Pages

Thursday, November 12, 2020

Arti Kata Gaul Lateung

1. Lateung

Kamu pasti seringkali banget mendengar atau melihat istilah Lateung, baik itu di dunia konkret maupun dunia maya seperi facebook, twitter, instagram atau pelaksanaan berbasis chat lainnya sepeti BBM, Line dll. Namun apakah kamu mengetahui definisi sebenarnya tentang kata Lateung yg sebenarnya agar kamu paham pada membaca kalimat yang mengandung kata tadi.Berikut ini adalah penjelasan dan arti kata Lateung menurut survei dan penerangan berdasarkan pengguna internet :

Orang ga sempurna pendiriannya, seringkali dipake orang batak

Dasar lateung rencana perjalanan berubah terus

Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari istilah Lateung. Kami harap definisi ini bisa membantu anda pada membaca kalimat yg mengandung istilah Lateung. Sekian terima kasih.

Wednesday, November 11, 2020

Surat | Surah Ad Dukhan Arab, Latin dan Terjemahannya

Surah Ad Dukhan Arab, Latin dan Terjemahannya - Surah Ad Dukhan termasuk kedalam golongan surat-surat Makkiyyah dan merupakan surat ke 44 dari Al Quran yang terdiri atas 59 ayat. Surat ini diturunkan sesudah Surah Az Zukhruf dan dinamai dengan Ad Dukhaan (Kabut) yang diambil dari ayat ke 10 surat ini.

 Surah Ad Dukhan termasuk kedalam golongan surat Surat | Surah Ad Dukhan Arab, Latin dan Terjemahannya
Surah Ad Dukhan

Pokok isi kandungan pada Surah Ad Dukhan antara lain artinya tentang keimanan, aturan-aturan, & lainnya misalnya permulaan turunnya Al Quran pada malam Lailatul Qadar, orang-orang kafir hanya beriman jikalau mereka ditimpa bahaya, bila bahaya sudah lewat atau hilang maka orang tadi akan kafir balik & didalam penciptaan langit dan bumi masih ada pesan tersirat yang amat akbar. Teks Bacaan LafadzSurah Ad Dukhan Arab, Latin & Terjemahannya berikut ndibawah ini :

Surah Ad Dukhan

Ad Dukhaan

(Kabut)

Juz 25

Surat Ke 44 : 59 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayangdanquot;

???

Haa miim

1. "Haa miim [1368]."

???????????? ??????????

Wal kitaabil mubiin(i)

dua. "Demi Kitab (Al Quran) yg menjelaskan,"

??????? ???????????? ??? ???????? ????????????? ?????? ?????? ??????????

Innaa anzalnaahu fii lailatin mubaarakatin innaa kunnaa mundziriin(a)

3. "sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi [1369] dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

?????? ???????? ????? ?????? ???????

Fiihaa yufraqu kullu amrin hakiim(in)

4. "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah [1370],"

??????? ????? ?????????? ?????? ?????? ???????????

Amran min 'indinaa innaa kunnaa mursiliin(a)

lima. "(yaitu) urusan yg akbar berdasarkan sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul,"

???????? ???? ????????? ???????? ???? ?????????? ??????????

Rahmatan min rabbika innahuu huwassamii'ul 'aliim(u)

6. "sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,"

????? ????????????? ??????????? ????? ????????????? ??? ?????? ???????????

Rabbis-samaawaati wal ardhi wa maa bainahumaa in kuntum muuqiniin(a)

7." Tuhan Yang memelihara langit dan bumi & apa yg ada pada antara keduanya, apabila kamu adalah orang yg meyakini."

???? ??????? ?????? ???? ??????? ?????????? ????????? ??????? ????????????? ?????????????

Laa ilaaha illaa huwa yuhyii wa yumiitu rabbukum wa rabbu aabaa-ikumul awwaliin(a)

8. "Tidak terdapat Tuhan (yg berhak disembah) melainkan Dia, Yang menghidupkan dan Yang mematikan (Dialah) Tuhanmu & Tuhan bapak-bapakmu yang terdahulu."

???? ???? ??? ????? ???????????

Bal hum fii syakkin yal'abuun(a)

9. "Tetapi mereka bermain-main dalam keragu-raguan."

??????????? ?????? ??????? ??????????? ????????? ????????

Faartaqib yauma ta'tiissamaa-u bidukhaanin mubiin(in)

10. "Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata [ 1371 ],"

??????? ????????? ?????? ??????? ???????

Yaghsyannaasa haadzaa 'adzaabun aliim(un)

11. "yang mencakup manusia. Inilah azab yg pedih."

????????? ??????? ?????? ?????????? ?????? ???????????

Rabbanaaaksyif 'annaal 'adzaaba innaa mu'minuun(a)

12. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman."

??????? ?????? ??????????? ?????? ?????????? ??????? ????????

Anna lahumudz-dzikra wa qad jaa-ahum rasuulun mubiin(un)

13. "Bagaimanakah mereka bisa menerima peringatan, padahal telah datang pada mereka seseorang rasul yg memberi penerangan,"

????? ??????????? ?????? ?????????? ????????? ??????????

Tsumma tawallau 'anhu wa qaaluuu mu'allamun majnuun(un)

14. "kemudian mereka berpaling daripadanya dan berkata: "Dia adalah seorang yang menerima ajaran (dari orang lain) lagi pula seorang yang gila [1372]."

?????? ?????????? ?????????? ????????? ????????? ???????????

Innaa kaasyifuul 'adzaabi qaliilaa innakum 'aa-iduun(a)

15. "Sesungguhnya (jika) Kami akan melenyapkan siksaan itu agak sedikit sesungguhnya kamu akan balik (ingkar)."

?????? ???????? ??????????? ???????????? ?????? ????????????

Yauma nabthisyul bathsyatal kubraa innaa muntaqimuun(a)

16. "(Ingatlah) hari (ketika) Kami menghantam mereka dengan hantaman yang keras [1373]. Sesungguhnya Kami adalah Pemberi balasan."

???????? ???????? ?????????? ?????? ?????????? ???????????? ??????? ???????

Wa laqad fatannaa qablahum qauma fir'auna wa jaa-ahum rasuulun kariim(un)

17. "Sesungguhnya sebelum mereka telah Kami uji kaum Fir'aun dan telah datang pada mereka seseorang rasul yg mulia,"

???? ????????? ??????? ??????? ???????? ?????? ?????? ??????? ???????

An adduu ilayya 'ibaadallahi innii lakum rasuulun amiin(un)

18. (menggunakan berkata): "Serahkanlah kepadaku hamba-hamba Allah (Bani Israil yg kamu perbudak). Sesungguhnya saya adalah utusan (Allah) yg dianggap kepadamu,"

????? ???? ????????? ????? ???????? ??????? ????????? ??????????? ????????

Wa an laa ta'luu 'alallahi innii aatiikum bisulthaanin mubiin(in)

19. "& janganlah kamu menyombongkan diri terhadap Allah. Sesungguhnya saya datang kepadamu menggunakan membawa bukti yang nyata."

???????? ?????? ???????? ??????????? ??? ???????????

Wa innii 'udztu birabbii wa rabbikum an tarjumuun(i)

20. "Dan sesungguhnya saya berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu, berdasarkan keinginanmu merajamku,"

????? ????? ??????????? ??? ??????????????

Wa in lam tu`minuu lii faa'taziluun(i)

21. "dan apabila engkau nir beriman kepadaku maka biarkanlah saya (memimpin Bani Israil)."

??????? ????????? ????? ???????????? ?????? ????????????

Fada'aa rabbahuu anna haa'ulaa-i qaumun mujrimuun(a)

22. Kemudian Musa berdoa kepada Tuhannya: "Sesungguhnya mereka ini merupakan kaum yang berdosa (segerakanlah azab kepada mereka)."

???????? ?????????? ??????? ???????? ?????????????

Fa-asri bi'ibaadii lailan innakum muttaba'uun(a)

23. (Allah berfirman): "Maka berjalanlah engkau menggunakan membawa hamba-hamba-Ku pada malam hari, sesungguhnya kamu akan dikejar,"

????????? ????????? ???????? ????????? ????? ????????????

Waatrukil bahra rahwan innahum jundun mughraquun(a)

24. "dan biarkanlah bahari itu tetap terbelah. Sesungguhnya mereka adalah tentara yg akan ditenggelamkan."

???? ????????? ??? ???????? ?????????

Kam tarakuu min jannaatin wa 'uyuun(in)

25. Alangkah banyaknya taman dan mata air yg mereka tinggalkan,'

????????? ????????? ???????

Wa zuruu'in wa maqaamin kariim(in)

26. "& kebun-kebun dan tempat-tempat yang latif-indah,"

?????????? ???????? ?????? ??????????

Wa na'matin kaanuu fiihaa faakihiin(a)

27. "& kesenangan-kesenangan yang mereka menikmatinya,"

?????????? ???????????????? ??????? ??????????

Kadzaalika wa auratsnaahaa qauman aakhariin(a)

28. "demikianlah. Dan Kami wariskan seluruh itu pada kaum yang lain."

????? ?????? ?????????? ??????????? ??????????? ????? ???????? ??????????

Famaa talenta 'alaihimussamaa-u wal ardhu wa maa kaanuu munzhariin(a)

29. "Maka langit dan bumi nir menangisi mereka & merekapun tidak diberi tangguh."

???????? ?????????? ?????? ????????????? ???? ?????????? ??????????

Wa laqad najjainaa banii israa-iila minal 'adzaabil muhiin(i)

30. "Dan sesungguhnya telah Kami selamatkan Bani Israil menurut siksa yg menghinakan,"

??? ??????????? ???????? ????? ???????? ????? ??????????????

Min fir'auna innahuu kaana 'aaliyan minal musrifiin(a)

31. "dari (azab) Fir'aun. Sesungguhnya dia merupakan orang yang sombong, galat seseorang dari orang-orang yang melampaui batas."

???????? ?????????????? ?????? ?????? ????? ?????????????

Wa laqad-iikhtarnaahum 'alaa 'ilmin 'alal 'aalamiin(a)

32. "Dan sesungguhnya telah Kami pilih mereka dengan pengetahuan (Kami) atas bangsa-bangsa [1374]."

??????????????? ????? ?????????? ??? ????? ?????????? ????????

Wa aatainaahum minal aayaati maa fiihi balaa-un mubiin(un)

33. "Dan Kami telah memberikan kepada mereka di antara tanda-tanda kekuasaan (Kami) sesuatu yang di dalamnya terdapat nikmat yang nyata [1375]."

????? ???????????? ????????????

Inna haa'ulaa-i layaquuluun(a)

34. "Sesungguhnya mereka (kaum musyrik) itu sahih-sahih mengungkapkan,"

???? ???? ?????? ??????????? ?????????? ????? ?????? ????????????

In hiya illaa mautatunaal uulaa wa maa nahnu bimunsyariin(a)

35. "tidak ada kematian selain kematian di dunia ini. Dan kami sekali-kali tidak akan dibangkitkan [1376],"

????????? ???????????????? ??? ??????? ??????????

Fa`tuu bia-abaa-inaa in kuntum shaadiqiin(a)

36. "maka datangkanlah (balik ) bapak-bapak kami apabila engkau memang orang-orang yang benar."

?????? ?????? ???? ?????? ??????? ??????????? ??? ?????????? ???????????????? ????????? ???????? ???????????

Ahum khairun am qaumu tubba'in waal-ladziina min qablihim ahlaknaahum innahum kaanuu mujrimiin(a)

37. "Apakah mereka (kaum musyrikin) yang lebih baik ataukah kaum Tubba' dan orang-orang yang sebelum mereka. Kami telah membinasakan mereka karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berdosa [1377]."

????? ????????? ????????????? ??????????? ????? ??????????? ??????????

Wa maa khalaqnaas-samaawaati wal ardha wa maa bainahumaa laa'ibiin(a)

38. "Dan Kami nir membangun langit dan bumi dan apa yg ada antara keduanya dengan bermain-main."

??? ??????????????? ?????? ?????????? ?????????? ???????????? ??? ???????????

Maa khalaqnaahumaa illaa bil haqqi wa laakinna aktsarahum laa ya'lamuun(a)

39. "Kami tidak membangun keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka nir mengetahui."

????? ?????? ????????? ???????????? ???????????

Inna yaumal fashli miiqaatuhum ajma'iin(a)

40. "Sesungguhnya hari keputusan (hari kiamat) itu adalah ketika yg dijanjikan bagi mereka semuanya,"

?????? ??? ??????? ??????? ??? ???????? ???????? ????? ???? ??????????

Yauma laa yughnii maulan 'an maulan syai-an wa laa hum yunsharuun(a)

41. "yaitu hari yang seseorang karib tidak bisa memberi manfaat pada karibnya sedikitpun, & mereka tidak akan mendapat pertolongan,"

?????? ??? ??????? ???????? ???????? ???? ?????????? ??????????

Illaa man rahimallahu innahuu huwal 'aziizur-rahiim(u)

42. "kecuali orang yg diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang."

????? ???????? ???????????

Inna syajaratazzaqquum(i)

43. "Sesungguhnya pohon zaqqum itu [1378],"

??????? ??????????

Tha'aamul atsiim(i)

44. "makanan orang yang banyak berdosa."

??????????? ??????? ??? ??????????

Kal muhli yaghlii fiil buthuun(i)

45. "(Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih pada pada perut,"

???????? ??????????

Kaghalyil hamiim(i)

46. "seperti mendidihnya air yang amat panas."

??????? ???????????? ?????? ???????? ??????????

Khudzuuhu faa'tiluuhu ilaa sawaa-il jahiim(i)

47. "Peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah-tengah neraka."

????? ???????? ?????? ????????? ???? ??????? ??????????

Tsumma shubbuu fauqa ra`sihii min 'adzaabil hamiim(i)

48. "Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (menurut) air yang amat panas."

???? ??????? ????? ?????????? ??????????

Dzuq innaka antal 'aziizul kariim(u)

49. "Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia [1379]."

????? ?????? ??? ?????? ????? ???????????

Inna haadzaa maa kuntum bihii tamtaruun(a)

50. "Sesungguhnya ini adalah azab yg dahulu selalu kamu meragu-ragukannya."

????? ????????????? ??? ??????? ???????

Innal muttaqiina fii maqaamin amiin(in)

51. "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yg kondusif,"

??? ???????? ?????????

Fii jannaatin wa 'uyuun(in)

52. "(yaitu) pada dalam taman-taman dan mata-air-mata-air;"

??????????? ??? ??????? ?????????????? ???????????????

Yalbasuuna min sundusin wa istabraqin mutaqaabiliin(a)

53. "mereka menggunakan sutera yg halus & sutera yg tebal, (duduk) berhadap-hadapan,"

????????? ??????????????? ??????? ?????

Kadzaalika wa zawwajnaahum bihuurin 'iin(in)

54. "demikianlah. Dan Kami berikan pada mereka bidadari."

????????? ?????? ??????? ????????? ??????????

Yad'uuna fiihaa bikulli faakihatin aaminiin(a)

55. "Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran) [1380] ,"

??? ?????????? ?????? ????????? ?????? ??????????? ??????????? ???????????? ??????? ??????????

Laa yadzuuquuna fiihaal mauta illaal mautatal uulaa,  wa waqaahum 'adzaabal jahiim(i)

56. "mereka tidak akan merasakan mangkat di dalamnya kecuali meninggal pada dunia. Dan Allah memelihara mereka menurut azab neraka,"

??????? ???? ????????? ??????? ???? ????????? ??????????

Fadhlaa min rabbika dzaalika huwal fauzul 'azhiim(u)

57. "sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yg akbar."

?????????? ???????????? ??????????? ??????????? ??????????????

Fa-innamaa yassarnaahu bilisaanika la'allahum yatadzakkaruun(a)

58. "Sesungguhnya Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu agar mereka menerima pelajaran."

??????????? ???????? ??????????????

Faartaqib innahum murtaqibuun(a)

59. "Maka tunggulah; sesungguhnya mereka itu menunggu (pula)."

Penjelasan :

[1368]. Ialah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al Quran seperti: alif laam miim, alif laam raa, alif laam miim shaad dan sebagainya. Diantara ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang termasuk ayat-ayat mutasyaabihaat, dan ada pula yang menafsirkannya. Golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk menarik perhatian para pendengar supaya memperhatikan Al Quran itu, dan untuk mengisyaratkan bahwa Al Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad. Kalau mereka tidak percaya bahwa Al Quran diturunkan dari Allah dan hanya buatan Muhammad s.a.w. semata-mata, maka cobalah mereka buat semacam Al Quran itu.
[1369]. Malam yang diberkahi ialah malam Al Quran pertama kali diturunkan. Di Indonesia umumnya dianggap jatuh pada tanggal 17 Ramadhan.
[1370]. Yang dimaksud dengan urusan-urusan di sini ialah segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk seperti: hidup, mati, rezki, untung baik, untung buruk dan sebagainya.
[1371]. Yang dimaksud kabut yang nyata ialah bencana kelaparan yang menimpa kaum Quraisy karena mereka menentang Nabi Muhammad s.a.w.
[1372]. Nabi Muhammad s.a.w. dituduh menerima pelajaran dari seorang yang bukan bangsa Arab bernama Addas yang beragama Kristen.
[1373]. Hantaman yang keras itu terjadi di peperangan Badar di mana orang-orang musyrik dipukul dengan sehebat-hebatnya sehingga menderita kekalahan dan banyak di antara pemimpin-pemimpin mereka yang tewas.
[1374]. Maksudnya: bangsa-bangsa yang ada pada masa mereka itu.
[1375]. Yang dimaksud tanda-tanda kekuasaan Allah ialah seperti naungan awan, turunnya manna dan salwa, terpancarnya air dari batu, belahnya Laut Merah.
[1376]. Orang-orang musyrik Mekah mengingkari bahwa mati itu dua kali sebagaimana tersebut dalam ayat 28 surat Al Baqarah.
[1377]. Kaum Tubba' ialah orang-orang Himyar di Yaman dan Tubba' adalah gelar raja-raja mereka.
[1378]. Zaqqum adalah jenis pohon yang tumbuh di neraka.
[1379]. Ucapan ini merupakan ejekan baginya.
[1380]. Maksudnya, khawatir kehabisan atau khawatir sakit.

Video Surah Ad Dukhan

Di dalam Surah Ad Dukhan dimulai dengan disebutkannya keagungan Al Quran. Nabi Muhammad s.a.w. berdo'a akan musim kemarau panjang karena kaum Quraisy tidak mengikuti seruan beliau, kemudian orang-orang kafir tersebut beriman dan berharap agar Nabi mendo'akan akan segera turun hujan, tetapi setelah hujan turun mereka kafir kembali maka Allah s.w.t. mengancam mereka yang berbuat demikian. Sebagai peringatan bagi mereka kisah Fir'aun juga disebutkan disini.

Sumber Referensi Terjemahan :

Departemen Agama RI

Surat | Surah Al Maidah Ayat 51,52,53 Artinya dan Tafsir Ibnu Katsir

Surat Al Maidah Ayat 51-53 menjelaskan tentang larangan memilih orang Yahudi dan Nasrani untuk dijadikan sebagi pemimpin umat Islam, apakah benar begitu? jika benar apa alasannya? penjelasannya ada Al Quran Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan secara rinci, untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini bacaan Surat Al Maidah Ayat 51,52,53 Artinya dan Tafsir Ibnu Katsir :

Surat Al Maidah Ayat 51,52,53 & Artinya

???????????? ????????? ?????????? ??? ???????????? ?????????? ??????????????? ????????????? ?????????? ???????????? ??????? ????? ???????????? ???????? ?????????? ????????? ????? ??????? ??? ??????? ????????? ?????????????

51. "Hai orang-orang yg beriman, janganlah engkau mengambil orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yg lain. Barangsiapa diantara engkau mengambil mereka sebagai pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah nir memberi petunjuk pada orang-orang yang zhalim." (Q.S 5:51)

??????? ????????? ??? ?????????? ??????? ???????????? ??????? ?????????? ????????? ??? ?????????? ??????????? ??????? ??????? ??? ???????? ??????????? ???? ?????? ????? ???????? ????????????? ?????? ???? ?????????? ???? ??????????? ??????????

52. Maka kamu akan melihat orang-orang yg ada penyakit dalam hatinya (orang-orang munafik) bersegera mendekati mereka (Yahudi & Nasrani), seraya menyampaikan: "Kami takut akan mendapat bencana." Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan menurut sisi-Nya. Maka karena itu, mereka sebagai menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka.(Q.S. Lima:52)

????????? ????????? ??????????? ?????????????? ????????? ??????????? ????????? ?????? ????????????? ????????? ??????????? ???????? ????????????? ????????????? ??????????

53. Dan orang-orang yang beriman akan menyampaikan: "Inikah orang-orang yg bersumpah sungguh-benar-benar dengan nama Allah, bahwasanya mereka sahih-sahih bersama engkau ?" Rusak binasalah segala amal mereka, kemudian mereka sebagai orang-orang yang merugi.(Q.S. Lima:53)

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Maidah Ayat 51,52 dan 53

Tafsir Al Jalalin Surat AL Maidah Ayat 51-53

51. (Hai orang-orang yg beriman, janganlah engkau ambil orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi pemimpin) menjadi ikutanmu dan kamu cintai. (Sebagian mereka sebagai pemimpin bagi sebagian lainnya) lantaran kesatuan mereka dalam kekafiran. (Siapa pada antara engkau merogoh mereka menjadi pemimpin, maka beliau termasuk di antara mereka) merupakan termasuk golongan mereka. (Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang aniaya) karena mengambil orang-orang kafir sebagai pemimpin mereka.

052. (Maka kamu lihat orang-orang yang pada pada hati mereka ada penyakit) yakni lemah akidahnya seperti Abdullah bin Ubai gembong munafik itu (bersegera pada mereka) untuk mengambil mereka menjadi pemimpin (seraya pungkasnya) mengemukakan alasan dari sikap mereka itu ("Kami takut akan mendapat giliran bala.") misalnya giliran musim kemarau, kekalahan sedangkan urusan Muhammad nir berketentuan sebagai akibatnya nir bisa membela kami. Berfirman Allah swt.: (Semoga Allah mendatangkan kemenangan) pada rasul-Nya menggunakan berbagi kepercayaan -Nya (atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya) contohnya dengan membuka kedok orang-orang munafik & menyingkapkan misteri mereka (sebagai akibatnya mereka atas apa yg mereka rahasiakan dalam diri mereka) berupa keragu-raguan & mengambil orang-orang kafir itu sebagai pemimpin (sebagai menyesal.)

053. (Dan berkatalah) dibaca yaquulu marfu` menjadi awal istilah dengan menggunakan wawu atau nir. Ada juga yang membaca yaquula manshub lantaran diathafkan pada ya`tiya (orang-orang yang beriman) kepada mitra-kawan mereka keheranan; yakni bila topeng kedustaan mereka telah disingkapkan ("Inikah orang-orang yang telah bersumpah dengan nama Allah secara bersungguh-sungguh) artinya sebenar-benarnya bersumpah (bahwa sesungguhnya mereka beserta kamu.") pada soal keagamaan. Firman Allah swt.: ("Gugurlah) rusaklah/binasalah (amal perbuatan mereka yg baik) (maka jadilah mereka orang-orang yang merugi.") baik di global dengan terbukanya misteri mereka maupun pada akhirat menggunakan datangnya azab & siksa.

Potongan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3 Pustaka Imam Asy-Syafi'i Halaman 106

Allah Tabaraka wa Ta'ala melarang hamba-hamba-Nya yang beriman mengangkat orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani sebagai pemimpin mereka, karena mereka itu adalah musuh-musuh Islam dan musuh para pemeluknya, semoga Allah membinasakan mereka. Selanjutnya Allah memberitahukan bahwa sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lainnya. Dan setelah itu Allah mengancam dan menjanjikan siksaan bagi orang yang mengerjakan hal tersebut. Allah SWT berfirman :

?????? ????????????? ???????? ????????? ????????

"Barang siapa pada antara kalian mengambil mereka sebagai pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. (... Al-Maidah: 51) ....

Full Tafsir Ibnu Katsir rekompilasi ebook kampungsunnah.Org tahun 2013

Allah Swt. Melarang hamba-hamba-Nya yg mukmin mengangkat orang-orang Yahudi & orang-orang Nasrani menjadi wali mereka, lantaran mereka adalah musuh-musuh Islam dan para penganutnya; semoga Allah melaknat mereka. Kemudian Allah memberitahukan bahwa sebagian dari mereka merupakan wali bagi sebagian yg lain.

Selanjutnya Allah mengancam orang mukmin yg melakukan hal itu melalui firman-Nya:

?????? ????????????? ???????? ????????? ????????

Barang siapa di antara kalian mengambil mereka sebagai wali, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. (Al-Maidah: 51), sampai akhir ayat.

Ibnu Abi Hatim mengungkapkan, sudah menceritakan pada kami Kasir ibnu Syihab, telah menceritakan kepada kami Muhammad (Yakni Ibnu Sa'id ibnu Sabiq), sudah menceritakan kepada kami Amr ibnu Abu Qais, berdasarkan Sammak ibnu Harb, menurut Iyad, bahwa Umar pernah memerintahkan Abu Musa Al Asyari buat melaporkan kepadanya mengenai seluruh yang diambil & yang diberikannya (yakni pemasukan & pengeluarannya) dalam suatu catatan. Dan tersebutlah bahwa yang sebagai sekretaris Abu Musa ketika itu merupakan seseorang Nasrani. Kemudian hal tersebut dilaporkan pada Khalifah Umar r.A. Maka Khalifah Umar merasa heran akan hal tersebut, kemudian ia mengungkapkan, "Sesungguhnya orang ini sahih-benar pandai , apakah kamu dapat membacakan buat kami sebuah surat di dalam masjid yang tiba dari negeri Syam?" Abu Musa Al-Asy'ari menjawab, "Dia tidak dapat melakukannya." Khalifah Umar bertanya, "Apakah dia sedang memiliki jinabah?" Abu Musa Al-Asy'ari mengatakan, "Tidak, namun dia merupakan seorang Nasrani." Maka Khalifah Umar membentakku & memukul pahaku, kemudian mengungkapkan, "Pecatlah beliau." Selanjutnya Khalifah Umar membacakan firman Allah Swt.: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai wali (kalian). (Al-Maidah: 51), hingga akhir ayat

Ibnu Abu Hatim mengatakan, sudah menceritakan pada kami Muhammad ibnul Hasan ibnu Muhammad ibnus Sabah, telah mencerita?Kan kepada kami Usman ibnu Umar, telah menceritakan kepada kami Ibnu Aun, menurut Muhammad ibnu Sirin yang mengungkapkan bahwa Abdullah ibnu Atabah pernah mengungkapkan, "Hendaklah seseorang pada antara kalian memelihara dirinya, jangan hingga sebagai seorang Yahudi atau seorang Nasrani, sedangkan dia nir menyadarinya." Menurut Muhammad ibnu Sirin, yg dimaksud olehnya berdasarkan dugaan kami adalah firman Allah Swt. Yg mengatakan: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi wali (kalian). (Al-Maidah : 51), sampai akhir ayat.

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Sa'id Al-Asyaj, telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudail, dari Asim, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa ia pernah ditanya mengenai sembelihan orang-orang Nasrani Arab. Maka ia menjawab, "Boleh dimakan."  Allah Swt. hanya berfirman: Barang siapa di antara kalian mengambil mereka menjadi wali, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. (Al-Maidah: 51)

Hal yang semisal sudah diriwayatkan berdasarkan Abuz Zanad.

Firman Allah Swt.:

??????? ????????? ??? ??????????? ??????

Maka engkau akan melihat orang-orang yang terdapat penyakit pada hatinya. (Al-Maidah: 52)

Yaitu keraguan, kebimbangan, & kemunafikan.

???????????? ???????

Bersegera mendekati mereka. (Al-Maidah: 52)

Maksudnya, mereka bersegera bergaul akrab dengan orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani secara lahir batin.

?????????? ??????? ???? ?????????? ?????????

Seraya mengungkapkan, "Kami takut akan menerima bencana." (Al-Maidah: 52)

Yakni mereka melakukan demikian dengan alasan bahwa mereka takut akan terjadi suatu perubahan, yaitu orang-orang kafir beroleh kemenangan atas kaum muslim. Jika hal ini terjadi, berarti mereka akan memperoleh perlindungan dari orang-orang Yahudi dan Nasrani, meng­ingat orang-orang Yahudi dan Nasrani mempunyai pengaruh tersendiri  di kalangan orang-orang kafir, sehingga sikap berteman akrab dengan mereka dapat memberikan manfaat ini. Maka Allah Swt berfirman menjawab mereka:

??????? ??????? ???? ???????? ???????????

Praktis-mudahan Allah akan memberikan kemenangan (pada Rasul-Nya). (Al-Maidah: 52)

Menurut As-Saddi, yang dimaksud dengan al-Fathu pada ayat ini adalah kemenangan atas kota Mekah. Sedangkan yg lainnya mengungkapkan bahwa makna yang dimaksud adalah kekuasaan peradilan dan keputusan.

???? ?????? ???? ????????

Atau sesuatu keputusan berdasarkan-Nya. (Al-Maidah: 52)

Menurut As-Saddi, makna yg dimaksud adalah memungut jizyah atas orang-orang Yahudi dan Nasrani.

????????????

Maka karenanya mereka sebagai. (Al-Maidah: 52)

Yakni orang-orang yang mengakibatkan orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi wali mereka berdasarkan kalangan kaum munafik.

????? ??? ????????? ??? ???????????? ??????????

Menyesal terhadap apa yg mereka rahasiakan dalam diri mereka (Al-Maidah: 52)

Yaitu meratapi perbuatan mereka yg berpihak kepada orang-orang Yahudi & Nasrani itu. Dengan kata lain, mereka menyesali perbuatan yg mereka lakukan lantaran usahanya itu nir dapat memberikan output apa pun, nir jua dapat menolak hal yang mereka hindari, bahkan berpihak pada mereka merupakan penyebab primer menurut kerusakan itu sendiri. Kini mereka keadaannya telah dipermalukan dan Allah telah menampakkan perkara mereka pada global ini kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, padahal sebelumnya mereka tersembunyi, keadaan dan prinsip mereka masih belum diketahui. Tetapi selesainya semua penyebab yang mempermalukan mereka telah, maka tampak jelaslah kasus mereka di mata hamba-hamba Allah yang mukmin. Orang-orang mukmin merasa heran menggunakan perilaku mereka (kaum munafik itu), bagaimana mereka bisa menampakkan diri bahwa mereka seakan-akan termasuk orang-orang mukmin, & bahkan mereka berani bersumpah buat itu, tetapi dalam saat yg sama mereka berpihak pada orang-orang Yahudi & Nasrani? Dengan demikian, tampak jelaslah kedustaan dan kebohongan mereka. Untuk itulah Allah menjelaskan pada firman-Nya:

????????? ????????? ??????? ?????????? ????????? ?????????? ????????? ?????? ????????????? ????????? ?????????? ???????? ????????????? ???????????? ??????????

Dan orang-orang yang beriman akan berkata, "Inikah orang-orang yang bersumpah sungguh-benar-benar dengan nama Allah, bahwasanya mereka benar-benar beserta kalian?? Rusak binasalah segala amal mereka, lalu mereka sebagai orang-orang yg merugi. (Al-Maidah: 53)

Para ahli qiraah tidak sinkron pendapat sehubungan dengan alfabet wawu dari ayat ini. Jumhur ulama tetapkan huruf wawu dalam firman-Nya:

????????? ????????? ???????

Dan orang-orang yang beriman akan berkata. (Al-Maidah: 53)

Kemudian sebagian menurut mereka terdapat yang membaca rafa' dan berkata sebagai ibtida (permulaan kalimat). Sebagian dari mereka ada yang me-nasab-kannya karena di-'ataf-kan pada firman-Nya:

??????? ??????? ???? ???????? ??????????? ???? ?????? ???? ????????

"Praktis-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan berdasarkan sisi-Nya. . (Al-Maidah: 53)

Dengan demikian, berarti bentuknya artinya an-yaqula (& gampang-mudahan orang-orang yang beriman menyampaikan).

Namun ulama Madinah membacanya dengan bacaan berikut:

??????? ????????? ???????

Orang-orang yang beriman akan berkata. (Al-Maidah: 53)

Yakni tanpa memakai huruf wawu. Demikian jua yg tertera pada pada mushaf mereka, menurut Ibnu Jarir.

Ibnu Juraij mengungkapkan menurut Mujahid sehubungan menggunakan firman Allah Swt.: Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan kepada (RasulNya), atau sesuatu keputusdan menurut Sisi-Nya. (Al-Maidah: 52) Sebagai konsekuensinya disebutkan pada firman-Nya: Orang-orang yg beriman akan mengungkapkan, "Inikah orang-orang yang bersumpah benar-benar-benar-benar dengan nama Allah, bahwasanya mereka benar-benar beserta kalian?? Rusak binasalah segala amal mereka, lalu mereka sebagai orang-orang yg merugi. (Al-Maidah: 53).

Yakni tanpa menggunakan wawu. Demikianlah dari salinan yg terdapat pada tangan kami. Tetapi barangkali ada kalimat yang digugurkan padanya, lantaran dari ungkapan Tafsir Ruhul Ma'ani disebutkan bahwa Ibnu Kasir, Nafi', dan Ibnu Amir membaca yaaulu tanpa menggunakan wawu menggunakan interpretasi menjadi isti-naf bayani. Seakan-akan dikatakan bahwa "lalu apakah yg dikatakan sang orang-orang mukmin waktu itu?".

Para ulama tafsir berbeda pendapat tentang penyebab yang melatarbelakangi turunnya ayat-ayat yang mulia ini. As-Saddi menye?Butkan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan menggunakan dua orang lelaki. Salah seorang berdasarkan keduanya mengungkapkan pada lainnya sehabis Perang Uhud, "Adapun aku , sesungguhnya saya akan pergi kepada si Yahudi itu, lalu saya berlindung padanya dan ikut masuk kepercayaan Yahudi bersamanya, barangkali beliau berguna bagiku bila terjadi suatu perkara atau suatu hal."Sedangkan yg lainnya menyatakan, "Adapun aku , sesungguhnya saya akan pulang pada si Fulan yg beragama Nasrani di negeri Syam, kemudian saya berlindung padanya dan ikut masuk Nasrani bersamanya." Maka Allah Swt. Berfirman: Hai orang-orang yg beriman, janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi wali (kalian). (Al-Maidah: 51). Sampai beberapa ayat berikutnya.

Ikrimah berkata bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abu Lubabah ibnu Abdul Munzir waktu Rasulullah Saw. Mengutusnya pada Bani Quraizah, lalu mereka bertanya kepadanya, "Apakah yg akan dilakukan olehnya terhadap kami?" Maka Abu Lubabah mengisya?Ratkan menggunakan tangannya ke arah tenggorokannya, yang maksudnya bahwa Nabi Saw. Akan menyembelih mereka. Demikianlah menurut apa yang diriwayatkan sang Ibnu Jarir.

Menurut pendapat yang lain. Ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdullah ibnu Ubay ibnu Salul, misalnya apa yang sudah disebutkan sang Ibnu Jarir:

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْب، حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ قَالَ: سَمِعْتُ أَبِي، عَنْ عَطِيَّةَ بْنِ سَعْدٍ قَالَ: جَاءَ عُبَادَةُ بْنُ الصَّامِتِ، مِنْ بَنِي الْخَزْرَجِ، إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ لِي مَوَالِي مَنْ يَهُودٍ كَثِيرٌ عَدَدُهُمْ، وَإِنِّي أَبْرَأُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ مِنْ وَلَايَةِ يَهُودٍ، وَأَتَوَلَّى اللَّهَ وَرَسُولَهُ. فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أُبَيٍّ: إِنِّي رَجُلٌ أَخَافُ الدَّوَائِرَ، لَا أَبْرَأُ مِنْ وِلَايَةِ مَوَالِي. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُبَيٍّ: "يَا أَبَا الحُباب، مَا بَخِلْتَ بِهِ مِنْ وَلَايَةِ يَهُودَ عَلَى عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ فَهُوَ لَكَ دُونَهُ". قَالَ: قَدْ قَبِلْتُ! فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى أَوْلِيَاءَ [بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ] } إِلَى قَوْلِهِ: ??????? ????????? ??? ??????????? ??????

Bahwa sudah menceritakan pada kami Abu Kuraib, sudah menceritakan pada kami Ibnu Idris yang mengungkapkan bahwa ia pernah mendengar ayahnya menceritakan hadis berikut dari Atiyyah ibnu Sa'd, bahwa Ubadah ibnus Samit dari Banil Haris ibnul Khazraj datang pada Rasulullah Saw., lalu berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku mempunyai sahabat-teman setia dari kalangan orang-orang Yahudi yg jumlah mereka relatif poly. Dan sesungguhnya aku kini menyatakan berlepas diri kepada Allah & Rasul-Nya dari mengambil orang-orang Yahudi menjadi teman setia aku , & sekarang saya berpihak pada Allah & Rasul-Nya." Abdullah ibnu Ubay ibnu Salul mengatakan, "Sesungguhnya aku merupakan seseorang yg takut akan mendapat bala. Karenanya saya nir mau berlepas diri berdasarkan mereka yang telah sebagai sahabat-teman setiaku." Maka Rasulullah Saw. Bersabda kepada Abdullah ibnu Ubay, "Hai Abul Hubab, apa yang kamu pikirkan, yaitu nir mau melepaskan diri berdasarkan bergaul setia menggunakan orang-orang Yahudi, nir seperti apa yang dilakukan sang Ubadah ibnus Samit. Maka hal itu hanyalah untukmu, bukan buat Ubadah." Abdullah ibnu Ubay menyampaikan, "Saya terima." Maka Allah Swt. Menurunkan firman-Nya: Hai orang-orang yg beriman, janganlah kalian merogoh orang-orang Yahudi & Nasrani menjadi wali (kalian). (Al-Maidah: 51), hingga 2 ayat berikutnya.

????? ????? ????? ???????: ?????????? ???????? ?????????? ??????? ???? ???????? ?????????? ????????? ???? ?????? ???????????? ???? ???????????? ?????: ?????? ????????? ?????? ?????? ????? ?????????????? ????????????????? ???? ???????: ??????? ?????? ???? ??????????? ??????? ???????? ?????? ?????? ??????! ??????? ??????? ???? ?????????: ??????????? ???? ?????????? ??????? ???? ???????? ??? ?????? ?????? ????????????!! ????? ???? ????????? ???????????? ???? ???????????? ??????????? ???? ?????? ?????? ???? ???????????? ??????? ?????????: ??? ??????? ???????? ????? ???????????? ???? ?????????? ??????? ????????? ????????????? ???????? ???????????? ????????? ????????????? ???????? ???????? ????? ??????? [????????] ??????? ????????? ???? ????????? ???????? ????? ??????? ??? ?????? ??????? ???????????. ??????? ?????? ??????? ???? ???????: ???????? ??? ???????? ???? ??????? ??????? ????? ?????? ??? ????? ??? ????????. ??????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????: "??? ????? ?????????? ?????????? ??????? ????????? ???? ???? ??????? ??????? ????? ????????? ???? ??????????? ?????? ???? ???????? " ???????: ????? ?????! ?????: ?????????? ???????: ??? ???????? ????????? ??????? ??? ??????????? ?????????? ????????????? ??????????? [?????????? ??????????? ??????] ????? ????????: ????????? ?????????? ???? ????????

Kemudian Ibnu Jarir berkata, sudah menceritakan kepada kami Hannad, sudah menceritakan kepada kami Yunus ibnu Bukair, sudah menceritakan pada kami Usman ibnu Abdur Rahman, dari Az-Zuhri yg menceritakan bahwa ketika kaum musyrik mengalami kekalahan pada Perang Badar, kaum muslim menyampaikan kepada sahabat-teman mereka yang dari kalangan orang-orang Yahudi, "Masuk Islamlah kalian sebelum Allah menimpakan pada kalian suatu bala misalnya yg terjadi pada Perang Badar." Malik ibnus Saif menyampaikan, "Kalian sudah teperdaya dengan kemenangan kalian atas segolongan orang-orang Quraisy yg nir mempunyai pengalaman pada peperangan. Apabila kami bertekad menghimpun kekuatan untuk menyerang kalian, maka kalian tidak akan berdaya buat memerangi kami." Maka Ubadah ibnus Samit menyampaikan, "Wahai Rasulullah, sesungguh?Nya sahabat-teman sejawatku menurut kalangan orang-orang Yahudi adalah orang-orang yg berjiwa keras, poly mempunyai senjata, & kekuatan mereka cukup andal. Sesungguhnya saya kini berlepas diri pada Allah & Rasul-Nya berdasarkan bergaul dengan orang-orang Yahudi. Sekarang bagiku tidak ada pemimpin lagi kecuali Allah & Rasul-Nya." Tetapi Abdullah ibnu Ubay berkata, "Tetapi aku tidak mau berlepas diri berdasarkan berteman sejawat dengan orang-orang Yahudi. Sesungguhnya saya merupakan orang yang bergantung pada mereka." Maka Rasulullah Saw. Bersabda, "Hai Abul Hubab, bagaimanakah bila apa yg engkau sayangkan, yaitu bergaul sejawat menggunakan orang-orang Yahudi terhadap Ubadah ibnus Samit, hal itu hanyalah untukmu, bukan buat beliau?" Abdullah ibnu Ubay menjawab, "Kalau begitu, aku bersedia mendapat?Nya." Maka Allah menurunkan firman-Nya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi & Nasrani sebagai wali (kalian). (Al-Maidah: 51) hingga menggunakan firman-Nya: Allah memelihara engkau berdasarkan (gangguan) insan. (Al-Maidah: 67)

Muhammad ibnu Ishaq menyampaikan, kabilah Yahudi yang mula-mula berani melanggar perjanjian antara mereka & Rasulullah Saw. Adalah Bani Qainuqa.

???????????? ??????? ???? ?????? ???? ????????? ?????: ????????????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ??? ???????? ????? ????????? ??????? ???????? ?????? ??????? ?? ??? ?? ???????? ????? ?????????? ??????? ????????? ???????: ??? ?????????? ???????? ??? ???????. ????????? ????????? ???????????? ?????: ?????????? ???????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????? ???????: ??? ?????????? ???????? ??? ????????. ?????: ?????????? ??????. ?????????? ?????? ??? ?????? ?????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????. ??????? ???? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????. "???????????". ???????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ?????? ????? ?????????? ??????? ????? ?????: "???????? ???????????". ?????: ??? ????????? ??? ?????????? ?????? ???????? ??? ???????? ??????????????? ???????? ???????????????? ???????? ???? ?????????? ???? ??????????? ?????????????? ???????????? ??? ??????? ??????????! ?????? ??????? ??????? ????????????? ?????: ??????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????: "??? ????."

Muhammad ibnu Ishaq mengatakan, telah menceritakan kepadanya Asim ibnu Umar ibnu Qatadah yang mengatakan bahwa lalu Rasulullah Saw. mengepung mereka hingga mereka menyerah dan mau tunduk di bawah hukumnya. Lalu bangkitlah Abdullah ibnu Ubay ibnu Salul kepada Rasulullah, setelah Allah memberikan kemenangan kepadanya atas mereka. Kemudian Abdullah Ibnu Ubay ibnu Salul berkata, "Hai Muhammad, perlakukanlah teman-teman sejawatku itu dengan baik, karena mereka adalah teman-teman sepakta orang-orang Khazraj." Rasulullah Saw. tidak melayaninya, dan Abdullah ibnu Ubay ibnu Salul berkata lagi, "Hai Muhammad, perlakukanlah teman-teman sejawatku ini dengan baik. Tetapi Rasulullah Saw. tidak mempedulikannya. Kemudian Abdullah ibnu Ubay memasukkan tangannya ke dalam kantong baju jubah Nabi Saw., dan Nabi Saw. bersabda kepadanya.”Lepaskanlah aku!" Bahkan Rasulullah Saw. marah sehingga kelihatan roman muka beliau memerah, kemudian bersabda lagi, "Celakalah kamu, lepaskan aku.  Abdullah ibnu Ubay berkata, "Tidak, demi Allah, sebelum engkau bersedia akan memperlakukan teman-teman sejawatku dengan perlakuan yang baik. Mereka terdiri atas empat ratus orang yang tidak memakai baju besi dan tiga ratus orang memakai baju besi, dahulu mereka membelaku dari ancaman orang-orang yang berkulit merah dan berkulit hitam yang selalu mengancamku, sesungguhnya aku adalah orang yang takut akan tertimpa bencana." Maka Rasulullah Saw. bersabda, "Mereka kuserahkan kepadamu."

????? ????????? ???? ?????????: ???????????? ????? ????????? ???? ?????? ???? ????????? ???? ?????????? ???? ????????? ???? ?????????? ?????: ?????? ????????? ????? ?????????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????? ????????? ???????????? ?????? ??????? ???? ???????? ??????? ?????????? ??????? ????????? ???? ?????????? ????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?????????? ??????? ?????? ????? ????? ???? ???????????? ???? ???? ?????????? ?????? ??????? ???????? ??????? ???? ???????? ???????????? ????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ??????????? ????? ??????? ??????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ???? ??????????? ???????: ??? ??????? ???????? ??????????? ????? ??????? ??????? ????????? ???? ??????????? ???????????? ??????? ??????????? ????????????????? ?????????? ???? ?????? ??????????? ???????????????. ??????? ????? ?????? ??????? ???? ??????? ???????? ????????? ??? ????????????: ??? ???????? ????????? ??????? ??? ??????????? ?????????? ????????????? ??????????? ?????????? ??????????? ?????? ????? ????????: ?????? ????????? ??????? ??????????? ??????????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???? ?????????????

Muhammad ibnu Ishaq menyampaikan, sudah menceritakan kepadaku Abu Ishaq ibnu Yasar, menurut Ubadah ibnul Walid ibnu Ubadah ibnus Samit yang berkata bahwa ketika Bani Qainuqa' memerangi Rasulullah Saw., Abdullah ibnu Ubay berpihak dan membela mereka, sedangkan Ubadah ibnus Samit berpihak kepada Rasulullah Saw. Dia adalah galat seorang berdasarkan kalangan Bani Auf ibnul Khazraj yang jua merupakan sahabat sepakta Bani Qainuqa', sama menggunakan Abdullah ibnu Ubay. Ubadah ibnus Samit menyerahkan kasus mereka pada Rasulullah Saw. & berlepas diri pada Allah & Rasul-Nya berdasarkan bergaul dengan mereka. Lalu ia menyampaikan, "Wahai Rasulullah, saya berlepas diri kepada Allah dan Rasul-Nya dari bergaul dengan mere?Ka; & kini aku berpihak kepada Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang mukmin; aku pun menyatakan lepas menurut perjanjian aku dengan orang-orang kafir & tidak mau lagi berteman menggunakan mereka." Berkenaan menggunakan dia dan Abdullah ibnu Ubay ayat-ayat ini diturunkan,- yaitu firman Allah Swt. Yang terdapat di pada surat Al-Maidah: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian merogoh orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai wali (kalian); sebagian mereka adalah wali bagi sebagian yg lain. (Al-Maidah : 51) hingga menggunakan firman-Nya: Dan barang siapa merogoh Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang mukmin sebagai penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang niscaya menang. (Al-Maidah: 56)

????? ?????????? ????????: ?????????? ?????????? ???? ???????? ?????????? ??????? ???? ?????????? ???? ????? ?????????? ???? ???? ?? ?????????? ???? ????????????? ???? ???????? ???? ????????? ???? ?????? ?????: ???????? ???? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????? ?????? ??????? ???? ??????? ?????????? ??????? ???? ?????????? ?????? ??????? ???????? ?????????: "???? ?????? ????????? ???? ???? ???????". ??????? ?????? ???????: ?????? ???????????? ???????? ???? ?????????? ???????.

Imam Ahmad mengungkapkan, sudah menceritakan pada kami Qutaibah ibnu Sa'id, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Zakaria ibnu Abu Zaidah, dari Muhammad ibnu Ishaq, dari Az-Zuhri, menurut Urwah, dari Usamah ibnu Zaid yang menceritakan bahwa dia pernah beserta menggunakan Rasulullah Saw. Menjenguk Abdullah ibnu Ubay yg sedang sakit. Maka Nabi Saw. Bersabda kepadanya: Aku pernah melarangmu jangan berteman dengan orang-orang Yahudi. Namun Abdullah ibnu Ubay menjawab, "As'ad ibnu Zararah pernah membenci mereka, & ternyata beliau mati."

Hal yg sama sudah diriwayatkan oleh Abu Daud melalui hadis Muhammad ibnu Ishaq.

Tugas Dan Tanggung Jawab Admin Server Dan Identifkasi Bahaya Kemanan Terhadap Server

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server dan Identifkasi Ancaman Kemanan terhadap Server - Admin server atau server direktur yakni salah satu profesi yang berkaitan dengan Teknologi gosip dan komunikasi  yang bersahabat kaitannya dengan teknologi jaringan komputer. direktur sendiri di dunia jaringan atau internet berarti orang yang  bertugas mengelola dan mengontrol hal-hal yang berkaitan dengan komputer jaringan.

Berbicara tentang Admin server maka nir akan tanggal menurut istilah manajemen server, manajemen sendiri yakni pengelolaan berkaitan menggunakan pelayanan sedangkan server yakni suatu bab penting dalam jaringan yg bertugas buat menyediakan layanan yang diharapkan sang client, umumnya mempunyai spesifikasi khusus yang lebih baik berdasarkan client.

Jika wajib diterjemahkan manajemen server yakni sistem pengelolaan dan pengontrolan saluran terhadap jaringan dan juga sumber daya yang terdapat di dalamnya. Jikalau manajemen server lebih terfokus pada sistem pengelolaan jaringan sedangkan admin server yakni orang yg diberi tanggung jawab buat megelola & mengontrol jaringan, agar bisa berfungsi dengan baik dan pula agar server terhindar dari ancaman-ancaman yg mampu menganggu stabiltas jaringan.

Di artikel kali ini saya akan uraikan apa saja yg sebagai tanggung jawab admin server dan juga identifikasi ancaman keamanan terhadap server.

Tugas & tanggung Jawab seseorang Admin Server

Menjadi seorang admin server bukanlah masalah gampang perlu skil khusus, pengalaman dan diwajibkan memahami seluk beluk server dan jaringan komputer secara baik, berikut yakni kiprah dan tanggung jawab seorang admin server:

Tugas Seorang admin server:

  1. Mengontrol keseluruhan server
  2. Memegang kendali penuh terhadap segala ketiatan manajemen dari keseluruhan server yang dijalankan

Sedangkan Tanggung Jawab Seorang admin server:

  1. Melakukan manajemen sistem operasi server
  2. Uji peralatan, perangkat keras, perangkat lunak server dan update sistem server
  3. Memonitor Server
  4. Menjaga Kinerja server
  5. Memelihara jaringan dan mengelola Pertumbuhan jaringan
  6. Rutin melaksanakan audit terhadap peralatan server
  7. Menginstal dan mengkonfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak jaringan
  8. Bertanggung jawab terhadap sistem keamanan server
  9. Menganalisa server dan mengidentifikasi potensi permasalahan dan ancaman terhadap komputer server.

Skill Seorang admin Server

Skill atau keterampilan yang wajib dimiliki sang seorang admin serve yakni sebagai berikut:

Keterampilan Umum:

  1. Monitor jaringan infrastruktur
  2. Konfigurasikan layanan Web
  3. Mengkonfigurasi jaringan aplikasi

Keterampilan Pemula:

  1. Rencana sistem operasi server

Keterampilan Menengah:

  1. Mengkonfigurasi dan memelihara Active Directory
  2. Monitor sistem operasi server
  3. Menginstal dan memelihara perangkat keras

Keterampilan Ahli (Expert Skill)

  1. Mengkonfigurasi layanan sistem operasi server
  2. Konfigurasi jaringan sistem komputer pada perusahaan bisnis

Pengalaman

Untuk bisa menerima skill yg maksimal menyerupai yg sudah dijelaskan diatas diperlukan waktu tiga hingga lima tahun pengalaman kerja. Berikut yakni pembagian pengalaman kerja berdasarkan ruang lingkup tanggung jawab kerja:

  1. 60 persen operasi
  2. 20 persen rekayasa
  3. 20 persen pemberian tugas

Identifikasi Ancaman keamanan Server

Ancaman keamanan server yakni hal-hal yang berkaitan dengan segala ancaman yang mampu merusak infrastruktur server baik keamanan warta, hardware juga aplikasi.

Prinsip Ancaman keamanan yg harus selalu diperhatikan meliputi:

1. Kerahasiaan (confidentiality)

Confidentiality atau kerahasiaan yakni pencegahan terhadap mereka yang tidak memiliki kepentingan terhadap gosip jaringan . Secara umum sanggup disebutkan bahwa kerahasiaan mengandung makna bahwa gosip yg paripurna terakses sang mereka yg berhak ( & bukan orang lain), sama analoginya dengan e-mail juga data-data perdagangan menurut perusahaan.

Dua. Integritas (Integrity)

Integrity atau Integritas yakni pencegahan terhadap segala hal yg berkaitan dengan kemungkinan amandemen atau pembatalan berita sang mereka yang nir berhak. Secara umum maka integritas ini berarti bahwa info yang sempurna, tidak terjadi cacad maupun terhapus pada perjalananya menurut penyaji pada para peserta yg berhak.

Tiga. Ketersediaan (Availability)

Availability atau ketersediaan yakni upaya pencegahan ditahannya gosip atau asal daya terkait oleh mereka yg tidak berhak. Secara generik makna yang dikandung yakni bahwa gosip yg paripurna sanggup diakses bila diharapkan sang siapapun yg memiliki legitimasi buat tujuan ini. Berkaitan menggunakan ?Messaging system? Maka pesan itu harus sanggup dibaca sang siapapun yang dialamatkan atau yang diarahkan, sewaktu mereka ingin membacanya.

4. Non-repudiation

Non-repudiation yakni menjaga supaya seorang tidak mampu menyangkal sudah melaksanakan sebuah transaksi. Sebagai model, seseorang yg mengirimkan email buat memesan barang tidak mampu menyangkal bahwa ia telah mengirimkan email tersebut.

Lima. Autentikasi

Autentikasi yakni suatu langkah untuk menentukan atau mengonfirmasi bahwa seseorang (atau sesuatu) yakni autentik atau orisinil. Melakukan autentikasi terhadap sebuah objek yakni melaksanakan konfirmasi terhadap kebenarannya. Sedangkan melaksanakan autentikasi terhadap seseorang umumnya yakni buat memverifikasi identitasnya. Pada suatu sistem personal komputer , autentikasi umumnya terjadi pada dikala login atau permintaan akses.

6. Access Control

Access Control yakni Mekanisme untuk mengatur ?Siapa boleh melaksanakan apa?, ?Menurut mana boleh ke mana?. Penerapannya membutuhkan klasifikasi data (public, private, confident, secret) dan berbasiskan role (kelompok atau group hak akses). Contoh ACL antar jaringan, ACL proxy (pembatasan bandwith) dll

7. Accountablity

Accountablity yakni Adanya catatan untuk keperlan pengecekan sehingga transaksi sanggup dipertanggungjawabkan. Diperlukan adanya kebijakan dan mekanisme (policy & procedure). Implementasi sanggup berupa IDS/IPS (firewall), syslog (router)

(sumber:https://saiaferdibucha.wordpress.com/2013/02/19/pengertian-dari-confidentiality-integrity-availability-non-repudiation-autentikasi-access-control-dan-accountablity/)

Jenis Ancaman Keamanan Jaringan dan Metode Umum Yang sering digunakan

Berikut beberapa jenis ancaman serta metode yang sering dipakai:

1. Denial of Services (DoS)

Deniel of Services (DoS) ini yakni salah satu ancaman keamanan jaringan yang menciptakan suatu layanan jaringan jadi mampet, serangan yang menciptakan jaringan anda tidak sanggup diakses

2. Distributed Denial of Services (DDoS)

Ini terjadi dikala penyerang berhasil meng-kompromi beberapa layanan system dan menggunakannya atau memanfaatkannya sebagai sentra untuk mengembangkan serangan terhadap korban lain.

3. DRDoS

DR Dos atau Distributed refelective deniel of service yakni ancaman yang  memanfaatkan operasi normal dari layanan Internet, menyerupai protocol-2 update DNS dan router. DRDoS ini bekerja dengan cara menyerang fungsi dengan mengirim update, sesi, dalam jumlah yang sangat besar kepada aneka macam macam layanan server atau router dengan memakai address spoofing kepada sasaran korban

4. SYRC

Serangan keamanan jaringan dengan membanjiri sinyal SYN kepada system yang memakai protocol TCP/IP dengan melaksanakan inisiasi sesi komunikasi.

5. Smurf Attack

Membajiri data korban dengan data sampah sehingga sistem overload penuh dengan data sampah. Serangan yang umum dilakukan yakni dengan jalan mengirimkan broadcast kepada segmen jaringan sehingga semua node dalam jaringan akan mendapatkan paket broadcast ini, sehingga setiap node akan merespon balik dengan satu atau lebih paket respon.

6. Ping Of Death

Mengirimkan paket ping dalam jumlah yang banyak supaya komputer korban crash dan rusak.

7. Stream Attack

Mengirimkan jumlah paket data untuk sistem korban memakai random number.

8. Spoofing

Spoofing yakni seni ancaman dengan cara berubah menjadi menjadi sesuatu yang lain. Spoofing attack terdiri dari IP address dan node source atau tujuan yang orisinil atau yang valid diganti dengan IP address atau node source atau tujuan yang lain.

9. Man in The Middle (Pembajakan)

Serangan keamanan jaringan Man-in-the-middle (serangan pembajakan) terjadi dikala user perusak sanggup memposisikan diantara dua titik link komunikasi, biasanya dikenal sebagai user penyusup.

10. Spamming

Teknik serangan melalui gosip dari orang yang tidak dikenal dan biasanya ada yang disisipi virus berbahaya yang sanggup mengancam dan menghancurkan sistem.

11. Sniffer

Sniffer yakni tindakan user perusak yang biasanya memanfaatkan  informasi trafic  yang menuju sebuah jaringan untuk mencari kelemahan sistem. Serangan Sniffer sering difokuskan pada koneksi awal antara client dan server untuk mendapatkan logon credensial, kunci rahasia, password dan lainnya.

12. Crackers

Crackers yakni user yang mempunyai kemampaun khusus dalam jaringan yang bertujuan untuk merusak sebuah sistem biasanya bertindak alasannya termotivasi oleh ego dan biasanya ingin mendapatkan pengakuan. Akibat dari acara hacker sanggup berupa pencurian (data, ide, dll), disable system, kompromi keamanan, opini negative public, kehilangan pasar saham, mengurangi keuntungan, dan kehilangan produktifitas.

Itulah artikel tentangTugas dan Tanggung Jawab Admin Server dan Identifkasi Ancaman Kemanan terhadap Server, semoga bermanfaat.

Tuesday, November 10, 2020

Astrid – Ku Cinta Dia

 Astrid – Ku Cinta Dia -- Tuning drop 1/2 --

Dok: kapanlagi.com

INTRO:F  Dm  Am  F  Dm  E

Am       G                        C

Tuhan perlihatkan padaku

      F          G                           C

Wajah dia yang sangat ku cintai

Am       G                   C

Tolong buat dia merasa

        F         G                          C

Bahwa aku sedang memeluknya

(*) Bm   Em          Am

…… ku takkan tenang

          F    G   A

Sebelum dia tau

REFF:

        Dm   G      C         F

Ku cinta dia dengan perasaan

Dm   E     A

Sepenuh hatiku

          Dm       G       C              F

Walaupun nanti tak bertemu lagi

Dm             G

Ku hidup di hatinya

F          Dm Am F Dm E

Hatinya…

Am       G                         C

Entah mengapa cinta datang

    F             G                     C

Saat sudah terjadi perpisahan

REPEAT:(*), REFF

         F            G       A

Hatinya... hatinya... aww...

REPEAT:REFF

F      Dm Am F Dm E

Hatinya…

Tokoh, Latar, dan Urutan Peristiwa Cerita Fantasi Ruang Dimensi Alpha

Ruang Dimensi Alpha_?Kau wajib membawanya kembali!? Erza berteriak kalang kabut. Aku gugup. Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam.

?Aku harus membawa beliau pulang!? Teriakku.

Erza menghempaskan tubuhnya dalam meja kontrol laboratorium dengan kesal. Ardi berteriak lantang ?Jangan main-main Don!? Ardi menatapku menggunakan tajam. ?Padahal..,? Erza tercekat, ?Aku tahu Er kita tinggal punya waktu 8 jam?. Aku terus berusaha meyakinkan sahabat-sahabatku. ? Jika engkau mengembalikan manusia purba melebihi 8 jam, berarti tamat riwayatmu.? Kembali Erza dan Ardi menatapku tajam.

Aku mengotak-atik personal komputer Luminaku menggunakan cepat. Aku memutuskan buat tetap mengembalikan insan purba itu.

?Sistem oke!?

Manusia purba itu wajib hidup. Setiap mahkluk berhak buat hayati. Aku yg membawanya, saya jua yang harus mengembalikannya. Orang tuaku tidak pernah mengajarkanku buat melarikan diri sesulit apapun kasus yg kuhadapi.

Alarm berbunyi. Gelombang dimensi alpha semakin mengecil. Badanku lemas seakan rontok seluruh sendiku. Aku menengadah & kulihat sahabat-sahabatku mengelilingiku. Semua alat di laboratorium ini pecah berantakan. Tinggal laptop Luminaku yang masih menyala. ?Ardi maafkan aku ! Maaf sudah Mengganggu labolatorium buat penelitian ini,? Kataku mengiba.

?Gak apa-apa asalkan dirimu mampu selamat,? Ardi memelukku menggunakan erat. Kulihat Erza membawa air minum untukku. Tidak menyangka aku sanggup berhasil dikembalikan dan hidup lagi secara biasa. Manusia purba itu jua berhasil balik ke habitatnya pada 500 tahun sebelum masehi. Aku

bisa melihatnya dengan kentara pada layar laptop. Manusia purba itu tersenyum sembari melambaikan tangan ke arahku.

Uraikan isi cerita fantasi menggunakan bahasa sendiri denga menjawab pertanyaanpertanyaan pada bawah ini!

A. Urutkan peristiwa yang dialami Doni pada cerita tersebut!

  1. Doni tanpa sengaja terdampar kedimensi alpha
  2. Tanpa diketahuinya manusia purba mengikuti doni
  3. Doni kembali ke tempat asalnya
  4. Doni dan teman-temannya menyadari dan menemukan manusia purba
  5. Teman temannya bingung dan meminta doni mencari jalan keluar
  6. Doni mencari cara untuk mengembalikan nya ke dimensinya
  7. Doni mengutak atik komputer lumia nya
  8. Doni menekan tombol run
  9. Muncul gelombang biru dan terbuka pagar asteroid
  10. Doni memasukinya dengan manusia purba tersebut
  11. Doni mengembalikan manusia purba
  12. Waktu semakin menipis, dan doni terlempar kembali ke lab
  13. Semua alat-alat rusak, yang tinggal hanya komputer lumia nya
  14. Doni meminta maaf kepada teman temannya atas kerusakan itu
  15. Teman-temannya tidak mempermasalahkan hal itu, yang penting dia selamat.
  16. Doni melihat manusia purba tersebut dilayar monitor tersenyum dan melambaikan tangan
b. Bagaimana proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alpha?

Proses terlemparnya Doni ke lorong dimensi Alph dengan mengotak atik komputer Luminanya, kemudian klik tombol ?Run? Dalam layar monitor. Setelah itu ada gelombang biru seperti Aurora memenuhi ruangan lalu pagar Asteroid terbuka lebar, menaruh ruang cukup buat kulewati beserta insan purba itu.

C. Siapa tokoh & bagaimana watak tokoh yang terdapat pada cerita?Isilah tabel berikut!

Nama TokohWatak TokohBukti pada teks
ErzaPemarah,

baik hati.

?Kau wajib membawanya kembali!? Erza

berteriak kalang kabut.

Kulihat Erza membawa air minum untukku.

DoniTidak gampang putus asa, bertanggungjawab,

ceroboh

?Aku harus membawa beliau pulang!? Teriakku.

Aku yg membawanya, aku jua yang wajib

mengembalikannya.

Orang tuaku tak pernah mengajarkanku

buat melarikan diri sesulit apapun kasus

yang kuhadapi

?Ardi maafan saya! Maaf telah menghambat labolatorium

untuk penelitian ini,? Kataku mengiba

ArdiPemarah,

pemaaf

Ardi berteriak lantang ?Jangan main-main Don!?

Ardi menatapku menggunakan tajam.

?Gak apa-apa asalkan dirimu mampu selamat,?

Ardi memelukku menggunakan erat.

D. Kelompokkan peristiwa mana yg mungkin terjadi di dunia nyata & mana yang nir mungkin terjadi pada dunia nyata!

1. Kejadian yg mungkin terjadi pada global nyata.

- doni ahli pada personal komputer

- didalam lab terdapat indera-alat canggih

- teman-sahabat doni memperdulikannya

2. Kejadian yang  tidak mungkin terjadi

- terlempar ke dimensi alpha dari personal komputer

- terdapat manusia purba pada dimensi alpha

- dari otak atik komputer, timbul gelombang biru asteroid

Arti Kata Gaul Kongek

1. Kongek

Kamu niscaya acapkali banget mendengar atau melihat istilah Kongek, baik itu pada global konkret juga dunia maya seperi facebook, twitter, instagram atau aplikasi berbasis chat lainnya sepeti BBM, Line dll. Namun apakah kamu mengetahui definisi sebenarnya mengenai kata Kongek yang sebenarnya agar engkau paham dalam membaca kalimat yang mengandung istilah tadi.Berikut ini merupakan penjelasan dan arti kata Kongek menurut survei serta penjelasan berdasarkan pengguna internet :

Kata yang digunakan anak anak lampung buat ngata - ngatain, ngejek, menghina, ngomongin kekurangan orang, ngomongin aib orang dll

Ogi : tai lalet lo boy!

Oja : iya boy, tai lalet lo tu ngelewein

liga : kongek gw aja terusss

Seperti itu penerangan definisi sebenarnya menurut kata Kongek. Kami harap definisi ini dapat membantu anda dalam membaca kalimat yg mengandung kata Kongek. Sekian terima kasih.