersebut dan memilih buat berlindung.

Kemudian Naga Taksaka pergi ke Hastinapura buat melaksanakan perintah Sang Srenggi buat menggigit Sang Raja. Penjagaan di Hastinapura sangat ketat. Sang Raja berada pada menara tinggi dan dikelilingi sang prajurit, brahmana, dan ahli bisa. Untuk dapat membunuh Sang Raja, Naga Taksaka menyamar menjadi ulat pada buah jambu. Kemudian jambu tadi diduguhkan pada Sang Raja. Kutukan tersebut sebagai kenyataan. Raja Parikesit wafat sesudah digigit Naga Taksaka yang menyamar sebagai ulat dalam butir jambu.

Keturunan Raja Parikesit

Parikesit menikahi Madrawati, & mempunyai seseorang putera bernama Janamejaya. Janamejaya diangkat menjadi raja dalam usia yang masih belia. Janamejaya menikahi Wapushtama, & memiliki 2 putera bernama Satanika & Sankukarna. Satanika diangkat menjadi raja menggantikan ayahnya dan menikahi puteri berdasarkan Kerajaan Wideha, kemudian memiliki seorang putra bernama Aswamedhadatta.

Para keturunan Raja Parikesit tadi merupakan raja legendaris yang memimpin Kerajaan Kuru, namun riwayatnya tidak muncul dalam Mahabharata.

Parikesit pada pewayangan Jawa

Parikesit merupakan putera Abimanyu alias Angkawijaya, kesatria Plangkawati menggunakan permaisuri Dewi Utari, puteri Prabu Matsyapati dengan Dewi Ni Yustinawati dari Kerajaan Wirata. Ia seseorang anak yatim, lantaran waktu ayahnya gugur di medan perang Bharatayuddha, beliau masih dalam kandungan ibunya. Parikesit lahir di istana Hastinapura setelah keluarga Pandawa boyong menurut Amarta ke Hastinapura.

Parikesit naik tahta negara Hastinapura menggantikan kakeknya Prabu Karimataya, nama gelar Prabu Yudistira setelah sebagai raja negara Hastinapura. Ia berwatak bijaksana, amanah & adil.

Prabu Parikesit mempunyai lima (lima) orang permasuri dan 8 (delapan) orang putera, yaitu:

1. Dewi Puyangan, berputera Ramayana & Pramasata

2. Dewi Gentang, berputera Dewi Tamioyi

3. Dewi Satapi alias Dewi Tapen, berputera Yudayana dan Dewi Pramasti

4. Dewi Impun, berputera Dewi Niyedi

lima. Dewi Dangan, berputera Ramaprawa & Basanta.

Menurut wikipedia

RPP Prakarya Kelas 8 SMP/Mts Kurikulum 2103 Revisi 2018

Assalamu'alaikum wr.wb, selamat berkunjung kembali di blog  yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi RPP Prakarya Kelas 8 SMP/Mts Kurikulum 2103 Revisi 2018 yang bisa bapak/ibu guru download filenya secara gratis. Sebelum melanjutkan kepembahasan alangkah baiknya anda baca terlebih dahuluRPP Penjaskes SMP Kelas 8 Revisi 2018. RPP merupakan perangkat pembelajaran atau pegangan wajib dibuat setiap guru yang sesuai dengan silabus, oleh karena itu RPP Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2103 Revisi 2018 tahun pelajaran 2018/2019 ini wajib anda miliki untuk proses dalam kegiatan belajar mengajar.

 Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi RPP Prakarya Kelas RPP Prakarya Kelas 8 SMP/Mts Kurikulum 2103 Revisi 2018

RPP Prakarya SMP Kelas 8 Kurikulum 2103 Revisi 2018 ini sudah di integrasikan literasi yang meliputi 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, Collaborative) dan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tidak hanya itu RPP K13 Prakarya Kelas 8 SMP/Mts Revisi 2018 yang saya bagikan ini dilengkapi dengan KI1, KI2, KI3, dan KI4 yang bertujuan menumbuhkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan para peserta didik.

Baca Juga

RPP Prakarya SMP Kelas 7 Kurikulum 2013

RPP Prakarya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013

Maka dari itu bagi anda bapak/ibu guru yang mengajar di jenjangSMP/Mts terutama memegang pelajaran Prakarya bila belum mempunyai RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2103 Revisi 2018 dan RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2103 Revisi 2018 berikut berformat Doc, ada baiknya dapat anda gunakan sebagai bahan referensi dalam pembuatan dan menyusun perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka dari itu sebelum anda melakukan pelaksanaan pembelajaran lebih baik download terlebih dahulu RPP Prakarya Kelas 8 SMP/Mts Revisi Terbaru untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 ini supaya kegiatan belajar mengajar anda di kelas terlaksana dengan baik,lancar dan optimaL.

Bagi anda yang sedang mencari dan ingin mempunyai perangkat pembelajaran berupa RPP K13 Sekolah Menengah pertama/Mts Prakarya Kelas 8 Revisi 2018 anda bisa eksklusif download melalui link yang tersemat dibawah ini.

RPP Prakarya Kelas 8 Sekolah Menengah pertama/Mts Semester 1 Kurikulum 2013

  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 Budidaya VIII-1 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 Budidaya VIII-2 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 KerajinanVIII-1 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 Kerajinan VIII-2 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 Pengolahan VIII-1 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 1 Pengolahan VIII-2 .doc

RPP Prakarya Kelas 8 Sekolah Menengah pertama/Mts Semester 2 Kurikulum 2013

  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Budidaya VIII-3 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Budidaya VIII-4 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 KerajinanVIII-3 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Kerajinan VIII-4 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Pengolahan VIII-3 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Pengolahan VIII-4 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Rekayasa VIII-3 .doc
  • Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Rekayasa VIII-4 .doc

Demikian untuk pembahasan kali ini tentangRPP Prakarya Kelas 8 SMP/Mts Kurikulum 2103 Revisi 2018 semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat untuk anda para bapak/ibu guru dan para pencari edukasi sebagai bahan referensi dalam pembuatan media perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Saya harapkan ambilah file dengan bijak, dan tidak mengcopas seluruh artikel yang ada di  dan hargailah hasil berpikir oranglain, terimaksih.