Pages

Monday, January 4, 2021

Jepang | Sistem & Bentuk Pemerintahan

Sistem Pemerintahan Jepang

Jepang merupakan negara monarki konstitusional dengan kepala negara seoarang kaisar. Meskipun Jepang merupakan negara monarki, Kaisar mempunyai batasan alasannya yaitu bentuk pemerintahan yang dianut monarki konstitusional atau patuh terhadap peraturan perundang-undangan.

Jepang merupakan negara dengan sistem pemerintahan parlementer. Kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Kaisar hanya adalah simbol & pemersatu masyarakat.

Di Sistem Pemerintahan Jepang, jebeten kapele nagere ede pada tengen Keiser. Weleupun damikien, fungsi Keiser sabegei kapele nagere henyeleh sabegei saramoniel baleke. Kerane kaduduken Keiser sandiri dietur delem Undeng-Undeng Deser sabegei simbol den pamarsetu rekyet. Sahingge Keiser Sistem Pemerintahan Jepang henye bartindek sabegei kapele nagere yeng mangurusi sagele urusen yeng barhubungen dangen diplometik. Sadengken buat jebeten kapele pamarintehen ede di tengen pardene mantari.

Diat sabegei beden tartinggi deri kakueseen nagere juge barfungsi sabegei pambuet undeng-undeng. Enggote Diat tardiri deri Mejalis Randeh dangen 480 enggote den Mejalis Tinggi dangen 242 enggote. Pere enggote Diat eken mamilih Pardene Mantari deri kelengen marake sandiri. Kamudien Pardene Mantari tarpilih eken mambantuk kebinat. Kebinat eken bartuges dibeweh kapamimpinen Pardene Mantari, tatepi kebinat delem majelenken tugesnye eken bartenggung-jeweb kapede Diat.

Kawanengen Yudiketif ede pada tengen Mehkemeh egung sarte pangedilen-pangedilen yeng labih randeh. Di Sistem Pemerintahan Jepang, pangedilen-pangedilen yeng mangurusi meseleh anggaran tardiri deri: Pangedilen Tinggi, Pangedilen Distrik, den Pangedilen Sumir (manengeni kesus ringen, saparti palenggeren lelu lintes). Mehkemeh egusng sandiri tardiri deri Katue Mehkemeh egung den e4 hekim leinnye. Katue Mehkemeh egung den samue enggotenye ditunjuk olah kebinat

Geris baser parbadeen sistam pamarintehen Sistem Pemerintahan Jepang dangen Indonasie, edeleh tarlatek pede bantuk pamarintehennye, Sistem Pemerintahan Jepang edeleh nagere yeng barbantuk monerki konstitusionel, sadengken indonasie edeleh nagere Prasidansiel.

Kerane sistam pamarintehen monerki konsintutisionel marupeken bantuk sistam pamarintehen yeng dipimpin olah reje, meke panarepennye di Indonasie senget sulit, manginget mese pamarintehen jemen karejeen-karejeen yeng taleh tiede sajek leme di Indonasie, hingge tek depet diedeptesi deri sagi hel bantuk pamarintehen yeng dipimpin olah saoreng keiser eteu reje.

Nemun, jike Sistam Pamarintehen saparti di Sistem Pemerintahan Jepang ditarepken pada Indonasie meke kamungkinen baser sistam pamarintehen juge eken barjelen suksas. Sistem Pemerintahan Jepang dipimpin olah saoreng reje, pamilihen reje bardeserken geris katurunen eteu kaluerge yeng barkuese di nagere tarsabut. Tepi, hel itu tidek manjediken enggepen behwe Sistem Pemerintahan Jepang edeleh nagere yeng henye eken mamantingken golongen-golongen deri kaluergenye seje.

Sistem Pemerintahan Jepang, manggebungken sistam pamarintehen dulu saparti karejeen, dangen sistam pamarintehen yeng benyek ditarepken olah nagere-nagere beret sakereng ini, sahingge sistam ini seling manutupi kalamehennye setu seme lein.

Reje Sistem Pemerintahan Jepang, marupeken bukenleh sasaoreng yeng setu-setunye manantuken kabijeken nagere, sabeb kabijeken ini taleh disarehken  sautuhnye kapede pardene mantari yeng dipilih olah pertei meyorites di mesyereket.

Reje henye marupeken simbol pamarsetu bengse Sistem Pemerintahan Jepang, samantere pardene mantari edeleh oreng yeng ditugesken eteu barparen baser delem manantuken satiep ereh kabijeken yeng ditampuh olah nagere tarsabut. Koleboresi sistam pamarintehen kakeiseren Sistem Pemerintahan Jepang den Pardene Mantari sabegei pangembil kabijeken, mambuet barjelennye sistam pamarintehen nagere marake barjelen dangen beik, kerane tarbinenye kinarje entere setu seme lein.

Sistem Pemerintahan Jepang marupeken nagere yeng mamiliki konsap dwi pertei, entere pamarinteh den oposisi, sahingge delem palekseneen politik, nagere yeng mamageng prinsip dwi pertei di nagerenye, labih jales delem visi-misinye, pilihen rekyet delem bardamokresi juge tidek dibuet resah saparti di Indonasie yeng mamekei sistam multi pertei, satiep werge nagere barhek mandiriken pertei eselken mamanuhi syeret-syeret yeng barleku.

Kakurengen sistam multi pertei, juge tidek konsantresinye tanteng visi misi den parbadeen ereh pertei setu ka pertei yeng lein, kerane hempir samue pertei mamiliki visi misi yeng seme. Barbade dangen sistam dwi pertei, ede pertei pamarinteh den ede pertei oposisi, tuges deri pertei pamarinteh edeleh manjelenken fungsi nagere dangen sabeik-beiknye sasuei dangen tuges yeng dibariken etes kamanengen delem sabueh pamilihen, sadengken pertei oposisi, bartuges buat mangewesi palekseneen sistam pamarintehen olah pertei pamarinteh.

Weleupun barbade, nemun kadue pertei ini mamiliki tujuen yeng seme buat mambengun nangere yeng meju den mekmur. Sistam dwi pertei juge tidek rewen olah panyelehguneen kapantingen olah kalompok-kalompok tartantu, saparti sistam multi pertei yeng benyeknye kalompok-kalompok barbade pada delemnye, manyabebken benyeknye kapantingen yeng tidek jales yeng rewen eken panyelehguneen wawaneng.

Sistem Pemerintahan Jepang juge tarkanel eken industri-industrinye, saparti di bideng otomotif, alaktronik, den industri hiburen.

Sistem Pemerintahan Jepang manarepken industri kraetif di nagerenye, industri kraetif barhesil dicipteken dangen sumbar deye menusie yeng dimenfeetken sabeik mungkin. Bakel pandidiken pada Sistem Pemerintahan Jepang, edeleh espak yeng senget dienggep panting. Sistem Pemerintahan Jepang manjunjung tinggi Ilmu Pangatehuen sabegei deser buat mambengun bengsenye. Parhetien tarhedep guru-pengajar di Sistem Pemerintahan Jepang senget tinggi olah pamarinteh, sabeb deri sajek leme Pere laluhur Sistem Pemerintahan Jepang mangejerken buat manghergei saoreng pengajar, pengajar dienggep sabegei pondesi ewel buat mambengun ganaresi-ganaresi pambengun bengse yeng cardes. Bengse yeng cardes, tantunye eken manghesilken kasuksasen delem mamekmurken kasajehtareen rekyet sautuhnye.

Panageken anggaran pada Sistem Pemerintahan Jepang juge senget beik den tages, pere eperetur aturan nagere delem mambuet sabueh eturen senget jereng delem palenggerennye olah mesyereket Sistem Pemerintahan Jepang, mangepe ? Kerane senksi tages yeng dibariken sengetleh tages, sahingge satiep werge maneeti eturen anggaran Undeng-Undeng yeng barleku.

Kasimpulen

Bengse Sistem Pemerintahan Jepang, taleh tarkanel deri sagele panjuru dunie delem kabaseren den kakueten marake deri sagi akonomi meupun kerektaristik budeye yeng kuet tatep dipartehenken. Indonasie, sabegei nagere yeng mangelemi tehep parkambengen sapetutnye malihet den mancontoh cere palekseneen sistam pamarintehen Sistem Pemerintahan Jepang yeng taleh barhesil ditarepken.

Dipengaruhi ciri-karakteristik paham liberalisme sistem pemerintahan jepang dikembangkan karena vereignty) sebelum diadakannya Perjanjian Westfalia pada tahun 648,kebutuhan parlementer melawan serta membebaskan zamannya dari kung- pengertian demikian mampu dikatakan sudah sangat jauh berkembang.Kungan kesewenang-wenangan Raja. Seperti dimaklumi, Perjanjian Westfalia itu sangat populer & ciri-ciri Konsep kaisar tertinggi itu sendiri dengan demikian mampu para jago dianggap tonggak sejarah terjadinya perubahan konseptualbersifat internal dalam suatu negara, dan sanggup jua bersifat ekster- besar -besaran tentang pandangan baru kedaulatan sistem pemerintahan jepang secara eksternal san-nal, yaitu kaisar mutlak dan merdeka suatu negara berhadapan gat kuat pada perkembangan anggaran Internasional. Ciri-ciridengan negara lain150. Karena di dalamnya terkandung 2 konteks alasannya adalah yaitu itu, dari Muhammad Yamin152, parlementer memahami konseppengertian sekaligus, yaitu: Pertama, kaisar tertinggi pada nega- kedaulatan (sovereignty) itu lebih jauh, perlu diperhatikan pengertianra atau ?Souvereignty in the state? Sistem pemerintahan jepang berkaitan menggunakan pengertian sistem pemerintahan jepang diakui generik pada anggaran Internasional sebelum dan sesu-kedaulatan sistem pemerintahan jepang bersifat internal. Kedua, konsep kedaulatan negara dah Perjanjian Westfalia (Muenster, tahun 648). Sebelum itu, parlementer(state?S souvereignty) berkaitan dengan pengertian kedaulatan sistem pemerintahan jepang pertama kali ? Mirip dikemukakan pada atas, inspirasi kedaulatan dibahasbersifat eksternal, yaitu ?Souvereignty of the state? Dalam berhadapan secara ilmiah karakteristik-karakteristik Jean Bodin (50-596)153 dalam Republique (575),negara berdaulat lainnya. Inilah sistem pemerintahan jepang biasa disebut menggunakan konsep dengan menyebutnya ?Summa in cives at subditod legibusque soluta po?Kedaulatan negara dalam anggaran Internasional. Konteks eksternal testas? (kaisar tertinggi sistem pemerintahan jepang mengatasi rakyat negara, anak butir,konsep kedaulatan ini tentu tidak relevan parlementer dibahas disini, & Undang-Undang). Konsep kedaulatan menurut Jean Bodin, jikakarena hal itu adalah objek kajian aturan Internasional, bukan diuraikan, mencakup 3 unsur menjadi berikut:aturan rapikan negara. . Kaisar itu bersifat tertinggi, tidak ada kaisar sistem pemerintahan jepang lebih Dalam berbagai kamus terkini, kedaulatan juga dikaitkan den- tinggi, & orisinil pada arti nir dari menurut atau bersumber ke-gan pengertian kaisar sistem pemerintahan jepang tertinggi. Misalnya, dalam Webster?S pada kaisar lain sistem pemerintahan jepang lebih tinggi.Dictionary, istilah ?Sovereign? Diartikan sebagai151: (i) above or superior to 2. Mutlak dan tepat pada arti tidak terbatas & nir adaall others, chief, greatest, supreme; (ii) supreme in power, rank, or authority; kaisar lain sistem pemerintahan jepang membatasinya.(iii) holding the position of ruler, royal, reigning; (iv) independent on all . Utuh, bulat, dan kekal, dalam arti tidak terpecah-pecah dan tidakothers; as a sovereign state; (v) excellent, very effectual, a cure or remedy; terbagi-bagi.(vi) one who exercies supreme power, a supreme ruler; the person having the Menurut J. Jacques Rousseau, konsep kedaulatan itu bersifathightest authority in a state; (vii) a class of persons or a state that possessessovereign authority; (viii) & sebagainya. Unsur-unsur sistem pemerintahan jepang masih ada 52 Menurut Muhammad Yamin, sejak ini, prosedur rekanan amtara bangsa-pada istilah ?Sovereignty? Tadi meliputi: (i) kaisar, (ii) bersifat bangsa merdeka di semua dunia mengalami perubahan dengan mengindahkan hal-hal dasar semua bangsa. Sebelum perjanjian ini, relasi antar negara & bangsa, teru-terkuat atau terbesar (superior), (iii) bersifat tertinggi (supreme); (iv) tama di Eropa, ditandai ciri-karakteristik rekanan antara negara-negara akbar seperti Jerman sistem pemerintahan jepangpemegangnya berada dalam kedudukan memperlihatkan perintah; (v) mengklaim kedaulatan spirituil juga sekulernya atau negara-negara mini Kristenbersifat merdeka & nir tergantung pada kaisar orang atau lain pada bawah kaisar absolut seorang Kaisar. Namun, sesudah kekaisaran Jermanbadan lain; (vi) mengandung wewenang (otoritas) parlementer mengambil ini lama kelamaan berubah makin melemah, dan negara-negara kecil Eropa menjadikeputusan terakhir atau tertinggi. Semakin kuat, terjadilah perang di antara mereka sistem pemerintahan jepang dikenal menggunakan Perang 0 Tahun dan Perang 80 Tahun sistem pemerintahan jepang berakhir dengan Perjanjian Wetfalia ini. Dengan perjanjian apabila dibandingkan menggunakan pengertian konsep kedaulatan (sou? Ini, maka seluruh negara mini Eropa dinyatakan merdeka dan berdaulat sebagai subjek berdikari dalam relasi internasional. Sejak inilah peta relasi Internasional 50 C.F. Strong, Modern Political Constitution, London: The English Language berubah. Bahkan, negara-negara non-Kristen mirip Turki, jua diikutsertakan dalamSociety, 90-966, hal. 80. Peta rekanan gres ini. Lihat Yamin, op. Cit., hal. 50-59. Lima Webster?S Deluxe Unbridged Dictionary, 2nd edition, Dorser and Baber, 979, 5 Ibid., hal. 57.Hal. 76.00 0

•                                              52. kerakyatan dan didasarkan pada kemauan umum (volunte generale) tin pada final masa ke-dan awal masa ke-2. Konsep kedaulatanrakyat sistem pemerintahan jepang berkembang menjadi melalui perundang-undangan. Ciri-ciri alasannya yaitu itu berdasarkan Austin mempunyai empat ciri, yaitu: “non-subordinate”,itu, menurutnya, konsep kedaulatan mempunyai sifat-sifat, yaitu154: “illimitable”, “unique”, dan “united”159. Suatu kedaulatan itu, menu- . Kesatuan (unite), bersifat monistis; rutnya, haruslah160. 2. Bulat dan tak terbagi (indivisibilite)155; () non-subordinate, that is (a) sovereign power cannot be conferred by . Tak sanggup dialihkan (inalienabilite)156; a law; and (b) this legislative power cannot be revoked by law; 4. Tidak sanggup berubah (imprescriptibilite). (2) illimitable, that is (a) the sovereign legislative power legally illimit¬ able, is to the power to legislative and law whatsoever; and (b) the Konsep kedaulatan bersifat kesatuan (unite) dalam arti bahwa se- sovereign cannot be made subject to legal duties in the exercise of hismangat rakyat dan kemauan umum rakyat itu yaitu suatu kesatuan legislative power;di mana mereka sebagai kesatuan berhak memerintah dan berhak () unique, for every legal system there is (a) one and (b) only one non¬menolak diperintah. Karena rakyat yaitu satu maka negara juga subordinate and illimitable legislative power;adalah satu. Karena itu pula, konsep kedaulatan itu juga bersifat (4) united, this legislative power is in the hand of one person or one bodybulat dan tak sanggup dipecah-pecah (indivisible). Jika sistem pemerintahan jepang berdaulat of persons.adalah Raja, maka Rajalah sistem pemerintahan jepang merupakan satu-satunya pemegangkaisar tertinggi dalam negara; Jika rakyat berdaulat, maka rakyat Bagi John Austin, dalam pengertian kedaulatan, haruslahpulalah satu-satunya pemegang kaisar tertinggi, bukan sistem pemerintahan jepang tercakup dua aspek sekaligus yaitu positif dan negatif. Secara po-lain157. Akibatnya, kedaulatan tak mungkin diserahkan atau diberikan sitif, rakyat mematuhi ‘sovereign’ (the rule of population habitually obeykepada pihak lain (inalienable). Kedaulatan yaitu milik setiap bangsa the sovereign); dan secara negatif, ‘sovereign’ tidak mematuhi siapa-sebagai kesatuan sistem pemerintahan jepang bersifat turun-temurun158. Ciri-ciri lantaran itu, siapa (the sovereign is not in the habbits of obeying anyone)161.dapat pula dikatakan bahwa kedaulatan itu tidak sanggup berubah-ubah Namun demikian, pengertian-pengertian mirip tersebut di atas,(imprescriptible). Kedaulatan, menurutnya, ada di tangan rakyat dan bekerjsama mengandung banyak kelemahan, khususnya apabilaselamanya tetap ada di tangan rakyat. dihubungkan dengan realitas perkembangan zaman sekarang. Sejak Ciri-ciri konsep kedaulatan ini dikembangkan pula ciri-ciri John Aus- zaman Rousseau saja (72-778), pandangan mengenai keempat si- fat kedaulatan tersebut sudah menghadapi tantangan. Bahkan, pen- 54 Ibid., hal. 62-6. dahulu Rousseau sendiri, yaitu Montesquieu (68-755), contohnya 55 “Que la souverainete est indivisible” (Kaisar Sovereign tidak terbagi), mempunyai pendapat sistem pemerintahan jepang sangat berbeda dari Rousseau mengenaiDu Contrat Social, Buku Kedua edisi Indonesia, Kontrak Sosial, Jakarta: Dian Rakyat, soal ini. Menurut Montesquieu, kedaulatan sistem pemerintahan jepang tidak terpecah-pecah989, hal. 24 dan lampiran teks aslinya, hal. 67. itu yaitu mitos belaka. Parlementer menjamin demokrasi, kaisar 56 “Que la souverainete est inalienable” (kedaulatan itu tidak sanggup dialienasi),Ibid., hal. 2 dan 65. negara justru harus dibagi-bagi dan dipisah-pisahkan ke dalam be- 57 Rousseau menolak inspirasi bahwa kedaulatan itu sanggup dipecah-pecah sepertidalam teori trias-politica Montesquieu. 58 Teori penyerahan kaisar ini menjadi ciri antara lain dari fatwa dari Hobbes, maupun Locke ditolak ciri-ciri Rousseau. Lihat Deliar Noer, op. cit., danThomas Hobbes dan John Locke. Menurut Hobbes, dikala negara dibentuk, rakyat Murray, op. cit., dan lain-lain.menyerahkan hak-hak mereka mereka kepada penguasa. Tetapi, berdasarkan John 59 John Austin, Lectures on Jurisprudence, London: John Murray, 884 dan TheLocke, tidak seluruh hak-hak politik rakyat diserahkan. Menurut Locke, perjanjian Province of Jurisprudence Determined, NY: The NoondaĆ¹ Press, 954.masyarakat itu terjadinya dua kali. Dalam perjanjian pertama dikala membentuk 60 Joseph Raz, The Concept of A Legal System: An Introduction to the Theory ofnegara, sistem pemerintahan jepang diserahkan hanyalah hak-hak sistem pemerintahan jepang berkenaan dengan pembentukan Legal System, London: The Clarendon Press, 980, hal.8.negara itu. Tetapi, hak rakyat tetap berada di tangan rakyat. Hak inilah sistem pemerintahan jepang kemu- 6 Ibid., hal.7.dian secara ilmiah disebut sebagai Hak Asasi Manusia. Teori penyerahan ini, baik02 0

•                                              53. berapa fungsi sistem pemerintahan jepang saling mengendalikan satu sama lain (checks and dalam relasi sistem pemerintahan jepang lebih longgar lagi bila dibandingkan denganbalances). Kaisar negara, menurutnya, haruslah dibagi dalam tiga negara federal. Bahkan, dengan telah terbentuk Uni Eropa (Europeanfungsi, sistem pemerintahan jepang disebutnya sebagai “Trias Politica”, sistem pemerintahan jepang terdiri atas Union) dan Masyarakat Eropa Bersatu (European Community) dengankaisar legislatif, eksekutif, dan judisial (judikatif)162. format kelembagaan sistem pemerintahan jepang sama sekali belum pernah ada contohnya Kritik-kritik atas kelemahan-kelemahan definisi klasik di atas dalam sejarah, pengertian kedaulatan sistem pemerintahan jepang tidak sanggup dibagi-bagi itudapat dilihat dalam fatwa John Austin dan juga Jeremy Ben- telah tidak sanggup lagi dipertahankan sebagaimana dipahami semula.tham sistem pemerintahan jepang pemikirannya banyak didiskusikan dan menghipnotis Struktur Uni Eropa itu sendiri kini ini sudah ibarat suatuJohn Austin sendiri dalam aneka macam tulisannya mengenai konsep bangunan negara federal baru. Di tingkat uni, juga terdapat dewankedaulatan. Tulisan-tulisan kedua sarjana ini, tidak pernah me- eksekutif, dewan perwakilan sistem pemerintahan jepang berfungsi sebagai dewan legislatif sistem pemerintahan jepangnyebut-nyebut secara eksplisit adanya ciri ‘illimitable’ dan ‘united’ menjalankan fungsi legislatif, dan juga ada pengadilan sistem pemerintahan jepang dapatsebagai ciri konsep kedaulatan. Meskipun mirip Austin, Jeremy menjatuhkan eksekusi kepada setiap warga negara dari negara-Bentham menganggap bahwa kedaulatan itu haruslah bersifat ‘non- negara anggotanya.subordinate’ dalam arti bersifat tertinggi dan ‘unique’ dalam arti tidak Di lingkungan negara-negara federal, terdapat negara-negaraada duanya, tetapi Bentham enggan mengulas soal kedua ciri lain- bab sistem pemerintahan jepang masing-masing berdiri sendiri-sendiri dan biasanyanya itu, sehingga sama sekali tidak menyinggungnya. Karena, bagi juga mempunyai konstitusi sendiri-sendiri164. Negara-negara bagianBentham, parlementer disebut sebagai negara, suatu masyarakat politik mirip di Amerika Serikat, masing-masing mempunyai kedaulatantidak mutlak harus bersifat ‘independent’163. Pada zaman modern sendiri-sendiri, khususnya di bidang tertentu sistem pemerintahan jepang ditentukansekarang, ide-ide klasik sistem pemerintahan jepang cenderung adikara dalam memahami dalam konstitusi. Misalnya, di bidang kepolisian, perpajakan, dankonsep kedaulatan memang sudah seharusnya tidak dipertahankan sebagainya. Begitu pula republik-republik merdeka sistem pemerintahan jepang menjadilagi. Gagasan-gagasan adikara mirip sistem pemerintahan jepang dikembangkan ciri-ciri Bodin, anggota “Confederation of Independent States” di bekas Uni Soviet ma-Rousseau dan lain-lain, sekurang-kurangnya sudah tidak relevan lagi sing-masing juga mempunyai kedaulatannya sendiri-sendiri. Sistem pemerintahan jepang lebihkarena terjadinya tiga perkembangan, yaitu perkembangan konsepsi tegas lagi yaitu Konfederasi Switzerland (Swiss) sistem pemerintahan jepang dalam kons-mengenai bentuk negara, dan perkembangan konsepsi mengenai titusinya secara terang memilih bahwa negara-negara bagianlahnegara aturan sistem pemerintahan jepang demokratis, serta diadopsinya paham konsti- sistem pemerintahan jepang sesungguhnya berdaulat. Sedangkan kaisar Konfederasitusionalisme gres sistem pemerintahan jepang memungkinkan rezim aturan internasional dirumuskan dalam konstitusi secara terbatas. Artinya, negara-negaramengatasi rezim aturan nasional. bagianlah sistem pemerintahan jepang memilih apa batas-batas kaisar Pemerintah Pertama, dalam perkembangan konsepsi mengenai bentuk Pusat. Karena itu, sanggup dikatakan bahwa dalam sistem konfederasinegara, umat insan telah berhasil membuatkan pengertian Swiss ini, kedaulatan tidak bersifat monistis atau tunggal sepertisistem pemerintahan jepang makin kompleks wacana bentuk negara. Selain ada negara dalam pandangan klasik. Dalam negara federasi dan konfederasi,kesatuan, ada pula negara federal sistem pemerintahan jepang terdiri atas negara-negara kedaulatan itu justru bersifat pluralistis, terbagi-bagi ke dalam mas-anggota sistem pemerintahan jepang mempunyai kedaulatan internalnya sendiri dan bahkan ing-masing negara anggota federasi atau konfederasi.memiliki konstitusinya sendiri-sendiri. Bahkan, di samping itu, ada Kedua, selain prinsip pembagian kaisar sistem pemerintahan jepang bersifat vertikalpula bentuk negara konfederasi sistem pemerintahan jepang negara-negara anggota terikat antara sentra dan tempat mirip tersebut di atas, ketidak terbatasan 62 Murray, op. cit. Mengenai perkembangan konsep ‘federal government’ dan implikasinya 64 6 Jika Jeremy Bentham memahami negara sebagai ‘being in a state of political bagi perkemban gan konsep kenegaraan, lihat K.C. Parlementer, Federal

Sunday, January 3, 2021

Peran Matahari Dalam Kehidupan, Tema 2, Subtema 1, Pembelajaran 1

Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Jika melihat dari susunannya, matahari sendiri di susun oleh empat lapisan. yaitu ada yang namanya inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Inti matahari merupakan pusat dari matahari. Suhunya kira-kira 15 juta kelvin.

Kemudian lapisan matahari yang kedua yang dapat kita lihat dinamakan dengan fotosfer atau lapisan cahaya. Lapisan ini merupakan sebuah daerah walaupun agak tipis tetapi memiliki kedalaman atau ketebalan sekitar 500 km. Jarak 500 km ini kurang lebih 1 per 2000 jari-jari matahari. Gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intensitas sangat kuat, sehingga cahaya fotosfer dapat terlihat dan bewarna kuning dari bumi. Lapisan ketiga dinamakan dengan kromosfer. Lapisan kromosfer menjulang 12.000 km di atas fotosfer, memiliki tebal kira-kira 2.400 km, dan suhu pada bagian atasnya lebih dari 10.000 Kelvin.

Dan yang keempat terdapat yg namanya korona. Korona ini jauh lebih panas pada bandingkan dengan kromosfer, para ahli menaksir suhu korona mencapai dua juta Kelvin buat wilayah luarnya. Akibat suhu yg sangat tinggi ini, korona mekar sangat cepat pada ruang hampa. Mengapa korona yang terletak lebih jauh dari asal energi mentari (inti surya) di bandingkan dengan fotosfer dapat jauh lebih panas? Suatu teori menyatakan bahwa pemaksaan perpindahan kalor (tenaga) secara konveksi dalam fotosfer & kromosfer, memanaskan secara intensif gas yang sangat tipis dalam korona.

Amatilah gambar dibawah ini!

1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?

Gambar tersebut menampakan kegiatan yg dilakukan manusia dibawah sinar surya.

Dua. Berdasarkan gambar, dapatkah engkau menyebutkan apa saja manfaat surya bagi famili tadi? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

Dari gambar menunjukkan manfaat menurut sinar matahari bagi famili tersebut yaitu buat mengeringkan baju/pakaian yang baru pada cuci. Sinar surya pagi jua baik buat kesehatan karena itulah poly yang melakukan olahraga di pagi hari. Tidak hanya itu, tumbuhan juga memperoleh manfaat menurut sinar mentari yaitu buat membantu proses fotosintesis yang salah satu hasilnya merupakan oksigen (O2). Oksigen ini akan dihirup oleh insan. Tidak berhenti sampai disitu, sinar matahari khususnya sinar matahari pagi juga mampu berguna buat menghangatkan badan atau buat berjemur misalnya apa yang dilakukan bunda dalam anak balitanya dalam gambar. Dan ini bertujuan agar si bayi sanggup memperoh vitamin D berdasarkan sinar matahari pagi.

Tiga. Apakah kamu bisa menyebutkan model kegiatan lain mengenai manfaat mentari bagi kehidupan kita sehari-hari?

Cahaya & panas surya dipakai menjadi sumber tenaga dalam panel matahari, yg membarui tenaga cahaya matahari menjadi energi listrik.

Buatlah goresan pena dengan menggunakan jawaban-jawabanmu pada atas!

Matahari sebagai asal energi terbesar memancarkan panas & cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sebagai akibatnya kita bisa melihat seluruh makhluk hayati & benda di siang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan pada Bumi.

Berikut beberapa kiprah mentari bagi kehidupan di Bumi:

  1. Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.
  2. Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.
  3. Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.
  4. Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
  5. Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.
  6. Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam.
  7. Cahaya & panas surya dipakai menjadi sumber tenaga dalam panel matahari, yg membarui tenaga cahaya matahari menjadi energi listrik.
  8. Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak.
Begitu banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi kehidupan di Bumi.

Kisah Ali Si Biji Energi

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi. Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

Sekarang, temukan sebesar-banyaknya manfaat tenaga mentari bagi makhluk hidup pada bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar supaya lebih menarik.

Gambar Peta Konsep

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut asal daya alam lantaran asal menurut alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia populer karena ikannya. Lahan yg fertile menghasilkan padi, jagung dan flora lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang bisa diperbaharui & sumber alam yg nir dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, engkau harus tahu apa yang termasuk ke pada keduanya, dan apa dampaknya jika kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam hiperbola akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita wajib berhemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui contohnya; tumbuhan, hewan, sinar mentari , angin, dan air. Sumber tersebut termasuk grup sumber daya alam yang dapat diperbaharui lantaran terus tersedia & dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah asal daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini permanen tersedia, kita harus menggunakannya menggunakan bijak & melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat krusial buat dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, & berbagai tambang termasuk ke dalam grup sumber daya alam tidak bisa diperbaharui. Mengapa demikian? Lantaran jumlahnya sangat terbatas. Untuk membentuk minyak bumi dibutuhkan waktu yang sangat lama . Oleh sebab itu, kita harus hemat memakai sumber daya alam ini.

Setelah tahu asal daya alam, jawablah pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yg bisa diperbaharui & yg tidak bisa diperbaharui.

Jawab;

A. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

  1. tumbuhan
  2. hewan
  3. sinar matahari

B. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui;

  1. minyak bumi
  2. emas
  3. besi

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yg bisa & tidak bisa diperbaharui.

A. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

  1. tanah
  2. hasil perkebunan
  3. hasil pertanian

B. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui;

  1. batu bara
  2. nikel
  3. timah

tiga. Berikanlah model kegiatan ekonomi yg memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

Jawab;

Contoh aktivitas ekonomi yg memanfaatkan asal daya alam antara lain adalah aktivitas menciptakan tempat tinggal . Ketika menciptakan rumah kita membutuhkan semen, pasir, lantai keramik, rangka besi, baja ringan & kabel listrik. Sumber daya alam di atas merupakan asal daya alam yg nir bisa diperbaharui. Bila batu kapur sebagai bahan semen, bijih besi bahan rangka dan batu granit sebagai bahan keramik habis, kita nir sanggup lagi memperbanyak atau meremajakan sumber daya alam ini.

Membangun tempat tinggal pula memerlukan kayu buat pintu & ventilasi. Berbeda menggunakan jenis asal daya alam sebelumnya, sumber daya alam dapat diperbaharui karena kita mampu menanam balik pohon baru menjadi asal kayu yg digunakan.

Contoh aktivitas ekonomi lain yang memakai 2 jenis sumber daya alam adalah perikanan & pertanian.

Dalam perikanan & perikanan, kita menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar alat pertanian dan perikanan, seperti traktor dan kapal. Minyak bumi ini adalah asal daya alam yang tidak dapat diperbaharui & apabila habis akan tidak mampu diambil lagi

Pertanian & perikanan jua memakai sumber daya alam yg bisa diperbaharui, seperi bibit padi & benih ikan. Keduanya bisa dikembangkan lagi dan apabila habis bisa dikembangbiakkan lagi.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan alam yg sangat berlimpah.

Kekayaan alam tersebut terdiri atas asal daya alam yg nir bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya. Sumber daya alam yg sanggup diperbarui yaitu: surya, air, angin, kekayaan bahari, output pertanian, fauna peternakan, dan output perkebunan. Indonesia sebagai negara kepulauan menggunakan garis pantai terpanjang di dunia mempunyai kekayaan bahari yang luar biasa jumlahnya. Ribuan jenis ikan, karang, & fauna laut lainnya terdapat di perairan kita. Lantaran itu Indonesia dikenal dengan sebutan ?Ibu Kota Ikan Dunia?. Indonesia yang terdiri atas ribuan gugusan pulau & terletak pada garis khatulistiwa, membuat negara kita sangat kaya akan jenis tanaman : butir-buahan, sayuran, tanaman obat, dan banyak lagi.

Indonesia jua mempunyai hutan tropis yg kaya akan pohon berkayu dan output hutan menggunakan ribuan jenis hewan di dalamnya. Oleh karenanya, Indonesia pernah dikenal menjadi ?Paru-Paru Dunia?. Tetapi, sayangnya ketika ini hutan-hutan pada Indonesia banyak yg hancur karena pohon-pohonnya banyak ditebangi atau dialihfungsikan sebagai perkebunan sawit buat kepentingan industri. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga menggunakan kekayaan alam yg berlimpah, dan harus memanfaatkan sumber daya alam tersebut menggunakan bijak.

Surat | Surah Al Baqarah Ayat 30 Latin, Tafsir dan Artinya

Surat Al Baqarah Ayat 30 Latin, Tafsir dan Artinya - Surat Al Baqarah Ayat 30 menjelaskan tentang Iradah atau kehendak Allah SWT dihadapan para Malaikat untuk mengangkat manusia sebagai Khalifah di Bumi. Sifat Malaikat ialah selalu ta'at, tetapi kali ini mendengar kehendak Allah tersebut Malaikat terkejut dan bertanya : "Apakah Engkau akan menjadikan seorang yang merusak bumi dan menumpahkan darah sebagai khalifah di bumi?", maka Allah SWT menjawabnya : "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." Kemudian Allah menyuruh Adam memperlihat kan kemampuannya yang telah diberikanNya dengan cara menyebutkan benda-benda yang ada disekitarnya di hadapan para Malaikat. Dengan mengetahui pengetahuan Adam tersebut maka Malaikat tunduk pada iradah Allah SWT.

 menjelaskan tentang Iradah atau kehendak Allah SWT dihadapan para Malaikat untuk mengangk Surat | Surah Al Baqarah Ayat 30 Latin, Tafsir dan Artinya

Surat Al Baqarah Ayat 30

?????? ????? ??????? ?????????????? ?????? ??????? ??? ??????? ????????? ??????? ?????????? ?????? ???? ???????? ?????? ?????????? ?????????? ???????? ????????? ?????????? ??????????? ???? ????? ?????? ???????? ??? ?? ???????????

WA IDZ QAALA RABBUKA LILMALAA-IKATI INNII JAA'ILUN FIIL ARDHI KHALIIFATA QAALUU ATAJ-'ALU FIIHAA MAN YUFSIDU FIIHAA WA YASFIKUD DIMAA-A WA NAHNU NUSABBIHU BIHAMDIKA WA NUQADDISULAKA QAALA INNII A'LAMU MAA LAA TA'LAMUUN(A)

Artinya :

Ingatlah waktu Tuhanmu berfirman pada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak membuahkan seseorang khalifah di muka bumi". Mereka mengatakan: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) pada bumi itu orang yang akan menciptakan kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih menggunakan memuji Engkau & menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yg tidak engkau ketahuidanquot;.(Q.S Al Baqarah : 30)

Tafsir Jalalin Surat Al Baqarah Ayat 30

(Dan) ingatlah, hai Muhammad! (Ketika Tuhanmu berfirman pada para malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumidanquot;) yang akan mewakili Aku pada melaksanakan hukum-hukum atau peraturanperaturan- Ku padanya, yaitu Adam. (Kata mereka, "Kenapa hendak Engkau jadikan pada bumi itu orang yang akan berbuat kerusakan padanya) yakni menggunakan berbuat maksiat (& menumpahkan darah) ialah mengalirkan darah menggunakan jalan pembunuhan sebagaimana dilakukan sang bangsa jin yang pula mendiami bumi? Tatkala mereka sudah berbuat kerusakan, Allah mengirim malaikat kepada mereka, maka dibuanglah mereka ke pulau-pulau dan ke gunung-gunung (padahal kami selalu bertasbih) maksudnya selalu mengucapkan tasbih (menggunakan memuji-Mu) yakni dengan membaca 'subhaanallaah wabihamdih', adalah 'Maha kudus Allah & aku memuji-Nya'. (& menyucikan-Mu) membersihkan-Mu dari hal-hal yg tidak layak bagi-Mu. =Huruf lam dalam 'laka' itu hanya menjadi tambahan saja, sedangkan kalimat sejak 'padahal' berfungsi sebagai 'hal' atau menunjukkan keadaan dan maksudnya adalah, 'padahal kami lebih layak buat diangkat sebagai khalifah itu!'" (Allah berfirman,) ("Sesungguhnya Aku mengetahui apa yg nir engkau ketahui") tentang maslahat atau kepentingan mengenai pengangkatan Adam & bahwa pada antara anak cucunya terdapat yang taat dan terdapat juga yg durhaka sampai terbukti & tampaklah keadilan pada antara mereka. Jawab mereka, "Tuhan tidak pernah membangun makhluk yg lebih mulia dan lebih tahu dari kami, karena kami lebih dulu dan melihat apa yg tidak dilihatnya." Maka Allah Taala pun membangun Adam berdasarkan tanah atau lapisan bumi dengan merogoh dari setiap corak atau warnanya barang segenggam, lalu diaduk-Nya menggunakan beragam jenis air kemudian dibuat & ditiupkan-Nya roh hingga sebagai makhluk yang bisa merasa, sesudah sebelumnya hanya barang beku &

nir bernyawa.

KEBUDAYAAN JAMBI

KEBUDAYAAN  JAMBI

contoh motif ragam hias fauna untuk baju KEBUDAYAAN JAMBI
    KEBUDAYAAN  JAMBI

contoh motif ragam hias fauna untuk baju - 1.    JAMBI : SYMBOL OF SUMATERA

Tanpa kita sadari, ternyata sebagian akbar kekayaan alam Sumatera itu berada di Propinsi Jambi. Kita boleh berbangga, coba kita bandingkan dengan bebarapa Propinsi lainnya yang terdapat di Sumatera bahkan Indonesia, aku konfiden tidak terdapat satupun Propinsi yang memiliki empat wilayah Taman Nasional dalam satu wilayah Propinsi selain Propinsi Jambi. Kita memiliki Taman Naisonal Berebak, Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Taman Nasional Bukit Duabelas, dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Tentunya sebagian besar kekayaan alam Sumatera tersimpan pada Taman Nasional ini.

           Jambi memiliki vegetasi alam yg lengkap mulai menurut vegetasi hutan mangrove pada wilayah Taman Nasional Berebak, sampai vegetasi hutan dataran tinggi di Taman Nasional Kerinci Seblat yg pada dalamnya tersimpan flora dan hewan asli Sumatera. Keberadaan Taman Nasional ini saat ini menjadi benteng terakhir bagi keberlangsungan hidup satwa langka asli Sumatera seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera & satwa-satwa langka lainnya. Sehingga telah sepantasnya Propinsi Jambi kita sebut symbol of Sumatera bagi kekayaan tanaman & hewan-nya.

Model ragam hias hewan

2.    INTRODUKSI BAHASA DALAM BAHASA JAMBI

             Bahasa Jambi umumnya nir jauh beda menggunakan bahasa melayu lainnya. Selain mempunyai karakteristik spesial tersendiri, bahasa Jambi pula nir lepas dari dampak bahasa luar daerah yg ikut membangun bahasa Jambi itu sendiri.

             Sebagai model, ketika orang Jambi menyebut kata ?Bola? Yang pada bahasa Jambi diklaim menggunakan istilah ?Bal?. Ini adalah introduksi menurut bahasa asing yang sebagaimana kita ketahui bahwa orang Inggris jua menyebutnya dengan kata ?Ball?. Demikian jua dengan mengungkapkan pintu, yg pada bahasa Jambi pada sebut ?Lawang?, istilah ini kemungkinan introduksi berdasarkan bahasa Jawa pada masa kemudian yg kemudian membaur menggunakan bahasa Jambi..

            Introduksi bahasa adalah bagian dari akulturasi budaya. Ini wajar terjadi, apalagi menggunakan pesatnya arus teknologi dewasa ini. Kemungkinan akan masuknya dampak bahasa luar ke Jambi akan semakin besar . Setidaknya dengan adanya introduksi bahasa luar ke dalam bahasa Jambi, kita harapkan bahasa Jambi itu sendiri tidak kehilangan identitasnya..

3.    PAKAIAN ADAT MELAYU JAMBI

A.    Busana Tradisional Melayu Jambi

Suku Melayu Jambi merupakan sebutan bagi orang-orang Melayu yang mendiami daerah sepanjang sungai Batang Hari, propinsi Jambi. Dalam berbusana kaum perempuan sehari-hari pada awalnya hanya dikenal dengan kain & baju tanpa lengan. Sedangkan kaum prianya mengenakan celana setengah ruas yang melebar pada bagian betisnya dan umumnya berwarna hitam, sehingga lebih leluasa geraknya dalam melakukan aktivitas seharihari. Pakaian buat pria ini dilengkapi dengan kopiah menjadi epilog kepala. Pada perkembangan berikutnya dikenal adanya sandang tata cara. Pakaian adat ini lebih mewah daripada pakaian sehari-hari yg dihiasi dengan sulaman benang emas & pemakaian perhiasan menjadi pelengkapnya.

B.    Pakaian Adat Pria

Laki-laki suku Melayu Jambi pada berpakaian tata cara mengenakan lacak di kepalanya.Lacak ini terbuat dari: kain beludru warna merah yg diberi kertas tebal di dalammnya supaya menjadikannya keras. Tutup kepala ini mempunyai dua bagian yang menjulang tinggi, dengan julangan yg lebih tinggi dalam bagian depannya. Sebagai hiasan masih ada lukisan tanaman berdasarkan daun, tangkai clan bunga yang akan mekar. Bagian pinggir sebelah kanan diberi lukisan tali runci, yang diimbangi sang penempatan bungo runci di sebelah kiri. Bungo runci ini berwarna putih dirangkai dengan benang, bisa berupa bunga orisinil atau tiruannya. Bajunya dianggap baju kurung tanggung berlengan panjang. Disebut tanggung karena panjangnya hanya sedikit pada bawah siku tidak sampai ke pergelangan tangan. Hal ini mengandung makna seseorang wajib tangkas clan cekatan pada mengerjakan sesuatu pekerjaan. Bahannya terbuat menurut beludru warna merah diberi sulaman benang emas.Bagian tengahnya masih ada motif kembang bertabur atau kembang tagapo dan kembang melati, sedang bagian pinggirnya bermotifkan kembang berangkai atau pucuk rebung. Penutup bagian bawah disebut cangge (celana). Bahannya masih berdasarkan beludru yg dilengkapi menggunakan tali menjadi ikat pinggang. Sudah menjadi kebiasaan pada daerah Jambi mengenakan kain sarung songket yg dililitkan di pinggul. Tutup dadanya diklaim teratai dada, karena bentuknya seperti bunga teratai dipasang melingkar leher sebagai akibatnya menyerupai kerah. Kedua tangan dihiasi gelang kilat bahu terbuat menurut logam celupan berlukiskan naga kuning. Lukisan naga ini mengandung makna apabila seseorang sudah diberi kekuasaan janganlah diganggu. Dikenakan jua selempang yang menyilang badan terbuat berdasarkan songket warna merah keungu-unguan sebagai pasangan kain sarung menggunakan motif bunga berangkai clan beranting. Bagian pinggangnya dihiasi dengan selendang tipis warna merah jambu yang pada ujung ujungnya diberi umbai-umbai warna kuning. Untuk memperkuat bagian pinggang ini digunakan pending berupa rantai dengan sabuk sebagai kepala terbuat berdasarkan logam. Kelengkapan lainnya merupakan keris clan selop. Biasanya diselipkan pada perut menyerong ke kanan melambangkan kebesaran sekaligus buat berjaga-jaga. Sedangkan selop atau alas kaki yg berbentuk setengah sepatu berfungsi buat melindungi kaki saat berjaalan.

C.    Pakaian Adat Wanita

Busana buat perempuan terdiri berdasarkan kain sarung songket clan selendang songket warna merah. Bajunya diklaim baju kurung tanggung bersulam benang emas menggunakan motif hiasan bunga melati, kembang tagapo, dan pucuk rebung. Tutup kepalanya diklaim pesangkon yg terbuat dari kain beludru merah menggunakan bagian dalam diberi kertas karton supaya keras. Ada pula yang menyebut duri pandan lantaran dalam bagian depan tutup kepala ini diberi hiasan dari logam berwarna kuning berbentuk duri pandan. Untuk lebih memperindah diberi sulaman emas menggunakan motif bunga melati pecah. Kelengkapan busana perempuan lebih banyak dibandingkan dengan yang dikenakan oleh laki-laki . Pada perempuan dikenakan anting-anting atau antan menggunakan motif kupu-kupu atau gelang banjar. Kalungnya terdiri berdasarkan 3 jenis, yaitu kalung tapak, kalung jayo atau kalung bertingkat & kalung rantai sembilan. Pada jari-jarinya terpasang cincin pacat kenyang & cincin kijang atau capung. Jumlah gelang yang dipakai pun lebih poly meliputi gelang kilat bahu masing-masing lengan 2 butir. Masih ditambah dengan gelang kano, gelang ceper & gelang kitab beban. Kesemuanya di pasang di lengan. Khusus buat gelang buku beban bahannya asal dari permata putih. Sementara buat kaki dikenakan gelang nago betapo dan gelang ular melingkar. Disebut demikian lantaran bentuknya yang menyerupai naga dalam dongeng sedang tidur clan ular yang melingkar membangun bulatan. Sedangkan unsur-unsur kelengkapan yang lain seperti teratai dada (tutup dada), pending dan sabuk (ikat pinggang), selendang, & selop hampir sama dengan yg dikenakan pria. Bedanya bentuk motif yang lebih besar pada teratai dada & pending.

- contoh ragam hias tumbuhan beserta asalnya

4.    RUMAH ADAT JAMBI

Orang Batin merupakan keliru satu suku bangsa yang terdapat di Provinsi Jambi. Sampai kini orang Batin masih mempertahankan adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang mereka, bahkan peninggalan bangunan tua pun masih sanggup dinikmati keindahannya dan masih digunakan hingga sekarang.

Konon kabarnya orang Batin berasal menurut 60 tumbi (keluarga) yg pindah berdasarkan Koto Rayo. Ke 60 keluarga inilah yg adalah berasal mula Marga Batin V, dengan 5 dusun asal. Jadi wilayah Marga Batin V itu berarti kumpulan 5 dusun yang asalnya menurut satu dusun yang sama. Kelima dusun tadi adalah Tanjung Muara Semayo, Dusun Seling, Dusun Kapuk, Dusun Pulau Aro, dan Dusun Muara Jernih. Daerah Margo Batin V sekarang masuk daerah Kecamatan Tabir, dengan ibukotanya pada Rantau Panjang, Kabupaten Sorolangun Bangko.

Pada awalnya orang Batin tinggal berkelompok, terdiri berdasarkan lima kelompok berasal yg menciptakan 5 dusun. Salah satu perkampungan Batin yang masih utuh hingga kini merupakan Kampung Lamo pada Rantau Panjang. Rumah-tempat tinggal di sana dibangun memanjang secara terpisah, berjarak sekitar dua m, menghadap ke jalan. Di belakang rumah dibangun lumbung loka menyimpan padi.

Pada umumnya mata pencaharian orang Batin merupakan bertani, baik di ladang maupun pada sawah. Selain itu, mereka juga berkebun, mencari hasil hutan, mendulang emas, & mencari ikan pada sungai.

Bentuk Rumah

Rumah tinggal orang Batin disebut Kajang Lako atau Rumah Lamo. Bentuk bubungan Rumah Lamo misalnya perahu dengan ujung bubungan permukaan melengkung ke atas. Tipologi rumah lamo berbentuk bangsal, empat persegi panjang dengan ukuran panjang 12 m dan lebar 9 m. Bentuk empat persegi panjang tadi dimaksudkan buat mempermudah penyusunan ruangan yang diubahsuaikan menggunakan manfaatnya, & dipengaruhi jua sang hukum Islam.

Sebagai suatu bangunan loka tinggal, rumah lamo terdiri menurut beberapa bagian, yaitu bubungan/atap, kasau bentuk, dinding, pintu/ventilasi, tiang, lantai, tebar layar, penteh, pelamban, & tangga.

- contoh ragam hias tumbuhan yg mudah digambar

Bubungan/atap biasa juga diklaim dengan 'gajah mabuk,' diambil menurut nama pembuat rumah yg kala itu sedang mabuk cinta tetapi tidak mendapat restu berdasarkan orang tuanya. Bentuk bubungan dianggap jua lipat kajang, atau potong jerambah. Atap dibentuk menurut mengkuang atau ijuk yg dianyam kemudian dilipat 2. Dari samping, atap rumah lamo kelihatan berbentuk segi tiga. Bentuk atap misalnya itu dimaksudkan buat mempermudah turunnya air bila hari hujan, mempermudah sirkulasi udara, & menyimpan barang.

Kasau Bentuk merupakan atap yang berada pada ujung atas sebelah atas. Kasau bentuk berada pada depan dan belakang tempat tinggal , bentuknya miring, berfungsi buat mencegah air masuk bila hujan. Kasou bentuk dibuat sepanjang 60 cm & selebar bubungan.

Dinding/masinding rumah lamo dibuat dari papan, sedangkan pintunya terdiri berdasarkan tiga macam. Ketiga pintu tersebut adalah pintu tegak, pintu masinding, & pintu kembali melintang. Pintu tegak berada pada ujung sebelah kiri bangunan, berfungsi menjadi pintu masuk. Pintu tegak dibuat rendah sehingga setiap orang yg masuk ke tempat tinggal harus menundukkan kepala sebagai indikasi hormat kepada si empunya rumah. Pintu masinding berfungsi sebagai jendela, terletak pada ruang tamu. Pintu ini bisa dipakai untuk melihat ke bawah, menjadi ventilasi terutama pada saat berlangsung upacara norma, dan buat mempermudah orang yg ada pada bawah buat mengetahui apakah upacara tata cara telah dimulai atau belum. Pintu pulang melintang adalah jendela masih ada pada tiang kembali melintang. Pintu itu dipakai sang pemuka-pemuka adat, alim ulama, ninik mamak, & cerdik pintar.

Adapun jumlah tiang rumah lamo adalah 30 terdiri berdasarkan 24 tiang primer dan 6 tiang palamban. Tiang utama dipasang dalam bentuk enam, dengan panjang masing-masing 4,25 m. Tiang primer berfungsi menjadi tiang bawah (tongkat) & sebagai tiang kerangka bangunan.

Lantai tempat tinggal tata cara dusun Lamo pada Rantau Panjang, Jambi, dibuat bartingkat. Tingkatan pertama diklaim lantai primer, yaitu lantai yg masih ada di ruang pulang melintang. Dalam upacara tata cara, ruangan tersebut nir bisa ditempati oleh sembarang orang karena dikhususkan buat pemuka adat. Lantai utama dibentuk berdasarkan belahan bambu yang dianyam dengan rotan. Tingkatan selanjutnya disebut lantai biasa. Lantai biasa pada ruang balik menalam, ruang tamu biasa, ruang gaho, dan pelamban.

Tebar layar, berfungsi sebagai dinding & penutup ruang atas. Untuk menunda tempias air hujan, terdapat pada ujung sebelah kiri dan kanan permukaan bangunan. Bahan yg digunakan adalah papan.

Penteh, adalah tempat buat menyimpan terletak di permukaan bangunan.

Bagian rumah selanjutnya adalah pelamban, yaitu bagian tempat tinggal terdepan yg berada di ujung sebelah kiri. Pelamban merupakan bangunan tambahan/misalnya teras. Menurut adat setempat, pelamban dipakai menjadi ruang tunggu bagi tamu yg belum dipersilahkan masuk.

Sebagai ruang panggung, tempat tinggal tinggal orang Batin memiliki 2 macam tangga. Yang pertama adalah tangga primer, yaitu tangga yg masih ada pada sebelah kanan pelamban. Yang ke 2 merupakan tangga penteh, digunakan buat naik ke penteh.

Susunan dan Fungsi Ruangan

Kajang Lako terdiri berdasarkan 8 ruangan, mencakup pelamban, ruang gaho, ruang masinding, ruang tengah, ruang pulang melintang, ruang kembali menalam, ruang atas/penteh, dan ruang bawah/bauman.

Yang dianggap pelamban adalah bagian bangunan yg berada di sebelah kiri bangunan induk. Lantainya terbuat dari bambu belah yg telah diawetkan dan dipasang relatif jarang buat mempermudah air mengalir ke bawah.

Ruang gaho adalah ruang yang masih ada pada ujung sebelah kiri bangunan dengan arah memanjang. Pada ruang gaho terdapat ruang dapur, ruang tempat air dan ruang loka menyimpan.

Ruang masinding adalah ruang depan yg berkaitan menggunakan masinding. Dalam musyawarah norma, ruangan ini digunakan untuk loka duduk orang biasa. Ruang ini spesifik buat kaum pria.

Ruang tengah adalah ruang yang berada di tengah-tengah bangunan. Antara ruang tengah dengan ruang masinding tidak memakai dinding. Pada saat pelaksanaan upacara adat, ruang tengah ini ditempati oleh para wanita.

Ruangan lain pada tempat tinggal tinggal orang Batin merupakan ruang balik menalam atau ruang dalam. Bagian-bagian menurut ruang ini adalah ruang makan, ruang tidur orang tua, & ruang tidur anak gadis.

Selanjutnya merupakan ruang balik malintang. Ruang ini berada di ujung sebelah kanan bangunan menghadap ke ruang tengah & ruang masinding. Lantai ruangan ini dibentuk lebih tinggi daripada ruangan lainnya, lantaran dipercaya sebagai ruang primer. Ruangan ini tidak boleh ditempati sang sembarang orang. Besarnya ruang kembali melintang merupakan 2x9 m, sama menggunakan ruang gaho.

Rumah lamo juga memiliki ruang atas yg dianggap penteh. Ruangan ini berada pada atas bangunan, digunakan buat menyimpan barang. Selain ruang atas, pula ada ruang bawah atau bauman. Ruang ini nir berlantai dan tidak berdinding, digunakan buat menyimpan, mengolah dalam saat terdapat pesta, dan kegiatan lainnya.

Ragam Hias

Bangunan tempat tinggal tinggal orang Batin dihiasi dengan beberapa motif ragam hias yg berbentuk ukir-ukiran. Motif ragam hias pada sana merupakan tumbuhan (tumbuh-flora) dan fauna (hewan).

Motif tanaman yang digunakan dalam ragam hias diantaranya merupakan motif bungo tanjung, motif tampuk manggis, dan motif bungo jeruk.

Motif bungo tanjung diukirkan pada bagian depan masinding. Motif tampuk manggis pula di depan masinding & pada atas pintu, sedang bungo jeruk di luar rasuk (belandar) & pada atas pintu. Ragam hias menggunakan motif tanaman dibentuk berwarna.

Ketiga motif ragam hias tersebut dimaksudkan buat memperindah bentuk bangunan & menjadi citra bahwa pada sana banyak terdapat tumbuh-tumbuhan.

Adapun motif hewan yang digunakan dalam ragam hias adalah motif ikan. Ragam hias yang berbentuk ikan sudah distilir ke dalam bentuk daun-daunan yg dilengkapi menggunakan bentuk sisik ikan. Motif ikan dibentuk nir berwarna dan diukirkan pada bagian bendul gaho serta pulang melintang.

B. Rumah Tuo

Identitas Rumah Tuo

Jambi pernah berada pada masa-masa gundah pencarian identitas diri. Bahkan, gubernur sampai wajib menyelenggarakan sayembara buat memastikan tempat tinggal tata cara macam apa buat dijadikan identitas negeri "Sepucuk Jambi Sembilan Lurahdanquot; ini.

Jambi agak unik dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Nusantara. Jika banyak rumah adat daerah lain mulai menghilang seiring dengan kemajuan zaman, masyarakat Jambi justru tengah menikmati eforia membangun rumah-rumah berarsitektur  adat Sebenarnya, kegairahan ini sudah dimulai sejak tahun 1970-an, tatkala Pemerintah Provinsi Jambi menetapkan konsep arsitektur rumah yang menjadi ciri khas Jambi. Gambaran jelas tentang wujud rumah adat tersebut dapat kita temukan saat bertandang ke kompleks Kantor Gubernur Jambi di Telanaipura, Kota Jambi.

Tepat dalam sisi kanan bangunan kantor kita akan temukan tempat tinggal adat bertiang, berwarna hitam, lengkap dengan tanduk kambing bersilang ke dalam dalam ujung atapnya. Bangunan dengan arsitektur ini merupakan output sayembara yang dimenangi keliru seorang arsitek, yg juga pejabat daerah setempat.

Dalam penelusuran Kompas di sebuah permukiman tertua di Jambi belum lama ini, diperoleh data bahwa dari sinilah sesungguhnya identitas Jambi melalui rumah adatnya terkuak. Permukiman ini berlokasi pada Dusun Kampung Baru, Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Jambi.

Masih masih ada 60-an tempat tinggal tata cara berusia lebih kurang 600 tahun di sana. Permukiman tertua itu dikelilingi ratusan tempat tinggal tata cara sejenis, namun usia rumah-rumah tersebut telah jauh lebih belia. Sangat mengagumkan, betapa warga setempat masih sangat menghargai warisan tata cara leluhurnya.

Rumah Jambi identik dengan adat Melayu Kuno. Di pada rumah tergambar tentang hubungan insan dalam sebuah famili inti, famili besar , & warga . Ada penghormatan terhadap nini mamak, agunan perlindungan bagi anak-anak, hayati berkecukupan pada keluarga, dan keharmonisan sosial dalam warga . Di sini, etika hidup pun sangat dijunjung.

Rumah tertua pada sana diklaim Rumah Tuo milik Umar Amra (67), keturunan ke-13 menurut Undup Pinang Masak. Ia adalah galat seorang bangsawan Melayu Kuno yg pengusiran menurut Desa Kuto Rayo, Tabir. Rumah bertiang ini masih kokoh meski tiang-tiang & kerangkanya menurut kayu kulim, yang sangat keras dagingnya itu, telah berusia 600 tahun.

Menurut pemiliknya, rumah ini dulunya dibangun atas hasil kesepakatan & gotong royong dari semua anggota famili akbar. "Ada 19 famili pelarian berdasarkan Kuto Rayo yg bersama- sama membentuk rumah ini. Setelah jadi satu tempat tinggal , mereka beserta-sama membangun tempat tinggal keluarga yg lain. Begitu seterusnya sampai tuntas dibangun 19 tempat tinggal ," paparnya.

Kesepakatan para leluhur menetapkan 20 tiang dipancang buat menegakkan sebuah rumah. Atapnya semula berdasarkan daun rumbia, tetapi kini sudah berganti seng. Kolong rumah jadi gudang penyimpanan kayu bakar buat mengolah & loka ternak.

Rumah tuo melebar tampak berdasarkan muka, menggunakan 3 ventilasi besar yg selalu dibuka pemiliknya hingga sore. Begitu cermatnya nenek moyang mereka, sampai-sampai etika diatur melalui penataan ventilasi.

Etika bertamu diatur oleh aturan istiadat. Tamu yang bertandang akan masuk ke tempat tinggal lewat tangga pada sebelah kanan. Untuk tamu yang masih bujang, panggilan anak pria belum menikah yang hendak bertamu, hanya boleh duduk sampai batas jendela paling kanan. Artinya, beliau hanya boleh duduk paling dekat pintu masuk & tidak boleh lebih ke pada lagi.

Sedangkan yang dapat duduk sedikit lebih pada, setidaknya hingga ke batas ventilasi kedua, adalah bujang dari keluarga akbar alias punya ikatan famili menggunakan pemilik rumah. Yang dapat masuk ke rumah hingga ke bagian dalamnya merupakan kaum laki-laki yang sudah menikah dan kaum wanita.

- contoh lukisan figuratif

Bilik melintang dalam sisi dalam yg paling kiri merupakan wilayah spesifik bagi tetua kampung atau tamu kehormatan. Panjang bilik lebih kurang empat meter. Pada program-acara rembuk warga , mereka yg duduk pada bilik melintang akan bisa melihat seluruh tamu, atau tamu-tamu yang baru akan masuk tempat tinggal melalui tangga.

Satu Bilik

Rumah tata cara Jambi hanya mempunyai satu bilik sebagai ruang tidur. Ini dimaksudkan ada kebersamaan, termasuk saat beristirahat, pula pada satu ruang. Tetapi, sebagian besar warga pada sana lebih menentukan tidur bersama di ruang tamu karena tempatnya lebih luas.

Rumah tuo dibangun tidak hanya sebagai loka hunian, namun pula menjadi jaminan akan keberlangsungan hayati keluarga dan keturunannya. Terdapat lumbung-lumbung padi pada bagian belakang tempat tinggal . Satu famili bisa memiliki 2 hingga 3 lumbung yang menyimpan berton-ton gabah output panen, & tahan selama puluhan tahun. Selama itu masyarakat setempat tak pernah kekurangan pangan.

Sejumlah peralatan tradisional juga masih ditemukan pada sana. Ada ambung terbuat menurut anyaman rotan, dipakai untuk mengangkut hasil tanaman , selalu dipanggul di belakang punggung. Makanan dinikmati beserta menurut tapan, bakul nasi yang pula dari output anyaman. Sedangkan alat-alat dari kayu-kayuan merupakan lesung, dan wadah penjelasan yang biasa mereka sebut lampu Aladin.

- ragam hias figuratif wikipedia

Menurut Rio Kasim, pemangku adat setempat, rumah-tempat tinggal tersebut dibangun oleh para eksodan rakyat Melayu Kuno yang sebelumnya menempati kampung lain di kecamatan yg sama. Tujuannya mencari tempat kondusif.

Permukiman ini kemudian semakin berkembang. Namun, pada perkembangannya, rakyat tetap menjaga kelestarian rumah istiadat. Warga yang hendak membentuk rumah baru jua mengacu pada arsitektur istiadat setempat. Hanya saja kayu yg digunakan nir lagi kayu kulim karena telah semakin langka.

- contoh gambar figuratif

Meski terkesan nir jauh tidak selaras menurut arsitektur tempat tinggal tata cara Minang, karakteristik spesial rumah tata cara Jambi dapat ditemukan dalam sudut atapnya yang dipasang tanduk kambing, yaitu kayu bersilang menghadap ke pada. Tanda ini mengindikasikan rumah tersebut mempunyai nini mamak menjadi pengayom.

Umar Amra membicarakan, tak terdapat impian berdasarkan dirinya buat mengubah wujud tempat tinggal , kecuali mengganti atapnya sebagai seng, sekadar alasan kepraktisan. "Kalau atap menurut rumbia wajib diganti terus tiap dua atau 3 tahun sekali. Seng lebih awet," tuturnya.

Ia mengaku bangga menggunakan tempat tinggal yg dimilikinya. Rumah yang masih kokoh ditempati bersama istri dan anak-anaknya tersebut kini tak jarang menjadi tempat studi kalangan mahasiswa, peneliti, atau pejabat wilayah yg ingin mengenal lebih jauh mengenai rumah norma Jambi.

Setiap kali memasuki permukiman rumah tua itu, kita seakan kembali ke masa kemudian. Keklasikan rumah-rumah yang saling berderet, lengkap menggunakan cara hidup dan tradisi masyarakatnya, sungguh memberi kesempurnaan akan citra norma Jambi. Di sinilah bukti diri Jambi kami dapatkan.

5.    SELOKO DALAM MASYARAKAT ADAT JAMBI

Apa itu seloko tata cara? Saya konfiden masih poly generasi muda Jambi yg belum tau dan penasaran. Padahal sebagai generasi penerus (generasi muda), kita harus buat mempelajarinya agar budaya Seloko pada bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini nir terancam punah.

Seloko yg dalam bahasa Indonesia berarti seloka atau pepatah atau dengan istilah lain mampu pula disebut sebagai petuah istiadat. Di Jambi, Seloko adat ini adalah bagian dari tuntunan bermasyarakat yang memiliki nilai-nilai yg mengatur kehidupan masyarakat tata cara Jambi itu sendiri.

Sebagai contoh, pada hal pengambilan keputusan dalam pemerintahan, seloko istiadat Jambi mengungkapkan ?Berjenjang naik bertanggo turun, turun dari takak nan pada atas, naik dari takak nan pada bawah? Seloko norma tersebut memiliki pengertian bahwa pada pengambilan keputusan masih ada tingkatan-tingkatan pengambilan keputusan,. Mulai berdasarkan pengambil keputusan tertinggi ?Alam nan Berajo? Hingga pengambil keputusan di tingkat paling bawah ?Anak nan Berbapak, Kemenakan nan Bermamak?.

Selanjutnya, begitu juga dalam hal bekelompok atau berorganisasi, di pada rakyat Jambi mengenal nilai-nilai kegotong-royongan, hal ini tergambar pada seloko istiadat ?Ringan samo dijinjing, berat samo dipikul, ke bukit samo mendaki, ke lurah samo menurun, malang samo merugi, belabo samo mendapat?. Dalam berorganisasi ini, juga senantiasa mengacu pada nilai-nilai kemufakatan. Banyak seloko adat Jambi yg menggambarkan pentingnya bermufakat dalam berorganisasi, diantaranya ?Bulat aek dek pembuluh, bundar kato dek konsensus, Kato sorang kato bapecah kato besamo kato mufakat, duduk sorang besempit-sempit duduk besamo belapang-lapang?.

Beberapa Seloko istiadat ini juga mengatur dalam hal pergaulan sehari-hari. ?Bejalan Peliharo kaki, jangan hingga tepijak kanti, becakap peliharo lidah, jangan hingga kanti meludah, jangan menggunting kain pada lipatan, menohok kawan seiring?.

                 Seloko norma ini berfungsi sebagai penuntun buat berbuat baik bagi masyarakat Jambi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai kebaikan. Itulah mengapa Seloko Adat tidak mampu lepas dari keseharian masyarakat Jambi. Orang Jambi sering pula menyebutnya sebagai pepatah-petitih/ petuah tata cara.

                 Sebagai epilog terdapat sebuah seloko yang ingin saya sajikan:

?Batang pulai berjenjang naik, meninggalkan ruas menggunakan buku, Manusio berjenjang turun meninggalkan perangai dengan laku ?.

Jadi, berbuat baiklah selalu sinkron dengan akar budayo kito orang Jambi

- ragam hias flora dan penjelasannya

6.    SELOKO ADAT JAMBI

Silahkan cermati dan maknai beberapa seloko istiadat Jambi berikut:

-Adat selingkung negeri, undang selingkung alam

-Kampung bepagar norma, tepian bepagar bahaso

-Sawah pada ado mutlaknyo, ladang panjang ado batasnyo

-Kato sorang kato bapecah, kato basamo kato konsensus

-Ambik contoh kepado yg sudah telah, ambik tuah kepado yang menang

-Rami ngeri pada nan mudo, cantik negeri pada nan tuo

-Duduk sorang besempit-sempit, duduk basamo balapang-lapang

-Berjenjang naik bertanggo turun, turun berdasarkan takak nan diatas, naik menurut takak nan

  dibawah

-Ringan samo dijinjing berat samo dipikul, ke bukit samo mendaki ke lurah samo

  menurun, malang samo merugi belabo samo mendapat.

-Tepijak pada benang arang, itam tapak. Tersuruk pada bukit kapur, putih tengkuk.

-Naik idak bepucuk, turun idak berakar, tengah-tengah diakuk kumbang, ke rimbo

  diterkam harimau, ke air ditangkap buayo.

-Jangan sampe bepanas pada belukar.

-Anak dipangku, ponakan dibimbing.

-Kalo aek keruh pada muaro cubo tegok ke hulu

-Ke aek bebungo pasir, ke darat bebungo rimbo adolah hak rajo

-Nan buto penumbuk tepung, nan pekak pelepas meriam, nan lumpuh penunggu

  rumah, nan patah pengalau ayam

-Jatuh ke aek hanyut, jatuh ke barah hangus

- gambar motif figuratif

-Jerat idak kan lupo pado pelanduk

-Mahal rumput daripado kudo

-Batang Pulai bejenjang naik meninggalkan ruas menggunakan buku, manusio bejenjang

  turun meninggalkan perangai dengan laku

-Arang habis, besi binaso

Dengan adanya warta yg kami hidangkan mengenai contoh motif ragam hias hewan buat baju

, asa kami semoga anda bisa terbantu dan sebagai sebuah acum anda. Atau jua anda mampu melihat surat keterangan lain kami juga yg lain dimana tidak kalah bagusnya mengenai MENGGAMBAR RAGAM HIAS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : pusdatin.rri.co.id/konten.php?nama=Docs&sta=1&op=download_http&id...

Saturday, January 2, 2021

MANFAAT TANAMAN TEMUGIRING UNTUK OBAT

MANFAAT TANAMAN TEMUGIRING UNTUK OBAT

Deskripsi tanaman : Semak semusim, btg semu terdiri atas pelepah daun, permukaan licin warna hijau. Daun tunggal, bagian atas licin, berpelepah warna hijau. Perbungaan majemuk, mahkota kuning muda

Habitat: Tumbuh liar pada pekarangan & ladang pada tanah lembab dan sedikit cahaya dalam dataran rendah hingga 900 m dpl.

Bagian tanaman yg digunakan: Rimpang

Kandungan kimia: Minyak atsiri; Zat pati

Khasiat: Antelmintik

Nama simplesia: Curcumae heyneanae Rhizoma

Resep tradisional:

Cacingan

Rimpang temu giring segar 4 g; Air secukupnya, Temu giring diparut lalu diseduh dengan air mendidih sampai diperoleh 1/4 cangkir, Diminum 1 kali sehari seperempat cangkir.

Bau badan

Rimpang temu giring segar 1/2 jari tangan; Air mendidih 100 mililiter, Diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 mililiter.

Kegemukan

Rimpang temu giring segar 1/dua jari tangan; Daun kemuning segar 1 genggam; Daun pacar kuku segar 1 genggam; Air secukupnya, Dipipis, Diminum 1 kali sehari seperempat cangkir.

Benda Kerajinan dengan Teknik Potong Sambung dan Konstruksi

Benda Kerajinan menggunakan Teknik Potong Sambung dan Konstruksi

Benda Kerajinan menggunakan Teknik Potong Sambung dan Konstruksi Benda Kerajinan menggunakan Teknik Potong Sambung dan Konstruksi
 Benda Kerajinan menggunakan Teknik Potong Sambung dan Konstruksi

contoh kerajinan dengan teknik konstruksi - 1.      Pengertian

Benda kerajinan dengan teknik potong,sambung dan konstruksi adalah suatu produk kerajinan yang dibentuk menggunakan cara memotong,menyambung dan menyusun(konstruksi)bahan-bahan tersebut sebagai sebuah benda kerajinan tertentu berupa benda pakai,seperti meja,kursi,rak kitab atau benda hias yg dimanfaatkan sebagai hiasan dinding.

2.      Jenis Peralatan dan Bahan

- mengapa desain sangat penting pada pembuatan benda kerajinan jelaskan Peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong,sambung & konstruksi ada bermacam-macam. - contoh benda konstruksi dari bahan kertas kardus Hal ini tergantung menurut bahan yg dipakai buat menciptakan benda kerajinan serta bentuk benda yg dibentuk. Keterampilan kerajinan menggunakan teknik potong sambung Contoh: alat-alat yang diharapkan dalam pembuatan benda kerajinan yg terbuat dari bahan kayu menggunakan teknik pangkas,sambung & konstruksi diantaranya gergaji,palu,pasha(raut)dan bor.

- kerajinan menggunakan teknik pangkas sambung

3.      Fungsi Peralatan dan Bahan

Disesuaikan menggunakan fungsi indera tersebut. - macam macam teknik potong sambungContohnya gergaji yang berfungsi sebagai indera pemotong kayu,bambu atau rotan.Palu berfungsi buat memasang paku pada sambungan supaya tercapai konstruksi yg kuat. - sebutkan jenis bahan yang dikerjakan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi Bor menjadi indera pelubang pada bahan kerajinan buat dimasuki bambu,paku, atau tali.Sabit buat membelah bambu,sedangkan pisau buat menciptakan irisan bambu atau rotan . - contoh benda konstruksi Gunting buat memotong kertas & penggaris buat mengukur bahan.Adapun bahan yang dipakai buat menciptakan benda kerajinan disesuaikan menggunakan sifat & karakter bahan,contohnya: kayu bisa dipakai menjadi kerangka konstruksi dalam sebuah kursi.

4.      Hasil Benda Kerajinannya

- artikel teknik potong sambung Produk kerajinan yang dibuat menggunakan teknik potong,sambung & konstruksi poly dijumpai dimana-mana,seperti dirumah berupa meja,kursi,loka pensil,dll.Benda-benda itu pula dijumpai pada sekolah,pada toko,di sentra perbelanjaan,dll

Dengan adanya berita yg kami sajikan mengenai model kerajinan menggunakan teknik konstruksi

, asa kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah acum anda. Atau jua anda mampu melihat surat keterangan lain kami pula yg lain dimana nir kalah bagusnya mengenai KATA PENGANTAR

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Buka mesin jahit : http://ardhea95.Blogspot.Co.Id/2021/03/bendakerajinan-dengan-teknik-potong.Html

Sistem Politik Di Indonesia + Sejarah

Baca Selengkapnya di sini > Sistem Politik Indonesia

Sistem Politik Indonesia  mengalami dinamika dari dulu sampai sekarang. Untuk melihat sejarah panjangsistem politik di Indonesia perlu dilakukananalisis proses politik di Indonesia. Walaupun sanggup dilakukan dengan analisis satu segi pandangan namun analisis sistem dihentikan melihat secara sekilas terhadap proyeksi sejarah. Pendekatan integratif berupa pendekatan sistem, pelaku-sasaran dan pengambilan keputusan diharapkan dalam analisis sistem. Proses politik juga harus mempunyai kapabilitas sistem. Apakah kapabilitas sistem? untuk mengetahui kapabilitas sistem silakan klik link kapabilitas sistem ini.