Pages

Sunday, November 1, 2020

Ressa Herlambang – Menyesal

INTRO: Gm  Cm   Gm   Cm

Gm             Cm

Semula ku tak yakin

Eb                          D

Kau lakukan ini padaku

Gm              Cm

Meski di hati merasa

       Eb                          D7              G

Kau berubah saat kau mengenal... dia

REFF:                 Cm                  Fm

Bila cinta tak lagi untukku

                        Bb                   Eb

Bila hati tak lagi padaku

                                 Cm

Mengapa harus

                                   D7          Gm    G

Dia yang merebut dirimu

                       Cm               Fm

Bila aku tak baik untukmu

                              Bb                Eb

Dan bila dia bahagia dirimu

                                Cm

Aku kan pergi

                                 D7         Gm

Meski hati tak akan rela

INTRO: Gm  Cm   Eb   D

Gm                 Cm

Terkadang ku menyesal

      Eb                        D7             G

Mengapa kukenalkan dia... padamu

REPEAT: REFF

INTRO: G   Cm   Fm   Bb   Eb   Cm   D7   Gm   G

REPEAT: REFF

INTRO: Gm  Cm   Gm   Cm

REPEAT: (*)

Gm                 Cm

Terkadang ku menyesal

      Eb                        D7             Gm

Mengapa kukenalkan dia... padamu

Surat | Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya

Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya - Surah Al Hasyr termasuk kedalam golongan surat-surat Madaniyyah dan merupakan surat ke 59 dari Al Quran yang terdiri atas 24 ayat. Surat ini diturunkan sesudah Surah Al Bayyinah dan dianamai dengan Al Hasyr (Pengusiran) yang diambil dari ayat ke 2 surat ini. Maksud pengusiran didalam surat ini ialah kisah pengusiran suku Yahudi yang bernama Bani Nadhir yang mendiami sekitar kota Madinah.

 Surah Al Hasyr termasuk kedalam golongan surat Surat | Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya
Surah Al Hasyr

Pokok isi kandungan pada Surah Al Hasyr diantaranya adalah tentang keimanan, hukum-aturan & lain-lain misalnya beberapa sifat orang-orang munafik & para ahli buku yang tercela, serta peringatan-peringatan yang ditujukan buat kaum muslimin. Teks bacaan lafadz.Surah Al Hasyr Arab, Latin dan Terjemahannya berikut dibawah ini :

Surah Al Hasyr

(Pengusiran)

Juz 28

Surat Ke 59 : 24 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayangdanquot;

??????? ??????? ??? ??? ????????????? ????? ??? ?????????? ?????? ?????????? ??????????

Sabbaha lillahi maa fiis-samaawaati wa maa fiil ardhi wahuwal 'aziizul hakiim(u)

1. "Telah bertasbih kepada Allah apa yg terdapat di langit dan bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

???? ???????? ???????? ????????? ????????? ???? ?????? ?????????? ??? ??????????? ????????? ?????????? ??? ????????? ??? ???????????? ??????????? ???????? ?????????????? ?????????? ????? ??????? ???????????? ??????? ???? ?????? ???? ?????????????? ???????? ??? ??????????? ?????????? ??????????? ?????????? ????????????? ????????? ?????????????? ?????????????? ??????????? ????????????

Huwal-ladzii akhrajal-ladziina kafaruu min ahlil kitaabi min diyaarihim awwalil hasyri maa zhanantum an yakhrujuu wa zhannuu annahum maani'atuhum hushuunuhum minallahi fa-ataahumullahu min haitsu lam yahtasibuu wa qadzafa fii quluubihimurru'ba yukhribuuna buyuutahum biaidiihim wa aidiil mu`miniina faa'tabiruu yaa uuliil abshaar(i)

2. "Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama [1463]. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan."

?????????? ??? ?????? ??????? ?????????? ??????????? ????????????? ??? ??????????? ???????? ??? ??????????? ??????? ????????

Wa laulaa an kataballahu 'alaihimul jalaa-a la'adz-dzabahum fiiddunyaa wa lahum fil aakhirati 'adzaabunnaar(i)

3. "Dan jika tidaklah lantaran Allah sudah menetapkan eksodus terhadap mereka, sahih-sahih Allah mengazab mereka pada dunia. Dan bagi mereka pada akhirat azab neraka."

??????? ??????????? ?????????? ??????? ????????????? ????? ????????? ??????? ??????? ??????? ??????? ??????????

Dzaalika bi annahum syaaqquullaha warasuulahu wa man yusyaaqqillaha fa innallaha syadiidul 'iqaab(i)

4. "Yang demikian itu merupakan karena Sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, Sesungguhnya Allah sangat keras sanksi-Nya."

??? ????????? ???? ???????? ???? ?????????????? ?????????? ??????? ?????????? ?????????? ??????? ???????????? ?????????????

Maa qatha'tum min liinatin au taraktumuuhaa qaa-imatan 'alaa ushuulihaa fabiidznillahi wa liyukhziyal faasiqiin(a)

5. "Apa saja yang kamu tebang dari pohon kurma (milik orang-orang kafir) atau yang kamu biarkan (tumbuh) berdiri di atas pokoknya [1464], maka (semua itu) adalah dengan izin Allah; dan karena Dia hendak memberikan kehinaan kepada orang-orang fasik."

?????? ???????? ??????? ?????? ?????????? ???????? ?????? ???????????? ???????? ???? ?????? ????? ??????? ?????????? ??????? ????????? ????????? ?????? ??? ????????? ????????? ?????? ????? ?????? ???????

Wa maa afaa-allahu 'alaa rasuulihii minhum fa maa aujaftum 'alaihi min khailin wa laa rikaabin wa lakinnallaha yusallithu rusulahuu 'alaa man yasyaa-u wallahu 'alaa kulli syai-in qadiir(un)

6. "Dan apa saja harta rampasan (fai-i) [1465] yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) mereka, maka untuk mendapatkan itu kamu tidak mengerahkan seekor kudapun dan (tidak pula) seekor untapun, tetapi Allah yang memberikan kekuasaan kepada RasulNya terhadap apa saja yang dikehendakiNya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

????? ???????? ??????? ?????? ?????????? ???? ?????? ????????? ????????? ????????????? ??????? ??????????? ?????????????? ??????????????? ??????? ?????????? ???? ??? ??????? ???????? ?????? ??????????????? ???????? ?????? ??????????? ?????????? ????????? ????? ?????????? ?????? ???????????? ??????????? ???????? ????? ??????? ??????? ??????????

Maa afaa-allahu 'alaa rasuulihii min ahlil quraa falillahi wa lirrasuuli wa lidziil qurbaa wal yataamaa wal masaakiini waabnissabiili kai laa yakuuna duulatan bainal aghniyaa-i minkum wa maa aataakumurrasuulu fakhudzuuhu wa maa nahaakum 'anhu faantahuu waattaquullaha innallaha syadiidul 'iqaab(i)

7. "Apa saja harta rampasan (fai-i) yg diberikan Allah kepada RasulNya (menurut harta benda) yg dari dari penduduk kota-kota maka adalah buat Allah, buat Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin & orang-orang yang pada bepergian, agar harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yg diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yg dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah pada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya."

?????????????? ??????????????? ????????? ??????????? ??? ??????????? ??????????????? ??????????? ??????? ????? ??????? ???????????? ???????????? ??????? ?????????????? ???????????? ???? ?????????????

Lilfuqaraa-il muhaajiriinal-ladziina ukhrijuu min diiirihim wa amwaalihim yabtaghuuna fadhlaa minallahi wa ridhwaanan wa yanshuruunallaha wa rasuulahu uulaa-ika humush-shaadiquun(a)

8. "(Juga) bagi orang fakir yang berhijrah [1466] yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena) mencari karunia dari Allah dan keridhaan-Nya dan mereka menolong Allah dan RasulNya. Mereka itulah orang-orang yang benar."

??????????? ?????????? ???????? ????????????? ??? ?????????? ?????????? ???? ??????? ?????????? ????? ????????? ??? ??????????? ??????? ???????? ???????? ????????????? ??????? ??????????? ?????? ????? ?????? ?????????? ????? ????? ????? ????????? ?????????????? ???? ??????????????

Waal-ladziina tabau-wauuddaara wal-iimaana min qablihim yuhibbuuna man haajara ilaihim wa laa yajiduuna fii shuduurihim haajatan mimmaa uutuu wayu'tsiruuna 'alaa anfusihim wa lau kaana bihim khashaashatun wa man yuuqa syuhha nafsihii fa-uulaa-ika humul muflihuun(a)

9. "Dan orang-orang yg telah menempati kota Madinah & telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'menyayangi' orang yg berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada memberikan impian pada hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan pada mereka (Muhajirin); & mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka pada kesusahan. Dan siapa yg dipelihara menurut kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yg beruntung"

??????????? ??????? ???? ?????????? ?????????? ???????? ??????? ????? ???????????????? ????????? ?????????? ????????????? ????? ???????? ??? ?????????? ?????? ??????????? ?????????? ????????? ??????? ??????? ????????

Waal-ladziina jaa-uu min ba'dihim yaquuluuna rabbanaaaghfir lanaa wali-ikhwaaninaal-ladziina sabaquunaa bil-iimaani wa laa taj'al fii quluubinaa ghillan lil-ladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiim(un)

10. Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin & Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami & saudara-saudara kami yg telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian pada hati kami terhadap orang-orang yg beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

?????? ???? ????? ????????? ?????????? ?????????? ??????????????? ????????? ????????? ???? ?????? ?????????? ?????? ???????????? ????????????? ???????? ????? ??????? ??????? ??????? ??????? ????? ??????????? ???????????????? ????????? ???????? ????????? ????????????

Alam tara ilaal-ladziina naafaquu yaquuluuna la-ikhwaanihimul-ladziina kafaruu min ahlil kitaabi la-in ukhrijtum lanakhrujanna ma'akum wa laa nuthii'u fiikum ahadan abadan wa in quutiltum lananshurannakum wallahu yasyhadu innahum lakaadzibuun(a)

11. "Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang munafik yang berkata kepada saudara-saudara mereka yang kafir [1467] di antara ahli kitab: "Sesungguhnya jika kamu diusir niscaya kamipun akan keluar bersamamu; dan kami selama-lamanya tidak akan patuh kepada siapapun untuk (menyusahkan) kamu, dan jika kamu diperangi pasti kami akan membantu kamu." Dan Allah menyaksikan bahwa Sesungguhnya mereka benar-benar pendusta."

?????? ??????????? ??? ??????????? ???????? ??????? ?????????? ??? ?????????????? ??????? ???????????? ???????????? ???????????? ????? ??? ??????????

La-in ukhrijuu laa yakhrujuuna ma'ahum wa la-in quutiluu laa yanshuruunahum wa la-in nasharuuhum layuwallunnal adbaara tsumma laa yunsharuun(a)

12. "Sesungguhnya bila mereka diusir, orang-orang munafik itu nir akan keluar beserta mereka, dan sesungguhnya jika mereka diperangi, niscaya mereka nir akan menolongnya; sesungguhnya bila mereka menolongnya, niscaya mereka akan berpaling lari ke belakang; kemudian mereka tidak akan menerima pertolongan."

????????? ??????? ???????? ??? ?????????? ????? ???????? ??????? ??????????? ?????? ???? ???????????

Antum asyaddu rahbatan fii shuduurihim minallahi dzaalika bi-annahum qaumun laa yafqahuun(a)

13. "Sesungguhnya engkau pada hati mereka lebih ditakuti daripada Allah. Yang demikian itu karena mereka adalah kaum yg tidak mengerti."

??? ???????????????? ???????? ?????? ??? ????? ???????????? ???? ??? ???????? ???????? ????????? ?????????? ???????? ???????????? ???????? ????????????? ???????? ??????? ??????????? ?????? ???? ???????????

Laa yuqaatiluunakum jamii'an illaa fii quran muhash-shanatin au min waraa-i judurin ba`suhum bainahum syadiidun tahsabuhum jamii'an wa quluubuhum syattaa dzaalika bi-annahum qaumun laa ya'qiluun(a)

14. "Mereka nir akan memerangi engkau pada keadaan manunggal padu, kecuali pada kampung-kampung yang berbenteng atau pada balik tembok. Permusuhan antara sesama mereka merupakan sangat hebat. Kamu kira mereka itu manunggal, sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu lantaran sesungguhnya mereka adalah kaum yang nir mengerti."

???????? ????????? ??? ?????????? ????????? ???????? ??????? ?????????? ???????? ??????? ???????

Kamatsalil-ladziina min qablihim qariiban dzaaquu wa baala amrihim wa lahum 'adzaabun aliim(un)

15. "(Mereka adalah) seperti orang-orang Yahudi yang belum lama sebelum mereka [1468] telah merasai akibat buruk dari perbuatan mereka [1469], dan bagi mereka azab yang pedih."

???????? ???????????? ???? ????? ???????????? ??????? ???????? ?????? ????? ?????? ???????? ?????? ??????? ??????? ??????? ????? ?????????????

Kamatsalisy-syaithaani idz qaala lil insaani ikfur fa lammaa kafara qaala innii barii-un minka innii akhaafullaha rabbal 'aalamiin(a)

16. (Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) shaitan saat dia berkata kepada insan: "Kafirlah kamu", maka tatkala insan itu telah kafir, maka ia mengatakan: "Sesungguhnya saya berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya saya takut pada Allah, Rabb semesta Alam."

??????? ??????????????? ?????????? ??? ???????? ??????????? ??????? ????????? ?????????? ?????????????

Fakaana 'aaqibatahumaa annahumaa fiinnaari khaalidaini fiihaa wa dzaalika jazaa-uzh-zhaalimiin(a)

17. "Maka adalah kesudahan keduanya, bahwa sesungguhnya keduanya (masuk) ke dalam neraka, mereka abadi di dalamnya. Demikianlah balasan orang-orang yang zalim."

???????????? ????????? ?????????? ????????? ??????? ??????????? ?????? ???? ????????? ??????? ??????????? ???????? ????? ??????? ???????? ????? ???????????

Yaa ayyuhaal-ladziina aamanuuut-taquullaha waltanzhur nafsun maa qaddamat lighad(in), waattaquullaha innallaha khabiirun bimaa ta'maluun(a)

18. "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah & hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang sudah diperbuatnya buat hari esok (akhirat); & bertakwalah pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang engkau kerjakan."

????? ?????????? ??????????? ??????? ??????? ????????????? ???????????? ???????????? ???? ?????????????

Wa laa takuunuu kaal-ladziina nasuullaha fa-ansaahum anfusahum uulaa-ika humul faasiquun(a)

19. "Dan janganlah kamu misalnya orang-orang yang lupa pada Allah, kemudian Allah membuahkan mereka lupa pada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik."

??? ?????????? ????????? ???????? ??????????? ??????????? ????????? ?????????? ???? ??????????????

Laa yastawii ashhaabunnaari wa ashhaabul jannati ashhaabul jannati humul faa-izuun(a)

20. "Tidaklah sama penghuni-penghuni neraka menggunakan penghuni-penghuni jannah; penghuni-penghuni jannah itulah orang-orang yang beruntung."

???? ?????????? ?????? ???????????? ?????? ?????? ?????????????? ???????? ????????????? ????? ???????? ???????? ???????? ???????????? ??????????? ????????? ??????????? ??????????????

Lau anzalnaa haadzaal qur-aana 'alaa jabalin lara-aitahuu khaasyi'an mutashaddi'an min khasyyatillahi wa tilkal amtsaalu nadhribuhaa li-nnaasi la'allahum yatafakkaruun(a)

21. "Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya pada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat buat insan supaya mereka berfikir."

???? ??????? ??????? ???? ??????? ?????? ????? ??????? ????????? ??????????????? ???? ???????????? ??????????

Huwallahul-ladzii laa ilaha illaa huwa 'aalimul ghaibi wasy-syahaadati huwar-rahmanur-rahiim(u)

22. "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

???? ??????? ??????? ???? ??????? ?????? ???? ????????? ??????????? ?????????? ??????????? ????????????? ?????????? ??????????? ??????????????? ????????? ??????? ?????? ???????????

Huwallahul-ladzii laa ilaha illaa huwal malikul qudduusussalaamul mu`minul muhaiminul 'aziizul jabbaarul mutakabbiru subhaanallahi 'ammaa yusyrikuun(a)

23. "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah berdasarkan apa yang mereka persekutukan."

???? ??????? ?????????? ?????????? ????????????? ???? ????????????? ???????????? ????????? ????? ??? ??? ????????????? ???????????? ?????? ?????????? ??????????

Huwallahul khaaliqul baari-ul mushau-wiru lahul asmaa-ul husnaa yusabbihu lahuu maa fiis-samaawaati wal ardhi wahuwal 'aziizul hakiim(u)

24. "Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Penjelasan :

[1463]. Yang dimaksud dengan ahli kitab ialah orang-orang Yahudi bani Nadhir, merekalah yang mula-mula dikumpulkan untuk diusir keluar dari Madinah.
[1464]. Maksudnya: pohon kurma milik musuh, menurut kepentingan dan siasat perang dapat ditebang atau dibiarkan tumbuh.
[1465]. Fai-i ialah harta rampasan yang diperoleh dari musuh tanpa terjadinya pertempuran. Pembagiannya berlainan dengan pembagian ghanimah. Ghanimah harta rampasan yang diperoleh dari musuh setelah terjadi pertempuran. Pembagian fai-i sebagai yang tersebut pada ayat 7. Sedang pembagian ghanimah tersebut pada ayat 41 Al Anfal dan lihat no. [613] dan [614].
[1466]. Maksudnya: kerabat Nabi, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil yang kesemuanya orang fakir dan berhijrah.
[1467]. maksudnya: Bani Nadhir.
[1468]. Maksudnya: Yahudi Bani Qainuqa'
[1469]. Maksud akibat buruk perbuatan mereka adalah mereka diusir dari Madinah ke Syam.

Video Surah Al Hasyr Mishary Al Afasy

Didalam Surah Al Hasyr diterangkan tentang bagaimana seharusnya orang muslim bersikap terhadap orang non Islam yang melakukan tindakan yang merugikan umat Islam seperti yang dilakukan oleh Bani Nadhir, hukum Fai-i dan pembagiannya, kewajiban untuk bertaqwa, ketinggian dan keagungan Al Quran, dan disertai penutup dengan menyebut sebagian dari nama-nama Allah (Asmaa-ul Husna).

Sumber Referensi Terjemahan :

Departemen Agama RI

Saturday, October 31, 2020

Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XII. Rok bisa dipakai untuk segala suasana, mulai dari kasual, keseharian, sampai formal. Tapi hanya satu kesan yang ditinggalkan, yaitu femininitas. Rok bisa menjadi busana multifungsi, yang bisa dipakai segala suasana dan dipadukan dengan berbagai model atasan.

Rok merupakan bagian sandang yang digunakan mulai berdasarkan pinggang melewati panggul sampai ke bawah sinkron dengan impian. Biasanya rok digunakan menjadi pasangan blus. Desain rok cukup bervariasi baik dilihat dari berukuran panjang rok maupun menurut siluet rok.

A. Jenis Rok Wanita Berdasarkan Panjangnya

Berdasarkan berukuran panjangnya, model rok yg biasa dikenakan oleh wanita bisa dibedakan sebagai beberapa macam. Diantaranya berupa rok micro, rok mini , rok kini , rok midi, rok maxi, & rok floor.

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

  1. Rok micro yaitu rok yang panjangnya sampai batas pangkal paha.
  2. Rok mini yaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  3. Rok kini yaitu rok yang panjangnya sampai batas lutut.
  4. Rok midi yaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan betis.
  5. Rok maxi yaitu rok yang panjangnya sampai mata kaki.
  6. Rok floor yaitu rok yang panjangnya sampai menyentuh lantai.

B. Rok Berdasarkan Siluet Bentuk Rok

Berdasarkan siluet atau bentuknya, desain rok perempuan dapat dibedakan sebagai rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok.

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

  1. Rok dari pola dasar, merupakan rok yang modelnya seperti pada pola dasar tampa ada lipit atau kerut. Rok biasanya menggunakan ritsluiting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.
  2. Rok span dan semi span, rok span merupakan rok yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah, sedangkan rok semi span merupakan rok yang bagian sisinya lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
  3. Rok pias, nama dari rok pias tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.
  4. Rok kerut, yaitu rok yang dibuat dengan model ada kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawah lebar.
  5. Rok kembang atau rok klok, yaitu rok yang bagian bawahnya lebar. Rok ini dikenal dengan rok kembang, rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

  1. Rok lipit, rok lipit ada 3 yaitu rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup. Rok lipit pipih yaitu rok yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD. Rok lipit hadap yaitu rok yang lipitnya dibuat berhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau diatur beberapa lipitan pada sekeliling rok. Sedangkan rok lipit sungkup yaitu rok yang lipitnya dibuat berlawanan arah. Misalnya lipit yang satu dibuat kekanan dan yang satu lagi dibuat arah ke kiri. Lipit ini juga sama dengan lipit pada bagian dalam atau bagian buruk bahan pada lipit hadap.
  2. Rok bertingkat yaitu rok yang dibuat beberapa tingkat. Rok ini ada yang dibuat 2 atau 3 tingkat yang diatur panjangnya. Umumnya bentuk rok ini sering dijumpai pada busana anak-anak.

Berikut ini dapat ditinjau beberapa pecah pola rok sinkron menggunakan desain & kesempatan pemakaiannya.

Desain 1. Rok Span

Rok span acapkali dipakai untuk pasangan blus atau jas dan blazer yg digunakan untuk busana kerja.

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

Tarik garis lurus berdasarkan panggul ke bawah, dalam bagian bawah rok masukkan dua sampai 5 centimeter ke dalam menurut batas garis tersebut lalu hubungkan ke garis panggul. Bagian bawah rok akan terlihat lebih mini berdasarkan pada garis lingkar panggul.

Desain dua. Rok Semi Span

Sama dengan rok span, rok semi span jua acapkali digunakan buat pasangan blus atau jas & blazer yg dipakai buat kostum kerja. Panjang rok bervariasi mulai menurut selutut, hingga betis atau hingga mata kaki.

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

Tarik garis lurus dari panggul ke bawah kemudian hubungkan ke garis panggul. Bagian bawah rok akan terlihat sama akbar menggunakan garis lingkar panggul.

Desain tiga. Rok menggunakan Lipit Hadap

Rok dengan lipit hadap umumnya dibentuk buat kostum sekolah bagi murid SLTP atau SLTA. Model rok ini jua tak jarang dibentuk buat rok pasangan baju kurung.

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

a = akbar lipit sinkron dengan yang kita inginkan. Biasanya lebih kurang lima - 10 cm. Jika besar lipit yg diinginkan 8 cm maka buat seluruh lipit diperlukan kain 8 centimeter x 4

bh = 32 centimeter. Jadi lipit kanan membutuhkan 16 centimeter & lipit kiri membutuhkan 16 cm juga. Lipit disusun berhadapan. Tengah muka diletakkan dalam lipatan kain dan tengah belakang pada tepi kain.

Rok Pias

Rok pias bisa dipakai buat pakaian sehari-hari baik buat kesempatan kalem di tempat tinggal maupun santai pada taman.

Desain 4. Rok Pias Dua yang Dikembangkan

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

Rok pias dua ini sama menggunakan rok model A yang mana bagian yg dipecah nir diputus tetapi hanya dikembangkan. Besar pengembangan diubahsuaikan dengan contoh yg diinginkan, biasanya tiga ? Lima centimeter. Apabila kup tidak digunakan maka pada bagian sisi pinggang dikurangi sebesar kup yang dihilangkan tadi.

Desain 5. Rok Pias Enam

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

Rok pias enam merupakan rok yg jumlah piasnya 6 buah terdiri atas 3 butir pias pada bagian muka & 3 butir pias dalam bagian belakang. Untuk membuatkan pola terlebih dahulu tandai bagian yang akan digunting atau dipecah. Pola depan pada bagi sebagai dua bagian, bagian sisi merupakan 1/3 lebar rok depan. Kemudian gunting bagian pola yang pada tandai tersebut & dikembangkan. Besar pengembangannya atau (indikasi a dalam gambar di atas) disesuaikan menggunakan desain, sanggup tiga - 7 centimeter. Begitu jua dengan pola belakang, caranya sama dengan pecah pola bagian depan rok.

Desain 6. Rok menggunakan Lipit Sungkup

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

Lipit sungkup merupakan kebalikan berdasarkan lipit hadap, arah lipit dibuat antagonis sebagai akibatnya pada bagian baik bahan terlihat lipitannya. Lipit ini umumnya dijahit mini dalam bagian tepi lipitan. Apabila lipit sungkup dibentuk pada bagian depan atau pada garis kup depan maka pada bagian kup tersebut digunting lurus ke bawah, kemudian dilebarkan sebanyak lipit yang diinginkan. Apabila akbar lipit 6 cm, maka besar indikasi a pada gambar = dua x 6 = 12 centimeter. Jadi buat lipit sungkup ini dilebarkan dua x 12 cm atau 24 cm.

Desain 7. Rok kerut

Rok merupakan salah satu bagian dari pakaian yang dipelajari pada SMK Tata Busana Kelas XI Pecah Pola Rok Sesuai Desain

Keterangan:

Rok kerut sering dibentuk buat sandang pesta anak & remaja, pakaian seharihari & pakaian santai. Untuk menciptakan rok kerut terlebih dahulu pola dibagi sebagai beberapa bagian. Untuk panduan berbagi pola jangan lupa pindahkan pertanda garis lingkar panggul sebagai pedoman.

Besar pengembangan pola (tanda a dalam gambar) diubahsuaikan dengan model dan lebar kain yg digunakan. Pola dikembangkan dengan tetap menjaga garis panduan (garis lingkar panggul) tetap lurus. Kemudian hubungkan masing-masing pecah pola tadi. Adakalanya bagian sisi tidak diputus, maka dapat disatukan menggunakan bagian sisi belakang & bagian sisi ini diluruskan.

Sumber : Tata Busana Kelas XII Ernawati dkk

Arti Kata Gaul Amsk

1. Amsk

Kamu niscaya sering banget mendengar atau melihat kata Amsk, baik itu pada dunia nyata maupun dunia maya seperi facebook, twitter, instagram atau pelaksanaan berbasis chat lainnya sepeti BBM, Line dll. Namun apakah engkau mengetahui definisi sebenarnya tentang kata Amsk yang sebenarnya agar kamu paham pada membaca kalimat yang mengandung kata tersebut.Berikut ini merupakan penerangan & arti kata Amsk dari survei serta penerangan dari pengguna internet :

Aku masih sayang kamu

umumnya digunain buat ngungkapin kalo dia masih sayang ama mantannya akan tetapi membuat malu memalukan

Ndud engkau tau ga kalo amsk :(

Seperti itu penerangan definisi sebenarnya berdasarkan kata Amsk. Kami harap definisi ini bisa membantu anda pada membaca kalimat yg mengandung kata Amsk. Sekian terima kasih.

Contoh Soal Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda (Part-5)

Tulisan kelima, yang sedang Anda baca ini, merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda bagian ke-4 (soal nomor 36-50), dimana pada bagian ke-5, berisikan materi tentang Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia.

Baca pula, materi yang sama dalam bentuk essay: Contoh Soal Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Essay (Part-3)

Berikut, contoh soal PG Sejarah kelas 11 semester ganjil dan jawabannya, dimulai berdasarkan soal angka 51 hingga dengan 60.

51. Tradisi sekaten yg sampai sekarang masih berjalan pada Yogyakarta & Surakarta setiap bulan Maulud, asal dari masa pemerintahan ?.

A. Raden Patah

b. Sultan Agung

c. Sultan Trenggana

d. Raja Brawijaya e. Sultan Hamengkubuwono I

Jawaban: a

52. Di bawah ini yang bukan merupakan saluran Islamisasi di Indonesia merupakan ?.

A. Perdagangan

b. Perkawinan

c. Kesenian

d. Tasawuf

e. Peperangan

Jawaban: e

53. Agama Islam masuk ke Indonesia dalam abad ke- 11 dari pada

a. Makam Fatimah binti Ma?Mun

b. Informasi Cina berdasarkan Dinasti Tang

c. Nisan Malik al Saleh

d. Berita Ma-Huan

e. Fakta Marcopolo

Jawaban: a

54. Ditemukannya Kerajaan Samudra Pasai yg adalah bukti penyebaran agama Islam berdasarkan dalam bukti dari liputan ?.

A. Arab

b. Eropa

c. India

d. Cina

e. Jepang

Jawaban: b

55. Aktivitas pelayaran dan perdagangan yang melalui Selat Malaka atau wilayah Indonesia barat memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan agama ?.

A. Hindu

b. Buddha

c. Kristen

d. Katholik

e. Islam

Jawaban: e

56. Ibu Nabi Muhammad SAW. Bernama ?.

A. Maryam

b. Khadijah

c. Salamah

d. Aminah

e. Aisah

Jawaban: d

57. Peran raja yg relatif akbar dalam proses Islamisasi disebabkan ?.

A. Masyarakat mempunyai kepatuhan tinggi dalam raja

b. Warga mengikuti jejak raja yang memeluk Islam

c. Raja selalu sebagai panutan

d. Raja selalu menjadi teladan bagi rakyatnya

e. Semua jawaban benar

Jawaban: b

58. Pusat penyebaran Islam secara terbaru pada Indonesia melalui ?.

A. Persia

b. Gujarat

c. Mesir

d. Yordania

e. Pakistan

Jawaban: c

59. Berikut ini sumber dari luar negeri mengenai masuknya Islam di Indonesia, kecuali ?.

A. Kabar Arab

b. Liputan Eropa

c. Informasi Cina

d. Fakta India

e. Warta Yunani

Jawaban: e

60. Agama Islam masuk ke Indonesia dibawa sang para pedagang yg berasal dari ?.

A. Arab, Gujarat, dan Cina

b. Gujarat, dan Persia

c. Arab, dan Persia

d. Arab, dan Cina

e. Arab, Gujarat, dan Persia

Jawaban: e

Lanjut ke soal nomor 61-75 => Contoh Soal Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda (Part-6)

Friday, October 30, 2020

Surat | Surah Asy Syams Arab, Latin dan Artinya

Surah Asy Syams Arab, Latin dan Artinya - Surat Asy Syams termasuk golongan surat-surat Makkiyyah dan merupakan surat ke 91 dalam Al Quran yang terdiri dari 15 ayat, pada awal atau ayat pertama surat ini ada perkataan Asy Syams (Matahari) yang dijadikan sebagai nama surah ini dan surah ini juga diturunkan sesudah Surat Al Qadr.

 Surat Asy Syams termasuk golongan surat Surat | Surah Asy Syams Arab, Latin dan Artinya
Surah Asy Syams

Pokok isi yg terkandung pada Surat Asy Syams diantaranya Telah dihancurkannya kaum Tsamud lantaran kedurhakaannya, Allah s.W.T menggambarkan betapa mudah hal ini dilakukan olehNya sebagaimana misalnya membentuk benda-benda alam siang & malam serta yg lainnya. Teks bacaan atau Lafadz Surah Asy Syams Arab, Latin dan Artinya berikut dibawah ini :

Surah Asy Syams

( Matahari )

Surat Ke 91 : 15 Ayat

?????? ??????? ???????????? ??????????

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayangdanquot;

??????????? ???????????

Wasy-syamsi wadhuhaaHaa

1. "Demi mentari & cahayanya di pagi hari,"

??????????? ????? ?????????

Wal qamari idzaa talaaHaa

dua. "dan bulan jika mengiringinya,"

???????????? ????? ??????????

Wannahaari idzaa jallaaHaa

3. "dan siang jika menampakkannya,"

?????????? ????? ???????????

Wallaili idzaa yaghsyaaHaa

4." dan malam apabila menutupinya [1579],"

????????????? ????? ?????????

Wassamaa-i wamaa banaaHaa

5. "dan langit serta pembinaannya,"

??????????? ????? ?????????

Wal ardhi wamaa thahaaHaa

6. "dan bumi serta penghamparannya,"

???????? ????? ??????????

Wanafsin wamaa sawwaaHaa

7. "dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),"

????????????? ?????????? ?????????????

Fa-alhamaHaa fujuurahaa wataqwaaHaa

8. "maka Allah mengilhamkan pada jiwa itu (jalan) kefasikan & ketakwaannya."

???? ???????? ??? ??????????

Qad aflaha man zakkaaHaa

9. "sesungguhnya beruntunglah orang yg mensucikan jiwa itu,"

?????? ????? ??? ??????????

Waqad khaaba man dassaaHaa

10. "dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya."

????????? ??????? ??????????????

Kadz-dzabat tsamuudu bithaghwaaHaa

11. "(Kaum) Tsamud sudah mendustakan (rasulnya) lantaran mereka melampaui batas,"

???? ????????? ???????????

Idziinba'atsa asyqaaHaa

12. "waktu bangkit orang yg paling celaka pada antara mereka,"

??????? ?????? ??????? ??????? ??????? ??????? ????????????

Faqaala lahum rasuulullahi naaqatallahi wasuqyaaHaa

13. Lalu Rasul Allah (Saleh) mengungkapkan pada mereka: ("Biarkanlah) unta betina Allah & minumannya."

???????????? ???????????? ?????????? ?????????? ???????? ???????????? ????????????

Fakadz-dzabuuhu fa'aqaruuhaa fadamdama 'alaihim rabbuhum bidzanbihim fasawwaaHaa

14. "Lalu mereka mendustakannya & menyembelih unta itu, maka Tuhan mereka membinasakan mereka disebabkan dosa mereka, lalu Allah menyama-ratakan mereka (dengan tanah),"

????? ??????? ??????????

Walaa yakhaafu 'uqbaaHaa

15. "& Allah nir takut terhadap akibat tindakan-Nya itu."

Keterangan :

[1579]. Maksudnya: malam-malam yang gelap.

Video Surah Asy Syams Muhammad Thaha Al Junayd

Surah Asy Syams didalamnya terdapat dorongan terhadap manusia untuk membersihkan jiwanya agar mendapat kebaikan didunia dan akhirat, dan halnya Kaum Tsamud yang teah di Azab, maka orang yang mengotorinya jiwanya akan ditimpa azab seperti kaum tersebut. Silahkan bacaSurah Asy Syams Arab, Latin dan Artinya serta menghafalnya agar kita mendapat ridha dan pahala dari Allah s.w.t.

Sumber Referensi Terjemah :

Departemen Agama RI

Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web

Di artikel kali ini aku akan coba menjelaskan mengenai Profesi dalam pengembangan aplikasi web. Materi wacana profesi dalam pengembangan aplikasi web merupakan salah satu bahan dasar jadwal keahlian untuk kelas X jurusan TKJ yang memakai kurikulum 2013.

Sebelum aku uraikan secara panjang lebar mengenai profesi dalam pengembangan pelaksanaan web, aku akan ulas sedikit mengenai apa itu pelaksanaan web & apa itu pengembangan pelaksanaan web?

Untuk anda yang sering berkecimpung di dunia teknologi informasi  tentu tidak absurd dengan istilah aplikasi web dan pengembangan aplikasi web ini!, namun untuk anda yang gres mencar ilmu kemungkinan akan sedikit bingung

Di artikel kali ini aku akan coba menjelaskan mengenai Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web

Pengertian Aplikasi Web

Aplikasi web yaitu aplikasi dengan teknologi jaringan personal komputer yg sanggup diakses memakai mediator web browser menyerupai mozila firefox, opera, internet explorer, google chrome & browser lainnya.

Pengertian Pengembangan Aplikasi Web ?

Sedangkan pengertian dari pengembangan pelaksanaan web adalah, upaya sistematis buat mengembangkan sebuah pelaksanaan web sehingga bisa berfungsi sinkron dengan tujuannya.

Apa saja pola menurut aplikasi web ?

Agar anda memiliki gambaran mengenai aplikasi web, aku akan berikan beberapa pola berdasarkan pelaksanaan web.

Contoh berdasarkan aplikasi web salah satunya yaitu facebook, twitter, pencarian google, yahoo dan seluruh page-halaman situs / website yang kita saluran melalui web browser.

Untuk membuat sebuah laman web tidaklah gampang umumnya membutuhkan skil spesifik yang berkaitan menggunakan dunia teknologi informasi. & dalam prakteknya pengembangan pelaksanaan web membuatuhkan kerja team dimana orang yg terlibat dalam team, wajib mempunyai kemampuan yang bisa mendukung pengembangan pelaksanaan web tersebut.

Sehingga tidak heran pada pengembangan aplikasi web ada profesi-profesi spesifik menggunakan kiprah yg berbeda satu sama lain.

Profesi pada Pengembangan aplikasi WEB

Profesi dalam pengembangan aplikasi web yaitu pekerjaan yang membutuhkan training dan penguasaan khusus terhadap pengetahuan teknologi isu yang berkaitan dengan pengembangan sebuah situs web.

Sebenarnya Ada banyak ragam pada profesi pada bidang Teknologi Informasi, termasuk buat profesi yg berada dalam lingkungan pengembangan aplikasi web.

Berikut ini yaitu profesi-profesi yang tertentu terkait dalam pengembangan pelaksanaan web, diantaranya :

A. Web Designer

Seorang desainer Web yaitu orang yang bertanggung jawab untuk memilih tampilan sebuah website. Web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout atau tampilan dari website yang akan dikembangkan.

Seorang web desainer wajib bisa menentukan tampilan & susunan layout website mulai berdasarkan gaya & konsep desain yg diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web desainer bertujuan untuk memperlihatkan harmonisasi dan membuat user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  selain itu desain web yang sudah dibentuk merupakan acuan untuk web programmer.

Kemampuan yg wajib dimiliki sang seorang web desiner selain kemampuan bahasa pemrograman yg berkaitan dengan desain tampilan pula wajib memiliki kemampuan seni mendesain tampilan web baik memakai script web juga menggunakan aplikasi-aplikasi desain menyerupai Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

B. Web Programmer

Web Programmer yaitu orang yang bertugas menulis sturktur isyarat jadwal web untuk merealisasikan desain layout yang dibentuk oleh web designer, tapi bukan hanya dari sisi tampilan saja, web programmer juga harus memperhatikan berfungsinya tombol, link, integrasi dengan basis data dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan antar muka tampilan dan interaksi pengguna.

Seorang web programmer harus menguasai bahasa pemrograman web server  dan juga script client seperti  menyerupai Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan jadwal Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya.

Jika website yg tadi final dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung bisa mengaksesnya menggunakan baik.

C. Web Administrator

Web Administrator yaitu sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi web yang memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi hingga dengan problem trobleshooting pada komputer server.

Web Administrator akan menjaga kelangsungan & kelancaran menurut server buat permanen bisa menjalankan pelaksanaan web, sehingga jikalau terjadi problem/masalah dalam server, web direktur harus siap buat memperbaikinya.

Seorang web direktur wajib menguasahi beberapa hal, antara lain:

  1. OS NT - Seorang web direktur harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis windows, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  2. OS Unix (LInux, FreeBSD, dll) - Seorang web direktur harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis linux, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  3. Jaringan (LAN, WAN, Intranet) - Seorang web direktur harus mempunyai bekal pengetahuan bidang jaringan komputer
  4. Keamanan Server - Seorang web direktur harus paham wacana sistem sekurity dan keamanan pada server

D. Web Master

Seoarang Web Master yaitu seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, jadwal dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web).

Seorang web master sanggup pula bekerja menjadi web designer, web programmer, atau web developer. Jika seorang web master tidak pernah berafiliasi menggunakan global digital, dia bisa mencari jasa ketiga pekerjaan pada atas buat menciptakan website yg diinginkannya menggunakan baik.

Itulah beberapa profesi yg sering dilibatkan dalam pengembangkan pelaksanaan web. Supaya membantu.