Harga Spring Bed Murah dan Awet di Pasaran 2018 - Kamar tidur merupakan poin yang penting dalam suatu hunian. Penghuni rumah tentunya akan mendesain senyaman mungkin ruangan ini karena berpengaruh pada kualitas tidur dan kinerja produktif di keesokan harinya. Dalam hal ini satu furniture yang penting dalam kamar tidur adalah tempat tidur. Modern ini, banyak sekali tempat tidur yang berjenis spring bed lebih banyak dipilih. Selain lebih nyaman, teknologi dari tempat tidur ini menjaminkan kualitas tidur yang baik bagi pemiliknya. Namun, menemukan spring bed yang murah dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tips memilih harga spring bed murah dan awet di pasaran untuk pembaca.
Baca juga : Tips Memilih Furniture Murah & Berkualitas Bukan Murahan 2018
Memilih springbed yg sempurna
Di pasaran furniture kamar tidur, banyak sekali beredar tempat tidur mengatasnamakan spring bed namun bukanlah kasur spiral seperti pada umumnya. Spring bed yang asli akan memuat spiral yang cenderung memiliki kekuatan pegas yang lebih dominan sehingga dapat menopang dan memberi daya lontar kembali mengikuti tubuh. Hal ini berbeda dengan jenis spring bed latex. Untuk kasur latex, tubuh akan ditopang dalam satu satuan tertentu hingga kemudian berhenti. Sehingga pemakaiannya yang nyaman cenderung hanya dapat dirasakan pada awal pembelian saja.
Kuantitas dan kualitas spiral
Spring bed yang berkualitas dan akan memberikan kenyamanan lebih jika memiliki banyak pegas didalamnya. Hal ini tidak sebanding dengan tebal spring bed, karena belum tentu kasur yang tebal akan banyak memuat banyak pegas pula. Harga spring bed murah dapat ditentukan dengan kuantitas pegas yang banyak disertai dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Pegas yang tinggi dan banyak akan mendukung daya lontar spring bed yang semakin baik. Sehingga ketika Anda membeli spring bed akan sangat penting untuk menanyakan perihal tersebut.
Lebih pilih aspek kenyamanan dibandingkan menggunakan desain
Menyangkut perihal harga spring bed, sebaiknya Anda lebih mengesampingkan desain dibandingkan persoalan kenyamanan. Hal ini dikarenakan kenyamanan dan kualitas tidur yang baik yang diperoleh jauh lebih penting ketimbang aspek estetika tempat tidur. Pemilihan yang seimbang diantara keduanya tentu akan jauh lebih baik untuk Anda.
Berani mencoba daripada menyesal
Ketika berkunjung ke toko furniture ataupun toko khusus menjual segala jenis kasur dan spring bed, jangan pernah takut untuk mencoba tempat tidur pilihan Anda. Hal ini dikarekan seringkali merasakan secara langsung dengan membaca dan melihat akan menghasilkan pendapat yang berbeda. Sehingga ketika Anda merasa kurang nyaman pada saat mencoba langsung, Anda bisa beralih dengan mencoba spring bed lain untuk memperoleh kenyamanan yang maksimal.
Ketahanan & garansi
Persoalan mengenai ketahanan dan garansi spring bed yang mungkin didapatkan adalah sangat penting untuk ditanyakan. Umumnya, spring bed dengan pegas yang berkualitas akan memberikan saya tahan normal 10-15 tahun pemakaian. Untuk garansi yang didapatkan tentu akan bergantung pada kebijakan masing-masing toko retail. Namun, pemberian garansi akan semakin memantapkan Anda dalam memiliki spring bed dari toko tersebut.
Aspek kenyamanan dalam sebuah hunian juga bisa dinilai dari keberhasilan pemilik rumah dalam menciptakan kamar tidur. Sehingga akan sangat baik jika pembaca menerapkan beberapa tips untuk mendapatkan harga spring bed murah dan awet seperti yang dipaparkan oleh penulis. Semoga bermanfaat.
Olympic furniture katalog terkini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Bagaimana tidak, perusahaan mebel ini memang menyediakan banyak furniture yang dibutuhkan Anda. Semua perabotan yang Anda butuhkan untuk rumah Anda dapat ditemukan di Olympic furniture. Tentu saja sebuah rumah membutuhkan perabotan yang wajib ada seperti meja, lemari, kitchen set dan lain sebagainya. Semua kebutuhan Anda ini dapat Anda penuhi dengan memilih perusahaan mebel ini. Olympic furniture sangat terkenal dengan kualitas barangnya, selain itu harganya sangat terjangkau.
Berikut merupakan beberapa alat-alat tempat tinggal tangga yang disediakan oleh Olympic beserta menggunakan harganya:
Lemari piring 2 pintu
Tentu saja Anda membutuhkan sebuah tempat dimana Anda dapat menyimpan piring, gelas dan alat makan lainnya. Anda dapat memiliki lemari piring dengan 2 pintu dan ukurannya cukup untuk diletakkan di dapur Anda. Harga lemari ini sangat terjangkau yaitu sekitar 430 ribu rupiah.
Baca juga : Daftar Harga Sofa Minimalis Murah dan Berkualitas 2018
Meja kecil lemari
Tentu saja jika Anda mencari Olympic furniture katalog terkini , Anda mengharapkan dapat melihat semua koleksi dari perusahaan mebel ini. Olympic juga menyediakan meja mungil yang dapat diletakkan di dapur dan dapat digunakan juga sebagai lemari. Untuk harga meja mungil plus lemari dengan 2 pintu ini dibandrol dengan harga sekitar 520 ribu rupiah.
Meja rias
Meja rias dari Olympic ini adalah meja rias yang cukup banyak diminati. Pasalnya, desain meja ini cukup menarik, tidak terlalu besar tetapi cukup memuaskan. Dengan kaca tinggi yang ada di meja ini juga semakin memanjakan Anda dalam urusan berkaca. Tentu saja Anda ingin selalu berkaca setelah merias diri. Untuk meja rias ini dibandrol dengan harga sekitar 800 ribu rupiah.
Ranjang tunggal
Ranjang tunggal dengan desain unik dan simple, ranjang ini memang tampak indah dan elegan. Untuk dapat memiliki ranjang dari Olympic furniture katalog terkini ini, maka Anda wajib mengeluarkan uang sebesar kira-kira 1 juta rupiah.
Itulah sedikit ulasan mengenai barang-barang yang mungkin Anda butuhkan untuk keperluan rumah tangga Anda. Semoga sedikit ulasan dari Olympic furniture katalog terkini ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.
15 hal yg wajib dikerjakan oleh Operator Madrasah & ketua Madrasah ketika verval Simpatika adalah rangkaian artikel mengenai hal-hal apa saja yang wajib diselesaikan oleh PTK, Operator, dan Kepala Madrasah ketika verval data kependidikan pada layanan Simpatika. Baca pula 13 hal yg Harus Dilakukan oleh PTK pada Simpatika.
Pengelolaan data kependidikan di madrasah sejatinya menjadi tanggung jawab masing-masing PTK & Kepala Madrasah. PTK bertanggung jawab melakukan updating data terkait menggunakan data pribadi masing-masing. Sedangkan Kepala Madrasah melakukan verifikasi dan validasi data terkait PTK, kesiswaan, dan kurikulum, pada madrasah yg dipimpinnya.
Untuk itu, setiap Kepala Madrasah mempunyai dua akses pada Simpatika. Yang pertama akses akun PTK langsung layaknya guru-guru yang lain. Yang ke 2 akses buat mengelola akun Madrasah.
Untuk membantu pekerjaannya, Kepala Madrasah dapat mengangkat galat satu pengajar sebagai Operator Madrasah yang mempunyai wewenang mengelola data kelembagaan. Sehingga operator madrasahpun mempunyai 2 akses yaitu menjadi akun PTK & akun Madrasah.
Pertanyaannya, apa saja yang wajib dikerjakan sang Kepala Madrasah (dan Operator Madrasah) pada masa verval Simpatika ini?
15 Hal yang Harus Dikerjakan Operator & Kepala Madrasah di Simpatika
merangkum sedikitnya ada 15 tugas dan pekerjaan yang wajib dilaksanakan oleh Operator Madrasah & Kepala Madrasah. Berikut ini kelimabelas hal yang wajib dilaksanakan oleh Kamad atau Operator Madrasah.
1. Mengecek Keaktifan Setiap PTK
Kepala Madrasah atau Operator Madrasah, melalui akun PTK Kepala Madrasah, dapat mengecek keaktifan diri setiap PTK yg terdapat pada lembaganya. Jangan hingga terdapat keliru satu pengajar dan energi kependidikan yg masih belum aktif & mencetak Kartu Simpatika.
Pengecekan dapat dilakukan di akun PTK Kepala Madrasah (bukan akun PTK Operator Madrasah) dengan mengklik menu Keaktifan >> Data Guru dan Data Staf. Di bagian ini akan ditampilkan siapa PTK yang sudah aktif dan siapa PTK yang belum melakukan keaktifan diri.
Operator dan Kamad wajib memotivasi PTK di lembaganya buat segera melakukan keaktifan diri & mencetak Kartu PTK.
2. Mengelola Siswa
Mengelola anak didik merupakan keliru satu pekerjaan dasar yg harus dilakukan pada setiap awal tahun pelajaran. Tahapan ini menjadi sangat penting lantaran jumlah anak didik yang dimasukkan akan menjadi dasar dalam penghitungan rasio pengajar : anak didik. Rasio menjadi galat satu penentu layak tidaknya seseorang guru menerima tunjangan.
Mengelola siswa terdiri atas empat tahapan, yaitu:
Mengunduh data siswa tahun pelajaran sebelumnya.
Mengedit data siswa hasil unduhan terkait dengan siswa naik kelas, siswa lulus, dan mutasi siswa. Pun menambahkan data siswa baru di tahun pelajaran berjalan.
Upload data siswa
Memasukkan siswa ke dalam rombongan belajar masing-masing
Pengelolaan siswa di Simpatika bisa dilakukan baik sang Operator Madrasah maupun oleh Kepala Madrasah pada akun Madrasah.
Pengelolaan ini hanya dilaksanakan satu tahun sekali yakni pada athun baru pelajaran. Kecuali jika terjadi mutasi murid atau anak didik putus sekolah. Pada dua syarat terakhir ini pengerjaannya cukup pada siswa yg bersangkutan saja tanpa wajib melibatkan murid-anak didik lainnya.
Lebih lengkapnya terkait menggunakan pengelolan murid ini dapat dibaca pada artikel sebelumnya,4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika.
3. Persetujuan Pengajar Non Induk (S20)
Untuk memenuhi kekurangan jam, pengajar bisa mengajukan mengajar di lebih dari satu madrasah. Madrasah yg selain madrasah utama (satminkal) dianggap sebagai sekolah non induk.
Operator dan Kepala Madrasah dapat melakukan persetujuan pengajuan Madrasah Non Induk bagi guru yang mengajukan. Untuk melakukan persetujuan, Operator Madrasah atau Kamad, login dengan Akun Madrasah kemudian memilih menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Registrasi PTK >> Entri Formulir S20.
4. Melakukan Non Aktif Guru (SM04)
Guru yang telah tidak aktif di lembaga tersebut harus dinonaktifkan (kecuali melakukan mutasi). Nonaktif ini bisa dikarena meninggal dunia, memasuki usia pensiun, atau sebab-sebab lainnya.
Untuk melakukan non aktif guru atau mencetak SM04, Kepala Madrasah atau Operator madrasah masuk ke layanan Simpatika pada layanan Akun Madrasah. Kemudian pilih menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> PTK Non Aktif >> Laporkan PTK Non Aktif. Setelahnya Kepala Madrasah mengajukan persetujuan Non Aktif ke Admin Kab/Kota.
5. Mengangkat Pejabat Sekolah (S30)
Pejabat sekolah di sini meliputi Wakil Kepala, Kepala Laboratorium, Kepala Perpustakaan, Pembina Asrama, Pembimbing Khusus Inklusi, Kordinator Bidang Pendidikan, dan Pembina Pramuka. Masing-masing pejabat sekolah tersebut akan memiliki jam tambahan yang diakui ekuivalen sebagai jam mengajar sesuai ketentuan.
Untuk mengangkat pejabat sekolah, Operator atau Kepala Madrasah masuk dengan akses Akun Madrasah. Pilih menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK >> Daftar Pejabat Sekolah. Dalam mengangkat pejabat sekolah harus mendapat persetujuan Admin Kab/Kota.
6. Mengangkat Wali Kelas
Setiap wali kelas berhak atas 2 jam ekuivalen. Karena itu setiap rombongan belajar harus memiliki wali kelas.
Pengangkatan wali kelas dilakukan oleh Kepala Madrasah atau operator melalui Akun Madrasah. Pilih menu Sekolah >> Kelas >> daftar Kelas >> Edit Kelas >> Pilih Wali.
7. Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru
Edit ekuivalen kegiatan pembelajaran dan pembimbingan bagi guru ini berlaku untuk Guru Piket, Pembina Ekstrakurikuler, Pembina Inklusi, Tutor Piket. Masing-masing akan mendapatkan 2 - 1 jam ekuivalen.
Untuk melakukan edit ekuivalen kegiatan pembelajaran dan pembimbingan, Kepala Madrasah atau Operator masuk melalui Akun Madrasah. Selanjutnya pilih menu Sekolah >> Jadwal >> Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru.
8. Edit JTM Guru BK/TIK
Agar jam tatap muka guru BK/TIK dapat otomatis dihitung oleh sistem (berdasarkan jumlah siswa) dan diakui sebagai JTM, Kepala Madrasah atau Operator harus melakukan edit JTM guru BK/TIK.
Edit JTM Guru BK/TIK ini dlakukan melalui Akun Madrasah. Pilih menu Sekolah > Jadwal > Edit JTM Guru BK/TIK.
9. Isi Jadwal Kelas Mingguan (Jadwal Mengajar Guru)
Pengisian jadwal mengajar mingguan (Jadwal Kelas) untuk seluruh rombel di madrasah tersebut menjadi tugas Kepala Madrasah atau Operator Madrasah. Jadwal yang diisikan nantinya akan menjadi JTM bagi masing-masing guru dan dihitung sebagai salah satu penentu kelayakan menerima tunjangan.
Pengisian Jadwal Kelas Mingguan dilakukan melalui Akun Madrasah Sekolah > Jadwal > Lihat Jadwal Mingguan.
Sedangkan untuk mengecek JTM yang dibebankan pada setiap guru (hasil dari entri jadwal mengajar) dapat dilihat di akun setiap PTK pada menu Analisa Tunjangan dan menu Cetak Portofolio. Atau pada akun PTK Kepala Madrasah di menu Keaktifan >> Data Guru. Di menu terakhir ini akan ditampilkan Beban (JTM), Total JTM, Rombel yang diampu, Siswa yang diampu, Rasio, dan status keaktifan dari setiap guru.
Selama dan setelah tahapan ini setiap PTK dan Kepala Madrasah harus proaktif untuk mengecek JTM masing-masing. Sehingga tidak akan ada guru yang kekurangan JTM ataupun terkendala rasio yang menyebabkan tunjangan tidak layak diberikan.
10. Update Biodata (S12)
Jika diperlukan (ada perubahan data), Operator maupun Kepala Madrasah pun harus melakukan update biodata pribadi layaknya PTK yang lain. Update ini bisa meliputi biodata pribadi dan keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pegawai, fungsi dan jabatan. Perubahan biodata ini wajib mendapatkan persetujuan dari Admin Kab/Kota.
11. Mengajukan Keaktifan Kolektif (S25)
Setelah semua tahapan di atas Kepala Madrasah melakukan Ajuan Keaktifan Kolektif atau cetak S25a. Cetak S25a ini dilakukan melalui Akun PTK Kamad pada menu Keaktifan >> Ajukan Verval.
Sebelum mencetak S25a pastikan semua tahapan di atas sudah dilakukan, karena beberapa updating data tidak bisa dilakukan setelah S25 dicetak. Jangan lupa juga untuk mengarsipkan S25a, karena menu cetak S25 akan hilang setelah mendapat persetujuan dari Admin Kab/Kota.
Setelah dicetak S25 diajukan ke Admin Kab/Kota untuk mendapatkan persetujuan (S25b) agar tahapan verval Simpatika dapat berlanjut ke proses pengajuan SKMT dan SKBK.
12. Cetak Kartu PTK Kepala Madrasah
Kepala Madrasah baru bisa mencetak kartu sekaligus berstatus aktif pada semester berjalan setelah ajuan S25 mendapatkan persetuan Admin Kab/Kota (mendapat S25b).
Untuk mencetak Kartu PTK Kepala Madrasah, Kamad masuk melalui Akun PTK Kepala Madrasah kemudian memilih menu Keaktifan >> Cetak Kartu (menu ini hanya muncul setelah S25a disetujui).
13. Mengajukan SKMT (S29a)
Sebagaimana guru lainnya, Kepala Madrasah pun harus mengajukan S29a (SKMT). Sehingga namanya akan muncul di menu Pengesahan dan penilaian SKMT bersama guru-guru lainnya.
Untuk mengajukan SKMT (Cetak S29a) langkahnya adalah masuk ke Simpatika dengan Akun PTK Kepala Madrasah. Klik menu SKBK & SKMT >> Pengajuan SKBK >> Cetak Surat.
Menu Cetak Surat SKMT hanya muncul setelah S25a disetujui. Setelah mencetaknya jangan lupa untuk mengarsipkan S29a tersebut.
14. Pengesahan dan Penilaian SKMT (Lampiran S29a)
Setelah semua guru mencetak S29a (serta S29b dan S29c bagi guru non induk) tugas Kepala Madrasah berikutnya adalah melakukan penilaian dan pengesahan SKMT atau Cetak Lampiran S29 untuk semua guru di lembaga tersebut (baik yang satminkal maupun non induk), termasuk bagi Kepala Madrasah sendiri.
Cara mencetak lampiran S29 adalah dengan masuk ke Akun PTK Kepala Madrasah lalu pilih menu SKBK & SKMT >> Pengesahan SKMT >> Pilih guru yang dinilai.
15. Cetak Surat Pengantar SKBK (S29d)
Seperti guru lainnya, Kepala Madrasah pun harus mencetak S29d (Surat Pengantar SKBK). S29d bersama dengan S29a dan lampiran S29, diajukan ke Admin Kab/Kota untuk mendapatkan SKBK (S29e).
Untuk mencetak s29d caranya adalah dengan masuk ke Akun PTK Kepala Madrasah lalu pilih menu SKBK & SKMT >> Pengajuan SKBK >> Cetak Surat Pengantar. Menu ini baru akan muncul setelah Kepala Madrasah mencetak Lampiran S29.
UPDATE JULI 2018
16. Mengisi dan Cetak S35 Tiap Akhir Bulan
Absensi Guru seharusnya diisi setiap hari oleh Kepala Madrasah atau Operator Madrasah yang ditugaskan oleh Kepala. Apakah seorang guru di madrasah tersebut hadir, ijin, sakit, datang terlambat, ataukah alpa tidak hadir. Sistem akan secara otomatis mengisi seorang guru hadir setiap hari. Kepala Madrasah cukup melakukan perubahan (mengedit) jika terdapat guru yang tidak hadir entah dengan ijin, atau karena sakit dan alpa.
Menu Absensi Guru dapat diakses dengan cara:
Kepala Madrasah atau Operator Madrasah login ke layanan Simpatika
Pada dasbor layanan, pilih layanan "Madrasah"
Klik menu "Pendidik & Tenaga Kependidikan"
Klik submenu "Absensi"
Klik submenu "Lihat Absensi - Absensi Guru"
Untuk memilih hari dan tanggal yang diinginkan klik tombol panah kanan dan kiri atau gambar kalender
Untuk mengedit kehadiran, pilih tanggal (sebagai nomor 6 di atas) lalu klik tombol panah ke bawah di ujung kanan nama guru yang bersangkutan.
Untuk mencetak S35, klik tombol "Cetak S35"
Pastikan isian pada S35 telah benar pada setiap akhir bulan. Karena kondisi isian pada akhir bulan ini otomatis akan tercantum pada SKAKPT yang tentunya mempengaruhi kelayakan tunjangan bagi setiap guru.
17. Mencetak S36c atau S36d
S36c (Guru PNS) dan S36d (Guru Non PNS) adalah Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan atau SKAKPT. SKAKPT diterbitkan tiap bulan di akun PTK masing-masing.
Sebagai seorang guru sertifikasi, Kepala Madrasah maupun Operator Madrasah ikut mencetak SKAKPTK untuk memenuhi persyaratan pencairan tunjangan profesi.
Cara untuk mengaksesnya adalah:
PTK login ke akun Simpatika masing-masing
Pada dasbor layanan, pilih layanan "PTK"
Klik menu "SKAKPT"
Klik menu "Cetak SKAKPT"
Klik gambar printer pada ujung kanan bulan yang hendak dicetak SKAKPT-nya.
Terkait dengan S35 dan S36c/d (SKAKPT), silakan baca artikel:
Yang Harus Dilakukan di Simpatika Tiap Akhir dan Awal Bulan
Itulah 15 hal yang harus dilaksanakan oleh Kepala Madrasah atau Operator selama pelaksanaan verval Simpatika. Semoga rangkuman hal-hal yang harus dikerjakan ini dapat menjadi pedoman yang memudahkan setiap operator dan Kepala Madrasah sehingga pelaksanaan Verval Simpatika dapat berjalan dengan sukses.
Salah satu berdasarkan 9 juknis terkini menurut Ditjen Pendis Kemenag terkait penguatan Raudhatul Athfal merupakan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2763 Tahun 2019. Regulasi ini berisikan petunjuk teknis Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama islam (PAI) pada Raudhatul Athfal (RA). Sesuai menggunakan namanya, SK Ditjen Pendis ini sebagai panduan & acuan pada menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran PAI yg terintegrasi pada RA.
Raudhatul Athfal menjadi keliru satu lembaga pendidikan anak usia dini dengan ciri khas Islam sangat perlu membuatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pelaksanaan pembelajaran PAI pada RA ini terintegrasi pada semua aspek perkembangan sesuai menggunakan karakteristik dan prinsip anak usia dini.
Dalam rangka mewujudkan penanaman Pendidikan Agama Islam sedari usia dini tadi yang mendasari diterbitkannya SK Ditjen Pendis Nomor 2763 Tahun 2019 mengenai Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran PAI pada Raudlatul Athfal.
1. Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI di RA
Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah upaya sadar & terjadwal pada menyiapkan anak buat mengenal, memahami, menghayati, sampai mengimani ajaran agama Islam. PAI RA juga menekankan pembelajaran untuk menghormati penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Pembelajaran PAI RA berbasis disiplin ilmu yg meliputi Al-Quran-Hadis, akidah, akhlak, ibadah & kisah Islami yang disampaikan secara terpadu.
Muatan Akidah mengajarkan tentang aspek kepercayaan kepada anank didik dengan titik berat mengenai rukun iman dan rukun islam. Muatan Akhlak menitikberatkan pada pengajaran yang mengarah pada pembiasaan akhlak mulia dalam kehidupan anak didik, yaitu jujur, sopan santun, toleran, mandiri, tanggungjawab dan rendah hati. Muatan Al-Quran Hadis bertujuan agar peserta didik mengenal dan dapat mengucap huruf hijaiyah dan menyebutkan dalil dan hadis yang terkait kisah-kisah nabi dan rasul yang disesuaikan dengan jenjang anak didik.
Muatan Pendidikan Ibadah mengajarkan mengenai segala bentuk ibadah sehari-hari dan rapikan cara pelaksanaannya bagi murid, seperti mengikuti gerakan wudhu, gerakan sholat, dan mengenal bacaan doa dengan tuntunan orang dewasa. Muatan Kisah Islami bertujuan supaya peserta didik dapat mengetahui kisah-kisah nabi & rasul sehingga siswa mengenal dan mencintai kepercayaan Islam.
Muatan-muatan Pendidikan Agama Islam tadi disampaikan secara terpadu dalam 5 program pengembangan yg meliputi Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Sosial Emosional, & Seni.
Pendidikan Agama Islam pada Raudhatul Athfal menanamkan karakter dan membentengi anak dari perbuatan-perbuatan yang bertentangan menggunakan agama. PAI RA diharapkan bisa mewujudkan anak yg sanggup membedakan antara perbuatan baik & jelek.
Dua. Unduh SK Ditjen Pendis No. 2763 Tahun 2019
Untuk melakukan pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Raudhatul Athfal, baik pengintegrasian materi, pemetaan lingkup pengembangan dan muatan pembelajaran PAI, hingga strategi pengembangan pembelajaran PAI di RA, sila baca dan pelajari Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI di RA ini.
Untuk mengunduh arsip SK Ditjen Pendis ini secara perdeo, pakai tautan pada bawah ini.
SK Ditjen Pendis No. 2763 Tahun 2019 mengenai Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran PAI di RA (UNDUH FILE)
Selain menerbitkan juknis tentang Pengembangan Pembelajaran PAI di RA, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama juga telah menerbitkan serangkaian regulasi dalam rangka memperkuat keberadaan Raudlatul Athfal (RA). Sebagaimana lansir dari situs Pendis Kemenag, Kemenag telah menerbitkan sembilan juknis terkait dengan implementasi kurikulum RA sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 792 Tahun 2018. Keberadaan kesembilan juknis yang diharapkan menjadi acuan dalam penyelenggaraan pendidikan di Raudhatul Athfal ini.
Kesembilan Petunjuk Teknis tersebut merupakan:
SK Ditjen Pendis Nomor 2761 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan KTSP RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2782 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2763 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2764 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2765 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran
SK Ditjen Pendis Nomor 2766 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Perkembangan Anak di RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2767 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2768 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di RA
SK Ditjen Pendis Nomor 2761 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pemberdayaan Orang Tua di RA
Dengan diterbitkannya SK Ditjen Pendis No. 2763 Tahun 2019 mengenai Juknis Pengembangan Pembelajaran PAI pada RA ini, sekarang mampu menjadi acuan & panduan bagi setiap forum pendidikan RA dan pendidik untuk menyusun dan menyebarkan pembelajaran yg berkala pada menyiapkan anak buat mengenal, tahu, menghayati, sampai mengimani ajaran kepercayaan Islam.
Aksan 15.12, atau Aplikasi Kisi-kisi Soal dan Analisis Penilaian adalah aplikasi berbasis excel untuk pembuatan kisi-kisi soal sekaligus analisis hasil Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) Kurikulum 2013. Aksan Versi 15.12 dapat dipergunakan untuk membuat kisi-kisi maupun menganalisis PH, PTS, dan PAS untuk kelas 1, 2, 4, dan 5 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Baik untuk mata pelajaran tematik. mapel agama (Quran Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab), hingga muatan lokal seperti Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Baca Tulis Al Quran dan lainnya.
Aksan atau Aplikasi Kisi-kisi Soal dan Analisis Penilaian dikembangkan Mohammad Hamzah, seorang pendidik di MI Salafiyah Wuled, Kab. Pekalongan. Selain mengembangkan Aksan, Mohammad Hamzah juga mengembangkan Arumi (Aplikasi Raport untuk Madrasah Ibtidaiyah), Arseda (Aplikasi Raport Sekolah Dasar), dan Arkabos (Aplikasi RKAM dan BOS MI, MTs, MA). Aksan sendiri sangat cocok digunakan bersandingan dengan Arumi maupun Arseda.
1. Kelebihan dan kekurangan Aksan 15.12
Aksan 15.12 mampu dibilang menjadi aplikasi penghasil terali soal & analisis penilaian terlengkap dan terbaik ketika ini. Terlengkap karena selain sanggup dipakai untuk seluruh mata pelajaran, dengan aplikasi ini seluruh proses pembuatan terali soal & analisis evaluasi tersedia. Dari pelaksanaan ini dihasilkan laporan pembuatan kisi-kisi & analisis yg lengkap meliputi:
Rancangan kisi-kisi
Pemetaan dan distribusi sial per-KD permapel
Kisi-kisi soal lengkap dengan indikator soal
Kunci jawaban soal
Input skor perbutir persiswa
Analisis butir soal
Analisis nilai permapel per-KD persiswa
Rekap analisis ketuntasan penilaian dan rekap analis butir soal
Daftar siswa yang membutuhkan remidi permapel per-KD
Input nilai dan pengolahan hasil remidi
Daftar nilai akhir persiswa per-KD permapel
Kelebihan lainnya diantaranya:
Bisa untuk semua mata pelajaran
Bentuk penilaian yang beragam mulai dari soal pilihan ganda, isian hingga uraian.
Jumlah butir soal yang dibuat tidak dibatasi
Ringan karena berformat xlsb yang bisa dibuka dengan microsoft excel
Dapat dioperasikan dengan mengguanakn microsoft office 2007, 2010, maupun 2013
Tidak perlu instalasi dan dapat dikerjakan berpindah-pindah antar komputer.
Navigasi yang mudah bagi pengguna awam sekalipun
Kesemua bagian dapat dicetak sehingga menjadi laporan pembuatan kisi-kisi dan analisis butir soal yang lengkap.
Gratis
Sedangkan kekurangan aplikasi ini, menurut pengalaman admin ayo madrasah sehabis mencobanya, diantaranya merupakan apabila sebelumnya sudah dibuka di versi office yg lebih tinggi lalu dibuka di office yg lebih rendah (model: sebelumnya dibuka di microsoft office 2013 kemudian dibuka lagi pada microsoft office 2007) acapkali mengalami bug (terdapat beberapa fitur yang terganggu).
2. Unduh Aksan 15.12
Untuk mengunduh Aplikasi Kisi-kisi Soal dan Analisis Penilaian, Aksan 15.12, silakan klik tautan di bawah ini.
AKSAN 15.12, UNDUH DI SINI (670 Kb)
3. Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan
Beberapa hal berikut perlu diperhatikan ketika memakai Aksan 15.12 buat output yang aporisma.
Aksan dikembangkan dengan menggunakan microsoft office 2007
Aksan dapat digunakan dengan menggunakan microsoft office 2007, 2010, dan 2013
Aksan yang telah dibuka dan dipergunakan di suatu versi office, jangan dibuka di versi office yang lebih rendah. Jika sebelumnya telah dibuka menggunakan office 2010 maka jangan dibuka di office 2007
Satu file Aksan digunakan untuk satu kali penilaian. Untuk penilaian berikutnya harus copy file.
Untuk KD muatan lokal harus diinput secara manual di menu KD
Sebelum menggunakan sebaiknya baca dulu ketentuan-ketentuan dalam menu Petunjuk
Simak video tutorial Aksan berikut adalah.
Dengan memakai Aksan 15.12, tugas guru pada melakukan penilaian akan sangat terbantu. Proses penyusunan terali soal & analisis output evaluasi bisa dilakukan secara sistematis dengan laporan yg lengkap. Sehingga nir ada salahnya buat mengunduh dan mencoba Aplikasi Kisi-kisi Soal & Analisis, Aksan 15.12 ini.
Usai melakukan Verval SP Emis, timbul pertanyaan menggelitik, bagaimana cara mengetahui Verval SP Emis disetujui atau ditolak? Operator RA & Madrasah yang telah mengklik sajian konfirmasi, sebagai zenit proses pemutakhiran Verval Satuan Pendidikan tentunya ingin mengetahui data Verval yg diajukannya telah disetujui sang admin Emis di tingkat Kabupaten/Kota, bahkan Admin Emis di tingkat Provinsi, ataukah sebaliknya malah ditolak.
Jika disetujui berarti pekerjaan yang diamanatkan oleh RA dan Madrasah masing-masing telah terselesaikan dengan sempurna. Sebaliknya jika ditolak, tentu Sang Operator RA/Madrasah harus kembali melakukan perbaikan data dan ajuan sesegera mungkin. Mengingat jadwal pelaksanaan Verval Sp yang cukup singkat.
Sebelum membahas bagaimana cara mengetahui ajuan Verval Satuan Pendidikan yg dilakukan disetujui (diterima) atau ditolak, ada baiknya kita pahami dulu prosedur & jenjang persetujuan dalam Verval SP.
Setelah Sang Operator Emis pada taraf RA/Madrasah mengklik hidangan konfirmasi, ajuan Verval akan masuk ke dasbor admin Emis di tingkat Kabupaten/Kota. Admin Kabupaten/Kota akan melakukan verifikasi & validasi atas data yang diisikan dan dokumen yang diunggah. Apabila sahih dan sinkron, Admin Emis tingkat Kabupaten/Kota akan melakukan persetujuan. Sebaliknya bila terdapat yg kurang atau keliru, Admin Emis Kabupaten/Kota akan melakukan penolakan ajuan.
Setelah Admin Emis tingkat Kabupaten/Kota menyetujui, ajuan akan masuk ke dasbor Emis Kanwil. Oleh Admin Emis pada tingkat Kanwil dilakukan pembuktian & validasi ulang. Apabila benar, maka ajuan Verval akan disetujui & sebaliknya bila galat atau kurang ajuan Verval akan ditolak.
Cara Mengetahui Ajuan Verval SP Diterima atau Ditolak
Kunci untuk mengetahui ajuan Verval Satuan Pendidikan diterima ataukah sebaliknya ditolak, terdapat pada menu paling kanan di akun Emis SDM masing-masing, yakni menu "Konfirmasi".
Tanda-pertanda sebuah ajuan Verval SP diterima atau ditolak dapat diketahui menurut hidangan tersebut, menggunakan pedoman menjadi berikut.
1. Verval SP Terkirim
Menu bertuliskan "Konfirmasi" (dalam kotak merah) akan berubah menjadi "Menunggu Kab/Ko" setelah admin Emis tingkat RA/Madrasah mengonfirmasi data dan ajuan Verval. Dengan berubahnya menu dari "Konfirmasi" menjadi "Menunggu Kab/Ko" berarti data ajuan Verval telah terkirim ke Admin Kabupaten/Kota.
Admin Kabupaten/Kota dapat melihat dan mengecek data RA/Madrasah yang sudah diisikan dan output scan dokumen yg diunggah.
Jadi jikalau tulisan menu masih pula "Konfirmasi" adalah Verval belum terkirim.
Dua. Verval SP Disetujui atau Ditolak Admin Kabupaten/Kota
Apabila data yg dikirim dan dokumen yg diunggah sudah memenuhi syarat & benar, Admin Kabupaten/Kota akan melakukan persetujuan Verval. Sebaliknya bila tidak maka akan menolaknya.
Jika ajuan Verval disetujui oleh Admin Kabupaten/Kota, menu yang sebelumnya bertuliskan "Menunggu Kab/ko" akan berubah menjadi "Menunggu Kanwil" dalam kotak berwarna merah.
Apabila ditolak sang Admin Kabupaten/Kota, sajian yg semula sudah bertuliskan "Menunggu Kab/Ko" berubah balik manjadi "Konfirmasi".
Jika mendapati sajian balik berubah menjadi "Konfirmasi" yg berarti ajuannya ditolak, Admin RA/Madrasah harus segera menghubungi Admin Kabupaten/Kota buat menanyakan sebab-karena penolakan menjadi dasar buat melakukan perbaikan atau melengkapi data. Karena pada dasbor nir tercantum/tertulis alasan & sebab penolakannya.
Tiga. Verval SP Disetujui atau Ditolak Kanwil
Setelah ajuan disetujui oleh Amin Kabupaten/Kota, ditandai menggunakan menu bertuliskan "Menunggu Kanwil", data dan ajuan Verval akan masuk ke dasbor Emis Kanwil. Admin kanwil akan melakukan verifikasi & validasi. Apabila memenuhi persyaratan Admin kanwil akan menerima (menyetujui) Verval Sp namun sebaliknya bila tidak memenuhi kondisi atau kurang akan menolaknya.
Jika ajuan Verval SP disetujui oleh Admin Kanwil Kemenag, menu yang sebelumnya berbunyi "Menunggu Kanwil" (dalam kotak merah) akan berubah menjadi kotak berwarna hijau dengan tulisan "######/**-EMIS-VERVAL/2015/2016". "######" adalah enam digit angka sedangkan "**" adalah jenjang madrasah yang meliputi RA, MI, MTs, atau MA.
Apabila admin Kanwil menolak ajuan, maka sajian akan pulang sebagai "Menunggu Kab/Kodanquot;.
Apabila mendapati sajian yang pulang sebagai "Menunggu Kab/Kodanquot; padahal sebelumnya sudah "Menunggu Kanwil", operator RA/Madrasah segera menghubungi Admin Kab/Kota buat menayakan apa kekurangan dan kesalahannya. Sekaligus meminta admin Kab/Kota untuk membatalkan ajuan Verval sehingga sajian pulang menjadi "Konfirmasi". Ini dilakukan supaya Admin RA/Madrasah bisa sesegera mungkin melakukan perbaikan/penambahan data yang keliru/kurang.
Itulah rangkaian proses dan tahapan dan pertanda-tanda ajuan verval disetujui atau ditolak. Dengan mengetahui ajuan verval disetujui atau ditolak, tentu membuat operator dapat bekerj dengan maksimal .
Dengan disetujuinya ajuan Verval sang Admin Kanwil berarti proses Verval SP telah terselesaikan menggunakan tuntas. Saatnya Operator RA/Madrasah buat beristirahat sejenak & mendapat insentif dari lembaganya masing-masing.
RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2017 yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu Guru khususnya dalam melengkapi rpp ips kelas 9 kurikulum 2013 secara lengkap. Jika dalam proses pendownlodan RPP dan Silabus IPS SMP MTS kelas 9 ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik pada kolom komentar.
RPP IPS SMP/MTS Kelas 9 Revisi 2017 dapat anda download pada blog ini secara gratis. Selain RPP juga dilengkapi dengan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 SMP lainnya khususnya perangkat guru IPS,jika masih sulit mendapatkannya lihat tag berikut RPP IPS Silabus dan RPP IPS revisi terbaru 2017,Silbus dan RPP seperti Perangkat pembelajaran IPS SMP K-13 Revisi Tahun 2017,RPP IPS K13 SMP Kelas 9 Revisi terbaru Tahun 2017.
RPP dan silabus IPS K13 Revisi 2017 ini dapat anda gunakan sebagai bahan referensi untuk anda dalam membuat dan mengembangkan RPP anda sendiri. Semoga Perangkat Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2017 yang anda download disini sesuai dengan harapan bapak/ibu guru. File perangkat pembelajaran ini disimpan dalam bentuk word pada akun google drive supaya aman dari serangan virus, jadi anda tidak perlu khawatir perangkat anda terserang virus dari file ini.
RPP IPS SMP KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RPP K13 IPS Sekolah Menengah pertama Kelas 9[ DOWNLOAD ]
Semoga RPP IPS SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bisa membantu meringankan tugas anda khususnya dalam administrasi dan juga menunjang dalam proses pembelajaran dikelas. Dapatkan juga berbagai file penting lainnya menyangkut administrasi guru, administrasi kepala sekolah dan administras tata usaha secara lengkap, terbaru, dan tentunya gratis.